urutan nonton spider-man

Spider-Man adalah salah satu sosok pahlawan super yang memiliki banyak penggemar. Jika Sedulur ingin mengikuti film superhero Marvel tersebut, tentu saja harus tahu urutan nonton Spider-Man berdasarkan pada tahun film dirilis.

Tidak hanya hadir dalam beberapa versi, film Spider-Man juga diperankan oleh beberapa aktor yang berbeda, mulai dari Tobey Maguire, Andrew Garfield, hingga yang terbaru adalah Tom Holland.

Menariknya serial Spider-Man tersebut juga dibuat versi animasinya. Tentu saja cerita yang dihadirkan tidak kalah menarik dari versi yang lain. Nah, bagi yang ingin menonton berdasarkan tahun rilisnya, simak urutan nonton Spider-Man berikut ini.

BACA JUGA: Urutan Film Marvel Sesuai Kronologi dan Tahun Rilisnya

1. Spider-Man (2002)

urutan nonton spider-man
Far Out Magazine

Cerita diawali dengan kisah Peter Parker (Tobey Maguire), seorang siswa sekolah menengah yang memiliki kemampuan mirip laba-laba setelah digigit oleh laba-laba yang mengalami modifikasi genetik. Peter berjuang dengan kekuatan barunya sambil mencoba mengatasi masalah remajanya dan menjaga identitas rahasianya.

Sementara itu, seorang ilmuwan dan pengusaha yang brilian bernama Norman Osborn melakukan eksperimen berbahaya yang mengubahnya menjadi penjahat Green Goblin. Spider-Man pun memulai perjalanannya sebagai pahlawan di Kota New York.

Namun Peter juga harus menghadapi konflik pribadi, termasuk cintanya kepada Mary Jane yang tidak terbalas. Konflik memuncak ketika Green Goblin muncul sebagai lawan yang tangguh.

2. Spider-Man 2 (2004)

Beberapa tahun setelah peristiwa pada film pertama, Peter Parker (Tobey Maguire) tetap mengalami kesulitan dalam menjaga kehidupan pribadinya. Dia mengalami kesulitan akademis, tekanan finansial, dan juga masalah hubungan dengan Mary Jane.

Semua itu membuatnya merasa ragu dengan perannya sebagai seorang pahlawan. Di samping itu, Dr. Otto Octavius yang seorang ilmuwan brilian, melakukan eksperimen berbahaya dengan energi nuklir. Eksperimen tersebut mengalami kegagalan dan mengubahnya menjadi penjahat bernama Doc Ock.

Doc Ock pun menjadi ancaman serius bagi seluruh isi kota, dan memaksa Spider-Man untuk menghadapi tantangan terbesarnya.

3. Spider-Man 3 (2007)

Peter (Tobey Maguire) kini sudah hidup dalam keharmonisan bersama Mary Jane. Namun hubungan mereka diuji ketika muncul saingan baru, Eddie Brock yang berusaha menggantikan Peter sebagai fotografer utama untuk Daily Bugle.

Selain itu, Peter juga mengalami perubahan psikologis usai terkena simbiot alien yang membuat kostumnya berwarna hitam. Sementara itu, Harry Osborn yang marah terhadap Spider-Man karena atas kematian ayahnya pun mengambil identitas “New Goblin” dan bersumpah untuk balas dendam.

Di tengah konflik pribadi dan juga bertambahnya ancaman, Peter Parker harus mengatasi kegelapan yang ada di dalam dirinya sekaligus menghadapi musuh-musuh baru.

4. The Amazing Spider-Man (2012)

Hotcore

Cerita kembali ke awal mengenai asal-usul Peter Parker (Andrew Garfield), seorang siswa SMA yang cerdas tetapi memiliki sifat yang canggung. Ia menemukan petunjuk tentang orang tuanya yang menghilang dalam sebuah laboratorium tempat mereka bekerja.

Namun saat berada di dalam laboratorium, Peter digigit oleh laba-laba yang terkena eksperimen genetik dan memberinya kekuatan super. Peter pun menggunakan identitas Spider-Man untuk menyelidiki keberadaan orang tuanya sekaligus melindungi New York City dari kejahatan Man.

Masalah terjadi ketika Dr. Curt Connors, ilmuwan yang bekerja di Oscorp mencoba meregenerasi tangannya yang hilang. Namun serum tersebut justru membuatnya bertransformasi menjadi Lizard, makhluk humanoid raksasa yang mengancam kota.

BACA JUGA: Sinopsis Black Adam: Kisah Antihero Berkekuatan Dewa Mesir

5. The Amazing Spider-Man 2 (2014)

Peter (Andrew Garfield) berusaha untuk menjaga keseimbangan antara tugas sebagai Spider-Man dan hubungannya dengan Gwen Stacy. Sementara itu, Oscorp memperkenalkan karakter-karakter baru, termasuk Harry Osborn yang merupakan teman masa kecil Peter. Harry kembali ke New York setelah kematian ayahnya.

