film detektif korea

Film detektif adalah salah satu genre yang punya banyak penggemar. Sesuai namanya, film-film detektif biasanya menampilkan kisah penyelidikan atas sebuah kasus atau misteri. Menariknya, ada banyak pilihan film detektif yang bisa Sedulur tonton, mulai dari film detektif Hollywood hingga film detektif Korea yang juga tak kalah menegangkan.

Tertarik untuk menonton film detektif Korea? Berikut ada 15 rekomendasi film yang bisa menjadi pilihan hiburan Sedulur di rumah.

BACA JUGA: 27 Drama Korea Tentang Hukum Terbaik yang Wajib Ditonton!

Rekomendasi Film Detektif Korea

Sama seperti film-film detektif dari negara lain, film detektif Korea juga menampilkan teka-teki misterius yang akan membuat Sedulur penasaran. Di sisi lain, tak sedikit juga film yang dikemas dengan bumbu komedi nan menggelitik. Agar tidak makin penasaran, berikut sudah dirangkum rekomendasi film detektif Korea beserta sinopsisnya.

1. Salvation (2021)

KoBiz

Rekomendasi film detektif Korea yang pertama adalah Salvation. Film ini menceritakan tentang seorang detektif bernama Choi Seok Jae yang menyelidiki kematian seorang wanita bernama Jin Sook.

Pihak kepolisian sebelumnya telah menyatakan bahwa wanita tersebut meninggal karena bunuh diri. Namun, ia merasa janggal dengan kesimpulan tersebut. Hal itu pun mendorongnya untuk melakukan penyelidikan demi mengungkap kebenaran atas kematian Jin Sook.

Tanpa disangka, penyelidikan tersebut malah mengantarkan Choi Seok Jae pada misteri lainnya. Suatu ketika ia mengalami kecelakaan mobil dan terbangun di sebuah aula. Di sana, ia melihat orang-orang melakukan ritual doa yang tidak biasa.

2. Me and Me (2020)

Me and Me adalah film misteri yang menandai debut aktor Jung Jin Young sebagai sutradara. Cerita film ini sendiri dimulai dari seorang guru sekolah dasar bernama Soo Hyuk. Suatu ketika, beredar rumor bahwa sang istri telah dirasuki roh jahat.

Hal itu kemudian memicu reaksi dari warga sekitar. Mereka bahkan menuntut agar istri Soo Hyuk dikurung di kandang setiap malam dan baru diperbolehkan keluar keesokan paginya.

Pada suatu hari, tiba-tiba terjadi kebakaran yang menyebabkan Soo Hyuk dan istrinya meninggal dunia. Peristiwa itu lantas membuat keadaan desa menjadi begitu mencekam. Saat itulah, detektif Hyung Goo ditugaskan menyelidiki kasus tersebut. Namun tanpa disangka, tugas tersebut membawa Hyung Goo pada kejadian-kejadian aneh.

3. Extreme Job (2019)

Extreme Job bisa jadi pilihan Sedulur yang menyukai film detektif dan komedi. Sebab, cerita dalam film ini disajikan dengan adegan lucu yang menggelitik.

Kisah film Extreme Job sendiri berpusat pada sekelompok detektif yang ditugaskan untuk meringkus sebuah geng kriminal. Dalam menyelesaikan tugas tersebut, mereka melakukan penyamaran dengan membuka usaha kedai ayam di dekat lokasi target.

Tanpa diduga, kedai tersebut ternyata laris-manis dan bahkan menjadi terkenal. Situasi serba tak terduga itu pun membuat mereka kewalahan karena harus tetap menjalankan misi di samping melayani para pelanggan.

4. The Gangster, The Cop, The Devil (2019)

Film berikutnya yang wajib masuk daftar tonton Sedulur adalah The Gangster, The Cop, dan The Devil. Tidak hanya menampilkan cerita yang apik, film ini juga dibintangi oleh sederet aktor kenamaan, di antaranya adalah Ma Dong Seok dan Kim Moo Yul.

Film arahan sutradara Lee Won Tae ini menceritakan tentang seolah bos geng kriminal, Jang Dong Soo yang menjadi target pembunuh berantai, Kang Kyung Ho. Beruntung, ia berhasil menyelamatkan diri dari serangan pembunuh tersebut.

Di sisi lain, detektif Jung Tae Seok berupaya menangkap Kang Kyung Ho. Meski sangat tidak menyukai geng kriminal, ia akhirnya bekerja sama dengan Jang Dong Soo untuk menangkap Kang Kyung Ho.

