Film time travel

Time travel merupakan misteri yang cukup populer dan sering dibicarakan oleh banyak orang. Time travel atau perjalanan waktu menjadi ide cerita yang menarik untuk dijadikan sebuah film. Sedulur bisa menyaksikan banyak sekali film yang mengangkat tema time travel.

Yang menjadi menarik adalah ide yang dituangkan dalam alur cerita dan visual dalam film time travel membuat film terkesan masuk akal dan takjub ketika menontonnya. Dengan plot yang akan membawa Sedulur menjelajahi waktu dari masa sekarang ke masa lalu atau pun sebaliknya dari masa lalu ke masa depan.

Walaupun film time travel tidak lebih eksis daripada film lain, tapi manarik untuk tetap Sedulur saksikan. Selain alur dan visual, unsur fiksi ilmiah dalam film travel sangat kental. Berikut ini beberapa rekomendasi film time travel yang sayang dilewatkan!

BACA JUGA: 21 Rekomendasi Film Psikologis Terbaik, Mana Favoritmu?

-->

1. The Adam Project

film time travel
Beauty Journal

Film time travel yang bisa Sedulur saksikan adalah The Adam Project. Mengisahkan tentang seseorang bernama Adam Reed yang pergi ke masa lalu dari tahun 2050. Adam berencana untuk menyelamatkan Istrinya yang terjebak di tahun 2018. Namun, di luar perkiraan ternyata pesawat yang digunakan Adam untuk melintasi waktu rusak.

Hal ini menyebabkan adam terpental ke tahun ketika ia berusia 12 tahun. Untuk memperbaiki pesawatnya yang rusak, Adam meminta bantuan dirinya yang berusia 12 tahun agar bisa pergi ke tahun 2018 untuk menyelamatkan istrinya. Selain kisahnya yang menarik, ditambah dengan adegan action yang menegangkan.

 Film tentang time travel ini juga ingin menyampaikan pesan tentang bagaimana caranya untuk berdamai dengan masa lalu yang kelam. Walaupun terdapat drama yang mengandung unsur kesedihan, tetapi film ini juga menyajikan visual yang futurstik khas masa depan. Jika Sedulur ingin melihat kisah menarik yang tersaji dalam filmnya, The Adam Project bisa menjadi pilihan pertama untuk Sedulur tonton.

2. Stand By Me Doraemon 2

film time travel
IMDb

Siapa yang tidak mengetahui serial Doraemon, anime dari Jepang ini sangat populer dan terkenal di Indonesia. Selain serialnya yang populer, terdapat juga Doraemon dalam format film time travel dengan judul Stand By Me Doraemon 2.

Sedulur bisa menonton film ini bersama dengan keluarga untuk mengahabisakan dan menikmati waktu libur di rumah. Film yang menyajikan kisah yang lengkap. Senang, sedih, tegang semuanya tertuang dalam cerita. Berfokus pada kisah Nobita yang pergi ke masa lalu dengan bantuan alat dari Doraemon untuk bertemu dengan neneknya.

Namun di luar dugaan, ternyanya nenek ingin bertemu dengan istri Nobita. Yang membuatnya tambah lucu dan menarik disaksikan adalah kepanikan Nobita dari masa depan menjelah pernikahnya. Keseruan dan kekacauan pun terjadi dan tak bisa dihindari.

3. Deadpool 2

film time travel
Kincir

Pada sekuel yang kedua ini, film Deadpool mengusung tema time travel. Deadpool merupakan film super hero yang selalu menyajikan cerita konyol dan nyentrik melalui adegan dan dialognya. Pada Deadpoll 2 kisah yang diangkat adalah tetang seorang ayah yang akan pergi ke masa lalu untuk menyelamatkan keluarganya.

