anime shounen

Genre anime shounen telah lama menjadi favorit banyak orang karena selalu menyajikan cerita yang penuh semangat dan plot. Bahkan di Indonesia, penggemar anime shounen pun tak terbatas usia. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa ada saja yang menyukai anime genre ini. Kualitas animasi ini juga semakin baik seiring berjalannya waktu. Para kreator bisa semakin menampilkan gambar yang baik sehingga cerita yang disuguhkan juga semakin realistis.

Dalam anime shounen, penonton sering diajak untuk mengikuti perjalanan karakter utamanya yang penuh perjuangan. Biasanya, cerita yang diangkat dimulai dengan karakter yang tidak memiliki kekuatan apapun tapi berhasil menjadi yang terkuat di akhir cerita. Beberapa anime shounen yang cukup terkenal dan memiliki jutaan penggemar dari seluruh dunia ada seperti Naruto, Demon Slayer, One Piece, hingga Dragon Ball.

Jika Sedulur tertarik untuk mencari referensi dan rekomendasi anime shounen terbaik yang pernah dibuat, maka langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik Sepanjang Masa, Seru!

-->

1. Naruto

Anime shounen
IMDb

Anime Naruto adalah kisah tentang seorang ninja muda bernama Naruto Uzumaki, yang merupakan protagonis utama dalam manga Naruto yang diciptakan oleh Masashi Kishimoto. Cerita ini berpusat pada perjalanan Naruto, seorang ninja dari desa Konohagakure, yang dicemooh dan dijauhi oleh penduduk desa karena mengandung Rubah Iblis Berekor Sembilan. Saat dirinya dilahirkan, para ninja Konohagakure menyegel iblis rubah tersebut ke dalam tubuh Naruto. 

2. One Piece

Anime One Piece menjadi tempat untuk mengikuti petualangan Monkey D. Luffy dan kru bajak laut Topi Jerami dalam mencari harta karun One Piece. Luffy, seorang pemuda dengan kemampuan tubuh yang elastis setelah makan buah Iblis Gomu Gomu. Bertekad untuk menjadi Raja Bajak Laut, dia berusaha menemukan harta karun legendaris yang disebut One Piece. Anime ini dikenal karena alur ceritanya yang out of the box, karakter yang menarik dan visual dunia yang memanjakan penontonnya.

3. Attack on Titan

Attack on Titan mengambil latar dunia yang dihuni oleh makhluk raksasa yang dikenal sebagai Titan. Manusia telah terkurung dalam kota-kota benteng yang tinggi untuk bertahan dari serangan Titan. Cerita ini mengikuti Eren Yeager dan teman-temannya dalam perjuangan mereka melawan ancaman Titan dan upaya mereka untuk mengungkap misteri di balik keberadaan Titan. Serial ini dikenal dengan atmosfer yang gelap dan alur cerita yang kompleks.

4. My Hero Academia

Anime shounen
Looper

Dalam dunia di mana hampir semua orang memiliki kekuatan super yang disebut Quirk. Midoriya Izuku, seorang remaja tanpa kekuatan super, berjuang untuk menjadi pahlawan. Meskipun diawali dengan kekurangan, Izuku menunjukkan tekad dan semangat yang tak tergoyahkan dalam menghadapi tantangan untuk masuk ke Akademi U.A., sekolah untuk calon pahlawan. Anime ini mengeksplorasi tema-tema seperti keyakinan diri, persahabatan, dan tanggung jawab sosial.

5. Demon Slayer

Tanjiro Kamado adalah protagonis dalam anime Demon Slayer yang bergabung dengan Korps Pembasmi Iblis untuk membalas dendam pada iblis yang membunuh keluarganya. Di dunia di mana iblis berkeliaran pada malam hari, Tanjiro harus menghadapi berbagai ancaman dan belajar menjadi seorang pembasmi iblis yang tangguh. Anime shounen ini dikenal dengan aksi pertarungan yang spektakuler, desain karakter yang indah, dan alur cerita yang mengharukan.

6. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Fullmetal Alchemist: Brotherhood mengisahkan tentang petualangan dua bersaudara, Edward dan Alphonse Elric. Mereka menggunakan alkimia, ilmu kuno yang memanipulasi materi, dalam upaya mencari Batu Filsuf, sebuah artefak mitos yang diyakini memiliki kekuatan untuk mengembalikan tubuh mereka setelah mengalami keclakaan sihir. Edward kehilangan lengan kirinya dan Alphonse kehilangan seluruh tubuhnya.

7. Hunter x Hunter

Anime shounen
Animagz

Dalam Hunter x Hunter, Gon Freecss, seorang anak muda, memulai petualangan mencari ayahnya yang merupakan seorang Pemburu. Pemburu adalah kelompok elit penjelajah yang mencari harta karun, makhluk langka, dan rahasia dunia. Gon bergabung dalam ujian Pemburu untuk membuktikan dirinya sebagai calon Pemburu yang tangguh. 

8. Black Clover

Black Clover mengisahkan tentang Asta, seorang anak tanpa kekuatan sihir di dunia di mana sihir menguasai segala hal. Meskipun dianggap tidak memiliki bakat, Asta memiliki tekad kuat untuk menjadi Kaisar Sihir, gelar tertinggi di dunia sihir, dan membuktikan bahwa seseorang tidak perlu kekuatan sihir untuk menjadi luar biasa. Dia bersama teman baiknya, Yuno, berjuang untuk mencapai impian mereka di tengah persaingan yang ketat di dunia penyihir.

9. Fairy Tail

Fairy Tail mengikuti petualangan Natsu Dragneel dan guild sihir Fairy Tail dalam menjalankan berbagai misi dan melawan musuh-musuh kuat. Natsu adalah anggota dari guild ini yang memiliki kekuatan sihir api yang kuat. Bersama dengan teman-temannya, seperti Lucy dan Gray, mereka menjalani petualangan seru, membangun persahabatan yang erat, dan melindungi dunia sihir dari ancaman.

10. Haikyuu!!

Anime shounen
Otaku

Dalam Haikyuu!!, tim voli SMA Karasuno memiliki tekad untuk mengatasi bayang-bayang masa kejayaan mereka dan berusaha menjadi juara dalam turnamen voli tingkat nasional. Mereka belajar dari setiap kekalahan, mengasah kemampuan mereka, dan menghadapi tim-tim kuat lainnya dalam pertandingan yang intens dan membangun semangat sportivitas.

11. One Punch Man

One Punch Man adalah anime shounen yang  mengisahkan tentang Saitama, seorang pahlawan yang bosan karena ia dapat mengalahkan musuh dengan sekali pukul saja. Meskipun ia memiliki kekuatan tak tertandingi, ia merasa kurang puas dan mencari tantangan baru yang dapat membuatnya merasa bergairah lagi dalam menjadi pahlawan.

12. Death Note

Dalam Death Note, Light Yagami menemukan buku misterius yang disebut “Death Note” yang dapat membunuh siapa pun dengan menuliskan nama mereka di dalamnya. Terobsesi oleh keinginan untuk membersihkan dunia dari kejahatan, Light memutuskan untuk menggunakan Death Note untuk menjadi dewa kematian yang memutuskan siapa yang hidup dan mati. Namun, upaya ini membawanya ke konflik dengan detektif jenius L, yang berusaha mengungkap identitasnya.

13. Sword Art Online 

Anime shounen
Animagz

Rekomendasi anime shounen yang satu ini mengisahkahkan para pemain terperangkap dalam permainan VR dan harus menyelesaikan tingkat untuk keluar. Sword Art Online menyajikan visual yang sangat memanjakan mata. Bahkan, anime shounen ini cukup relate dengan para penontonnya yang juga merupakan seorang gamer.

14. Fire Force

Dalam Fire Force, juga dikenal sebagai Enen no Shouboutai, Sedulur mengikuti petualangan Shinra Kusakabe, seorang anak yang memiliki kemampuan mengendalikan api dan memiliki tekad kuat untuk melawan fenomena misterius yang disebut Spontaneous Human Combustion atau manusia yang terbakar hidup-hidup. Shinra bergabung dengan Brigade Pemadam Kebakaran Khusus, sebuah kelompok yang dibentuk untuk melawan para manusia yang terbakar hidup-hidup ini, atau yang dikenal sebagai Infernals. 

