urutan nonton fate

Film anime Fate sedang banyak diperbincangkan setelah episode terakhirnya muncul dan dinyatakan tamat. Banyak orang akhirnya penasaran dengan urutan nonton Fate karena anime ini termasuk cukup underrated dan belum banyak diketahui.

Fate sendiri merupakan anime franchise. Alasan inilah yang menyebabkan ada cukup banyak judul anime Fate dan membuat bingung bagaimana urutan nonton Fate yang benar. Nah, agar Sedulur bisa mengetahui tata cara menonton Fate dengan alur waktu yang tepat dan nyambung. Mari simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: 45+ Rekomendasi Anime From Zero to Hero Terbaik di 2023!

Memulai dengan Fate/Stay Night

urutan nonton fate
The Greek Clinic

Jika ingin mengikuti serial Fate, saya selalu merekomendasikan untuk memulainya dari Fate/Stay Night. Fate/Stay Night awalnya adalah novel visual, cerita interaktif dengan jalur bercabang, yang disebut “rute”.

-->

Ada tiga rute, yakni Fate, Unlimited Blade Work dan Heaven’s Feel. Tiga rute ini menyorot tiga karakter berbeda seperti Saber si servant bangsawan ahli pedang (Fate), Rin Tohsaka si gadis penyihir muda tsundere (Unlimited Blade Work), dan Sakura Matou si teman sekelas yang pemalu (Heaven’s Feel). Berikut ini urutan nonton Fate agar bisa menikmati jalan ceritanya.

1. Fate/Stay Night (2006)

Ini merupakan adaptasi anime dari Fate/Stay Night paling awal. Karena diproduksi pertengahan 2000-an, secara kualitas animasi tampak ketinggalan zaman untuk sekarang. Namun setidaknya anime ini yang memperkenalkan Fate/Stay Night ke khalayak yang lebih luas.

2. Fate/Stay Night: Unlimited Blade Works (2010)

Film ini diproduksi oleh Studio Deen setelah rilis adaptasi serial anime Fate/stay night tahun 2006. Penceritaannya banyak dikritik karena memotong banyak konten dari visual novel, menyebabkan kebingungan di antara penonton dan kurangnya ketersambungan secara keseluruhan.

Meski begitu, pujian diarahkan pada perkembangan Shirou, interaksinya dengan Rin dan Archer, dan eksplorasi ide-idenya secara lebih mendalam. Selain itu, animasi dinilai lebih unggul dari serial anime 2006.

3. Fate/Zero (2011)

Fate/Zero adalah light novel yang ditulis oleh Gen Urobuchi, diilustrasikan oleh Takashi Takeuchi, dan merupakan prekuel dari semua rute dalam visual novel Type-Moon, Fate/stay night.

Fate/Zero berlatar sepuluh tahun sebelum peristiwa Fate / stay night, dan menceritakan kisah Perang Cawan Suci Keempat, sebuah turnamen sihir rahasia yang diadakan di Kota Fuyuki.

Protagonis utama, Kiritsugu Emiya, ayah angkat protagonis Fate/stay night, Shirou Emiya, dikenal sebagai pembunuh bayaran sekaligus penyihir tanpa ampun yang bergabung dalam turnamen atas nama keluarga istrinya, Einzberns.

Adaptasi anime yang diproduksi oleh Studio Ufotable, Fate/Zero dipuji karena animasi, tema, karakter, soundtrack, dan ceritanya. Serial ini juga sukses secara komersial dan memenangkan beberapa penghargaan sebagai Anime Terbaik.

4. Fate/Stay Night: Unlimited Blade Works II (2014)

Unlimited Blade Works II merupakan salah satu anime yang paling ditunggu-tunggu di akhir tahun 2014, mengikuti popularitas dari franchise Fate series dan kesuksesan adaptasi Fate / Zero sebelumnya oleh Ufotable.

Setelah dirilis, Fate/Stay night versi Ufotable ini menerima ulasan yang sangat positif dari para kritikus, yang mengarahkan pujian khusus terhadap perkembangan karakter Shirou dan karakter lain serta animasi yang menakjubkan secara visual.

Apalagi dengan rute Rin Tohsaka, salah satu karakter tsundere yang populer di kalangan penggemar anime.

5. Fate/Stay Night: Heaven’s Feel (2017)

Trilogi ini mengadaptasi Heaven’s Feel, rute ketiga dan terakhir dari visual novel Fate/stay night. Berfokus pada Shirou Emiya dan Sakura Matou dalam konflik antara penyihir di Perang Cawan Suci.

