sinopsis operation proposal

Drama tentang perjalanan waktu atau time travel dan percintaan selalu punya daya tarik tersendiri. Tak terkecuali drama Korea lawas yang berjudul Operation Proposal. Meski telah dirilis lebih dari satu dekade silam, drama ini tetap menarik untuk ditonton sebagai hiburan di waktu luang. Sinopsis Operation Proposal sendiri berkisah tentang seorang pria yang melakukan perjalanan ke masa lalu demi cinta pertamanya.

Lantas, berhasilkah ia memperjuangkan cinta pertamanya? Sebelum menonton dramanya, tak ada salahnya Sedulur menyimak sinopsis dan berbagai informasi menarik seputar Operation Proposal. Berikut rangkum informasi selengkapnya.

BACA JUGA: Sinopsis A Shop for Killers, Drakor Aksi Terbaru Lee Dong Wook!

Sinopsis Drama Operation Proposal

sinopsis operation proposal
Plex/Operation Proposal

Drama Operation Proposal mengikuti kisah Kang Baek Ho (diperankan oleh Yoo Seung Ho), seorang pemuda yang melakukan perjalanan waktu demi memperjuangkan cinta pertamanya.

Dia diceritakan telah lama menyukai teman masa kecilnya, Ham Yi Seul (Park Eun Bin). Keduanya pertama kali bertemu saat masih belia dan menjadi teman baik sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Kendati telah lama menyimpan rasa suka kepada Yi Seul, Baek Ho tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkan perasaannya tersebut. Hingga kemudian Yi Seul menikah dengan pria bernama Jin Won.

Pernikahan Yi Seul ternyata menimbulkan penyesalan besar dalam diri Baek Ho. Padahal selama ini keduanya juga selalu menjalin hubungan baik sebagai sepasang sahabat.

Surat Yi Seul Ditemukan

Penyesalan Baek Ho seolah makin memuncak ketika ia tidak sengaja menemukan sebuah surat yang ditulis Yi Seul untuknya. Namun surat itu tidak dikirimkan oleh Yi Seul. Hal itu bermula ketika Baek Ho diminta membantu membawa barang-barang Yi Seul pada hari pernikahannya.

Saat hendak memasukkan sebuah kotak milik Yi Seul ke dalam mobil, Baek Ho tidak sengaja menjatuhkan sebuah surat. Pada surat itu tertulis nama Baek Ho sebagai penerima dan Yi Seul sebagai pengirimnya. Ia pun menyelipkan surat tersebut ke dalam bajunya.

Setelah pernikahan Yi Seul, Baek Ho duduk menyendiri di taman. Ia kemudian membuka surat yang ternyata ditulis Yi Seul setelah keduanya lulus sekolah. Dalam surat itu, Yi Seul mengungkapkan bahwa Baek Ho adalah sosok spesial untuknya. Yi Seul juga mengaku telah menyukai Baek Ho sejak lama.

Baek Ho Kembali Ke Masa Lalu

Surat Yi Seul yang tak sengaja ditemukan Baek Ho pun membuatnya semakin gelisah. Apalagi ia harus mendapatkan fakta bahwa Yi Seul juga menyimpan perasaan yang sama.

Di tengah perasaannya yang campur aduk setelah membaca sudah Yi Seul, Baek Ho tiba-tiba didatangi oleh seorang pria misterius. Pria tersebut mengaku bisa membawa Baek Ho ke masa lalu untuk mendapatkan cinta pertamanya, yakni Yi Seul.

Meski awalnya menganggap pria itu gila, Baek Ho akhirnya menuruti perkataan pria tersebut. Ia bertekad memperjuangkan cinta pertama yang sebelumnya telah ia sia-siakan. Akan tetapi, mengubah masa depan dengan kembali ke masa lalu ternyata tidak semudah bayangan Baek Ho.

BACA JUGA: 8 Film Drakor Pura-Pura Miskin, Dijamin Seru!