15. Tokyo Ghoul

Dalam Tokyo Ghoul, Sedulur mengikuti perjalanan Kaneki Ken, seorang mahasiswa yang tanpa sengaja berubah menjadi setengah ghoul setelah bertemu dengan ghoul misterius bernama Rize. Ghouls adalah makhluk pemakan daging manusia yang juga memiliki kekuatan dan kemampuan khusus. Setelah kejadian tragis ini, Kaneki harus beradaptasi dengan hidup barunya yang melibatkan pertempuran untuk mempertahankan manusia sekaligus melawan naluri makan daging manusianya yang baru. 

16. Mob Psycho 100

Anime shounen
OtakuArt

Cerita Mob Psycho 100 berpusat pada Shigeo Kageyama, yang lebih dikenal sebagai Mob. Dia adalah seorang anak dengan kekuatan psikis yang luar biasa, namun dia berusaha untuk tidak menyalahgunakannya. Meskipun memiliki kemampuan yang menakjubkan, Mob lebih memilih hidup normal dan berusaha mengendalikan emosinya yang kuat. Da menghadiri sekolah dan bekerja di toko taman dengan harapan hidup biasa. Namun, seiring perjalanannya, Mob mulai memahami kekuatan besarnya.

17. Dr. Stone

Dalam Dr. Stone, manusia tiba-tiba diubah menjadi batu selama ribuan tahun oleh misterius fenomena yang disebut “Petrification.” Di tengah kondisi ini, Senku Ishigami, seorang jenius sains muda, berhasil membebaskan dirinya dari batu dan berusaha untuk menghidupkan kembali peradaban manusia dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi.

18. Vinland Saga

Dalam Vinland Saga, Sedulur mengikuti perjalanan Thorfinn Karlsefni, seorang anak muda yang penuh dendam dan tekad untuk membalas kematian ayahnya yang dibunuh oleh seorang Viking. Di tengah era Viking yang keras, Thorfinn menjalani hidup yang penuh dengan pertempuran dan pengorbanan demi mencapai tujuannya. Namun, dalam perjalanannya, dia mungkin menemukan arti yang lebih dalam dari balas dendam saat dia terlibat dalam kisah-kisah epik tentang cinta, persahabatan, dan pengampunan.

19. Blue Exorcist (Ao no Exorcist)

Anime shounen
IMDb

Blue Exorcist atau Ao no Exorcist bercerita tentang Rin Okumura, seorang remaja yang menemukan bahwa dia adalah putra iblis besar. Setelah mengetahui asal-usulnya yang gelap, Rin berusaha menjadi seorang Exorcist, seseorang yang melawan iblis dan mempertahankan dunia manusia. Meskipun memiliki warisan iblis, ia bertekad untuk melindungi manusia dan mengalahkan ayahnya, Satan. Dalam anime shounen ini, ia menjalani pelatihan intensif dan menghadapi konflik yang kompleks.

20. Noragami

Dalam Noragami, Sedulur akan mengikuti Yato, seorang dewa kecil yang memiliki keinginan besar untuk menjadi terkenal dan mendapatkan banyak pengikut. Meskipun ia adalah dewa, ia mengalami kesulitan finansial dan memiliki sedikit pengikut. Ia bertemu dengan Hiyori, seorang gadis yang kehidupannya terhubung dengan dunia roh setelah mengalami kecelakaan. Bersama dengan Yukine, roh yang menjadi senjata Yato, mereka menjalani petualangan rohaniah yang melibatkan pertempuran melawan roh jahat dan memecahkan masalah para arwah.

21. Magi: The Labyrinth of Magic

Alibaba, Aladdin, dan Morgiana menjelajahi dunia untuk menemukan Dungeon dan harta karun. Petualangan mereka dalam menjelajahi berbagai Dungeon yang penuh dengan bahaya dan misteri, serta pertemuan dengan beragam karakter menarik, membentuk inti dari cerita “Magi: The Labyrinth of Magic”. Dalam perjalanan mereka, Alibaba, Aladdin, dan Morgiana juga menghadapi konflik politik dan pertempuran epik, sambil mengembangkan hubungan persahabatan dan kepercayaan satu sama lain.

