drama korea tentang hukum

Drama Korea kerap diidentikkan dengan kisah romantis ala Cinderella yang berakhir bahagia. Namun belakangan mulai banyak ragam genre yang disajikan, salah satunya adalah drama Korea tentang hukum.

Biasanya, drama dengan genre hukum menampilkan cerita tentang tokoh utama yang berupaya memecahkan sebuah kasus hingga mendapatkan keadilan di mata hukum. Sementara itu, berikut sudah dirangkum rekomendasi drama Korea tentang hukum sebagai referensi hiburan untuk Sedulur. Yuk, disimak!

BACA JUGA: Sinopsis Oh My Geum Bi dan Ulasan Episode Lengkapnya!

Rekomendasi Drama Korea tentang Hukum

Hingga kini sudah banyak judul drama Korea yang mengangkat genre hukum. Biasanya drama-drama tersebut juga memasukkan adegan khas genre kriminal, aksi, dan bahkan thriller agar konflik yang ditampilkan terlihat nyata.

Daripada makin penasaran, berikut ada 27 judul drama Korea tentang hukum beserta sinopsis singkatnya sebagai referensi hiburan untuk Sedulur.

1. Joseon Attorney (2023)

drama korea tentang hukum
IMDb

Joseon Attorney menceritakan tentang Kang Han Soon (Woo Do Hwan), seorang pengacara yang hidup pada era Dinasti Joseon. Di balik kepintarannya sebagai seorang pengacara, Kang Han Soon ternyata menyimpan dendam atas kematian kedua orang tuanya.

Di sisi lain, Lee Yeon Joo (Bona) adalah seorang putri yang sangat peduli dengan rakyatnya. Lee Yeon Joo kemudian bekerja sama dengan Kang Han Soon untuk memperjuangkan keadilan.

2. Divorce Attorney Shin (2023)

Drama yang diangkat dari webtoon berjudul sama karya Kang Tae Kyung ini menceritakan sosok Shin Sung Han (Cho Seung Woo), seorang profesor musik di Jerman. Suatu ketika, ia mendapatkan kabar yang mengejutkan hingga mengharuskannya kembali ke Korea Selatan. Ia juga kemudian beralih profesi menjadi pengacara perceraian.

3. Big Mouth (2022)

Big Mouth menjadi salah satu drama yang paling banyak dibicarakan pada 2022 lalu. Diceritakan, Park Chang Ho (Lee Jong Suk) adalah seorang pengacara yang dikenal dengan julukan “Big Mouth” karena pandai berbicara namun sering kalah di persidangan.

Suatu ketika, ia diminta menangani sebuah kasus besar yang melibatkan para tokoh elit. Namun ia malah dituding sebagai “Big Mouse,” seorang penipu jenius yang terkenal hingga terseret ke balik jeruji besi bersama para pembunuh yang sedang ia selidiki.

4. Extraordinary Attorney Woo (2022)

Extraordinary Attorney Woo menceritakan tentang Woo Young Woo (Park Eun Bin), seorang pengacara yang juga mengidap gangguan spektrum autisme (ASD). Kondisi itu membuatnya kerap diremehkan meski merupakan lulusan sarjana hukum yang berprestasi.

Selain menampilkan cerita yang berbeda dari kebanyakan drama Korea tentang hukum lainnya, Extraordinary Attorney Woo juga menarik perhatian lewat kepiawaian Park Eun Bin dalam memerankan karakter Woo Young Woo. Kemampuan aktingnya itu pun mengantarkannya sebagai pemenang piala Grand Prize pada ajang Baeksang Arts Awards 2023.

5. One Dollar Lawyer (2022)

Cheon Ji Hoon (Namkoong Min) adalah seorang pengacara dengan gaya tidak biasa. Meski dikenal sebagai salah satu pengacara terbaik, ia memasang tarif murah untuk biaya jasanya, yakni sebesar 1.000 won atau 1 dolar AS.

