film tentang alien

Bagi sebagian besar orang, menyaksikan film tentang alien terasa sangat menarik. Topik mengenai makhluk luar angkasa ini memang tidak pernah pudar. Berbagai macam teori tentang keberadaannya masih menjadi perdebatan hingga saat ini.

Kendati demikian, cerita mengenai alien memang selalu berhasil membuat banyak orang merasa penasaran. Imajinasi dan spekulasi tentang alien, membuatnya menjadi tema yang sangat seru untuk dijadikan sebagai sebuah film.

Nah, jika Sedulur termasuk orang yang penasaran atau bahkan memang suka dengan teori-teori tentang makhluk yang satu ini, maka kali ini kita akan membahas beberapa rekomendasi film bertemakan alien yang sangat menarik untuk ditonton. Langsung saja, simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Terjebak di Masa Lalu Terbaik

1. Alien (1979)

20th Century Studios/Alien

Alien adalah film tentang alien yang memadukan antara genre sci-fi dan horor. Film ini menceritakan sebuah kapal luar angkasa komersial bernama Nostromo yang sedang dalam perjalanan kembali ke Bumi usai menyelesaikan misi di luar angkasa.

Ketika mendeteksi sinyal misterius dari suatu planet yang belum dijelajahi, awak kapal memutuskan untuk mendarat dan menyelidiki. Mereka menemukan bangunan kuno yang penuh dengan tanda-tanda kehidupan, namun juga dengan makhluk yang sangat berbahaya.

Para awak kapal kemudian terinfeksi oleh makhluk asing yang melekat pada wajahnya. Saat berjuang bertahan hidup, mereka menyadari jika yang dihadapi bukan hanya makhluk asing yang sangat mematikan, tapi juga agenda tersembunyi yang melibatkan perusahaan yang mengirimkan mereka.

2. E.T. the Extra-Terrestrial (1982)

E.T. the Extra-Terrestrial bercerita tentang kapal luar angkasa dari planet lain yang mendarat di Bumi untuk melakukan penelitian. Ketika para alien sedang menjalankan misi, sekelompok agen pemerintah tiba-tiba muncul. Ketika para alien melarikan diri, salah satu dari mereka tertinggal di Bumi.

Makhluk asing yang ramah ini lalu ditemukan oleh Elliot, anak laki-laki yang tinggal di pinggiran kota California. Elliott memberinya nama E.T. dan merahasiakan keberadaannya dari orang lain. Persahabatan mereka tumbuh seiring waktu, dan Elliott merasakan bahwa E.T. memiliki kekuatan khusus.

Di sini lain, E.T. mulai merindukan rumahnya dan berusaha untuk membangun perangkat untuk memanggil kapalnya kembali. Akan tetapi, pemerintah dan ilmuwan mulai menyadari keberadaan E.T dan ingin mempelajari makhluk asing tersebut.

3. Close Encounters of the Third Kind (1977)

Masih dengan film klasik, Close Encounters of the Third Kind mengisahkan beberapa pesawat dan kapal yang sebelumnya hilang, muncul kembali di berbagai belahan dunia secara misterius. Roy Neary, seorang teknisi listrik dari Indiana, tanpa sengaja menemui objek terbang tak dikenal di malam hari.

Setelah pengalaman itu, Roy mulai mengalami visi aneh dan membentuk obsesi untuk mencari tahu makna dari hal tersebut. Sementara itu, Jillian Guiler juga menyaksikan peristiwa aneh ketika anaknya, Barry, diculik oleh makhluk asing.

Seperti Roy, Jillian pun juga terlibat dalam pencarian kebenaran tentang makhluk asing tersebut. Di sisi lain, pemerintah Amerika Serikat mulai menangani misteri ini dengan cara yang rahasia dan berusaha menutupinya. Mereka berusaha mengontrol informasi tentang kedatangan makhluk asing tersebut.

4. Independence Day (1996)

2 hari tepat sebelum Hari Kemerdekaan Amerika Serikat, kapal luar angkasa tiba-tiba muncul di dekat Bumi. Awalnya, manusia tidak menyadari maksud kedatangannya. Namun di hari berikutnya, para ilmuwan dan pemimpin militer menyadari jika alien tersebut sedang bersiap untuk menyerang.

Masyarakat di seluruh dunia pun merasa ketakutan saat pesawat-pesawat alien tersebut mulai menyerang kota dan mengambil seluruh energi dari planet. Dalam menghadapi ancaman makhluk asing, pemerintah Amerika Serikat bersama negara-negara di seluruh dunia berusaha menemukan cara untuk melawan alien.

