film mitologi yunani

Bagi Sedulur yang menyukai tentang mitologi Yunani, baik mengenai mitosnya atau cerita beserta tokoh-tokohnya, tentu beberapa daftar film mitologi Yunani menjadi salah satu film favorit Sedulur. Ada beberapa film yang mengangkat tentang mitologi terkenal dari Yunani.

Terutama terkait tentang kehidupan para dewa beserta dengan berbagai peperangan yang terjadi di antara mereka. Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama beberapa rekomendasi daftar film mitologi Yunani yang bisa jadi tontonan Sedulur. Apa saja daftar film yang dimaksud? Yuk, mari langsung saja kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Bikin Merinding! Ini 10+ Cerita Kelam Dibalik Film Disney

1. Troy (2006)

film mitologi yunani
This or That

Rekomendasi pertama film mitologi Yunani yaitu film berjudul Troy. Film ini merupakan film tentang mitologi Yunani yang diproduksi oleh Warner Bros dengan mengangkat genre sejarah, drama, laga, perang dan juga kisah romansa di dalamnya.

-->

Film Troy ini menceritakan tentang pertarungan antar dua kerajaan Troy dan Sparta. Konflik ini bermula saat raja Paris dari kerajaan Troy membawa kabur ratu Helen yang kemudian dijadikan istri. Raja Sparta merasa terhina dan akhirnya mengirim bala tentaranya untuk menyerang kerajaan Troy.

Dengan bantuan demigod bernama Archilles, kerajaan Sparta berhasil meluluh lantahkan kerjaan Troy. Namun setelah berhasil menaklukkan Troy, Archilles tersebut malah menyerang balik kerajaan Sparta karena sebuah alasan bahwa sepupunya telah dibunuh oleh pasukan Sparta.

2. 300 (2006)

Legendary

Rekomendasi film kedua tentang mitologi Yunani yaitu 300. Film ini masih menceritakan tentang konflik antar kerajaan di masa Yunani kuno dengan balutan mitologi khas Yunani. Film yang menceritakan tentang raja bernama Leonidas. Di dalam film ini, raja Leonidas merupakan sosok pemimpin pasukan paling menakutkan, brutal sekaligus mengerikan yang bernama Spartan. Hal tersebut dibuktikan saat berperang melawan kerajaan paling jahat yaitu Persia.

Film 300 ini juga mengambil jalan cerita dalam film Troy, hanya saja mengambil sisi pasukan raja Leonidas. Saat itu Spartan yang hanya berisi 300 prajurit, berhasil menaklukkan kerajaan Persia yang berisi ratusan ribu prajurit.

3. Minotaur (2006)

film mitologi yunani
IMDb

Rekomendasi film mitologi Yunani selanjutnya yaitu Minoatur. Film ini rilis tahun 2006 yang berlatar di Zaman Besi. Film ini menceritakan tentang sebuah desa yang selalu kehilangan pemuda karena diculik dan dijadikan tumbal oleh hewan mitologi bernama Minotaur.

Theo (Tom Hardy), bersedih karena kehilangan orang yang dicintainya, yakin bahwa hewan mitologi itu tidak nyata. Ia juga yakin bahwa wanita yang dicintainya masih hidup sebagai budak di dalam istana. Ayahnya, Cyrano (Rutger Hauer), seorang hibuan pemimpin desa, mencoba membuat alasan agar Theo tidak pergi.

Namun, pada akhirnya Theo merencanakan sesuatu bersama pemuda lain yang diseret dari keluarga mereka. Di zaman para dewa dan roh, dunia dikuasai oleh kerajaan kegelapan dari istana di Pulau Minus. Penduduk setempat menyembah Banteng, dan Ratu melahirkan keturunan yang separuh manusia dan separuh banteng.

4. Clash of Titans (2010)

IMDb

Rekomendasi film mitologi Yunani selanjutnya yaitu Clash of Titans yang rilis tahun 2010. Film yang dibintangi oleh Sam Worthington ini merupakan remake dari film classic berjudul sama yang dibuat tahun 1981.

Bercerita tentang demigod bernama Perseus putra dari dewa Zeus yang dibesarkan oleh seorang nelayan di kota Argos, Yunani. Perseus berusaha membalas dendam pada Hades, saudara Zeus yang telah membunuh keluarga yang telah membesarkannya. Dalam petualangannya, ia dipertemukan dengan putri Andromeda serta Kraken raksasa yang diciptakan oleh Hades. Kisah balas dendam Perseus ini sangat menarik untuk Sedulur tonton.

5. Percy Jackson (2010)

IMDb

Film ini tentu saja dikenal oleh para pecinta mitologi Yunani, pasalnya film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama dan berjilid-jilid. Film ini merupakan film mitlogi Yunani yang dibalut dengan dunia modern saat ini. Sehingga terlihat seakan relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Film ini menceritakan tentang petualangan seorang remaja keturunan dewa Yunani bernama Percy Jackson. Ia adalah keturuna dewa Poseidon yang hidup di masa depan. Percy Jackson dituduh telah mencuri petir milik Zeus, hingga memicu pertengkaran antar dewa. Dan ia berusaha untuk membuktikan bahwa dirinya bukanlah pencurinya. Dalam perjalannya Percy Jackson ditemani oleh beberapa orang yang juga merupakan anak dan keturunan para dewa-dewa Yunani.