Di sisi lain, Baek Ma Ri (Kim Ji Eun) merupakan pengacara sekaligus cucu dari pendiri Baek Law Firm, sebuah firma hukum besar di Korea. Selama ini ia selalu mendapat kemudahan karena terlahir di keluarga kaya raya. Namun hidupnya mendadak berubah setelah bertemu Cheon Ji Hoon yang memiliki prinsip hidup berbeda.

6. The Law Cafe (2022)

The Law Cafe
Dramabeans

The Law Cafe menceritakan tentang kisah cinta antara seorang mantan jaksa, Kim Jeong Ho (Lee Seung Gi) dan pengacara wanita, Kim Yoo Ri (Lee Se Young). Kim Jeong Ho yang dikenal sebagai “Monster Genius” saat masih bekerja sebagai jaksa kemudian beralih profesi menjadi pemilik properti.

Sementara, Kim Yoo Ri yang juga merupakan teman lama Kim Jeong Ho kemudian menyewa gedung miliknya dan mendirikan sebuah kafe hukum.

7. Bad Prosecutor (2022)

Jin Jung (Doh Kyung Soo) adalah seorang jaksa nyentrik yang dikenal suka berbuat onar di pengadilan. Tak jarang ia melanggar aturan dan memilih menggunakan caranya sendiri dalam menangani sebuah kasus.

Meski begitu, ia sebenarnya merupakan sosok yang menjunjung tinggi keadilan. Ia juga tidak takut melawan para pejabat yang korup agar mereka mendapatkan hukuman yang setimpal.

8. Doctor Lawyer (2022)

Drama Korea tentang hukum dan medis ini menceritakan tentang Han Yi Han (So Ji Sub), seorang dokter bedah yang beralih profesi menjadi pengacara setelah dituding melakukan malapraktik.

Kejadian tersebut lantas mendorong Han Yi Han untuk menjadi pengacara medis demi membersihkan namanya. Lewat profesi barunya tersebut, ia juga berusaha membela dokter lain yang mendapatkan tudingan serupa.

9. Military Prosecutor Doberman (2022)

Berbeda dengan drama-drama yang disebutkan sebelumnya, drama Korea satu ini menceritakan tentang hukum dengan latar militer. Diceritakan, Do Bae Man (Ahn Bo Hyun) adalah seorang jaksa militer yang memiliki ambisi pada kekayaan.

Namun hidupnya mulai berubah setelah bertemu Cha Woo In (Jo Bo Ah), seorang jaksa baru yang memiliki tekad kuat untuk menegakkan keadilan. Mereka pun bekerja sama untuk mengadili para penjahat di pengadilan militer.

10. Juvenile Justice (2022)

Juvenile Justice menceritakan tentang Shim Eun Seok (Kim Hye Soo), seorang hakim wanita dengan kepribadian dingin. Ia memiliki pengalaman pahit di masa lalu sebagai korban kejahatan dengan pelaku anak remaja.

Shim Eun Seok yang kini ditunjuk menjadi hakim baru di pengadilan remaja lantas berusaha menyeimbangkan perasaan benci tersebut dengan keyakinannya pada keadilan. Ia juga mencoba caranya sendiri untuk memberikan hukuman sekaligus pelajaran bagi para pelaku.

BACA JUGA: 15 Film Komedi Jepang yang Kocak Banget dan Buat Mood Naik

11. One Ordinary Day (2021)

drama korea tentang hukum
Dramabeans

Kim Hyun Soo (Kim Soo Hyun) adalah seorang mahasiswa biasa yang tiba-tiba dituduh sebagai pelaku pembunuhan. Hal itu bermula ketika ia berniat mengunjungi teman-temannya dengan mengendarai taksi milik sang ayah.

Tanpa disangka, malam yang seharusnya ia lalui dengan penuh suka cita malah mengubah nasibnya menjadi tersangka kasus pembunuhan yang tidak pernah ia lakukan.

12. The Devil Judge (2021)

The Devil Judge adalah drama Korea tentang hukum yang menampilkan dunia penuh kekacauan dan kasus korupsi yang merajalela. Kang Yo Han (Ji Sung), seorang hakim dengan julukan “hakim iblis” memiliki ambisi untuk menghukum para pejabat yang korup dan serakah dengan kekuasaan.