Pada Hari Kemerdekaan Amerika Serikat, umat manusia akhirnya melakukan serangan balasan terhadap alien dengan menggunakan pesawat tempur yang tersisa. Mereka mengembangkan rencana untuk merusak induk kapal alien dan mengakhiri ancaman yang menghancurkan Bumi.

5. District 9 (2009)

Cerita District 9 berlatar di Johannesburg, Afrika Selatan. Di sebuah dunia alternatif tersebut, pesawat luar angkasa asing secara tiba-tiba muncul di atas kota. Pada saat manusia mencoba memasuki pesawat tersebut, mereka menemukan populasi alien besar dengan keadaan yang sangat memprihatinkan.

Setelah itu, mereka ditempatkan sebuah di kamp konsentrasi manusia yang disebut sebagai District 9. Mereka pun dijuluki Prawns, karena penampilan mereka yang mirip udang. Setelah berjalan beberapa waktu, pemerintah Afrika Selatan menyadari jika alien-alien tidak bisa kembali ke pesawat mereka.

Bahkan mereka juga tidak bisa berintegrasi dengan manusia. Akibatnya, Prawns terpaksa tinggal di District 9 yang penuh dengan kemiskinan dan juga konflik. Bahkan tidak jarang perselisihan antara manusia dan para Prawns terjadi.

6. War of the Worlds” (2005)

Pada awal film tentang alien ini, dijelaskan jika planet Mars memiliki kehidupan yang canggih dan alien telah menyusun rencana untuk menaklukkan Bumi. Tanpa peringatan, ratusan senjata besar yang misterius muncul dari bawah tanah dan mulai menyerang kota-kota di seluruh dunia.

Saat serangan alien dimulai, seorang buruh bangunan bernama Ray berusaha melindungi anak-anaknya dan menyelamatkan mereka dari bencana yang menakutkan. Mereka berjuang untuk tetap hidup dan mencari tempat yang aman, sementara alien terus memusnahkan segala sesuatu yang ada.

Dalam perjalanan mereka menuju ke selatan Amerika Serikat, Ray menyaksikan kehancuran yang disebabkan oleh alien. Dia bertanya-tanya, apakah umat manusia masih mempunyai kesempatan untuk bertahan dan melawan kekuatan luar angkasa yang jauh lebih canggih.

7. “Predator” (1987)

Film tentang alien berikutnya adalah Predator. Sebuah tim pasukan khusus Amerika Serikat yang dipimpin oleh Dutch, dikirim ke hutan belantara Amerika Tengah untuk melakukan operasi penyelamatan terhadap pejabat pemerintah yang ditawan oleh gerilyawan pemberontak.

Namun saat tiba di wilayah tersebut, mereka menemukan mayat-mayat yang tergantung di pohon dan tanda-tanda jika sesuatu yang tidak diketahui telah menyusup ke hutan. Seiring berjalannya waktu, anggota tim mulai menyadari bahwa mereka sedang diburu oleh makhluk luar angkasa yang kuat dan mematikan.

Makhluk tersebut dikenal sebagai Predator, yang memiliki teknologi canggih dan kemampuan bertarung superior. Predator mengejar para tentara dengan cara yang brutal, membuat mereka sadar bahwa mereka terlibat di dalam sesuatu yang jauh lebih besar daripada operasi penyelamatan biasa.

8. Avatar (2009)

Cerita Avatar berlangsung di tahun 2154 di Pandora, sebuah satelit yang mengorbit planet fiksi bernama Polyphemus. Pandora dihuni oleh suku asli humanoid bernama Na’vi dan dipenuhi dengan flora dan fauna yang sangat indah dan eksotis.

Manusia yang datang ke Pandora untuk mengeksploitasi sumber daya alamnya, menggunakan avatar biologis untuk berinteraksi dengan suku Na’vi dan mengumpulkan informasi. Jake Sully, seorang marinir paraplegia diberikan kesempatan untuk mengendalikan avatar di Pandora.

Namun seiring berjalannya waktu, Jake semakin terhubung dengan budaya dan kehidupan Na’vi. Dia juga jatuh cinta dengan Neytiri, seorang anggota suku Na’vi. Konflik pun mencapai puncaknya ketika manusia memutuskan untuk menggunakan kekuatan militer untuk mengeksploitasi sumber daya Pandora.

9. Alien vs Predator (2004)

Dalam film Alien vs Predator, diceritakan sebuah ekspedisi arkeologi ke Antartika setelah penemuan piramida kuno yang terkubur di bawah lapisan es. Tim arkeolog dan para ahli, termasuk memulai perjalanan mereka ke dalam piramida tersebut.