5. Miss & Mrs. Cops (2018)

Rekomendasi film kriminal dengan bumbu komedi yang selanjutnya adalah Miss & Mrs. Cops. Film yang dibintangi oleh Ra Mi Ran dan Lee Sung Kyung ini menceritakan tentang petualangan dua polisi, yakni Mi Yeong dan Ji Hye dalam mengungkap kasus kriminal.

Petualangan mereka dimulai ketika keduanya menghadapi kasus bunuh diri saat bekerja di pusat layanan. Kasus tersebut ternyata tidak sesederhana yang mereka kira. Sebab, mereka akhirnya harus berhadapan dengan sebuah organisasi kejahatan.

6. Dark Figure of Crime (2018)

Rotten Tomatoes

Cerita film ini disebut terinspirasi dari kasus pembunuhan yang terjadi di Busan pada 2007 silam. Sebelumnya, kasus tersebut sempat diangkat dalam program investigasi berjudul Unanswered.

Film Dark Figure of Crime sendiri berpusat pada Kang Tae Oh, seorang pria yang ditangkap atas kasus pembunuhan terhadap kekasihnya. Beberapa bulan kemudian, Kang Tae Oh yang sedang dipenjara mengaku telah melakukan pembunuhan terhadap enam orang lainnya.

Di sisi lain, ia juga menyebut bahwa detektif yang sebelumnya menangani kasusnya telah memalsukan bukti. Pengakuan tersebut pun membuatnya mendapat keringanan hukuman. Namun lambat laun detektif menemukan kejanggalan dari pernyataan Kang Tae Oh.

7. The Outlaws (2017)

The Outlaws mengikuti kisah Jang Chen, seorang rentenir kelas kakap di daerah Pecinan kumuh di Seoul. Jang Chen tidak segan menggunakan kekerasan dalam menjalankan pekerjaannya itu.

Di sisi lain, detektif Ma Suk Do ditugaskan mengurus area tersebut. Saat itu, dua geng China-Korea terlibat konflik lantaran memperebutkan daerah tersebut. Ma Suk Do pun mau tak mau harus menangani masalah tersebut. Selain itu, ia juga harus berhadapan dengan Jang Chen yang merupakan sosok berpengaruh di sana. 

8. The Chase (2017)

Selanjutnya ada The Chase yang dibintangi oleh Baek Yoon Sik, Sung Dong Il, Bae Jong Ok, dan Kim Hye In. Cerita film ini berpusat pada detektif Park Pyung Dal yang ditugaskan menangani sebuah kasus pembunuhan berantai. Namun saat menjalankan misi tersebut, ia gagal menangkap sang pelaku.

30 tahun kemudian terjadi peristiwa pembunuhan di wilayah yang sama. Park Pyung Dal yang kini sudah pensiun kemudian meminta bantuan Sim Duk Soo, seorang pemilih gedung di daerah tersebut untuk menangkap pelaku.

9. Memoir of a Murderer (2017)

Film detektif satu ini menyajikan cerita yang cukup berbeda, yaitu tentang seorang pembunuh berantai yang mengalami Alzheimer. Diceritakan, Byeong Soo dahulunya merupakan pembunuh yang keji. Namun kini ia telah pensiun dan memilih menghabiskan waktunya bersama sang putri yang beranjak dewasa.

Suatu ketika, sang putri memiliki seorang kekasih bernama Min Tae Joo. Byeong Soo mendadak teringat pernah terlibat kecelakaan bersama pria yang mirip dengan Min Tae Joo. Menurut ingatannya, pria tersebut juga seorang pembunuh. Ia pun berupaya mengembalikan ingatannya demi menyelamatkan sang putri.

10. Phantom Detective (2016)

Film ini menceritakan tentang Hong Gil Dong, seorang detektif yang bekerja di sebuah agensi ilegal. Ia memiliki keterampilan luar biasa dan dapat menangkap targetnya dalam waktu cepat. Namun ia selalu gagal untuk meringkus seorang pria bernama Kim Byeong Duk yang telah membunuh sang ibu.

Demi membalaskan dendamnya, ia pun bertekad untuk terus mengejar Kim Byeong Duk. Hingga suatu ketika, Hong Gil Dong berhasil mendapatkan alamat tempat tinggal Kim Byeong Duk. Namun setibanya di sana, ia hanya menjumpai dua cucu perempuan pria tersebut. Sementara Kim Byeong Duk dikatakan telah diculik.

Hong Gil Dong pun mau tak mau harus membantu kedua anak tersebut menemukan sang kakek. Tapi tanpa disadari, hal ini rupanya membawa Hong Gil Dong kepada sebuah organisasi kejahatan yang keji.

