anime tentang dungeon

Bagi Sedulur para penggemar anime, mungkin sudah tidak asing dengan anime genre dungeon. Anime dengan genre dungeon seringkali mengikuti tema petualangan di dalam labirin atau gua yang penuh dengan monster, harta karun, dan berbagai tantangan lainnya.

Tokoh utama dari anime tersebut biasanya akan menjelajahi dungeon tersebut untuk tujuan yang beragam, seperti mencari kekayaan, meningkatkan kekuatan, atau bahkan memenuhi misi tertentu. Tentu saja keseruan akan terjadi di setiap tikungan dalam gua atau labirin tempatnya petualangan.

Selain itu, minimnya jalan untuk keluar dan lari turut menambah ketegangan pada cerita yang dihadirkan. Nah, jika Sedulur mencari rekomendasi anime genre dungeon terbaik, berikut ada beberapa judul yang wajib Sedulur tonton!

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Anime Loli Terbaik yang Lucu Banget!

-->

1. The Dungeon of Black Company

anime tentang dungeon
Cruncyroll/The Dungeon of Black Company

The Dungeon of Black Company mengikuti kisah Kinji Ninomiya, seorang NEET (Not in Education, Employment, or Training) yang terjebak di dunia fantasi. Dia terperangkap di sana karena keserakahan dan kegilaan korporasi yang kuat.

Di dunia ini, dungeon adalah sumber daya yang bernilai tinggi, dan perusahaan yang memonopoli dungeon memegang kendali mutlak atas kekayaan dan kekuasaan.

Untuk bertahan hidup dan mengambil kembali kehidupannya, Kinji memutuskan untuk menggunakan kecerdasan dan keahliannya dalam perdagangan untuk mengambil alih perusahaan dungeon.

Berkat bantuan beberapa teman yang tidak biasa, termasuk gadis rubah kucing bernama Rim, Kinji mencoba membalikkan situasi dan mencapai puncak kekuasaan di dunia ini yang kejam.

Dengan campuran komedi, aksi, dan komentar sosial, anime genre dungeon yang berjudul ini The Dungeon of Black Company mampu mengeksplorasi tema korupsi, ketidakadilan, dan perjuangan seorang individu melawan kekuatan besar.

2. Tower of Druaga

Tower of Druaga adalah anime genre dungeon yang mengambil inspirasi dari permainan video klasik dengan nama yang sama. Ceritanya berpusat di sekitar menara misterius bernama Druaga, sebuah struktur raksasa yang diyakini menyimpan harta legendaris di puncaknya.

Namun, untuk mencapai puncak, para petualang harus melewati berbagai lantai yang penuh dengan monster dan jebakan mematikan. Kisah dimulai dengan fokus pada Jil, seorang petualang yang bertekad untuk menjadi pahlawan dan menaklukkan menara untuk mendapatkan hadiah yang luar biasa.

Dia bergabung dengan berbagai karakter lain dalam perjalanan mereka, termasuk gadis cantik yang misterius, seorang prajurit kuat, dan penyihir yang cerdik. Selama perjalanan mereka, mereka harus menghadapi berbagai rintangan dan mengungkap misteri di balik Tower of Druaga.

Sementara itu, persaingan dengan petualang lain dan politik di balik layar menambah kompleksitas cerita. Dengan kombinasi aksi, petualangan, dan elemen fantasi, Tower of Druaga membawakan cerita yang menarik dan penuh dengan kejutan untuk para penggemar genre tersebut.

3. Grimgar: Ashes and Illusions

Grimgar: Ashes and Illusions mengikuti kisah sekelompok orang yang terperangkap di dunia fantasi tanpa ingatan tentang kehidupan sebelumnya. Mereka bangun di kota Grimgar yang misterius dan diberi tugas untuk bertahan hidup dengan cara berburu monster dan menjual barang jarahan.

Cerita berfokus pada sekelompok karakter utama, termasuk Haruhiro, seorang pemuda yang berjuang untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan baru ini, serta Yume, Shihoru, Ranta, Mogzo, dan Manato, yang juga menghadapi tantangan dan rintangan mereka sendiri.

Mereka belajar untuk bekerja sama sebagai tim dalam memerangi monster dan menjelajahi dunia yang berbahaya ini. Namun, mereka juga harus menghadapi kesulitan, kehilangan, dan konsekuensi dari keputusan mereka sendiri di dunia yang keras ini.

