Kungfu Panda

Siapa sih yang tidak tahu tentang film Kungfu Panda. Yup, film yang diproduksi Dreamworks Animation ini memang begitu mencuri perhatian sejak rilis pada tahun 2008 silam. Bahkan saat itu, Kungfu Panda berhasil mendapatkan keuntungan kotor hingga 630 juta dollar AS.

Kepopuleran film ini tidak lepas dari keberadaan Kung Fu Panda karakter bernama Po yang diperankan oleh Jack Black. Karakter Po yang lucu dengan bentuk visualnya yang sangat menggemaskan memang disukai oleh semua kalangan baik anak kecil maupun orang dewasa. Tidak heran, cerita Kung Fu Panda begitu enak disimak hingga kini.

Nah, bagi Sedulur yang penasaran seperti apa sinopsis Kung Fu Panda dan siapa saja pemainnya. Yuk langsung simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 18 Film Disney Terbaru & Terfavorit di Tahun 2022, Wajib Tonton!

Karakter Kung Fu Panda

Sebelum kita masuk membahas sinopsis Kung Fu Panda, ada baiknya Sedulur mengetahui dulu siapa saja sih karakter di dalam film ini. Hal ini perlu dilakukan karena Kungfu Panda memiliki banyak karakter yang berkembang dari film pertamanya sampai yang terakhir.

Biar Sedulur tidak bingung dan tahu siapa saja mereka, berikut ini daftar Kung Fu Panda karakter.

Po

Kungfu Panda
Pinterest

Po adalah karakter utama dalam serial film Kung Fu Panda. Dia merupakan anak adopsi dari Mr. Ping serta anak kandung dari Li Shan dan istrinya. Dia juga merupakan salah satu murid dari Master Shifu di Jade Palace. Tak hanya itu, Po juga terpilih menjadi Ksatria Naga yang telah diceritakan dalam legenda.

Dalam bertarung, Po menggunakan teknik Kungfu khas gaya Panda. Terlepas dari tubuhnya yang gendut, Po memiliki kelincahan yang sangat hebat. Namun, dalam melakukan gerakan bertarung Po selalu sukses membuat para penonton tertawa karena aksinya yang kocak.

Master Shifu

Kungfu Panda
Pinterest

Master Shifu adalah salah satu karakter protagonis dalam film Kung Fu Panda. Dia merupakan master senior dari Jade Palace dan juga telah melatih banyak ksatria, termasuk Po. Dulu, dia merupakan mantan murid dari Master Oogway. Hal itu membuat dia menjadi master Kung Fu dengan kemampuan bertarung yang mematikan.

Kekuatan Master Shifu bisa dikatakan hampir setara dengan Master Oogway yang telah menguasai berbagai macam teknik Kung Fu. Shifu dapat bergerak dengan sangat cepat dan juga lincah. Ia juga dapat dengan mudah mengeluarkan teknik serangan saraf yang mampu melumpuhkan pergerakan lawan.

Master Oogway

Kungfu Panda
Tripboba

Master Oogway merupakan Kung Fu Panda karakter berbentuk kura-kura tua. DIa adalah master senior sebelum Shifu di Jade Palace. Dia merupakan pencipta dari Kung Fu dan sosok yang mengembangkan legenda Ksatria Naga.

Oogway juga dikenal sebagai petapa yang memiliki wawasan luas, pengetahuan, kebijakan, serta pengalaman yang banyak. Dia juga mendedikasikan seluruh hidupnya untuk seni bela diri Kung Fu.

Tai Lung

Kungfu Panda
Bstation

Tai Lung adalah sosok antagonis utama dalam film Kung Fu Panda pertama. Dia merupakan anak adopsi sekaligus murid dari Master Shifu yang dilatih untuk menjadi kandidat Ksatria Naga selain Po.

Akan tetapi, dia tidak terpilih karena Master Oogway melihat ada kegelapan dalam dirinya. Tai Lung pun mengamuk dan berbuat kerusakan hingga akhirnya dia dipenjara selama 20 tahun. Setelah keluar dari penjara, dia pun mencoba mengambil kembali Gulungan Naga untuk mendapatkan gelar Ksatria Naga.