6. Immortals (2011)

IMDb

Film Immortals masuk menjadi salah satu rekomendasi film mitologi Yunani yang wajib Sedulur tonton. Film IMMORTALS ini merupakan film epic yang mengusung genre aksi fantasi dan petualangan epik yang menampilkan visual keren para dewa-dewi Yunani. Film ini menceritakan tentang kisah perjalanan Theseus, yang dipilih oleh dewa Zeus untuk menghadapi seorang raja kejam dan bengis bernama Hyperion.

Kisah bermula saat Hyperion membunuh dan menghabisi orang-orang tidak bersalah di Yunani, hal ini dilakukan untuk menemukan kembali panah milik Epirus yang hilang. Tujuan yang lain adalah untuk mengusir para dewa dari gunung Olympus. Sebelum kekacauan semakin menjadi-jadi, Zeus mengutus Theseus yang merupakan manusia biasa untuk menjadi pahlawan bagi orang-orang di tempat tersebut.

7. Wrath of The Titan (2012)

Cieon

Film ini merupakan sekuel dari film Clash of Titans, yang bercerita tentang Perseus yang memilih hidup bersama putranya Helius di bumi dibanding di Olympus bersama Zeus. Kepercayaan manusia yang mulai melemah terhadap kehadiran dewa menyebabkan Olympus kehilangan kekuatan. Hades yang mengetahui hal tersebut berusaha memanfaatkan kelemahan Olympus dengan mengajak putra Zeus, bernama Ares untuk membangkitkan Kronos di gunung Thartarus.

Peperangan yang melibatkan Perseus dan putranya untuk menyelamatkan Olympus tak terhindarkan. Monster raksasa yang dihadirkan pun tak kalah menyeramkan dari film pertamanya. Dan menjadi salah satu rekomendasi film mitologi Yunani yang wajib Sedulur tonton.

8. The Legend of Hercules (2014)

Dollar Theater

Rekomendasi selanjutnya yaitu film berjudul Hercules yang merupakan sosok mitologi Yunani setengah manusia dan dewa yang dikenal di seluruh dunia. Film ini lebih memfokuskan cerita Hercules yang ingin menemukan jati dirinya.

Hercules dikenal sebagai seorang petarung hebat dengan bayaran yang cukup fantastis, berkat reputasinya yang baik ia dipanggi oleh putri dari kerajaan Thrace. Hal ini untuk melawan kerajaan Rheseus yang terkenal bengis dan kejam. Namun sayangnya, pasukan kerjaan Thrace masih belum handal dan siap untuk bertempur. Akhirnya Hercules dibantu lima sekawannya melatih para prajurit kerajaan Thrace. The Legend of Hercules menjadi salah satu rekomendasi film mitologi Yunani yang wajib banget kamu tonton.

9. Wonder Woman (2017)

VOX

Film ini merupakan film superhero milik DC Comics. Sosok Wonder Woman merupakan sosok terkenal yang diperankan oleh sosok cantik bernama Gal Gadot. Film ini disutradarai oleh Patty Jenkins dengan skenario yang ditulis oleh Zack Snyder, Allan Heinber dan Jason Fuchs. Berkisah tentang seorang perempuan bernama Diana Prince yang merupakan putri dari dewa Zeus dan ratu Hippolyta. Diana dibesarkan di pulau tersembunyi, tempat dimana para bangsa Amazon tinggal. Kemudian Diana bertemu dengan seorang pilot bernama Steve Trevor.

Pertemuan Diana dengan Trevor terjadi saat Trevor yang terjatuh di dekat pantai Themyscira.  Bersama sang pilot, Diana memulai petualangannya untuk menghentikan Ares yang ingin menghancurkan kehidupan umat manusia. Banyak yang belum mengetahui bahwa akar cerita Wonder Woman sendiri terinspirasi dari mitologi Yunani dengan pengembangan cerita yang disesuaikan dengan kondisi saat ini agar film dan ceritanya bisa tetap relevan dengan para penonton.

10. Jason and The Argonouts (1963)

IMDb

Film terakhir tentang mitologi Yunani yaitu Jason and The Argonouts. Film ini merupakan film lawas yang merupakan salah satu film awal yang mengangkat tentang mitologi Yunani. Petualangan Jason bersama awak kapal Argonouts ini dirilis tahun 1963 silam. Film ini bercerita mengenai perjalanan Jason, putra dari Alcimed bersama sekelompok pahlawan kapal yang disebut Argonuts untuk menemukan Golden Fleece atau bulu domba emas atas perintah raja Pelias.

Dalam pelayarannya mereka harus berhadapan dengan musuh-musuh yang berbahaya seperti, suku wanita pembunuh, peri penggoda, penyihir dan seekor Naga. Memiliki alur cerita yang menarik serta petualangan seru menghadapi mahkluk fantasi, membuat film lawas yang satu ini wajib untuk ditonton.

Nah, itulah daftar rekomendasi film mitologi Yunani yang bisa jadi tontonan Sedulur. Beberapa film menyuguhkan cerita yang seru dengan berbagai fantasi yang memanjakan imajinasi yang Sedulur bayangkan tentang dewa-dewa Yunani.