Dengan animasi yang indah, karakter-karakter yang kompleks, dan cerita yang penuh dengan emosi, Grimgar: Ashes and Illusions menggabungkan aksi, petualangan, dan elemen-drama untuk menciptakan pengalaman yang mendalam dan memikat bagi para penontonnya.

4. KonoSuba

Hampir sama seperti yang pertama, KonoSuba: God’s Blessing on This Wonderful World! mengikuti kisah seorang NEET (Not in Education, Employment, or Training) bernama Kazuma Satou yang meninggal dalam kecelakaan mobil yang memalukan.

Setelah kematiannya, ia bertemu dengan dewi bernama Aqua yang menawarkannya kesempatan untuk bereinkarnasi di dunia fantasi. Kazuma menerima tawaran tersebut dan memilih membawa Aqua bersamanya sebagai pengganti hadiahnya.

Namun, setelah kedatangan mereka di dunia baru, Kazuma dan Aqua menemukan bahwa hidup di dunia fantasi tidak semudah yang mereka bayangkan. Mereka harus berjuang untuk bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Selama petualangan mereka, mereka bertemu dengan berbagai karakter lain, termasuk seorang penyihir bernama Megumin yang obsesif dengan sihir ledakan, dan seorang ksatria wanita cantik bernama Darkness yang memiliki kecenderungan aneh untuk mencari kesengsaraan.

Campuran antara unsur komedi, petualangan, dan sedikit unsur-unsur harem, membuat KonoSuba menghadirkan sudut pandang yang unik terhadap genre isekai dan menawarkan cerita yang menyenangkan dan menghibur bagi para penontonnya.

5. Log Horizon

Log Horizon bercerita tentang dunia game MMORPG populer yang bernama Elder Tale. Ketika pembaruan terbaru diluncurkan, para pemain yang masuk ke dalam game mendapati diri mereka terperangkap di dalam dunia game tersebut.

Cerita berfokus pada Shiroe, seorang pemain veteran yang memiliki pengetahuan mendalam tentang mekanisme game. Bersama dengan teman-temannya Naotsugu dan Akatsuki, mereka berusaha untuk memahami kondisi baru mereka dan menyesuaikan diri dengan kehidupan di dalam dunia game yang nyata ini.

Mereka membentuk sebuah guild bernama Log Horizon dengan tujuan untuk mencari tahu penyebab mereka terjebak di dalam dunia game dan mencari cara untuk kembali ke dunia nyata.

Selama petualangan mereka, mereka berinteraksi dengan berbagai karakter lain, memecahkan berbagai masalah, dan menjelajahi berbagai area dalam dunia Elder Tale.

Log Horizon menggabungkan elemen MMORPG dengan cerita yang menarik dan kompleks. Selain itu, anime ini juga mengeksplorasi konsep-konsep seperti politik, ekonomi, dan interaksi sosial di dalam dunia game, menjadikannya lebih dari sekadar cerita petualangan biasa di dalam dunia fantasi.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Judul Anime Tentang Raja Iblis Terbaik dan Terpopuler

6. Goblin Slayer

anime tentang dungeon
Cruncyroll/Goblin Slayer

Goblin Slayer mengisahkan tentang seorang pahlawan yang berdedikasi untuk membasmi goblin, makhluk kecil namun ganas yang sering dianggap remeh oleh para petualang lainnya. Pahlawan ini, yang dikenal sebagai Goblin Slayer, adalah seorang pria misterius yang menyelamatkan seorang gadis muda yang baru saja memulai petualangan sebagai penjelajah.

Dalam cerita ini, Goblin Slayer bekerja sendirian dan tanpa henti untuk melindungi desa-desa dari serangan goblin. Dia sangat terampil dalam taktik dan strategi tempur yang digunakan untuk mengalahkan musuhnya, dan dia bertekad untuk memberantas goblin sepenuhnya dari dunia ini.

Namun, saat dia bertemu dengan sekelompok petualang lain yang memiliki tujuan dan motivasi mereka sendiri, dia mulai belajar tentang pentingnya kerja sama dan kekuatan persahabatan. Bersama-sama, mereka menghadapi berbagai tantangan dan memperjuangkan keadilan di dunia yang keras ini.