Sikap Kang Yo Han tersebut pun membuatnya memiliki banyak musuh.

13. Law School (2021)

Drama Law School menceritakan kasus misterius di sebuah sekolah hukum bergengsi. Salah seorang profesor, Seo Byung Ju (Ahn Nae Sang) tiba-tiba ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa.

Kasus tersebut kemudian menyeret nama Yang Jong Hoon, seorang profesor yang dikenal memiliki karakter dingin dan kerap memberikan komentar pedas kepada mahasiswanya.

14. Vincenzo (2021)

Vincenzo Cassano (Song Joong Ki) adalah seorang pemuda keturunan Korea yang diadopsi oleh keluarga Italia. Semula ia bekerja sebagai pengacara organisasi mafia di Milan, Italia.

Namun karena terjadi konflik, ia memutuskan kembali ke Korea Selatan dan bergabung dengan firma hukum Woosang. Di sana, ia kerap menggunakan cara kejam untuk menghukum penjahat yang tidak bisa diadili sesuai hukum yang berlaku.

15. Secret Royal Inspector & Joy (2020)

Berbeda dengan drama hukum lainnya, Secret Royal Inspector & Joy menyuguhkan cerita ringan namun tetap seru untuk diikuti. Kisahnya berpusat pada Ra Yi Eon (Ok Taecyeon), seorang agen rahasia kerajaan yang bermimpi membuka warung pangsit dan Kim Joy (Kim Hye Yoon), seorang wanita yang ingin bercerai demi mendapatkan kebahagiaan.

Karena satu dan lain hal, keduanya lantas bekerja sama untuk menyelesaikan berbagai kasus. Banyak aksi seru yang akhirnya terjalin dalam drama Korea satu tentang hukum satu ini.

16. Hyena (2020)

Dramanbeans

Hyena menceritakan persaingan dua pengacara elit dalam menangani sebuah kasus hukum. Jung Geum Ja (Kim Hye Soo) ditampilkan sebagai seorang pengacara ambisius dengan karakter berani dan percaya diri.

Di sisi lain, Yoon Hee Jae (Joo Ji Hoon) dikenal cerdas dan memiliki ego tinggi. Ia juga tidak takut memainkan hukum untuk memenangkan kliennya dalam persidangan.

17. Diary of a Prosecutor (2019)

Drama ini menceritakan kehidupan sehari-hari sekelompok jaksa di Kantor Cabang Seon Woong. Ceritanya terutama menyoroti sosok Lee Seon Woong (Lee Sun Kyun), seorang jaksa yang sering terlihat tidak bersemangat dalam menjalankan pekerjaannya.

Sementara itu, ada Cha Myung Joo (Jung Ryeo Won), seorang jaksa wanita yang baru dipindahkan dari kantor pusat. Keduanya memiliki kepribadian dan cara kerja yang berbeda sehingga kerap terlibat perdebatan.

18. Confession (2019)

Confession mengikuti kisah Choi Do Hyun (Lee Jun Ho), seorang pengacara yang berambisi membersihkan nama sang ayah. Diceritakan Choi Do Hyun kecil menderita penyakit jantung dan harus menjalani transplantasi.

Namun setelah operasinya dinyatakan berhasil, ia harus menghadapi kenyataan pahit di mana ayahnya dituduh melakukan pembunuhan dan divonis hukuman mati. Ia pun bertekad menjadi pengacara demi mengungkap kebenaran atas kasus tersebut.

19. Legal High (2019)

Go Tae Rim (Jin Goo) adalah seorang pengacara sombong yang berprinsip bahwa memenangkan kasus merupakan hal terpenting dalam hidupnya. Hal itu seolah dibuktikan dengan kemenangan atas setiap kasus yang ia tangani.

Sementara, Seo Jae In (Seo Eun Su) merupakan pengacara baru yang berambisi menolong orang lain memperoleh keadilan. Karena suatu hal, ia akhirnya harus bekerja sama dengan Go Tae Rim yang memiliki karakter sangat berbeda dengannya.

