penthouse

Sejak merilis musim pertama pada Oktober 2020 lalu, popularitas drama Korea Penthouse terus melonjak dan mendulang kesuksesan. Hingga kini, total ada tiga musim dari drama bergenre misteri tersebut, dan berakhir pada September 2021 lalu. Tentunya, para penonton setianya sudah tidak sabar menunggu episode terakhir dari rangkaian kisah fenomenal dari drama ini.  

Alur yang disajikan dari drakor fenomenal ini terkenal sangat identik, yaitu para pemerannya yang kembali bangkit dari kematian. Pada episode 13, penonton dibuat penasaran dengan Su Ryeon yang didorong terjun dari atas tebing oleh Seo Jin. Lalu, bagaimana kisah akhir dari para penghuni Hera Palace ini? Berikut adalah 3 kebenaran yang terungkap dari drakor Penthouses Season 3 ini. Simak, ya!

BACA JUGA: Sinopsis Crash Landing on You, Drakor Populer Happy Ending!

1. Seo-jin dihukum penjara seumur hidup

the penthouse
tribun

Pada episode terakhir dari Penthouse season 3, diceritakan bahwa Shim Su Ryeon jatuh dari tebing karena didorong oleh Seo Jin. Su Ryeon baru ditemukan oleh pihak kepolisian setelah tiga hari pencarian. Di lain sisi, Seo Jin ditangkap oleh aparat dan langsung menjalani proses hukum di pengadilan, atas dugaan melakukan pembunuhan Oh Yoon Hee dan Seo Jin.

-->

Drama tentang perseteruan sejumlah keluarga ini kemudian berlanjut dengan Seo Jin yang berpura-pura mengalami masalah kesehatan mental saat sedang menjalani hukuman di persidangan. Seo Jin bertingkah seolah tak mengingat satupun kejadian yang ia alami. Hal tersebut kemudian membuat Eun Byul memutuskan untuk bersaksi. Sampai tiga tahun kemudian, Eun Byul mempersiapkan sebuah resital di gereja dengan kelompok paduan suara untuk bernyanyi di Lembaga Pemasyarakatan Wanita. 

Persidangan dari kasus Seo Jin pun dimulai. Eun Byul berdiri sebagai saksi di balik kejahatan tersebut, termasuk pula pembunuhan Oh Yoon Hee (Eugene), Shim Su Ryeon, dan termasuk pembunuhan yang menimpa kakeknya. 

Eun Byul mengaku bahwa dirinya melihat semua kejadian dan juga menyebut bahwa akar dari semua kejahatan tersebut adalah ibunya, yaitu Seo Jin. kemudian, Eun Byul mencoba untuk melakukan bunuh diri setelah pengakuannya tersebut. Hal itu menyebabkan keributan yang timbul di dalam ruang sidang. Setelah kehebohan dan drama yang panjang tersebut, Seo Jin kemudian dijatuhi hukuman maksimal, yakni penjara seumur hidup karena adanya tiga tuduhan pembunuhan yang dilakukannya. 

2. Bae Ro-na dicium oleh Joo Seok Hoon

bae rona
matamata

Bae Ro-na merupakan salah satu karakter dalam drakor The Penthouse yang paling banyak disukai oleh penonton. Karakternya yang baik membuat penonton merasa sedih ketika dirinya “terbunuh” pada season kedua. Ro-na berhasil selamat dan dilarikan menuju rumah sakit setelah terjatuh dari tangga sampai kepalanya tertusuk. Ia juga diselamatkan oleh Na Ae Gyo ketika Joo Dan Tae datang untuk membunuhnya di rumah sakit.

Pada musim ketiga, maut kembali datang menghampiri Bae Ro Na. saat terlibat perseteruan dengan Seo Jin, ia jatuh bersama Yoon Cheol dari atas balkon menuju tangga. Walaupun kepalanya mengalami luka yang cukup dalam usai jatuh dari tempat yang tinggi, ia masih berhasil untuk bertahan hidup dan mampu menghindari maut.