Goblin Slayer adalah anime genre dungeon yang penuh dengan aksi, petualangan, dan elemen gelap yang menegangkan. Ini mengeksplorasi tema-tema seperti keberanian, keadilan, dan pentingnya melindungi yang lemah, sambil memberikan pandangan yang unik tentang genre fantasi.

7. Kumo desu ga, Nani ka?

Kumo desu ga, Nani ka? atau juga dikenal sebagai So I’m a Spider, So What?, mengikuti kisah seorang siswa SMA yang secara misterius terbangun dalam dunia fantasi sebagai laba-laba raksasa setelah ledakan misterius menghancurkan kelasnya.

Tanpa ingatan tentang kehidupan sebelumnya, dia terpaksa bertahan hidup di lingkungan yang penuh dengan monster mematikan dan makhluk-makhluk fantastis lainnya. Meskipun keadaannya sulit, laba-laba ini memiliki tekad yang kuat untuk bertahan hidup dan berkembang di dunia baru ini.

Dia menggunakan kecerdasan dan keterampilannya untuk menghadapi berbagai tantangan, menghadapi monster, dan memperoleh pengalaman yang diperlukan untuk bertahan hidup.

Sementara itu, cerita juga memperkenalkan plot samping tentang reinkarnasi dan konspirasi di dunia fantasi ini, yang mengungkapkan bahwa laba-laba ini mungkin memiliki peran yang lebih besar dalam nasib dunia ini daripada yang dia sadari.

Dengan campuran aksi, petualangan, dan elemen komedi, Kumo desu ga, Nani ka? menawarkan cerita yang unik dan menarik tentang petualangan seorang laba-laba yang berusaha bertahan hidup di dunia fantasi yang penuh dengan bahaya dan misteri.

8. DanMachi

Anime genre dungeon berikutnya adalah Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka, atau yang lebih dikenal sebagai DanMachi. Anime ini mengambil latar di Orario, sebuah kota yang berpusat di sekitar sebuah dungeon raksasa yang dikenal sebagai Dungeon Bawah Tanah.

Di dunia ini, para petualang dikenal sebagai Familia yang tergabung dalam kelompok-kelompok yang dipimpin oleh dewa atau dewi. Mereka menjelajahi dungeon untuk memerangi monster, mencari harta, dan meningkatkan kekuatan mereka.

Cerita berfokus pada seorang petualang muda bernama Bell Cranel, yang menjadi anggota tunggal dari Familia dewa Hestia. Meskipun awalnya dia lemah dan tidak berpengalaman, dia memiliki tekad yang kuat untuk menjadi pahlawan terbesar dalam dunia ini.

Saat dia menjelajahi dungeon, dia bertemu dengan berbagai karakter lain, termasuk dewi cantik Hestia, dan dia memperoleh teman-teman dan musuh baru di sepanjang jalan.

Selama petualangannya, Bell belajar menghadapi tantangan, mengatasi kegagalan, dan menemukan potensi tersembunyi dalam dirinya sendiri. Dia juga mengejar impian romantisnya untuk menjadi lebih kuat demi melindungi orang yang dicintainya.

Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka menawarkan campuran aksi, petualangan, dan elemen fantasi, sambil mengeksplorasi tema-tema seperti pertemanan, keberanian, dan pertumbuhan pribadi.

9. Overlord

Overlord mengisahkan tentang seorang pemain game online yang sangat bersemangat yang memainkan permainan virtual realitas yang sangat populer yang disebut Yggdrasil. Ketika server game akan ditutup, pemain ini yang bernama Momonga memutuskan untuk tetap online hingga detik terakhir.

Namun, sesuatu yang tak terduga terjadi, dan Momonga menemukan bahwa dia terjebak di dalam dunia game sebagai karakternya, yang merupakan Overlord kuat yang dikenal sebagai Ainz Ooal Gown.

Tanpa ada jalan pulang, Ainz memutuskan untuk menjelajahi dunia baru ini dan mencari tahu apakah ada pemain lain yang juga terjebak di dalamnya. Dia memimpin serikatnya, yang dulu merupakan guild paling kuat dalam permainan, untuk memperluas pengaruhnya di dunia ini.

Namun, Ainz segera menyadari bahwa dunia ini tidak sama dengan game yang dia kenal. Dia menemui berbagai makhluk, ras, dan kekuatan yang tidak pernah dia temui sebelumnya, dan dia mulai mempertanyakan apakah dia masih memiliki sifat kemanusiaan atau tidak.