Sakura menjadi fokus karakter dan kekuatan pendorong cerita. Sakura adalah teman lama Shiro dan master sejati dari Rider. Dia sering mengunjungi rumah Shirou sejak mereka bertemu dan membantunya dengan pekerjaan rumah, terutama saat memasak.

Sakura awalnya merupakan adik Rin, tapi diberikan kepada keluarga Matou karena keluarga majus masing-masing hanya diperbolehkan punya satu pewaris. Sakura kemudian diubah oleh Zōken menjadi Grail Vessel buatan, dimaksudkan untuk menumbangkan sistem Heaven’s Feel.

Dalam film Heaven’s Feel ini, Sakura akhirnya menjadi kekasih Shirou, tapi karena kewarasannya terkikis, dia mencoba melindunginya dengan pergi meninggalkan Shirou.

BACA JUGA: 45 Rekomendasi Anime Live Action Terbaik dan Terpopuler

Spin Off Fate/Stay Night

urutan nonton fate
CBR

Berkat kepopuleran franchise Fate series, memicu banyak anime sampingan dibuat, bukan hanya oleh Ufotable tapi juga oleh studio-studio lain dengan kekhasannya masing-masing. 

Karya-karya ini berasal dari dimensi paralel dan urutan waktu yang berbeda. Sebenarnya tak ada urutan khusus di antara setiap karya spin-off yang dirilis oleh rumah produksi anime Fate. Jadi jika Sedulur tertarik untuk mengenal dan memperdalam sisi ceritanya, tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa spin-off yang sudah dibuat.

1. Fate/Apocrypha (2017)

Ceritanya berlatar dalam dunia paralel dengan Fate/stay night asli, ketika House of Einzbern memanggil Ruler ketimbang Avenger dalam Perang Cawan Suci Ketiga. Cawan Suci dipindahkan dari Kota Fuyuki ke Rumania setelah perang. Dengan demikian peristiwa Fate/stay night dan Fate/Zero tak pernah terjadi.

Fate/Apocrypha berfokus pada konflik antara dua faksi yang berlawanan, Merah dan Hitam, masing-masing memanggil tujuh Servant dan Grail itu sendiri memanggil servant kelas Ruler khusus sebagai mediator Perang Cawan Suci. Anggota faksi Merah adalah penyihir yang dikirim oleh Asosiasi Penyihir Clock Tower, sedangkan anggota faksi Hitam adalah bagian dari kelompok penyihir Rumania yang disebut Yggdmillennia.

2. Fate/Extra: Last Encore (2018)

Fate/EXTRA: Last Encore merupakan adaptasi anime dari game yang awalnya dirilis pada konsol PlayStation Portable. Bercerita di Akademi Tsukimihara yang merupakan sekolah menengah buatan yang berfungsi sebagai tempat untuk Perang Cawan Suci berikutnya. Dibuat oleh komputer Moon Cell, sekolah ini dihuni oleh jiwa-jiwa yang diproyeksikan ke Bumi untuk menjadi seorang Master.

Salah satu yang terpilih dan selamat adalah Hakuno Kishinami, yang kemudian bisa memanggil Servant Saber. Dengan kekuatan barunya, Hakuno sekarang harus memulai perjalanannya ke inti Moon Cell, atau Angelica Cage. Di sana, dia akan mengungkap alasan dunia buatan ini dan rahasia masa lalunya yang berlumuran darah.

3. Fate/Grand Order

Fate/Grand Order, atau singkatnya FGO, merupakan sebuah game smartphone ketika sebagian besar karakter yang muncul dalam game tersebut berasal dari seri Fate terdahulu dengan tambahan berbagai karakter baru. Serial animenya sendiri diproduksi oleh CloverWorks.

Bercerita tentang Organisasi Keamanan bernama Chaldea memanfaatkan para ahli, baik ilmiah dan sihir, untuk mengamati masa depan umat manusia terkait kemungkinan peristiwa kepunahan. Sebagai tanggapan, Chaldea memanfaatkan sarana eksperimental perjalanan waktu, teknologi Rayshift.

Seorang pemuda yang baru direkrut ke organisasi bernama Ritsuka Fujimaru, bersama gadis setengah Servant bernama Mash Kyrielight, harus melakukan perjalanan waktu dan menemukan cara menghentikan Singularitas yang terjadi di tiap era berbeda.