Namun begitu memasuki piramida, mereka menyadari bahwa tempat tersebut sebenarnya adalah tempat perburuan kuno yang digunakan oleh Predator untuk memerangi Alien Xenomorphs. Para Predator datang ke Bumi secara berkala untuk berburu Alien sebagai rite peralihan ritual.

Situasi menjadi semakin berbahaya ketika para anggota ekspedisi terjebak di dalam piramida, dan terlibat dalam pertempuran antara Alien dan Predator. Selama pertempuran ini, para manusia dihadapkan pada pilihan sulit untuk bertahan hidup di tengah-tengah konflik antara dua ras asing yang sangat mematikan.

10. The Day the Earth Stood Still (2008)

The Day the Earth Stood Still memulai cerita dengan sebuah objek misterius yang muncul di luar angkasa dan menuju ke Bumi dengan kecepatan tinggi. Objek ini kemudian mendarat di New York City, dan mengeluarkan humanoid yang disebut Klaatu.

Kemudian seorang ilmuwan bernama Helen Benson dipanggil untuk menyelidiki Klaatu, dan menyadari jika dia adalah alien yang datang untuk memberikan pesan penting kepada umat manusia. Klaatu menjelaskan bahwa Bumi sedang di ambang kehancuran karena perilaku manusia yang merusak lingkungan.

BACA JUGA: 5 Fakta Film Hunger Games Terbaru: The Ballad of Songbirds and Snakes

11. Contact (1997)

Warner Bros/Contact

Film tentang alien berjudul Contact ini, berfokus pada sosok Dr. Eleanor “Ellie” Arroway, seorang ilmuwan astrofisika yang terobsesi untuk mencari tanda-tanda kehidupan di luar angkasa. Ellie bekerja di proyek Seti (Search for Extraterrestrial Intelligence) yang mendeteksi sinyal radio dari peradaban luar angkasa.

Suatu hari, proyek Seti berhasil mendeteksi sinyal yang kompleks dan teratur dari sistem bintang Vega. Sinyal ini berisi petunjuk untuk membangun mesin perjalanan antariksa. Proyek tersebut membangun mesin yang mengirim Ellie ke peradaban luar angkasa yang jauh.

Ellie pun menjalin kontak dengan entitas cerdas di luar angkasa, yang muncul dalam bentuk ayahnya yang telah meninggal. Setelah kembali ke Bumi, Ellie dihadapkan dengan skeptisisme dan ketidakpercayaan dari dunia. Beberapa orang percaya, sementara yang lain melihatnya sebagai halusinasi atau ilusi.

12. The Fifth Element (1997)

Cerita berlatar saat abad ke-23, di mana Bumi dihadapkan dengan ancaman besar dari kekuatan jahat yang disebut Great Evil. Untuk melawan kekuatan ini, seorang imam kuno melemparkan empat elemen kuno (api, air, tanah, dan udara)  ke dalam wadah yang disebut The Fifth Element.

Di saat yang bersamaan, sosok alien yang disebut Mondoshawan sedang dalam perjalanan membawa empat elemen ini untuk menggantikan The Fifth Element di Bumi. Namun, pesawat mereka diserang oleh kelompok yang bekerja untuk Great Evil.

Sebelum pesawat mereka dihancurkan, Mondoshawan berhasil menyelamatkan wadah The Fifth Element. Beberapa abad kemudian, di tahun 2263, Bumi kembali menghadapi ancaman Great Evil. Seorang arkeolog bernama Korben Dallas secara tidak sengaja terlibat ketika seorang wanita misterius bernama Leeloo yang muncul sebagai The Fifth Element.

13. Paul (2011)

Graeme Willy dan Clive Gollings adalah dua teman sejati yang sangat menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan luar angkasa. Setelah menghadiri Comic-Con di Amerika Serikat, mereka memutuskan untuk mengunjungi tempat-tempat terkenal yang dikaitkan dengan aktivitas alien.

Ketika sedang dalam perjalanan, mereka bertemu dengan alien bernama Paul yang kabur dari Area 51. Paul yang sangat ramah dan memiliki kebiasaan seperti manusia, meminta bantuan Graeme dan Clive untuk menyelamatkannya dari agen pemerintah yang mengejarnya.

Dalam perjalanan membantu Paul untuk mencapai tempat tujuan, mereka menghadapi berbagai petualangan yang melibatkan pemerintah dan agen rahasia. Sementara itu, Paul berusaha untuk menyesuaikan diri dan mengajarkan Graeme dan Clive beberapa pelajaran hidup.