Tai Lung merupakan petarung yang sangat tangguh karena dia dapat mengintimidasi lawan. Dia dapat bertarung secara ekstrem dengan pergerakan yang tak dapat diprediksi. Selain itu, dia juga menguasai berbagai macam teknik dan gaya bertarung Kung Fu yang dia pelajari dari Master Shifu.

Tigress

Kungfu Panda
Desktopbackground

Tigress adalah salah satu karakter pendukung yang tergabung dalam Furious Five, kelompok murid unggulan Jade Palace, dan salah satu murid dari Master Shif. Dia menguasai teknik Kung Fu dengan gaya Harimau.

Awalnya, Tigress tinggal di panti asuhan Bao Gu dimana ia menerima bantuan dari Shifu untuk mengendalikan kekuatan dan juga amarahnya. Ia kemudian diangkat menjadi murid Shifu dan dilatih dengan sangat keras hingga ia menjadi petarung tangguh.

Gaya Harimau tradisional milik Tigress sangatlah kuat dan juga agresif. Hal itu membuat Tigress dikagumi serta ditakuti sebagai ksatria.

Monkey

Film DreamWorks
Fimela

Monkey adalah salah satu anggota Furious Five dan merupakan salah satu murid dari Master Shifu di Jade Palac. Di masa lalu, dia dikenal sebagai pencuri sekaligus prankster yang sering menipu orang-orang hingga ia kemudian bertemu dengan Master Oogway.

Monkey juga memiliki serangan-serangan yang cukup konyol. Serangkaian serangan Monkey biasanya berpusat pada celana dalam lawan. Dia dapat dengan mudah memelorotkan celana beberapa prajurit hingga membuat pasukan prajurit itu malu dan membuat serangan mereka terhenti.

Viper

Kung Fu Panda
Pinterest

Selanjutnya, ada Viper yang juga termasuk dalam anggota Furious Five. Ia juga merupakan murid dari Master Shifu di Jade Palace. Pada saat dia lahir, kedua orang tuanya kecewa karena dia tidak memiliki taring yang menandakan bahwa dia tidak bisa menjadi ksatria. Namun, dugaan itu salah, Viper bekerja keras hingga dia menguasai teknik Kung Fu di bawah arahan Master Shifu.

Viper memiliki gaya bertarung yang fleksibel, elastis, dan juga eksplosif. Tubuhnya yang gesit dan fleksibel membuat dia sulit untuk dipukul. Selain itu, dia dia juga memiliki refleks yang cepat untuk meghindar dari serangan lawan dan memberikan pukulan balik.

Crane

Crane
Pinterest

Sama seperti Monkey dan Viper, Crane juga termasuk anggota Furious Five. Dia juga merupakan murid dari Master Shifu di Jade Palace. Berbeda dengan anggota Furious Five yang lain, Crane berlatih Kung Fu secara mandiri ketika ia bekerja sebagai petugas kebersihan di Akademi Lee Da Kung Fu.

Keterampilannya yang tajam dan berbakat dilihat oleh salah satu murid bintangnya, Mei Ling. Pada awalnya, Crane sempat ragu, tetapi ia pun berhasil melewati ujian sekolah dan membuktikan kemampuan Kung Fu miliknya.

Mantis

Mantis
Fastfilm

Mantis juga termasuk salah satu petarung yang bergabung dalam Furious Five dan salah satu murid Master Shifu di Jade Palace. Sejak muda, Mantis selalu berjuang sendiri. Dia dulu sempat ditangkap oleh Bandit Buaya Pencuri Wool akibat sikapnya yang gegabah dan bertindak cepat.

Dalam bertarung, Mantis memiliki gerakan yang cepat, penuh kalkulasi, serta presisi. Ukuran Mantis yang relatif kecil membuat dia memiliki kecepatan yang luar biasa hingga membuat musuh tidak sadar akan kehadiranya.

