urutan nonton Ansatsu Kyoushitsu

Ansatsu Kyoushitsu atau yang dikenal dengan nama Assassination Classroom merupakan salah satu anime yang cukup populer belakangan ini. Memiliki cerita unik, Sedulur yang ingin mengikutinya perlu tahu urutan nonton Ansatsu Kyoushitsu yang benar.

Apalagi dalam anime Shonen ini memiliki pesan moral yang begitu kuat. Khususnya menyindir tentang dunia pendidikan yang penuh kecurangan dan sisi gelap. Jika Sedulur penasaran bagaimana cerita dan urutan nonton Ansatsu Kyoushitsu, mari simak ulasannya berikut!

BACA JUGA: 20+ Anime Sad Ending Beserta Sinopsis, Bikin Banjir Air Mata

Mengenal Ansatsu Kyoushitsu

Wiki Fandom

Anime Ansatsu Kyoushitsu diterbitkan di Indonesia dengan judul Assassination Classroom, adalah seri manga bergenre fiksi ilmiah yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yūsei Matsui. Manga ini pertama kali diterbitkan dalam majalah Weekly Shōnen Jump oleh Shueisha dari bulan Juli 2012 hingga Maret 2016, dan telah dilisensikan dalam bahasa Inggris oleh Viz Media.

Cerita ini mengisahkan tentang kehidupan seorang makhluk mirip gurita dengan kekuatan luar biasa yang menjadi guru di sebuah sekolah menengah pertama, sementara para siswa berusaha untuk membunuhnya demi melindungi Bumi dari kehancuran.

Para siswa ini dianggap “tidak pantas” untuk berada di sekolah mereka dan ditempatkan di gedung terpisah. Mereka merupakan siswa dari kelas 3-E. Hingga bulan Juli 2016, telah terbit dua puluh satu volume tankōbon di Jepang dengan total sirkulasi mencapai 20 juta kopi.

Sebuah adaptasi animasi video asli yang diproduksi oleh Brain’s Base berdasarkan manga ini ditayangkan dalam acara Jump Super Anime Tour dari bulan Oktober hingga November 2013. Kemudian, adaptasi anime diproduksi oleh Lerche dan mulai tayang di Fuji TV pada bulan Januari 2015.

Funimation telah melisensikan seri ini untuk perilisan di Amerika Utara, sementara Madman Entertainment melisensikannya untuk distribusi digital di Australia dan Selandia Baru. Pada tanggal 21 Maret 2015, sebuah film live-action dirilis, diikuti oleh sekuelnya yang berjudul Assassination Classroom: Graduation pada tanggal 25 Maret 2016.

BACA JUGA: 20+ Anime Sad Ending Beserta Sinopsis, Bikin Banjir Air Mata

Sinopsis Anime Ansatsu Kyoushitsu

Film Music Central

Suatu ketika, terjadi sebuah ledakan hebat di luar angsa yang menjadikan bulan berbentuk sabit. Sesosok makhluk bernama Koro Sensei yang mengakui kehancuran tersebut adalah perbuatannya.

Koro juga mengklaim akan menghancurkan bumi pada bulan Maret tahun berikutnya. Namun, tak ada kekuatan militer yang dapat melawannya. Karena merasa Bumi sudah tidak berdaya, Koro yang bisa sesuka hati melakukan apapun di dunia meminta untuk mengajar di sebuah sekolah. Tapi bukan memberikan pelajaran biasa, tapi Koro mengajarkan pada para siswanya bagaimana cara membunuhnya.

Kini, nasib dunia ada di tangan para siswa tersebut, khususnya siswa kelas 3-E di sekolah Kunugigaoka. Para siswa pun mencari cara untuk membunuh guru mereka agar dapat menyelamatkan dunia sekaligus mendapatkan uang sebesar sepuluh miliar yen yang dijanjikan pemerintah dunia.

BACA JUGA: 15+ Rekomendasi Anime Zombie Terbaik & Paling Menegangkan

Urutan Ansatsu Kyoushitsu dari Series, ONA, OVA, dan Movie

urutan nonton Ansatsu Kyoushitsu
NovelToon

Anime satu ini memang sudah rilis sejak 2013 silam dengan formal serial  televisi. Namun, pada tahun 2016, pihak Shonen juga membuat versi movie untuk menguatkan cerita dari anime ini.

Berikut ini urutan Ansatsu Kyoushitsu yang lengkap mulai dari awal perilisannya.

  • Ansatsu Kyoushitsu: Jump Festa 2013 Special, ini jadi episode perkenalan awal film Assasination Classroom.
  • Ansatsu Kyoushitsu: Deai no Jikan jadi episode perkenal spesial selanjutnya sebelum akhirnya rilis resmi di layar televisi.
  • Ansatsu Kyoushitsu (Assassination Classroom) rilis di televisi secara resmi pada 2015 dengan 22 episode.
  • Ansatsu Kyoushitsu 2nd Season rilis di televisi secara resmi pada 2016 dengan 25 episode.
  • Ansatsu Kyoushitsu 2nd Season: Kagaijugyou-hen menjadi seri ONA yang rilis pada tahun 2016. Tayangan ini memiliki 8 episode.
  • Ansatsu Kyoushitsu: 365-nichi no Jikan (Assassination Classroom The Movie: 365 Days’ Time) jadi movie pertama Koro Sensei yang rilis pada tahun 2016.
  • Koro-sensei Quest! versi ONA yang rilis pada tahun 2017 dan tayang dengan 12 episode.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang urutan nonton Ansatsu Kyoushitsu atau yang lebih dikenal dengan Assassination Classroom. Jika Sedulur ingin menontonnya, semoga informasi di atas bisa memberikan kisi-kisi dan menambah rasa penasaran Sedulur ya!