Buat Sedulur penikmat film kriminal mafia pasti tidak asing dengan The Godfather. Film ini dirilis tahun 1972 dan termasuk film bertema kriminal paling fenomenal. Sebab, film ini diangkat lewat novel serupa karya Mario Puzo dan termasuk dalam film trilogi pertama. Film ini dianggap sukses besar, karena sudah menyabet beragam penghargaan hebat.

Membahas film rasanya perlu juga kita mereviewnya, sehingga agar memahami seluk beluk cerita dan maksud film ini, yuk simak dan pahami review the Godfather sekaligus sinopsi The God Father di bawah ini Sedulur.

BACA JUGA: 12 Cara Download Film Free Lewat Laptop Mudah Tanpa Ribet

Sinopsis The Godfather 

the godfather
Semarak news

Film ini mempunyai tema kriminal dan diproduksi oleh Paramount Picture tahun 1972. Sementara beberapa pemain yang terlibat dalam film drama kriminal ini adalah Marlon Brando, Al Pacino hingga James Caan. Film The Godfather mengambil latar belakang sebuah Kota New York pada tahun 1945.

Dalam ceritanya Vito Carlone yang diperankan oleh Marlon Brando sedang menggelar pesta pernikahan putrinya dengan mewah. Sembari sedang menerima tamu, Vito tiba-tiba mendengar permintaan tolong dari teman dan rekan-rekannya.

Namun secara umum pada film The God Father trilogi lebih mengisahkan tentang imigran asal Italia, tepatnya sang imigran berasal dari kota Sisilia. Selanjutnya mereka pindah dan menetap di Kota New York, Amerika Serikat. Inti dalam film garapan Paramount Picture menunjukkan adegan kejahatan mengenai para mafia dari Italia dan menetap di Amerika Serikat tersebut.

The Godfather lebih menceritakan tentang keluarga imigran asal Kota Sisilia, Italia di New York yaitu Carleone dan dikepalai oleh Don Vito Carleone. Diketahui, Don Vito sudah punya istri bernama Carmela Carleone dengan tabah dan sabar. Ia mengadopsi seorang anak bernama Tom Hagen kemudian menjabat sebagai kuasa hukum keluarga.

Carleone sudah mempunyai 4 anak bernama Santino Corleone atau Sonny dan menjadi anak tertua dan punya rasa ambisius. Kemudian anak kedua bernama Frederico Corleone atau Fredo. Karakteristiknya sedikit labil. Anak ketiga bernama Michael Corleone punya karakter cerdas. Michael ini sangat jauh dari bisnis gelap keluarga.

Anak terakhir atau keempat, bernama Constanzia Corleone Connie adalah putri satu-satunya dan punya sikap dimanja. Corleone adalah pimpinan kelompok mafia dan sangat berpengaruh di Amerik Serikat. Diketahui The Godfather punya sederet usaha ilegal mulai dari perjudian, narkoba, hingga bisnis prostitusi.

Puncak persoalan bermula ketika Don Vito Corleone menggelar resepsi mewah anaknya, singkat cerita Vito Carleone masih melayani permintaan kliennya. Ada satu klien hadir dalam resepsi mewah Don Vito Corleone bernama Sollozo. Sollozo merupakan bandar narkoa dari keluarga Tattaglia. Sollozo mencoba menawarkan kerja sama dengan Don Vito, namun ternyata tawarannya di tolak oleh The Godfather.

Alhasil, Sollozo tidak terima dan memerintahkan anak buahnya untuk menembak bos mafia tersebut. Bos The Godfather tertembak namun tetap bisa selamat. Selama pemulihan, ternyata bisnis dipegang Sonny. Namun Sonny tidak begitu memahami bisnisnya sehingga berada di ambang kehancuran.

Persoalan semakin pelik, ketika Sonny memerintahkan anak buahnya untuk membunuh Sollazo yang diperankan oleh Al Litteri dan berhasil. Persaingan di Amerika Serikat di antara keluarga mafia berlanjut bahkan saudara Michael, Sonny tewas tertembak karena kelompok bersenjata. Akibatnya Michael dibalut rasa dendam dan ingin membalaskan dendam sang saudara.

The Godfather 2

the godfather
Pikiran rakyat

Bos mafia bisnis Ilegal Don Vito Carleone telah tiada. Maka Michael Corleone pun ditahbiskan sebagai pemimpin dalam bisnis keluarga The Godfather. Dalam masa awalnya menjabat sebagai pimpinan bisnis keluarga, Michael Corleone sudah memiliki rencana ingin mendirikan bisnis kasino di Las Vegas.

Bahkan Michael pun juga berusaha merambah hingga ke Hollywood hingga Kuba. Bisnisnya pun sukses besar setelah menggantikan ayahnya. Namun petaka mulai bermunculan karena banyak pesaing bisnis ingin menjegal bisnis dari The Godfather. Pihak yang mencoba menjegal bisnis dari Michael Corleone adalah Senator Pat Geary.

