urutan nonton evangelion

Bagi Sedulur yang benar-benar penggemar anime, tentu Sedulur tidak asing dengan anime berjudul Evangelion. Anime ini termasuk dalam jajaran anime jadul karena pertama kali dirilis pada tahun 1995 dengan judul orisinal Neon Genesis Evangelion. Puluhan tahun tayang, ada ratusan episode yang membuat bingung urutan nonton Evangelion.

Sedulur yang belum menonton anime ini dan penasaran bagaimana urutan nonton Evangelion. Bisa langsung menyimak ulasan lengkap tentang anime Evangelion berikut ini!

BACA JUGA: Ini Lho Urutan Nonton Anime Chuunibyou, Jangan Sampai Bingung Ya!

1. Neon Genesis Evangelion (1995-1996)

The New Yorker

Evangelion terkenal tidak hanya karena kecepatan scattershot, tetapi juga produksi yang buruk yang melahirkannya. Keduanya jelas ketika kita menonton animenya. Namun jangan khawatir karena ini tidak mempengaruhi kualitas dan penceritaan

Evangelion bisa berpindah-pindah dari anime aksi yang tak berbeda dengan Gundam kemudian selanjutnya jadi kajian introspektif tentang kekerasan emosional, masa remaja dan hubungan mereka dengan kesehatan mental.

2. Neon Genesis Evangelion: Death & Rebirth (1997)

urutan nonton evangelion
Games Radar

Evangelion sebenarnya sudah tamat dalam 26 episode ini, tapi kemudian karena ketidakpuasan sang penciptanya dan keterkenalan animenya, maka diikuti oleh dua film lain, Death & Rebirth, dan kemudian kesimpulan sinematik yang sangat gelap, menyedihkan dan mengerikan, End of Evangelion.

Meski cuma rekap, Death & Rebirth sangat penting. Ini menceritakan kembali seluruh musim hingga saat-saat terakhir ini, ditambah adegan baru untuk episode 21 hingga 24.

Episode yang dirubah disebut sebagai versi “director’s cut”, dan mereka mengisi celah yang tertinggal oleh edisi siaran asli dari episode-episode ini. Episode 22 versi Death & Rebirth khususnya wajib ditonton, dan harus dilihat sebagai pengganti edisi siaran asli.

3. Neon Genesis Evangelion: The End of Evangelion (1997)

Anime Herald

Dalam Death & Rebirth ada potongan pertama dari episode 25. Ini juga pada dasarnya adalah bagian pertama dari The End of Evangelion, jadi sebelum menonton film ini tamatkan dulu serial anime 26 episode sekaligus Death & Rebirth.

The End of Evangelion berfungsi sebagai akhir alternatif untuk episode terakhir polarisasi Evangelion. Dengan Angel terakhir yang harus dikalahkan, Nerv memiliki satu musuh pamungkas lainnya harus dihadapi, sesama manusia di bawah komando Seele.

4. Rebuild of Evangelion

 

urutan nonton evangelion
Otaku

Rebuild of Evangelion, yang dikenal di Jepang sebagai Evangelion: New Theatrical Edition, adalah penceritaan kembali serial anime Neon Genesis Evangelion asli. Diproduksi oleh Studio Khara dan Hideaki Anno menjabat sebagai penulis dan manajer proyeknya, dengan beberapa veteran yang sebelumnya menggarap Evangelion.

Tetralogi film menggunakan tinta dan cat digital, beberapa animasi CG 3D, dan menyediakan adegan, latar, dan karakter baru, dengan kesimpulan yang sama sekali baru di film keempat.

BACA JUGA: Anime Komedi Terbaik! 12 Urutan Nonton Gintama

Urutan Rebuild of Evangelion

Slate

Untuk urutan Rebuild of Evangelion adalah sebagai berikut:

1. Evangelion: 1.0 You Are (Not) Alone (2007)

Film pertama Rebuild of Evangelion hampir sama seperti episode-episode awal dari serial asli Evangelion. Memperkenalkan ulang Shinji Ikari, NEO Tokyo, NERV, mecha Eva, Angel dan bencana Impact.

2. Evangelion: 2.0 You Can (Not) Advance (2009)

Ketika ancaman ancaman Angel meningkat, kekuatan pertahanan umat manusia didorong ke batasnya, dengan NERV di garis depan perjuangan. Shinji Ikari dan rekannya Rei Ayanami dibantu oleh dua pilot baru: Asuka Langley Shikinami yang berapi-api dan Mari Illustrious Makinami yang misterius.

Dengan bantuan unit mecha Evangelion mereka, dilengkapi dengan senjata yang sempurna untuk menyerang, empat jiwa muda berjuang mati-matian untuk melindungi orang yang mereka cintai dan mencegah kiamat yang akan datang.

3. Evangelion: 3.0 You Can (Not) Redo (2012)

Empat belas tahun setelah Third Impact, Bumi adalah gurun pasca-apokaliptik, peradaban manusia hancur, dan orang-orang yang Shinji Ikari kenal hampir tidak dapat dikenali.

Terperangkap di dalam Evangelion Unit-01, dia ditemukan dari luar angkasa oleh Asuka Langley Shikinami dan Mari Illustrious Makinami, hanya untuk mendapati dirinya sebagai tawanan WILLE, sebuah faksi militer yang dipimpin oleh mantan walinya Misato Katsuragi.

Dingin dan pahit, mantan sekutunya memandangnya dengan kecurigaan dan menolak untuk mendukungnya saat dia menerima konsekuensi dari tindakannya. Shinji yang terluka dan bingung diselamatkan dari WILLE oleh Rei Ayanami dan kembali ke markas NERV.

Di sana, dia bertemu dan dengan cepat berteman dengan Kaworu Nagisa yang penuh teka-teki, yang memberinya kehangatan dan wawasan tentang keadaan perang NERV dengan para Malaikat.

4. Evangelion: 3.0+1.0 Thrice Upon a Time (2021)

Setelah upaya NERV yang gagal untuk mengambil kembali Spear of Longinus dan melaksanakan Human Instrumentality Project, kehancuran yang disebabkan oleh Fourth Impact sebagian besar telah dihindari.

Dalam keadaan kacau, Shinji Ikari, Asuka Langley Shikinami, dan Rei Ayanami melakukan perjalanan ke Village 3, pemukiman selamat yang bebas dari kehancuran Bumi. Di sana, Shinji perlahan menerima masa lalunya, mengembangkan kehidupan yang sama sekali berbeda dari hari-harinya sebagai pilot Evangelion.

Nah itulah penjelasan terkait urutan nonton Evangelion yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, terutama untuk memudahkan Sedulur untuk mengikuti serial anime legendaris satu ini.