4. Fate/Kaleid Prisma

Anime magical girl penuh moe ala Fate. Ini adalah spin-off semesta alternatif dari Fate/stay night dengan Illyasviel von Einzbern sebagai protagonis utamanya. Dalam Fate/kaleid Iiner Prisma Illya, anggota Asosiasi Mage Rin Tohsaka dan Luviagelita “Luvia” Edelfelt bertugas menemukan dan mengambil tujuh Class Card, yang berisi Heroic Spirit. Untuk membantu mereka dalam misi mereka, mereka diberikan kekuatan Ruby dan Safir, dua Kaleidostick yang bisa mengubah diri mereka menjadi magical girl.

5. Today’s Menu for the Emiya Family (2018)

Cerita terjadi di semesta alternatif yang menyerupai Fate/hollow ataraxia ketika Shiro Emiya hidup damai dengan keluarga dan teman-temannya di Kota Fuyuki. Anime ini berfokus pada Shiro yang memasak berbagai jenis masakan Jepang untuk keluarga dan teman-temannya sepanjang empat musim dalam setahun. Nuansanya jelas berbeda dari genre aksi Fate lain, anime ini lebih merupakan spin-off slice of life.

6. The Case Files of Lord El-Melloi II (2019) 

Berlangsung 10 tahun setelah peristiwa Fate/Zero dan dua bulan sebelum peristiwa Fate/stay night, ceritanya berfokus pada Lord El-Melloi II, yang sebelumnya dikenal sebagai Waver Velvet. Waver sendiri penerus Kayneth dan mantan Master saat Grail War ke-4 di Fate/Zero, yang kini menjadi profesor di bawah jajaran Asosiasi Penyihir.

Selama bertahun-tahun menjadi profesor di Clock Tower, dia bertindak sebagai kepala sementara keluarga El-Melloi sampai penerus yang tepat dapat mengambil alih. Namun ketika misteri aneh yang melibatkan sihir mulai terjadi di sekitar London, dia bekerja sama dengan orang misterius dan pemagang bernama Gray dalam memecahkan banyak misteri.

7.  Fate/Strange Fake: Whispers of Dawn

Ini adalah Perang Cawan Suci yang ditutupi kebohongan. Memperkenalkan “Fate” lainnya yang dipersembahkan oleh TYPE-MOON x Ryougo Narita. Perang Cawan Suci ini terjadi bertahun tahun, di beberapa wilayah Jepang. Kemudian ada tanda tanda munculnya sebuah Holy Grail baru, dan Holly Grail tersebut di wilayah Amerika Barat yakni Snowfield. 

Untuk menghadapi peperangan tersebut, beberapa penyamaran dilakukan supaya menang dalam pertarungan tersebut. Pada akhirnya Holy Grail palsu dikalahkan, dan akhirnya peperangan tersebut ini selesai dan juga berakhir saat itu juga. Anime ini diperankan oleh  beberapa karakter, misalnya saja Gilgamesh. Karakter Gilgamesh ini, diisi suaranya oleh Seki Tokomasu. 

Kisah Dasar Fate Series

urutan nonton fate
Aniplex USA

Semua bermula berkat visual novel dari TYPE-MOON yang dirilis untuk Windows pada tahun 2004: Fate/stay night. Karena kesuksesannya, sejak itu memunculkan sejumlah prekuel, sekuel, spin-off, dan adaptasi dengan nama Fate.

Visual novel sendiri berarti novel yang dibikin layaknya game interaktif. Fate/Stay night diceritakan dalam tiga rute berbeda yang bercabang di awal cerita tetapi memiliki urutan permainan yang hampir sama.

Visual novel inilah yang kemudian diadaptasi menjadi serial anime Fate yang punya beragam judul dan beragam studio berbeda yang menggarapnya. Karena franchise ini begitu dicintai dan populer, hadir pula beragam karya media yang memakai elemen dasar dan dijuduli Fate, dan semuanya berada di bawah TYPE-MOON.

Seri Fate mengikuti berbagai event yang memiliki elemen dasar yang akan hadir dari Holy Grail War, Master, Servant, Spirit Heroic, dan pertarungan satu sama lain untuk mengklaim Holy Grail. Berikut ini penjelasan singkat tentang dua jenis item tersebut.