20. Partners for Justice (2018)

Drama Korea tentang hukum satu ini menyuguhkan cerita mengenai dokter forensik berkepribadian buruk, Baek Beom (Jung Jae Young) dan jaksa muda, Eun Sol (Jung Yu Mi). Mereka bekerja sama mengungkap kasus kriminal demi mencari keadilan bagi para korban.

BACA JUGA: 20+ Anime Sad Ending Beserta Sinopsis, Bikin Banjir Air Mata

21. Stranger (2018)

IMDb

Stranger atau juga dikenal sebagai Forest of Secret menceritakan tentang Hwang Shi Mok (Cho Seung Woo), seorang jaksa dengan karakter dingin. Suatu ketika, ia mendapat tugas untuk menangani kasus pembunuhan bersama detektif Han Yeo Jin (Bae Dona).

Kasus tersebut rupanya malah mengantarkan mereka pada kasus besar lainnya, yakni kasus korupsi yang melibatkan para pejabat tinggi Korea Selatan.

22. Miss Hammurabi (2018)

Miss Hammurabi menceritakan kehidupan para hakim dengan berbagai perselisihan yang mereka hadapi dalam menangani suatu kasus. Cerita drama ini terutama mengikuti tiga hakim dengan latar belakang berbeda, yakni hakim baru yang idealis bernama Park Cha Ohreum (Go Ara), hakim elit yang taat aturan bernama Im Ba Reun (Kim Myung Soo), dan kepala hakim yang rendah hati bernama Han Se Sang (Sung Dong Il).

23. Lawless Lawyer (2018)

Drama ini bercerita tentang Bong Sang Pil (Lee Joon Gi), pengacara terkenal yang menyimpan masa lalu kelam. Sang ibu yang juga seorang pengacara menjadi korban pembunuhan ketika sedang menangani kasus penting. Peristiwa pahit itu pun mendorongnya untuk menjadi pengacara demi mencari keadilan atas kematian ibunya.

24. Suits (2018)

Drama remake dari serial TV Amerika ini bercerita tentang dua pengacara dengan latar belakang berbeda yang bekerja sama untuk memecahkan kasus-kasus. Choi Kang Seok (Jang Dong Gun) adalah pengacara senior dari firma hukum bergengsi di Korea.

Sementara Go Yeon Woo (Park Hyung Sik) merupakan pemuda jenius yang dipekerjakan Choi Kang Seok, meski tidak memiliki gelar hukum.

25. Witch at Court (2017)

Drama ini mengikuti kisah Ma Yi Deum (Jung Ryeo Won), seorang jaksa wanita yang materialistis dan kerap mengabaikan etika demi memenangkan sebuah kasus. Namun hidup Ma Yi Deum mendadak berubah ketika ia ditugaskan ke divisi kejahatan seksual.

Apalagi di sana ia harus bekerja sama dengan jaksa baru Yeo Jin Wook (Yoon Hyun Min) yang memiliki integritas tinggi.

26. Suspicious Partner (2017)

Drama Korea satu ini menggabungkan genre hukum, kriminal, dan romansa-komedi sehingga memiliki cerita yang unik sekaligus seru untuk diikuti. Kisahnya berpusat pada Noh Ji Wook (Ji Chang Wook) dan Eun Bong Hee (Nam Ji Hyun), dua orang jaksa yang harus bekerja sama untuk memecahkan kasus pembunuhan.

27. Innocent Defendant (2017)

drakor innocent defendant
Popmagz

Innocent Defendant menceritakan tentang Park Jung Woo (Ji Sung), seorang jaksa yang tidak pernah kalah ketika menangani sebuah kasus. Suatu ketika, ia terbangun dan mendapati dirinya menjadi tersangka pembunuhan.

Jung Woo yang mengalami amnesia tidak bisa mengingat bagaimana dirinya yang merupakan seorang jaksa tiba-tiba berakhir di penjara.

Itu dia 27 drama Korea tentang hukum yang bisa menjadi referensi hiburan Sedulur di akhir pekan. Drama-drama di atas juga sudah tersedia di berbagai platform layanan streaming, lho!