BACA JUGA: 27 Drama Korea Perselingkuhan, Seru Bikin Geregetan!

11. The Wailing (2016)

film detektif korea
USS Feed

Berikutnya ada The Wailing, film detektif Korea yang juga menyuguhkan cerita horor sekaligus misteri. Kisahnya dimulai dari teror mengerikan serta penyakit misterius di sebuah desa. Penyakit tersebut menyebabkan warga kehilangan akal sehat hingga tega menghabisi keluarganya sendiri.

Suatu ketika, dua orang polisi tengah berjaga di kantor mereka. Tiba-tiba datang seorang perempuan dengan tubuh bersimbah darah. Perempuan itu pun teridentifikasi sebagai salah satu warga desa yang juga terkena penyakit misterius tersebut.

Di sisi lain, salah seorang polisi mengalami kejadian aneh di mana ia bertemu dengan sosok misterius yang mengungkap adanya roh jahat di desa tersebut. Sosok itu juga menyebut bahwa roh jahat itulah yang menyebabkan berbagai peristiwa aneh di desa itu.

12. The Accidental Detective (2015)

Film detektif Korea dengan bumbu komedi menggelitik berikutnya adalah The Accidental Detective. Film ini menceritakan tentang Dae Man, seorang pria yang terobsesi menjadi detektif. Sayangnya ia gagal dalam ujian sehingga impiannya itu pun terasa mustahil untuk tercapai.

Meski begitu, Dae Man masih memiliki ketertarikan dalam menyelidiki kasus-kasus pembunuhan. Bahkan ia kerap mendatangi kantor polisi hanya untuk menceritakan pendapatnya tentang kasus-kasus pembunuhan kepada para detektif di sana. Hal itu pun membuat salah seorang detektif, yakni Detektif No merasa kesal dengannya.

Sampai suatu ketika, teman Dae Man yang juga seorang detektif tiba-tiba dituding sebagai pelaku pembunuhan. Ia pun berusaha menyelidiki kasus tersebut bersama Detektif No untuk membuktikan bahwa temannya tidak bersalah. 

13. Man On High Heels (2014)

Man On High Heels menceritakan tentang Ji Wook, seorang detektif yang telah berhasil mengungkap sejumlah kasus kejahatan. Hal itu pun membawanya menjadi salah satu petugas kepolisian paling berprestasi dan memiliki karier cemerlang.

Meski begitu di balik penampilannya yang begitu maskulin, Ji Wook memiliki kegelisahan akan identitas dirinya. Sejak remaja, ia telah merasakan bahwa dirinya memiliki ketertarikan kepada laki-laki dan bahkan ingin berpenampilan sebagai perempuan.

14. Cold Eyes (2013)

Cold Eyes menceritakan tentang upaya sekelompok polisi menangkap komplotan perampok bank. Kelompok polisi yang dipimpin oleh Detektif Hwang itu berusaha mengungkap identitas para pelaku.

Di sisi lain, seorang pemimpin geng kriminal bernama James memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya. Namun niatnya itu ditentang sang mentor yang bahkan mengancam tidak akan segan menghabisi nyawanya.

James akhirnya menerima tawaran sang mentor untuk menjalankan misi selanjutnya. Akan tetapi, rencana mereka berhasil dibongkar Detektif Hwang. Ia pun memerintahkan anggotanya untuk menangkap komplotan James. Nahas, upaya tersebut malah mengakibatkan salah seorang anak buah Detektif Hwang terbunuh.

15. Children (2011)

film detektif korea
Han Cinema

Rekomendasi film Korea tentang detektif yang terakhir adalah Children. Film ini diangkat dari kejadian nyata tentang hilangnya lima anak di Gunung Waryong.yang terjadi pada 1991 silam. Peristiwa tersebut bermula ketika kelima anak itu pergi ke gunung untuk mencari katak. Namun mereka tidak pernah kembali ke rumah.

Kasus hilangnya kelima anak itu pun mengundang perhatian publik. Tidak hanya polisi dan detektif, pihak lain termasuk produser program dokumenter pun ikut berupaya memecahkan misteri tersebut. Hingga beberapa tahun kemudian, ditemukan kerangka manusia yang diduga merupakan milik anak-anak tersebut.

Itu dia 15 rekomendasi film detektif Korea beserta sinopsisnya. Film-film di atas bisa menjadi pilihan hiburan Sedulur di rumah karena telah tersedia di berbagai platform layanan streaming. Sedulur tertarik nonton yang mana dulu, nih?