1. Holy Grail dan Holy Grail War

Holy Grail atau Cawan Suci adalah legenda yang muncul sejak Abad Pertengahan, merujuk pada cerita Perjamuan Terakhir Yesus. Legenda mengatakan bahwa siapa pun yang mendapatkan Cawan Suci dapat memenuhi keinginan apa pun. 

Dalam serial Fate, untuk mendapat kekuatan Cawan Suci ini, 7 penyihir dan 7 servant yang dipanggilnya akan saling bertarung bahkan membunuh dalam pertempuran untuk memperebutkan Cawan Suci.

2. Servant dan Heroic Spirit

Servant yang berarti pelayan adalah roh yang dipanggil oleh Holy Grail untuk bersaing di bawah Master dalam Holy Grail War.

Servant ini dibagi menjadi tujuh kelas: Saber, Archer, Lancer, Caster, Rider, Assassin, dan Berserker. Dalam beberapa seri ada tambahan, seperti Ruler dan Avenger. Pahlawan masa lalu atau tokoh mitos akan menjadi Heroic Spirit yang bisa menjadi Servant jika diundang saat ritual pemanggilan.

BACA JUGA: 45 Rekomendasi Anime Shounen Terbaik untuk Ditonton!

Karakter Terkuat Anime Fate/Stay Night

urutan nonton fate
Skeeda

Dalam anime Fate/Zero dan Fate/Stay Night, ada beberapa servant yang bisa dikatakan lebih kuat dibandingkan yang lain, berikut ulasannya.

Diarmuid Ua Duibhne (Lancer)

Merupakan salah satu servant yang memiliki backstory paling tragis. Diarmuid atau biasa dipanggil Lancer dari Fate/Zero merupakan sebuah ilustrasi dari seorang kesatria legenda asal Irlandia.

Lancer biasa menggunakan tombak sebagai senjatanya, yang bernama Gae Dearg yang mana merupakan tombak panjang yang berwarna merah dan Gae Buidhe yang merupakan tombak pendek berwarna kuning yang dapat membuat luka yang tidak bisa disembuhkan. Dalam serial Fate/Zero.

Lancer merupakan servant dari Kayneth. Dalam kehidupan aslinya, Diarmuid merupakan seorang kesatria yang memiliki kutukan titik cinta di wajahnya yang dapat membuat wanita terpesona dan mencintainya. 

Heracles (Berserker)

Salah satu servant dari anime Fate/Stay Night yang merupakan seorang pahlawan dari Yunani. Heracles diceritakan merupakan seorang demigod atau manusia setengah dewa. Ia memiliki kekuatan yang sangat besar yang bahkan dapat mengalahkan monster-monster seperti kraken dan medusa. Karena kecemburuan yang banyak didapatkan oleh Herakles, maka ia sering mendapatkan tugas-tugas sulit yang bahkan mustahil untuk dilakukan oleh manusia biasa, tugas tersebut terkenal dengan nama Twelve Labor of Heracles.

Setelah menyelesaikan tugas tersebut, Heracles berhasil mendapatkan kebebasan dan juga menerima tubuh yang abadi. Dalam anime Fate/Stay Night, Berserker merupakan servant dari Illya, ia sangat suka berperang dan emosinya yang tersegel membuat ia tidak bisa bertindak atas kemauannya sendiri. 

Emiya Shirou (Archer)

Mungkin adanya nama Emiya Shirou mengejutkan bagi beberapa orang, karena seperti yang sudah diketahui bahwa Emiya Shirou merupakan karakter utama dalam anime Fate/Stay Night yang juga memiliki servant yaitu Saber. Namun faktanya, Shirou merupakan servant dari Rin Tohsaka dengan kedudukan sebagai Archer.

Yang menjadi servant merupakan Shirou yang datang dari masa depan yang mana ia membuat sebuah kontrak dengan dunia yang menjadikannya sebagai Heroic Spirit  dengan konsekuensi harus menjadi penjaga. Dalam rangka membebaskan dirinya, ia pergi ke masa lalu dan hendak membunuh dirinya sendiri dimasa lalu. Kemampuan archer sendiri terletak pada pembuatan senjata secara instan. Dengan mengenal lebih dalam mengenai struktur dari sebuah benda akan memungkinkan Archer untuk dapat membuat, membuka, mengembalikan sebuah hal.

Arturia Pendragon (Saber)

Siapa yang tidak kenal tokoh yang satu ini? Beliau merupakan ilustrasi dari seorang raja legendaris Arthur Pendragon. Arthur merupakan salah satu servant yang tampil baik dalam serial Fate/Zero sebagai servant dari Emiya Kiritsugu dan Fate/Stay Night sebagai servant dari Emiya Shirou dengan kedudukan sebagai Saber.