14. The Thing (1982)

Cerita The Thing berlangsung di stasiun penelitian di Antartika, tempat sekelompok peneliti ilmiah internasional tengah menjalani rutinitas mereka. Segalanya berubah ketika sebuah pesawat luar angkasa alien jatuh di dekat stasiun penelitian.

Para peneliti ini menemukan sosok alien yang mampu meniru dan menggantikan organisme hidup lainnya. Ketika alien ini mulai meniru manusia di sekitarnya, tim peneliti pun menyadari bahwa salah satu dari mereka mungkin telah terinfeksi.

Mereka harus berjuang untuk mengidentifikasi siapa yang asli dan siapa yang telah digantikan oleh alien. Dr. Tim peneliti pun juga berusaha untuk menemukan cara untuk menghentikan penyebaran alien dan menyelamatkan diri mereka sendiri.

15. Arrival (2016)

Dua belas kapal luar angkasa misterius tiba-tiba muncul di Bumi. Seorang ahli bahasa terkemuka, Louise Banks dan seorang ahli fisika Ian Donnelly, dipekerjakan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk mencoba berkomunikasi dengan makhluk asing yang berada di dalam kapal, yang disebut sebagai Heptapods.

Dalam upaya untuk memahami bahasa Heptapods, Louise menyadari bahwa bahasa ini memiliki struktur yang unik dan para makhluk ini dapat melihat waktu dengan cara yang berbeda. Ketika Louise semakin memahami bahasa Heptapods, dia mulai mengalami kilas yang mengungkapkan kenangan pribadinya dan juga keterlibatannya dengan proyek ini.

16. Signs (2002)

Film tentang alien ini berfokus pada Graham Hess, mantan pendeta yang telah kehilangan iman setelah kematian tragis istrinya. Bersama dua anaknya dan saudaranya, Graham tinggal di sebuah peternakan di Pennsylvania.

Hidup mereka berubah tiba-tiba ketika mereka menemukan lingkaran aneh yang muncul di lapangan jagung mereka. Awalnya, mereka berpikir bahwa ini hanyalah lelucon atau pekerjaan anak-anak setempat. Namun, akhirnya mereka sadar jika ini mungkin merupakan bagian dari sesuatu yang lebih mengerikan.

Graham mencoba memahami dan menerima arti dari apa yang terjadi. Mereka menemui tanda-tanda yang mengarah pada kemungkinan adanya kehidupan luar angkasa dan bahwa manusia sedang dihadapkan pada ancaman yang lebih besar.

17. Invasion of the Body Snatchers (1978)

Invasion of the Body Snatchers Cerita berlatar di San Francisco, di mana seorang pegawai kesehatan bernama Elizabeth Driscoll mulai menyadari bahwa ada sesuatu yang sangat aneh terjadi di sekitarnya. Beberapa orang yang dikenalnya, mulai menunjukkan perilaku yang sangat dingin dan tanpa emosi.

Elizabeth memutuskan untuk menyelidiki lebih lanjut dan bekerja sama dengan teman kerjanya, Matthew Bennell. Mereka menemukan jika penduduk kota secara bertahap digantikan oleh klon identik yang dingin dan tanpa emosi. Klon-klon ini tumbuh dari kantung biji aneh yang tumbuh di bunga-bunga.

18. Edge of Tomorrow (2014)

Netflix/The Edge of Tomorrow

Rekomendasi film tentang alien yang terakhir adalah Edge of Tomorrow. Cerita berlangsung di masa depan saat Bumi diserang oleh makhluk asing yang dikenal sebagai Mimics. Mayor William Cage, seorang perwira hubungan masyarakat ditempatkan dalam unit pasukan tempur yang akan menyerang Mimics.

Cage sebenarnya tidak memiliki keterampilan tempur dan pengalaman bertarung, sehingga harus mati dalam waktu singkat. Namun sesuatu yang aneh terjadi setelah kematiannya. Dia terbangun kembali tepat sebelum serangan terjadi. Cage menyadari jika dia terjebak dalam sebuah lingkaran waktu.

Nah, itulah beberapa judul film tentang alien yang direkomendasikan pada kesempatan kali ini. Setiap film menghadirkan pendekatan yang berbeda-beda terhadap tema alien. Baik itu dari segi asal-usul, bentuk, tingkat kecerdasan, dan lain sebagainya.

Sedulur tidak perlu pusing memikirkan mana yang paling tepat, anggap saja film-film hanya sebatas hiburan semata. Dengan kombinasi aksi, petualangan, dan misteri yang berbeda-beda, tentunya setiap film di atas sangat menarik untuk disaksikan!