22. Beelzebub

Anime shounen
Animagz

Tatsumi Oga harus merawat bayi setan, Beelzebub, dan melindunginya dari musuh. Meskipun awalnya dipaksa menjadi “ayah” bagi Beelzebub karena keadaan yang aneh, hubungan antara Tatsumi Oga dan Beelzebub tumbuh menjadi lebih kompleks. Mereka mengalami petualangan yang gila dan kadang-kadang lucu, di tengah ancaman dari para iblis dan musuh yang mengincar Beelzebub.

23. Gintama

Gintoki Sakata menjalani kehidupan sebagai samurai freelancer dalam era Edo yang diinvasi oleh alien. Dalam dunia alternatif yang kacau dan penuh humor, Gintoki Sakata, seorang mantan samurai, menjalani kehidupan yang tidak konvensional sebagai freelancer. Di tengah invasi alien yang mengubah wajah Edo, Gintoki terlibat dalam berbagai petualangan gila, mulai dari misi-misi konyol hingga pertempuran epik.

24. World Trigger

Osamu Mikumo bergabung dengan Border untuk melindungi dunia dari invasi Neighbors. Dalam World Trigger, dunia menghadapi ancaman dari makhluk asing yang disebut Neighbors. Osamu Mikumo, seorang siswa biasa, memutuskan untuk bergabung dengan Border, sebuah organisasi yang berjuang melawan Neighbors menggunakan teknologi canggih dan tim yang terlatih.

25. Assassination Classroom

IMDb

Siswa-siswa harus membunuh guru mereka, Koro-sensei, sebelum dia menghancurkan dunia. Assassination Classroom menghadirkan konsep yang unik di mana sekelompok siswa diharuskan untuk membunuh guru mereka sendiri, Koro-sensei, sebelum dia berhasil menghancurkan bumi. Meskipun terdengar gelap, anime shounen ini menggabungkan elemen komedi dan drama saat siswa-siswa ini belajar mengenai pengampunan, pertumbuhan pribadi, dan arti sejati dari pembelajaran di luar sekolah.

26. Yu Yu Hakusho

Yusuke Urameshi, setelah mati dan dihidupkan kembali, menjadi detektif roh dalam melindungi dunia manusia. Setelah Yusuke Urameshi meninggal secara tragis, dia diberi kesempatan kedua oleh roh dunia bawah untuk kembali ke dunia kehidupan sebagai detektif roh. Dalam perannya yang baru ini, dia bertempur melawan roh jahat, makhluk gaib, dan ancaman supernatural lainnya yang mengancam dunia manusia.

27. Jujutsu Kaisen

Yuji Itadori bergabung dengan Sekolah Penyihir Tokyo untuk melawan kutukan. Yuji Itadori, seorang siswa SMA yang tak sengaja terlibat dalam dunia kutukan dan roh jahat setelah menemukan sebuah artefak ajaib. Untuk melawan ancaman kutukan yang mengancam umat manusia, Yuji bergabung dengan Sekolah Penyihir Tokyo. Di sana, dia belajar tentang seni jujutsu, bertemu dengan teman-teman yang kuat, dan menghadapi musuh yang kuat sambil berusaha mengendalikan kutukan yang ada dalam dirinya.

28. D.Gray-man

Animagz

Allen Walker bergabung dengan Black Order, sebuah organisasi rahasia yang bertujuan melawan ancaman Akuma yang diciptakan oleh Millennium Earl. Seiring dengan perjalanan Allen di dalam Black Order, dia tidak hanya menghadapi ancaman Akuma, tetapi juga mengungkap misteri yang terkait dengan Millennium Earl dan masa lalunya.  Bersama rekan-rekan sesama Exorcists, Allen membangun ikatan kuat dan mempersiapkan diri untuk pertempuran melawan kegelapan yang semakin dalam.

29. Nanatsu no Taizai

Meliodas, sang pemimpin Seven Deadly Sins atau Nanatsu no Taizai. Bersama dengan tujuh anggota lain dari kelompok tersebut, dia harus menghadapi pemerintah Holy Knights yang jahat. Dalam perjuangan mereka untuk mengembalikan kehormatan dan reputasi Seven Deadly Sins, mereka terlibat dalam pertempuran epik melawan Holy Knights. Meliodas dan teman-temannya berusaha membongkar konspirasi dan mengembalikan kedamaian ke kerajaan.