Kemampuan Saber dalam taktik di medan perang dan kemampuannya dalam memainkan pedang membuat ia menjadi salah satu servant terkuat dalam serial Fate. Walaupun dalam Fate/Zero, keyakinan Saber yang sangat berpegang teguh terhadap kehormatan ksatria bertentangan dengan sifat Emiya Kiritsugu yang cenderung melakukan segala cara agar menang, mereka berdua sama-sama ingin memenangkan Holy Grail War tersebut demi mencapai keinginan masing-masing.

Gilgamesh (Archer)

Merupakan salah satu karakter dalam serial Fate yang paling sombong karena memang kekuatannya yang sangat besar. Dalam kehidupan nyata, ia merupakan seorang raja yang berasal dari Sumeria yang digambarkan sebagai setengah dewa.

Dalam serial Fate/Zero, Gilgamesh menjadi servant yang menghianati tuannya yaitu Tohsaka Tokiomi. Lalu ia bergerak dengan keinginannya sendiri untuk mencapai kemenangan di Holy Grail War. Dengan Noble Phantasm yang merupakan koleksi berbagai senjata suci yang disebut Gerbang Babel, membuatnya sangat sulit dikalahkan.

Karakter Paling Populer di Fate

Seperti banyak anime, ada karakter-karakter paling populer dan banyak jadi perbincangan setelah menonton film Fate. Jika Sedulur penasaran dengan kepopuleran para karakternya, ini dia urutannya.

  • Caster

Caster of the 5th Holy Grail War mungkin terkenal karena perannya di Jason and the Argonauts, di mana dia membantu karakter tituler mencuri Bulu Emas, ada sesuatu tentang Penyihir Yunani ini yang menarik orang. Dia adalah unit yang berharga di Grand Order, dan kejenakaannya di Fate/Stay Night membuatnya disukai di kalangan fanbase.

  • Lancer

Lancer pertama kali muncul di Fate Stay/Night dengan mantel panjang khasnya dan Thompson Contender sebagai manusia yang cukup mampu untuk membunuh hampir semua ancaman magis yang dia temui melalui tipu muslihat dan penipuan (ditambah banyak bahan peledak). 

  • Sakura Matou

Sebagai pahlawan wanita Fate Stay/Night, Sakurai Matou terkenal karena kepribadiannya yang manis dan baik hati yang mampu menyembunyikan masa lalu yang sangat traumatis dan juga memiliki avatar sendiri di Fate/Extra.

  • Rider

Rider adalah pelayan dari Yunani Kuno cantik yang bisa mengubah siapa pun menjadi batu hanya dengan tatapan.

  • Rin Toshaka

Rin adalah salah satu Tsundere pertama di anime, dan yang membantu mempopulerkan archtype, serta dikenal sebagai gadis poster untuk Zettai Ryouiki, Rin adalah Master of Archer, pewaris garis keturunan Toshaka, dan kakak perempuan Sakura. 

  • Archer Emiya

Archer diperkenalkan di Stay/Night sebagai cerminan pahit dari pria yang bisa menjadi Shirou Emiya, bahkan dikenal sebagai ibu dari kelompok itu, mampu memasak dengan para dewa, dan menawarkan sedikit nasihat yang bijaksana, meskipun sarkastis, setiap kali dia muncul.

  • Gilgamesh

Gilgamesh adalah Raja Pahlawan yang angkuh, sikap arogan ditambah gudang senjata dan baju besi legendaris, namun mendapatkan cinta dengan penampilan selanjutnya di Fate/Extra.

  • Kiritsugu Emiya

Kiritsugu adalah ayah angkat dari Shirou Emiya, dan  penampilannya yang keren dan ramping adalah mantel panjang khasnya dan Thompson Contender.

  • Kirei Kotomine

Kirei adalah abdi Tuhan, meski memiliki sisi gelap dengan tidak merasakan apa-apa selain dari dorongan sadisnya, dan kemitraan dengan Gilgames membuatnya terbuka selama Perang Cawan Suci ke-4.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang urutan nonton Fate yang bisa Sedulur lakukan. Film anime satu ini memang cukup fenomenal dengan banyaknya judul film utama dan spin-off. Jadi selamat menonton ya Sedulur!