Pemain Kungfu Panda

Jack Black Angeline Jolie
Hollywood

Setiap karakter Kungfu Panda memiliki para pemainnya masing-masing. Dan kalau Sedulur ketahui, para pemain tersebut bukanlah artis sembarangan lho. Penasaran siapa saja mereka? Berikut ini daftar Kung Fu Panda pemain.

  • Jack Black
  • Dustin Hoffman
  • Angelina Jolie
  • Ian McShane
  • Seth Rogen
  • Lucy Liu
  • David Cross
  • Randal Duk Kim
  • James Hong
  • Dan Fogler
  • Michael Clarke Duncan
  • Jackie Chan

Sinopsis Kung Fu Panda

Film Animasi Anak
DSTv

Suatu ketika, perguruan kung fu ternama yang dipimpin oleh Master Oogway (yang berbentuk kura-kura),   mengadakan sayembara untuk mencari “Sang Pendekar Naga“.

Pendekar Naga ini lah yang nantinya berhak mendapatkan “Scroll Naga”, yang berisikan rahasia kekuatan tak terbatas. Dia juga yang nantinya ditunjuk untuk mengalahkan Tai Lung si macan tutul salju, mantan murid sekaligus anak angkat dari Master Shifu (yang berbentuk panda berwarna merah), wakil dari Master Oogway.

Tai Lung menjadi jahat karena tidak terpilih sebagai “The Chosen One” yang berhak mendapatkan Scroll Naga, hingga akhirnya dia dipenjara karena kejahatannya. Namun ternyata Tai Lung berhasil melarikan diri dari penjara, yang telah iramalkan oleh Master Oogway melalui mimpinya.Po si panda, pergi untuk mengikuti sayembara.

Di luar dugaan, ternyata Po berhasil menjadi murid perguruan tersebut dan dianggap sebagai Sang Pendekar Naga. Di sana Po bertemu dengan Furious Five, 5 orang murid  perguruan, jagoan kung fu yang idolanya. 5 jagoan itu adalah: Tigress, Monkey, Mantis, Viper dan Crane.

Tetapi ternyata Furious Five menganggap Po tak layak menjadi Pendekar Naga dan mengalahkan Tai Lung. Begitu pun dengan Master Shifu. Karena hal ini, Po menjadi tidak percaya diri. Dia merasa tubuhnya yang gendut sebagai kelemahan terbesarnya untuk bisa belajar kung fu.

Namun setelah Master Oogway meninggal, Master Shifu pun mulai percaya, bahwa Po memang bisa menjadi Pendekar Naga. Ia kemudian melatih Po dengan trik khusus yang berbeda dengan cara ketika ia masih melatih Furious Five.

Review Singkat

Jack Black Po
Philadelpia Inquiries

Bila Sedulur ingin menonton Kungfu Panda, maka itu merupakan pilihan yang tepat. Apalagi kalau Sedulur sedang membutuhkan tontonan yang bisa memberikan hiburan dan sentilan komedi didalamnya.

Secara singkat, alur cerita Kung Fu Panda sangat padat dan menarik. Setiap karakter memiliki pengembangan yang bagus sehingga tidak ada banyak plot hole yang muncul dalam film ini. Sentuhan komedi setiap Po muncul pun menjadi salah satu hal yang ikonik dan paling ditunggu para pecinta film.

Selain itu, visual animasi dari Kungfu Panda juga sangat ciamik. Gerakan yang ditampilkan sangat lembut dan banyak fitur-fitur 3D yang disajikan sehingga memanjakan para penontong.

Jadi bisa dibilang bila review Kung Fu Panda diberi nilai 1 sampai 10, maka film ini memiliki nilai sekitar 8.

Demikian tadi ulasan tentang cerita Kung Fu Panda dan karakter yang ada di dalamnya. Film ini sangat cocok dijadikan tontonan bersama keluarga ketika akhir pekan tiba, karena selain menghibur banyak juga nasihat dan nilai-nilai moral yang bisa didapatkan untuk anak-anak di rumah.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!