urutan black clover

Black Clover merupakan anime yang bercerita tentang pemuda bernama Asta yang bercita-cita menjadi seorang Kaisar Sihir. Anime satu ini sedang mencuri perhatian para pecinta film karena sudah rilis dibeberapa aplikasi nonton berbayar. Namun, untuk orang-orang yang baru pertama kali menonton, pasti akan dibuat bingung dengan urutan Black Clover.

Anime satu ini mengambil plot utama Asra yang berjuang untuk mencapai cita-citanya. Namun, dilahirkan sebagai orang yang tidak memiliki bakat sihir sama sekali, membuat Asta sangat mustahil untuk menjadi seorang Kaisar Sihir. Berbeda dengan teman yang juga menjadi rivalnya, Yuno, yang memiliki kemampuan dan bakat sihir yang luar biasa.

Dengan sinopsis singkat di atas, Sedulur pasti sudah terbayang bagaimana serunya perjuangan Asta untuk bisa mencapai cita-citanya. Apalagi ada banyak intrik dan plot twist cerita yang juga akan menambah bumbu dari anime Black Clover. Lantas seperti apa urutan anime Black Clover yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita cek penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Begini Urutan Nonton Attack on Titan, Jangan Sampai Salah!

-->

Anime karya Yuki Tabata

urutan nonton black clover
Pikiran Rakyat

Bagi para pecinta anime, Black Clover merupakan film yang menarik dan layak tonton. Bisa dikatakan bahwa Black Clover merupakan anime yang populer, baik di Jepang maupun di Indonesia. Anime ini diangkat dari manga karya Yuki Tabata.

Black Clover sendiri terdiri dari 4 season sampai saat ini. Pada season pertama dengan 51 episode tayang premier pada 3 Oktober 2017, dan berakhir pada 25 September 2018. Nah, tentu karena jumlah episode yang banyak, tentu perlu mengetahui urutan Black Clover.

BACA JUGA: 10 Anime Tema Balapan Yang Seru dan Penuh Adrenalin!

Urutan Black Clover

Black Clover kembali ramai diperbincangkan, hal tersebut disebabkan keluarnya film terbaru Black Clover dengan judul Sword of the Wizard King. Film ini rilis pada 16 Juni 2023 yang lalu, yang tayang di Netflix. Tentu bagi Sedulur yang belum menonton Black Clover, akan kesulitan menonton anime ini. Nah untuk memudahkan Sedulur, berikut ini urutan Black Clover yang wajib Sedulur ketahui!

1. Jump Festa 2016 OVA (2017)

urutan nonton black clover
Liputan6

OVA berdurasi 27 menit ini menceritakan Upacara Penerimaan Grimoire, serta pertarungan antara Klaus Lunettes dan Yuno versus Mars, juga antara Asta versus Revchi Salik. OVA sendiri merupakan singakatan dari Original Video Animation.

Jump Festa 2016 OVA dari Black Clover sendiri tayang berjalan bersamaan dengan season 1 yang tengah berlangsung. Dalam anime ini mengambil sudut pandang ketika upaca peneriman Grimoire yang merupakan bagian pembuka dari anime ini.

Sedulur akan mendapatkan penjelasan di anime ini, yang merupakan pembuka sebelum kemudian Sedulur bisa menyaksikan kelanjutan animenya

2. Black Clover Season 1 (2017-2018)

urutan nonton black clover
Just Watch

Memperkenalkan dua protagonis, Asta dan Yuno. Setelah menerima grimoire, mereka menuju ibu kota berharap bisa ikut ujian masuk Magic Knights. Magic Knights sendiri merupakan prajurit atau pasukan sihir yang merupakan benteng pertahanan pertama dari Karajaan Clover itu sendiri.

Di season ini, Sedulur akan mendapatkan penjelasan tentang siapa Asta dan Yuno, dan mengapa mereka berdua menjadi rival dan bersaing untuk menjadi Kaisar Sihir di Kerajaan Clover. Sedulur juga akan mendapatkan penjelasan yang cukup mendalam tentang beberapa divisi prajurit sihir di Kerajaan Clover.

