tarian lengger maut

Visinema Pictures dan Aenigma Picture mengeluarkan film thriller pertama yang tayang pada 13 Mei 2021 di bioskop kesayangan berjudul Tarian Lengger Maut. Film yang mengangkat budaya lokal berupa tarian yang berasal dari daerah Banyumas ini dibintangi oleh Della Dartyan dan Refal Hady.

Budaya lokal dari Banyumas itu pun dikemas dengan apik dalam bentuk film bergenre thriller dan misteri oleh sang sutradara, Yongki Ongestu. Sebelum menyimak informasi berisi sinopsis ini, perlu ditekankan bahwa artikel ini berisi bocoran film Tarian Lengger Maut. Berikut adalah sinopsis lengkapnya.

BACA JUGA: Profil Lengkap Pemain Little Mom & Sinopsis Sampai Ending!

1. Review Tarian Lengger Maut Movie

review tarian lengger maut
reviewfilm

Kisah Tari Lengger Maut Movie berawal dari seorang dokter bernama dr. Jati (Refal Hady) yang sedang melakukan pekerjaan di sebuah desa bernama Pagar Alas. Sang dokter kemudian tanpa sengaja bertemu dengan seorang penari lengger bernama Sukma (Della Dartyan). Jati kemudian menjadi terobsesi dengan sang penari karena jantungnya terasa berdegup kencang setiap kali melihat Sukma menari.

Pada saat yang bersamaan, penduduk desa Pagar Alas memiliki permasalahan karena adanya beberapa warga yang hilang dan tak kunjung pulang. Penduduk percaya bahwa masalah dan petaka tersebut bisa hilang dengan cara melakukan Ritual Tari. Sukma yang menjadi salah satu penari dalam desa tersebut kemudian menjalani beberapa ritual untuk menghentikan petaka yang menimpa seisi desa dan ritual tersebut juga dipercaya melindungi seluruh penduduk desa. 

2. Memiliki konsep mengenalkan budaya lokal

budaya Banyumas
kumparan

Konsep utama dari film ini adalah dengan mengangkat budaya lokal yaitu tari lengger berasal dari Banyumas. Budaya tidak serta merta ditulis saja, namun kru juga melakukan riset yang cukup mendalam. Sang penulis naskah, sutradara, serta pemeran tokoh Sukma sebagai penari yaitu Della Dartyan juga turut melakukan riset dengan mendatangi lokasi secara langsung.

Yongki sebagai sutradara menyebutkan bahwa setiap seniman tari dan para budayawan pasti memiliki persepsi yang berbeda saat ditanyai mengenai tarian lokal tersebut. Dengan adanya berbagai persepsi yang berbeda, Yongki memutuskan untuk mengambil persepsi dari salah satu penari dan sinden senior bernama Bu Kendar dan seorang pemain calung senior bernama Pak Kendar.

Dengan adanya riset yang dilakukan secara langsung, sayangnya budaya lokal tersebut hanya berupa alunan bunyi gamelan serta tarian saja yang ditampilkan dalam film. Penonton merasa tanggung dengan budaya yang ditampilkan, karena hanya sedikit saja dan tidak mencerminkan isi dari cerita. Tidak ada beberapa fakta mengenai ritual yang harus dilakukan oleh seorang penari yang membuatnya dihormati. Selain itu, akhir dalam film ini terkesan kurang maksimal dan kurang matang untuk disajikan.

BACA JUGA: Sinopsis & 7 Pemain 1988 Reply, Drama Keluarga Terbaik

3. Dokter psikopat

sinopsis
tribunnews

Tokoh utama dalam film bergenre misteri-thriller ini adalah seorang pria yang berprofesi sebagai dokter pada siang hari, dan beralih profesi menjadi pengoleksi jantung manusia dan pembunuh berantai saat malam tiba. Awal munculnya dokter ini adalah ketika ia ditugaskan untuk pergi ke sebuah desa kecil dan membuka praktek disana. Desa bernama Pagar Alas ini terkenal dengan tarian lenggernya. 

Film Tarian Lengger Maut kemudian berlanjut pada pertemuan sang dokter dengan seorang perempuan muda bernama Sukma yang berprofesi sebagai calon penari. Dari pertemuan itulah, si dokter menginginkan jantung Sukma. Dokter bernama Jati ini mulai berprofesi sebagai pembunuh berantai dan psikopat sejak memiliki trauma kekerasan dalam rumah tangga saat ia masih kecil. Atas dasar trauma masa kecil itulah yang membuatnya ingin merenggut jantung seseorang setelah mendengarkan detak jantungnya. 

Sang sutradara menyebutkan bahwa Refal yang memerankan tokoh dokter psikopat merasa tertantang dengan penawarannya. Refal mengaku ingin mendalami karakter dari dokter dan ingin keluar dari zona nyamannya sebagai aktor yang tidak pernah mendapatkan peran pembunuh dan menantang sebelumnya.

4. Akting pemain yang sangat memukau

pemain tarian lengger maut movie
kincir

Adu akting antara Refal Hady yang berperan sebagai dokter psikopat dan Della Dartyan sebagai penari patut diacungi jempol. Mereka tampak sangat totalitas dalam memerankan tokohnya masing-masing. Della berlatih sebagai penari selama satu bulan di kota Purwokerto untuk belajar langsung mengenai teknik menari dari ahlinya.

Sementara itu, Refal Hady juga mengungkapkan bahwa ia sangat senang bisa berperan sebagai tokoh psikopat yang sangat ia idamkan sedari dulu. Film Tarian Lengger Maut full movie ini membuat Refal harus berlatih dan mempelajari beberapa ilmu dari kedokteran.

Itu dia fakta serta sinopsis film thriller yang tayang di bioskop seluruh Indonesia pada 13 Mei 2021 ini. Film yang mengangkat budaya lokal dari Banyumas ini patut untuk Sedulur tonton di waktu senggang bersama dengan orang terkasih. Jika Sedulur ingin nonton tarian lengger maut full movie sub indo, klik disini, ya!

Menonton film kurang lengkap tanpa adanya camilan. Untuk mendapatkannya dengan mudah, Sedulur bisa mengunduh Aplikasi Super. Selain mudah, ada berbagai macam pilihan bahan untuk membuat camilan yang bisa dipilih. Segera unduh, ya!