perempuan tanah jahanam

Perempuan Tanah Jahanam merupakan film garapan Joko Anwar bergenre horor misteri yang rilis pada 17 Oktober 2019. Film ini tidak hanya menyajikan kisah horor saja, tetapi juga memasukkan berbagai unsur budaya Indonesia di dalamnya. Perempuan Tanah Jahanam digadang menjadi film horor terbaik di Indonesia dan telah meraih sejumlah penghargaan.

Secara garis besar, film ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Maya yang ingin mencari harta peninggalan sekaligus memecahkan misteri keluarganya. Maya kembali ke tanah kelahirannya untuk mengetahui sejarah asli dari keluarganya yang tinggal di sana. Namun, masalah mulai muncul, manakala masyarakat sekitar bersikap aneh seolah ingin menghabisi perempuan ini.

Bagi pecinta horor dan misteri, film Perempuan Tanah Jahanam wajib untuk ditonton. Apalagi, film ini memiliki banyak fakta menarik. Penasaran dengan sinopsis dan fakta menarik film besutan Joko Anwar tersebut? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

BACA JUGA: Sinopsis Save Me, Kisah Penyelamatan dari Aliran Sesat

-->

Sinopsis Perempuan Tanah Jahanam

perempuan tanah jahanam
Bisnis.com

Sudah disinggung sebelumnya mengenai garis besar film ini. Perempuan Tanah Jahanam menceritakan Maya dan Dini yang menuju kampung halaman Maya untuk mencari harta peninggalan keluarganya. Sesampainya di lokasi, mereka mendapati desa tersebut kosong dan mencurigakan, hingga terjadi peristiwa misterius yang membuat mereka ingin menguak misteri desa tersebut.

Maya dan Dini awalnya adalah dua orang sahabat yang bertahan hidup di kota sebagai petugas gerbang tol. Mereka berdua hanya memiliki satu sama lain. Keduanya bertahan hidup dengan berbagai cara, termasuk berbisnis. Namun kegagalan selalu mengikuti mereka. Hingga suatu ketika, Maya mendapat informasi bahwa dia sebenarnya mempunyai harta warisan keluarga di kampung asalnya yaitu Desa Harjosari.

Bermodal informasi tersebut, keduanya menuju ke Desa Harjosari, tempat tinggal keluarganya dahulu. Setibanya di desa itu, Maya dan Dini sampai di rumah besar yang kosong. Situasi di desa pun terlihat aneh, salah satunya banyak kuburan anak-anak. Warga desa juga terlihat tidak senang dengan kedatangan Maya dan Dini, seolah akan membunuh mereka berdua.

Hingga pada suatu malam, Maya mendengar jeritan perempuan yang hendak melahirkan. Maya menuju asal suara dan menyaksikan proses kelahiran anak tersebut. Dari situlah, perlahan-lahan misteri keluarga Maya dan Desa Harjosari mulai terungkap.

Apakah misteri tersebut? Akankah Maya dan Dini berhasil mendapatkan harta peninggalan keluarga serta bisa keluar dengan selamat dari desa itu? Jawabannya tentu bisa Sedulur peroleh setelah menontonnya secara lengkap hingga Perempuan Tanah Jahanam ending.

Pemain

CNN Indonesia

Pemain Perempuan Tanah Jahanam merupakan deretan artis terkenal di Indonesia. Pemeran utamanya yaitu Maya diperankan oleh Tara Basro. Lalu karakter Dini diperankan oleh Marissa Anita. Ada pula artis terkenal lainnya seperti Christine Hakim, Asmara Abigail, dan Ario Bayu.

Para pemainnya mampu menyuguhkan akting yang sangat apik dalam film Perempuan Tanah Jahanam genre horor dan misteri ini. Misalnya saja, Christine Hakim yang memerankan sosok Nyi Misni. Ia bahkan meraih penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di malam penganugerahan Piala Citra Festival Film Indonesia. Jadi, kemampuan akting artis-artis di film ini tidak perlu diragukan lagi.

Lokasi syuting Perempuan Tanah Jahanam

perempuan tanah jahanam
Yunoya Media

Salah satu fakta menarik terkait film ini yaitu berkaitan dengan lokasi syutingnya. Rumah besar yang menjadi tempat tinggal sementara Maya dan Dini di Desa Harjosari adalah rumah asli yang memang sudah terbengkalai 30 tahun. Kondisi rumah yang sudah ditumbuhi banyak tanaman liar dianggap sangat sesuai dengan cerita film.

Lokasi desa yang menjadi latar Desa Harjosari berasal dari dua desa yaitu satu desa yang memang berada di tengah hutan dan satu lagi merupakan desa di kaki Gunung Ijen. Tidak kurang dari 3 bulan tim produksi mencari lokasi yang cocok dengan cerita. Alhasil, usaha tersebut dibayar lunas dengan kesuksesan filmnya.

BACA JUGA: Sinopsis Turning Red, Kisah Perjuangan Gadis Muda Terkutuk

Hasil kerja sama 3 negara

CNN Indonesia

Fakta menarik berikutnya yaitu film ini diproduksi dengan kerja sama dari 5 produksi besar dari 3 negara. Di antaranya Rapi Film dan Logika Fantasi dari Indonesia, Base Entertainment dan Ivanhoe Pictures dari Hollywood, serta CJ Entertainment dari Korea Selatan. Meski sempat tertunda selama 7 tahun, film ini akhirnya berhasil dibuat dan perilisannya berbuah manis. Hal ini karena keuntungan dari produksi film ini diperkirakan mencapai Rp60 miliar.

Film Perempuan Tanah Jahanam juga berhasil memenangkan berbagai penghargaan seperti Piala Citra untuk Film Cerita Panjang Terbaik, Piala Citra untuk Sutradara Terbaik, Piala Citra untuk Penata Suara Terbaik, Piala Citra untuk Pengarah Sinematografi Terbaik, dan masih banyak lagi. Dengan kesuksesan semacam itu, film Perempuan Tanah Jahanam 2 telah ditunggu-tunggu oleh banyak penikmat film. Kalau Sedulur bagaimana?

Di mana menontonnya?

perempuan tanah jahanam
CNN Indonesia

Film ini sebelumnya hanya tayang eksklusif di bioskop pada tahun 2019 lalu. Namun tidak perlu khawatir, saat ini Sedulur bisa menontonnya di Netflix. Salah satu film horor misteri terbaik ini sudah tayang di Netflix sejak 1 Oktober 2021. Bagi Sedulur yang sudah berlangganan layanan streaming Netflix, bisa menonton film Perempuan Tanah Jahanam sepuasnya kapan pun dan di mana pun.

Demikian pembahasan mengenai salah satu film besutan Joko Anwar ini. Sebagai tambahan, review Perempuan Tanah Jahanam di Kaskus mendapatkan rating 6/10. Dari ulasan ini, Sedulur makin tergerak untuk menontonnya, ‘kan? Langsung siapkan camilan agar aktivitas menontonmu makin seru. Selamat menonton!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!