Yg paling disorot adalah divisi Banteng Hitam atau Black Bulls yang merupakan divisi sirih dari Asta dan terdiri dari prajurit sihir yang unik. Pribadi yang sangat nyentrik dan berantakan, namun mereka semua memiliki kepedulian yang tinggi satu sama lain.

3. Black Clover Season 2 (2018-2019)

urutan nonton black clover
Diorama

Urutan nonton Black Clover selanjutnya berlanjut ke Black Clover season 2. Di season ini, cerita berlanjut meneruskan season 1. Ada banyak masalah yang tentu saja lebih kompleks dan lebih rumit lagi. Salah satunya yaitu Asta dan kawan-kawan bertemu dengan musuh bernama Vetto

Pertarungan melawan Vetto membuat lengan Asta terluka parah. Vanessa berusaha menemukan obat untuk Asta di kampung halamannya, Hutan Penyihir. Di sana, konflik muncul saat Diamond Kingdom dan Eye of the Midnight Sun menyerang hutan secara bersamaan.

Di season ini juga, Sedulur akan melihat kekuatan Vanessa yang keluar dan berhasil mengembangkan kemampuan sihirnya menjadi lebih baik lagi.

4. Jump Festa 2018 OVA (2018)

Anime UK News

Di urutan nonton Black Clover selanjutnya, Sedulur masuk ke Original Video Animation atau OVA. Dua tahun setelah OVA 1 tayang. Episode OVA spesial ini berjudul The All Magic Knights Thanksgiving. Latar waktunya terjadi sebelum waktu cerita dari serial utamanya.

Biasanya, OVA hadir untuk mendukung cerita dan bagian-bagian penting yang belum dijelaskan secara detail di season animenya.

5. Squishy! Black Clover (2019)

urutan nonton black clover
Pinterest

Urutan nonton Black Clover selanjutnya yaitu Squishy! Black Clover. Serial ini menampil karakter yang berbeda. Serial 8 episode ini menampilkan karakter Black Clover versi chibi. Situasi ceritanya sangat berbeda dari serial utamanya, sering kali penuh komedi.

Biasanya tujuannya sebagai penyegaran sebelum melanjutkan pada season selanjutnya. Maka dari itu wajar jika jalan ceritanya penuh dengan komedi.

6. Black Clover Season 3 (2019-2020)

Kilas Berita

Selanjutnya merupakan season 3. Season ini menceritakan konflik antara The Royal Knights dan Eye of the Midnight Sun. Konfliknya berkembang menjadi lebih menyeramkan, karena ternyata ada pengaruh iblis atas semua kejadian yang terjadi.

Dalam season ini juga cerita mulai seru karena menceritakan tentang peran iblis yang ternyata amat nyata dan penting di anime Black Clover.

7. Black Clover Season 4 (2020-2021)

Yodu

Heart Kingdom memutuskan untuk bekerja sama dengan Magic Knights, karena keduanya bersamaan diserang oleh Dark Triad dari Spade Kingdom. Dalam season ini, musuh utama dari anime Black Clover yaitu Dark Triad yang memiliki kekuatan besar karena bekerja sama dengan iblis.

BACA JUGA: 25 Rekomendasi Anime Sport Terbaik, Bikin Semangat

8. Black Clover: Sword of the Wizard King (2023)

Netflix

Perjalanan Asta dan kawan-kawan berlanjut di film Sword of the Wizard King. Film ini baru telah tayang pada 16 Juni 2023 di Netflix. Sebelum melanjutkan season kelima, perjalanan Asta dan kawan-kawan diselangi dengan perang melawan Kaisar Iblis sebelumnya yang mengancam keamanan masyarakat kerajaan Clover.

Nah itulah daftar urutan Black Clover yang bisa jadi panduan Sedulur agar tidak salah menontonnya dan bisa memahami ceritanya dengan baik. Bagi para penggemar Black Clover, masih harus bersabar menunggu kelanjutan cerita animenya.