Ayah yang sekaligus tentara ini berusaha untuk memburu  Firefist agar tidak menghabisi keluarganya. Namun hal tersebut dicegah oleh Deadpool yang telah membangun hbungan dengan Firefist. Dengan banyaknya adegan aksi ditambah dengan komedi yang dihadirkan dalam dialog dan juga adegan-adegannya. Film time travel ini cocok bagi Sedulur yang ingin dibuat tertawa saat menontonya.

4. Midnight in Paris

film time travel
Camera Look

Film time travel berikutnya cocok buat Sedulur yang menyukai kisah romansa. Dengan membawa ide penjelajah waktu untuk bertemu dengan sosok-sosok terkenal dan berpengaruh di masa tersebut. Film ini berkisah tetang Gil Pender dan kekasihnya Inez, yang sedang menjelajahi kota Paris.

Gil yang seorang penulis mengalami hal luar biasa yang mana setiap malamnya Ia selalu berada di Paris era 1920-an. Yang mana pada kesempatan itu, Gil bertemu dan bertukar pikiran dengan sosok penulis terkenal pada era tersebut.

Mulai dari F. Scott Fitzgerald, Ernest Hemingway, dan penulis lain yang bukan berasal dari abad ke-21. Ia bahkan bertemu dengan sosok Adriana, yang membuat Gil jatuh hati. Jika Sedulur penasaran dengan kisahnya, bisa memasukan film ini sebagai watch list untuk disaksikan bersama pasangan Sedulur.

5. Presdestination

film time travel
Liputan6

Film time travel selanjutnya ini mengusung tema masa depan dan futuristik. Presdestination adalah film yang mengisahkan tentang sebuah profesi yang dianggap keren, yaitu sebagai agen pemerintah yang bisa menjelajah waktu dan membasmi segala bentuk kejahatan.

Salah satunya tokohnya adalah seorang teroris yang tengah membombardir berbagai kota. Tugas agen pemerintah ini menggagalkan pengeboman tersebut dan menyelamatkan banyak nyawa. Jika Sedulur suka cerita seru dan juga menyuguhkan aksi yang menegangkan, rekomendasi film time travel ini sayang untuk Sedulur lewatkan.

6. The Tomorrow War

film time travel
At The Movies

Film ini mengangkat dan mengangkat tema fantasi dan fiksi ilmiah. The Tomorrow War menceritakan pertarungan umat manusia dengan alien yang melakukan invasi ke bumi. Kejadian ini berawal dari kedatangan pasukan militer yang sebenarnya ada di tahun 2051, tapi datang ke tahun 2021 untuk mencari orang yang mampu melawan alien.

Sayangnya, pertempuran pada tahun 2051 sudah pada titik akhir dan kehidupan manusia pada zaman ini bisa punah. Cerita yang disuguhkan dalam film ini  sangat pantas masuk ke daftar rekomendasi film time travel terbaik yang tak boleh dilewatkan oleh Sedulur.

7. Interstellar

Layar.id

Christopher Nolan menjadi salah satu sutradara yang ditunggu kehadiran film besutannya tiap tahunnya. Salah satunya yaitu pada tahun 2014 dengan konsep time travel yaitu Interstellar. Di film time travel ini mengisahkan tentang bumi yang sudah tidak bisa lagi menunjang kehidupan manusia.

Sehingga, untuk menyelamatkan bumi, sekumpulan astronot diutus untuk melakukan perjalanan ke planet yang bisa menjadi rumah baru bagi manusia. Namun, justru saat menghabiskan waktu di beberapa planet yang harus dikunjungi ternyata relativitas waktu yang dihabiskan berbeda dengan waktu yang ada di bumi.

BACA JUGA: 22 Film Romantis Terbaik yang Wajib Ditonton, Pasti Bikin Baper!

8. Safety Not Guaranteed

Time Out

Rekomendasi film time travel selanjutnya punya cerita yang cukup menarik. Pernahkah Sedulur membayangkan untuk melamar pekerjaan sebagai asisten penjelajah waktu? Nah, dalam film ini Sedulur akan menemukan kisah semacam itu.