Pat Geary terus mencari bukti jika The Godfather merupakan bisnis ilegal. Bahkan dalam perkembangan bisnisnya dibarengi dengan pertumpahan darah.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Horror Indonesia yang Bikin Merinding

The Godfather 3

the godfather
Pikiran rakyat

Diketahui film ini meraih sukses besar, sampai dirilis dalam sebuah trilogi seri 1 sampai 3. Film-film ini dirilis mulai dari yang pertama tahun 1972, lalu pada tahun 1974 dan 1990 untuk film kedua dan ketiga. The Godfather trilogi meraih sukses besar khususnya pada film pertamanya. Sebab, sampai menyabet penghargaan terbaik di Academy Award dan Golden Globe tahun 1973. Bahkan sang pemeran utama Don Vito Carleone, Marlon Brando sukses menjadi aktor terbaik.

Bahkan dalam iMDb film dari series pertama dan kedua sukses berada di posisi kedua dan ketiga dengan film rating terbaik yaitu 9.1 untuk jenis pertama dan 9.0 untuk kedua.

Pada series ketiga ini, kejayaan bisnis Corleone mampu bertahan lama dan pada akhirnya Don Michael menanggalkan cara kerja mafia hingga bisnisnya. Dia pun memilih menekuni bisni legal. Pada serial ketiga, ini bisnis Michael Carleone selaku anak dari Don Vito mengalami kerugian

Michael Carleone mempunyai dua anak bernama Anthony dan Mary. Namun sikap Anthony berbeda dari sang ayah. Sedangkan si anak perempuan Mary punya sifat seperti ayahnya. Alhasil, Mary sangat memenuhi syarat menjadi Don.

Dalam serial ketiga film The Godfather ini banyak sekali konflik keluarga. Mulai dari perebutan bisnis sampai munculnya Vincent Corleone sebagai Don. Begitulah cerita dalam The Godfather movie, sebuah film keluarga mafia dengan bisnis ilegalnya.

Pemain The Godfather

the godfather
Celebrities

Diadaptasi dari sebuah novel karya penulis Amerika –Italia, Mario Puzo, film ini sanggup mendulang sukses besar. Dalam perjalanannya, film bergenre kriminal ini sudah meraih banyak penghargaan, mulai dari Academy Award dan penghargaan Golden Globe di tahun 1973. Adapun aktor-aktor yang mendukung kesuksesan dari film The Godfather trilogi di antaranya adalah Marlon Brando, Al Pacino sebagai sang anak dari Don Vito yang diperankan oleh Marlon Brando.

Perjuangan mereka dalam upaya mempertahankan bisnis ilegal keluarga harus dibarengi persaingan bisnis tidak sehat sehingga pada akhirnya muncul pertumpahan darah. Don Vito Carleone bahkan sempat ditembak oleh pesaing bisnisnya Sollozo.  

Kesimpulan dari The Godfather movie

Hipwee

Kisah dari film ini banyak dipengaruhi dari kisah mafia sampai dengan kejadian di dunia nyata. Sosok Vito diperankan Marlon Brando yang mana dia adalah kombinasi dari beberapa mafia. Layaknya mafia dalam dunia nyata, Joe Profaci, Vito mempunya bisnis bernama minyak zaitun dalam menjadi pendorong kegiatan ilegal tersebut. Layaknya Carlo Gambino sosok Vito punya reputasi sebagai pria sederhana.

Akan tetapi sosok dari Vito itu malah akan lebih mirip dari mafia dalam kehidupan nyata yaitu Frank Costello. Diketahui bahwa Frank Costello merupakan sosok perdana mentri. Bahkan Costello dianggap punya karismatik sebagai diplomat ulung. Sehingga Don Vito Carleone layaknya punya ketrampilan diplomatik.

Pada kesempatan lain film The Godfather ini juga punya kesamaan dengan kehidupan nyata seperti Salvatore Bonano. Micheal Carleone merupakan anak dari Don Vito dan ingin mencari kehidupan berbeda dibandingkan menekuni usaha dari sang ayah.

Pada kehidupan nyata, kepribadian Bill juga disandingkan dengan kakak lelaki Michael, Fredo Corleone. Dia punya sifat mewah serta suka mencari perhatian dan hidup dari kekayaan keluarganya. Bahkan Fredo tidak pernah menerima rasa hormat yang dia inginkan dari anak buah sang ayah.

Film ini sangat menarik untuk dinikmati Sedulur, sebagai film lawas dan tetap eksis sampai sekarang. Sebuah film mengenai bisnis ilegal, tentang perebutan kekuasaan dalam keluarga hingga persaingan bisnis tidak sehat. Bahkan dalam film ini terjadi pertumpahan darah antara beberapa orang sehingga semakin seru untuk dinikmati. Paramount Picture selaku PH yang menaungi film ini bahkan sangat pandai menampilkan beberapa adegan menarik.

Didukung pula dengan aktor-aktor hebat, membuat film ini semakin diterima pasaran baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Sebagai bukti nyatanya, film The Godfather ini sukses merilis tiga serial dari Godfather 1 sampai dengan tiga.

Semoga ulasan di atas menambah wawasan dan pengetahuan kita akan review The Godfather ya Sedulur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!