Ia mewarisi penyakit genetik yang mengancam hidupnya, kemudian meminta bantuan dari Spider-Man. Di sisi lain, seorang pegawai Oscorp bernama Max Dillon mengalami kecelakaan yang mengubahnya menjadi Electro, manusia dengan kekuatan listrik.

Namun Electro malah menyalahgunakan kekuatan tersebut. Ia berusaha untuk menguasai kota dan melenyapkan Spider-Man.

6. Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018)

Cerita berpusat pada sosok Miles Morales (Shameik Moore), remaja dari Brooklyn yang mendapatkan kekuatan laba-laba setelah terkena gigitan laba-laba yang terpapar oleh partikel multiverse. Miles pun belajar tentang keberadaan dari multiverse dan bertemu dengan beberapa versi Spider-Man dari dimensi alternatif.

Nah, ketika Kingpin menciptakan sebuah perangkat untuk membuka portal ke dimensi lain, ia justru menyebabkan kerusakan pada multiverse dan mengancam keberlanjutan dunia. Miles dan rekan-rekan Spider-Man alternatif pun bersatu untuk menghentikan ancaman tersebut.

Dengan perjuangan dan tekad yang kuat, mereka berusaha untuk mengembalikan keseimbangan yang ada di dalam dunia multiverse.

7. Spider-Man: Homecoming (2017)

urutan nonton spider-man
The New Yorker

Urutan nonton Spider-Man berikutnya adalah Spider-Man: Homecoming. Usai ikut dalam pertempuran di Captain America: Civil War, Peter Parker (Tom Holland) berusaha kembali menjalani kehidupan sekolah menengah biasa di Queens, New York. Tentu saja ia terus menyimpan identitas superhero-nya.

Tony Stark (Iron Man) menjadi mentor bagi Peter dan memberikannya kostum canggih dengan teknologi terbaru. Akan tetapi, Peter ingin membuktikan jika dirinya adalah pahlawan independen dan memulai petualangannya ketika Vulture muncul sebagai penjahat di kota.

Tidak hanya berjuang menjadi pahlawan super, hubungannya dengan Tony Stark juga mengalami cobaan. Namun hal itu membuat Peter belajar bahwa menjadi pahlawan itu tidaklah mudah.

8. Spider-Man: Far from Home (2019)

Setelah peristiwa bersejarah di Avengers: Endgame, Peter Parker (Tom Holland) dan teman-temannya melakukan perjalanan wisata ke Eropa. Akan tetapi, liburan mereka terganggu ketika Nick Fury muncul dan meminta bantuan Spider-Man untuk melawan makhluk-makhluk elemental yang mengancam bumi.

Peter kemudian bertemu dengan Quentin Beck alias Mysterio, seorang yang mengaku pahlawan dari dimensi alternatif, yang bersedia membantunya melawan ancaman tersebut. Seiring dengan berjalannya cerita, Peter harus menghadapi tantangan baru, baik itu jadi superhero ataupun sebagai remaja biasa.

Hubungan dengan teman sekelasnya, MJ juga semakin dekat. Sementara itu, identitas Spider-Man-nya menjadi semakin rumit karena pengaruh dari Mysterio.

9. Spider-Man: No Way Home (2021)

Setelah identitas Spider-Man Peter (Tom Holland) terungkap oleh Mysterio, Peter berusaha tetap menjalani hidup normalnya. Akan tetapi ia harus menghadapi tekanan yang besar dari paparazi dan juga perhatian publik atas identitasnya.

Peter pun meminta bantuan dari Dr. Strange untuk menggunakan sihir guna mengembalikan dunia dan membuat orang lupa jika dia adalah Spider-Man. Namun sesuatu yang tidak terduga terjadi ketika mantra diucapkan, sehingga portal dunia multiverse terbuka.

Mau tidak mau Peter harus memperbaiki kekacauan yang terjadi, dan bersatu dengan Spider-Man lain dari film-film yang sebelumnya.

10. Spider-Man: Into the Spider-Verse (2023)

urutan nonton spider-man
Esquire

Spider-Man: Into the Spider-Verse adalah lanjutan dari film dengan judul serupa yang dirilis tahun 2018. Dalam film ini, sejumlah Spider-Man dari film sebelumnya kembali beraksi bersama banyak karakter yang baru muncul dalam film ini.

Jadi, suatu hari Miles (Shameik Moore) didatangi oleh Gwen Stacy dari semesta lain. Tujuan dari kedatangan Gwen adalah untuk mengajaknya bergabung dalam sebuah misi di Multiverse.

Itu dia urutan nonton Spider-Man yang bisa dibagikan untuk Sedulur. Perlu untuk diketahui, bahwa tidak semua film Spider-Man di atas berada di dalam satu universe yang sama. Jadi tidak ada patokan secara pasti mengenai urutan yang paling awal hingga akhir.

Namun tidak usah khawatir, Sedulur bisa menonton film-film Spider-Man sesuai dengan tanggal perilisannya agar tidak bingung dengan alur dan plot cerita yang dihadirkan.