Pada Episode terakhir dari drakor ini, terlihat adanya pertemuan antara Bae Ro Na dan Joo Seok Hoon. Dalam salah satu adegan, mereka berdua tampak menjalin hubungan asmara dan berkencan. Akhirnya, Seok Hoon mendapat keberanian untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya ia rasakan terhadap Rona. Setelah mengungkapkan perasaannya, Seok Hoon lalu mencium bibir Bae Rona, yang juga menandakan bahwa keduanya memiliki hubungan yang lebih dari teman.

Di lain sisi, ada pula kehidupan dari Eun Byul dan Seok Kyung yang tidak menetap di rumah yang mewah lagi. Meskipun begitu, keduanya tampak hidup dengan damai dan bahagia. Eun Byul menjadi seorang pemimpin paduan suara di sebuah gereja, sementara Seok Kyung menjadi guru musik yang galak, dan juga bekerja part time di sebuah restoran agar kebutuhan hidupnya terpenuhi.  

BACA JUGA: 9 Scene Vincenzo yang Bikin Belum Bisa Move On, Drakor Terbaik

3. Cheon Seo Jin menderita kanker

the penthouse war in life
pikiranrakyat

Setelah tiga tahun menjalani hukuman penjara seumur hidup karena dugaan tiga kasus pembunuhan, Seo Jin mendapatkan kabar bahwa dirinya menderita penyakit serius, yaitu kanker laring. Kemudian, ia diberikan cuti khusus selama tiga hari karena penyakit yang dideritanya.  Dalam salah satu adegan dari The Penthouse War in Life Season 3, Seo Jin memperhatikan diam-diam putrinya dari kejauhan. Putrinya yaitu Eun Byul terlihat sangat puas dan bahagia dengan kehidupan yang dijalaninya sekarang. 

Akan tetapi, kisah dari drakor populer ini tidak berakhir dengan Seo Jin yang mendekam di penjara selamanya karena kasus pembunuhan tersebut. Justru, Seo Jin memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Sebelum meninggal, ia menulis sebuah pesan terakhir berisi permintaan maaf. Seo Jin juga berkata pada dirinya sendiri yaitu “Aku sungguh minta maaf untuk semuanya. Aku tidak akan lagi menjadi seorang beban bagi putri kandungku. Eun Byul, jangan hidup seperti ibumu ini, ya. Kamu pasti bahagia sekarang. Ibu mencintaimu, nak. “ tulisnya dalam pesan singkat itu.  

Kim So Yeon rela potong rambut demi perannya

Berbeda dengan Penthouse Season 2, Seo Jin diceritakan menderita kanker laring stadium akhir di episode terakhir musim ketiga drama ini. Hal tersebut membuat rambutnya menjadi rontok dan memendek. Awalnya, So Yeon yang berperan sebagai Seo Jin ingin memakai wig saja karena rambutnya sudah panjang. Akan tetapi, ia kemudian memilih untuk memotong rambutnya agar bisa lebih mendalami karakter yang diperankan olehnya. 

Dalam sebuah wawancara yang dikutip dari Allkpop, So Yeon berkata bahwa ia tidak bisa tidur selama seminggu karena kepikiran tentang rambut. Wanita ini berpikir bahwa dirinya harus bisa menunjukkan sesuatu untuk apa yang telah dirinya terima dari Cheon Seo Jin. Jadi, ia menawarkan diri untuk memotong rambut aslinya agar adegan menjadi lebih realistis. Meskipun termasuk dalam adegan yang lumayan pendek, namun hal tersebut dinilai cukup mendalam. 

Itu dia akhir cerita panjang dari drama Penthouses South Korea musim ketiga. Berdasarkan data dari Nielsen Korea, drakor ini berhasil memperoleh rating 19,1% untuk episode terakhirnya.

Hal itu membuat drama fenomenal ini berhasil menjadi drama yang paling banyak ditonton pada waktu Jumat malam dan dalam 14 pekan berturut-turut. Tentunya, para penonton setianya berharap bahwa akhir cerita dari drama ini berakhir bahagia di mana tokoh protagonisnya bisa hidup dengan tenang dan damai.