Safety Not Guaranteed menceritakan kisah seorang tokoh perempuan bernama Darius Britt yang bekerja di perusahaan majalah. Suatu hari, Ia ditugaskan untuk menyelidiki sebuah iklan lowongan untuk menjadi asisten time travel. Darius harus mendekati orang yang membuat iklan tersebut. Menarik untuk Sedulur saksikan kelanjutan kisah dari Darius dan pekerjaan asisten penjelajah waktu ini.

9. Back to Future

South China Morning Post

Film bertema time travel yang bisa menjadi rekomendasi bagi Sedulur adalah Back to the Future yang dirilis pada tahun 1985. Tak sah rasanya jika tidak memasukkan film yang dibintangi oleh Michael J. Fox dan Christopher Lloyd ke daftar watch list Sedulur.

 Pasalnya, Back to the Future termasuk salah satu film klasik dan lawas yang menceritakan tentang penjelajahan waktu. Pada film pertamanya, film ini menceritakan Marty Mcfly yang secara tidak sengaja kembali ke masa lalu bersama Dr. Emmett Brown.

Back to the Future sendiri memiliki dua lanjutan film yang bertemakan sama seperti halnya film pertamanya. Walaupun terbilang memuaskan, Back to the Future pertama sulit untuk ditandingi oleh kedua film lanjutannya.

BACA JUGA: Urutan Film John Wick Lengkap dengan Sinopsisnya!

10. About Time

IMDb

Jika kebanyakan film time travel selalu menuntut penontonnya untuk berpikir keras agar bisa memahami filmnya. Rekomendasi film time travel yang satu ini akan lebih mudah dicerna dan termasuk ringan untuk ditonton.

Film About Time arahan Richard Curtis ini menawarkan tema time travel atau penjelajahan waktu yang dibalut dengan drama romantis dalam keseluruhan filmmya. Film About time ini dibintangi oleh Rachel McAdams, Margot Robins, dan Domhnall Gleeson.

Secara keseluruhan, film ini menceritakan Tim yang bisa melakukan time travel yang berusaha untuk mengubah masa lalunya dengan harapan masa depannya bisa lebih cerah.

11. To My 19 Year Old

Dailysia

Film time travel kali ini mengisahkan perjalanan time travel romantis milik Yang Yixue. Gadis berusia 19 tahun ini sudah memendam perasaannya pada seorang petualang bernama Mo Xio Feng. Sayangnya, orang yang dia cintai itu harus meninggal secara tiba-tiba. Sebelum itu, Yang Yixue menerima wasiat untuk mencari dan memiliki kotak Ajaib.

Kota tersebut yang menghubungkan Yang Yixue ke masa lalu. Akhirnya, gadis itu menggunakan kekuatan kota tersebut untuk meneruskan kisah cintanya. Kisah dalam To My 19 Year Old yang romantis ini jelas harus masuk daftar rekomendasi film time travel Sedulur,

12. Donnie Darko

Duniaku

Donnie Darko menjadi film time travel selanjutnya yang dijamin seru untuk Sedulur tonton. Bahkan, film ini sendiri sampai saat ini sering menjadi bahan perbincangan baik lewat buku atau fans theory yang beredar di internet walaupun termasuk film jadul.

Pasalnya, film yang dibintangi oleh Jake Gyllenhaal, Drew Barrymore, dan Jena Malone ini memiliki alur cerita yang dijelaskan secara implisit. Sehingga, bermunculan banyak teori terkait film Donnie Darko ini.

Namun, plot mengenai perjalanan waktunya sendiri tidak akan ciamik jika tidak dibarengi oleh performa apik dari aktor-aktor yang bermain di film ini. Khususnya, Jake Gyllenhaal yang tampil menawan dalam memerankan Donnie Darko.

Demikianlah beberapa rekomendasi film time travel yang bisa Sedulur saksikan untuk menikmati waktu bersama keluarga!