30. Kuroko’s Basketball

Tim basket SMP Teikou yang pernah mendominasi kompetisi terpisah dan memutuskan untuk bertanding kembali di SMA. Meskipun anggota-anggota tim ini tersebar di berbagai tim SMA, persaingan dan persahabatan mereka tetap kuat.Dalam kompetisi yang lebih intens di level SMA, mereka berusaha untuk menunjukkan kemampuan individu mereka dan menguji kekuatan tim lawan.

31. Bleach

Anime shounen
Otaquest

Ichigo Kurosaki mendapatkan kekuatan Shinigami dari Rukia Kuchiki dan kemudian menjadi seorang Shinigami. Dalam perannya sebagai Shinigami, Ichigo bertempur melawan Hollows dan melindungi dunia manusia dari ancaman roh jahat. Namun, perjalanan Ichigo tidak berhenti di situ. Dia juga terlibat dalam konflik yang lebih besar antara dunia roh dan dunia manusia, serta menghadapi tantangan dari Soul Society dan berbagai makhluk supernatural lainnya.

32. My Hero Academia 2

My Hero Academia versi kedua membawa para penonton ke dalam dunia penuh pahlawan super dan Quirks yang unik. Dalam lanjutan anime shounen ini, lebih banyak aksi dan perkembangan karakter diharapkan akan menghadirkan konflik yang lebih besar dan tantangan yang lebih berat bagi para karakter utama. Dengan kekuatan super mereka dan tekad yang kuat, para pahlawan calon ini menghadapi berbagai ancaman dan memperjuangkan keadilan dalam dunia yang penuh dengan Quirks.

33. Shougeki no Souma

Rekomendasi anime shounen selanjutnya adalah Shougeki no Souma. Anime satu ini dirilis pada 2015 silam mengangkat genre komedi dan ecchi. Sementara itu sinopsis film anime masak satu ini mengisahkan tentang Yukihira Souma yang dikenal sebagai remaja dengan kemampuan memasak sangat menakjubkan. Ia merupakan anak seorang koki professional pemilik kedai. Karenanya Yukihira ingin mencoba mengalahkan sang ayah. Namun Yukihira diminta sang ayah untuk masuk ke akademi Kuliner Tootsuki.

34. Detective Conan

IMDb

Anime detektif ini tentu asing ditelinga Sedulur. Detective Conan pertama kali rilis pada tahun 1996 dan sampai saat ini masih sering mengeluarkan movie setiap tahunnya. Detektif Conan berkisah tentang detektif SMA bernama Shinichi Kudo. Shinichi yang baru saja berusia 17 tahun ini dikenal cerdas dan sering membantu polisi untuk membongkar kasus-kasus kriminal.

35. The Promised Neverland

Anime The Promised Neverland merupakan adaptasi dari manga dengan judul yang sama karya Kaiu Shirai dan Posuka Demizu.Serial anime ini bercerita tentang anak-anak dari panti asuhan. Panti asuhan yang biasanya menjadi tempat untuk merawat anak-anak yang telah kehilangan orang tua hingga mereka bertemu orang tua asuh untuk diadopsi, ternyata tidak berlaku dalam The Promised Neverland.

36. Inuyasha

Inuyasha merupakan salah satu anime shounen isekai terbaik yang sempat tayang di TV nasional. Menceritakan tentang kehidupan seorang setengah manusia dan setengah siluman. Anime ini sangat seru, banyak kejadian yang menguras emosi para penonton. Mungkin Inuyasha merupakan salah satu anime yang membekas bagi anak-anak Indonesia.

37. Tokyo Revengers

Anime shounen
Netflix

Tokyo Revengers mengisahkan tentang Takemichi Hanagaki, seorang pria muda yang secara tiba-tiba memiliki kesempatan untuk kembali ke masa lalu dengan tujuan mencegah tragedi dan mengubah arah masa depan yang suram.  Dengan kekuatan ini, Takemichi berusaha untuk merubah kejadian-kejadian yang akan membawa malapetaka, serta menghadapi tantangan untuk melindungi orang-orang yang ia sayangi dan menghindari nasib yang tragis.