Profil Drama Operation Proposal

sinopsis operation proposal
TvN.Operation Proposal

Drama Operation Proposal dirilis pada 2012 dengan menampilkan Yoo Seung Ho dan Park Eun Bin sebagai pemeran utamanya. Drama arahan sutradara Kim Woo Sun ini diadaptasi dari drama Jepang yang berjudul Operation Love dan dirilis pada 2007.

  • Judul drama: Operational Proposal
  • Judul asli: 프러포즈 대작전 (Pereopyojeu Daejakjeon)
  • Sutradara: Kim Woo Sun
  • Penulis naskah: Yoon Ji Ryeon
  • Tanggal rilis: 8 Februari 2012 – 29 Maret 2012
  • Jumlah episode: 16
  • Saluran tayang: TV Chosun

BACA JUGA: 30+ Rekomendasi Drakor Tentang Crime Terbaik, Paling Menegangkan!

Daftar Pemain

sinopsis operation proposal
Plex/Operation Proposal

Disampaikan sebelumnya, drama Operation Proposal menampilkan aktor Yoo Seung Ho dan aktris Park Eun Bin sebagai pemeran utamanya. Selain itu, drama ini juga turut dibintangi oleh sederet bintang kenamaan Korea. Bahkan tak sedikit nama yang kini memiliki karir kian bersinar. Berikut daftar pemain Operation Proposal selengkapnya. 

  • Yoo Seung Ho sebagai Kang Baek Ho
  • Park Eun Bin sebagai Ham Yi Seul
  • Go Kyung Pyo sebagai Song Chan Wook
  • Park Young Seo sebagai Joo Tae Nam
  • Kim Ye Won sebagai Yoo Chae Ri
  • Lee Hyun Jin sebgai Kwon Jin Won
  • Kim Tae Hoon sebagai Kang Jin Woo
  • Joo Jin Mo sebagai Ham Sung Hoon
  • Lee Eun Kyung sebagai Oh Jung Rim

Fakta Menarik Tentang Drama Operation Proposal

Ada sejumlah fakta menarik seputar drama Operation Proposal yang sayang untuk Sedulur lewatkan. Berikut rangkumannya.

  • Sebelum dipasangkan dalam drama Operation Proposal, Yoo Seung Ho dan Park Eun Bin sempat tampil dalam satu projek drama The Legend (2007). Kala itu keduanya merupakan aktor cilik yang sama-sama tengah meniti karier di dunia seni peran.
  • Selain tampil sebagai pemeran utama, Park Eun Bin rupanya juga ikut menyanyikan salah satu soundtrack drama ini. Lagu tersebut berjudul A Little Love Story.
  • Operation Proposal adalah remake atau adaptasi drama Jepang berjudul Operation Love atau プロポーズ大作戦 yang tayang pada 2007.
  • Pada 2017, dirilis remake versi China dengan judul yang sama dengan versi Jepang, yakni Operation Love. Drama tersebut mengusung Lay EXO dan Chen Duling sebagai pemeran utamanya.

Demikian rangkuman informasi seputar sinopsis dan berbagai fakta menarik mengenai drama Operation Proposal. Drama ini bisa menjadi pilihan hiburan untuk Sedulur, terlebih jika menyukai cerita percintaan dan juga time travel.

Kalau nonton drakor seperti Operation Proposal ini, tentu Sedulur tidak boleh terlewat untuk mempersiapkan cemilan dan minuman ringan agar suasana nonton makin mantap. Jangan khawatir karena ada Udalado dan Liven Up yang siap menemani Sedulur menonton rekomendasi film di atas.

Sedulur bisa menemukan dengan mudah produk-produk tersebut di toko kelontong dan di SuperApp. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah.

Untuk informasi lebih lengkap dan menarik lainnya, Sedulur bisa mengikuti media sosial Instagram SuperApp.