Anime genre dungeon ini berhasil menggabungkan aksi, petualangan, dan unsur-unsur strategi, sambil menjelajahi tema-tema seperti kekuasaan, identitas, dan perubahan. Ceritanya menarik perhatian penonton dengan dunia yang luas dan karakter-karakter yang kompleks.

10. Sword Art Online

Sword Art Online mengambil latar di tahun 2022 di dunia virtual reality yang canggih. Permainan VRMMORPG (Virtual Reality Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) yang sangat dinantikan bernama Sword Art Online (SAO) diluncurkan.

Ribuan pemain memasuki dunia fantasi yang luar biasa ini untuk menjelajahi, bertarung, dan berinteraksi. Namun kegembiraan segera berubah menjadi ketakutan ketika pembuat game, Akihiko Kayaba, mengumumkan bahwa tidak ada yang bisa keluar dari permainan.

Hal itu terjadi kecuali mereka menyelesaikan semua lantai dungeon yang ada dalam permainan. Bahkan lebih buruk lagi, jika karakter mereka mati di dalam permainan, mereka juga akan mati di dunia nyata.

Cerita berfokus pada Kirito, seorang pemain solo yang terampil dalam game, yang bertekad untuk bertahan hidup dan menyelesaikan permainan bersama dengan berbagai karakter lain yang dia temui di dalamnya, termasuk Asuna, seorang pemain yang cerdas dan berbakat.

Bersama-sama, mereka menghadapi berbagai tantangan, menjelajahi lantai-lantai dungeon, dan memerangi bos yang kuat dalam upaya mereka untuk keluar dari Sword Art Online dan menyelamatkan diri mereka sendiri serta sesama pemain yang terjebak.

BACA JUGA: Urutan Nonton Anime Mob Psycho 100 Sesuai Alur Cerita, Catat!

11. Magi

VIU/Magi

Magi adalah anime genre dungeon yang berkisah tentang petualangan seorang pemuda bernama Aladdin, yang memiliki teman setia berbentuk Jin yang bernama Ugo.

Aladdin adalah seorang penyihir muda yang mengembara di dunia untuk menemukan harta karun misterius yang disebut Rukh dan mempelajari kebenaran tentang dirinya sendiri.

Selama petualangannya, Aladdin bertemu dengan Ali Baba, seorang pemuda yang bercita-cita tinggi untuk menjadi Raja Dungeon, dan Morgiana, seorang budak yang mempunyai kekuatan fisik yang luar biasa.

Bersama-sama, mereka menjelajahi dunia yang penuh dengan Dungeon misterius, tempat yang sarat dengan bahaya dan harta karun, serta berbagai kekuatan magis yang kuat. Namun, di balik petualangan mereka, ada konspirasi yang sedang berkembang di dalam dunia mereka.

Mereka harus berhadapan dengan berbagai musuh, termasuk para penyihir jahat dan Raja Dungeon yang kuat, sambil mencari jawaban tentang identitas mereka sendiri dan tujuan sejati Aladdin sebagai seorang penyihir.

Campuran aksi, petualangan, dan unsur-unsur magis, Magi menawarkan cerita yang penuh dengan keajaiban, pertempuran epik, dan pertumbuhan karakter yang menarik. Ini juga menggali tema-tema seperti persahabatan, keadilan, dan kekuatan dari persatuan.

12. Overlord

Overlord mengisahkan Momonga, seorang pemain yang terjebak dalam dunia permainan online yang disebut Yggdrasil setelah server permainan ditutup.

Momonga yang mengambil identitas karakternya dalam permainan, yaitu Ainz Ooal Gown, menemukan bahwa dunia dalam permainan telah menjadi nyata dan dia adalah satu-satunya pemain yang tersisa.

Dengan kekuatan dan pengetahuannya sebagai Overlord, Momonga memutuskan untuk menjelajahi dunia baru ini dan memperluas pengaruhnya. Dia membentuk serikatnya sendiri dan bertemu dengan berbagai makhluk, karakter, dan bangsa dalam perjalanannya.

Namun, seiring dengan kekuatan yang luar biasa, Momonga juga menyadari bahwa dia mulai kehilangan sisi kemanusiaannya dan semakin terlibat dalam intrik politik dan pertempuran antar bangsa.

Sementara itu, dia juga mencoba untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi di dunia ini dan apakah ada orang lain seperti dia yang terjebak di dalamnya.