38. Blue Lock

Dalam Blue Lock, seorang pemain sepak bola muda menemukan dirinya dalam program pelatihan khusus yang intens, dengan tujuan menjadi penyerang terbaik di dunia. Dalam kompetisi sengit dan tantangan mental yang tak terduga, protagonis berjuang untuk mengatasi batas fisik dan mentalnya, sambil mengejar impian untuk menjadi yang terbaik. Anime ini menampilkan semangat persaingan, dedikasi, dan semangat pantang menyerah dalam pencapaian tujuan yang tinggi.

39. Dragon Ball Z

Dragon Ball Z mengikuti perjalanan petualangan Goku dan teman-temannya yang terus melawan musuh-musuh kuat untuk melindungi dunia dari ancaman yang semakin besar. Dengan menggabungkan aksi laga yang epik, kekuatan super, dan pertumbuhan karakter, cerita ini menyoroti tekad dan persahabatan yang mendorong mereka untuk menghadapi segala rintangan, baik dari dalam maupun luar.

40. RE: Zero

Anime shounen
Animagz

Dalam dunia fantasi yang berbahaya, Subaru Natsuki menemukan dirinya terjebak dalam kutukan ganjil: setiap kali dia mati, dia bangkit kembali di titik awal. Dalam perjalanan penuh penderitaan dan teka-teki. Subaru berusaha mencari cara untuk melindungi orang-orang yang ia cintai. Re:Zero menggambarkan keteguhan batin Subaru saat ia berhadapan dengan kesulitan dan rasa putus asa, sambil mengeksplorasi tema tentang ketabahan, pengorbanan, dan arti sejati dari hidup.

41. Radiant

Seth, seorang pemuda dengan kemampuan sihir yang langka, memutuskan untuk melawan makhluk-makhluk bersinar yang mengancam dunia. Dalam perjalanan petualangannya, dia tidak hanya berusaha untuk melindungi orang-orang, tetapi juga mencari tahu rahasia di balik makhluk bersinar dan asal-usul kekuatannya yang unik.

42. Slam Dunk

Jika Sedulur penggemar olahraga basket sekaligus anime, akan sangat rugi jika belum menonton anime shounen yang berjudul Slam Dunk. Dalam jajaran anime bertemakan olahraga, Slam Dunk merupakan salah satu anime terbaik. Anime ini menceritakan tentang Sakuragi Hanamichi, anak yang baru belajar bermain bola basket.

43. JoJo’s Bizarre Adventure

Anime shounen
Cultura Magazine

JoJo’s Bizarre Adventure mengikuti petualangan keluarga Joestar melintasi generasi-generasi dalam melawan musuh-musuh dengan kekuatan khusus yang disebut Stand. Dengan penggambaran kreatif dan unik, cerita ini memadukan unsur-unsur supernatural, petualangan, dan ketegangan melawan kejahatan yang ekstrim.

44. Campfire Cooking in Another World

Campfire Cooking in Another World with My Absurd Skill bercerita tentang seorang karyawan akuntan bernama Mukouda Tsuyoshi. Suatu hari pria berusia 27 tahun tersebut secara tidak sengaja dipindahkan ke dunia lain atau isekai bersama dengan tiga orang pahlawan. Dalam dunia sihir itu, Mukoda memiliki kemampuan untuk membeli makanan modern dari dunia nyata ke dunia isekai. Kemampuannya ini ternyata jadi awal petualangan barunya.

45. Bungo Stray Dog

Anime shounen ini bercerita tentang petualangan kelompok detektif bernama Agensi Detektif Bersenjata. Agensi Detektif Bersenjata memulai misi untuk mencegah pembunuhan terakhir terjadi. Selagi mengerjakan kasus pembunuhan, Fukuzawa terkejut saat bertemu Ranpo, yang bisa memecahkan kejahatan dalam sekejap.

Itu tadi semua rekomendasi anime shounen ini yang bisa menawarkan petualangan, aksi, dan perkembangan karakter yang menarik. Sedulur dapat menyesuaikan pilihan berdasarkan preferensi Sedulur dan menikmati pengalaman menonton yang seru!