13. The Rising of the Shield Hero

The Rising of the Shield Hero mengikuti kisah Naofumi Iwatani, seorang pemuda biasa yang tiba-tiba terpanggil ke dunia fantasi bersama dengan tiga pemuda lainnya untuk menjadi Pahlawan yang disebut sebagai The Four Cardinal Heroes.

Setiap pahlawan dipanggil dari dunia yang berbeda dan diberikan senjata legendaris untuk melawan gelombang monster yang menyerang dunia tersebut. Namun, Naofumi mendapati dirinya menjadi Shield Hero, yang dianggap sebagai pahlawan terlemah dan dijauhi oleh penduduk setempat.

Dia juga dituduh melakukan tindakan kriminal yang dia tidak lakukan, dan kemudian dihukum oleh kerajaan. Terlempar ke dunia yang tidak ramah dan tanpa dukungan, Naofumi bersumpah untuk membalas dendam dan membuktikan bahwa dia adalah pahlawan yang kuat.

Dengan bantuan Raphtalia, seorang budak yang dia beli dan ubah menjadi sekutu yang setia, serta Filo, seorang anak burung raksasa, Naofumi memulai petualangan untuk meningkatkan kekuatannya, melindungi orang-orang yang disayanginya, dan menemukan kebenaran di balik konspirasi yang menjeratnya.

14. Sword Oratoria

Sword Oratoria adalah seri yang berfokus pada petualangan Aiz Wallenstein, seorang petualang yang terampil dan cantik yang juga dikenal sebagai Pedang Perunggu Legendaris.

Seri ini mengikuti perjalanan Aiz dan Loki Familia, kelompok petualang yang dipimpin oleh dewi Loki, saat mereka menjelajahi Dungeon dan bertarung melawan monster-monster yang ada di dalamnya.

Sword Oratoria memberikan wawasan yang lebih dalam ke dalam latar belakang Aiz, motivasinya, serta hubungannya dengan karakter-karakter lain. Selama petualangan, Aiz dan teman-temannya menghadapi berbagai tantangan dan bahaya dalam upaya mereka untuk meningkatkan kekuatan mereka dan mencapai tujuan mereka sebagai petualang.

Mereka juga berinteraksi dengan berbagai karakter dalam dunia Dungeon, mengungkapkan intrik politik, konspirasi, dan misteri yang tersembunyi di balik kegelapan Dungeon.

15. Delicious in Dungeon

anime tentang dungeon
Netflix/Delicious in Dungeon

Rekomendasi anime genre dungeon yang terakhir adalah Delicious in Dungeon. Delicious in Dungeon berpusat kisah sekelompok petualang bernama Laios, Marcille, Chilcuck dan Senshi. Petualangan di dalam dungeon ini dimulai dengan sayembara yang dikeluarkan oleh Raja Kerajaan Emas.

Sayembara itu memperebutkan seluruh harta kerajaan yang disembunyikan di dungeon bawah tanah oleh seorang penyihir gila. Petualangan keempatnya juga semakin diperkuat dengan keinginan Laios menyelamatkan sang adik yang dimakan seekor naga. Sayangnya, perjalanan penyelamatan dan petualangan ini tak semudah yang dibayangkan.

Laios dan kawan-kawannya harus melawan banyak monster-monster kuat yang berada di dalam dungeon. Konflik semakin pelik, lantaran menjadi kelompok petualangan yang tidak memiliki banyak uang. Perbekalan yang dimiliki Laios sangat terbatas. Mereka akhirnya mencoba menggunakan monster yang ada di dalam dungeon sebagai bahan makanan untuk bisa bertahan.

Uniknya, pengalaman menyantap monster-monster ini memberikan banyak hal baik untuk Laios dan teman-temannya. Bahkan, mereka bisa memastikan bahwa setiap monster yang ada di dungeon bisa dimakan.

Penasaran bagaimana keseruan Laios mengungkap rahasia dungeon dan menyelamatkan adiknya? Langsung aja Sedulur simak kisahnya di berbagai macam platform streaming online ya!

Nah, itulah beberapa judul anime genre dungeon yang bisa direkomendasikan pada kesempatan kali ini. Genre anime yang satu ini, seringkali menawarkan petualangan yang menarik dan dunia fantasi yang kaya akan keajaiban dan tantangan! Jadi siapkan minuman dan snack, lalu langsung tonton judul-judul di atas!