film cinta tentang penyakit

Romantis merupakan salah satu genre film yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Meski identik dengan kisah cinta manis dan bikin baper, tidak sedikit film romantis yang menyajikan cerita mengharukan. Misalnya film cinta tentang tokoh yang menderita penyakit ganas.

Film-film dengan tema serupa umumnya akan mengikuti kisah perjuangan sang tokoh utama dalam melawan penyakit yang dideritanya. Selain itu juga ditampilkan lika-liku kehidupan asmara yang membuat film tersebut makin menarik untuk ditonton.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Tentang Pertemanan dengan Anak Kecil

Rekomendasi Film Cinta Tentang Penyakit

Ada banyak film cinta tentang penyakit yang bisa menjadi referensi hiburan untuk Sedulur. Berikut sudah dirangkum 15 rekomendasi film cinta tentang penyakit. Yuk, langsung disimak.

1. I Still Believe (2020)

film cinta tentang penyakit
IMDb

I Still Believe menceritakan tentang kisah cinta penyanyi gospel Amerika Serikat, Jeremy Camp dan istrinya Melissa Henning. Cerita film ini dimulai dari latar waktu tahun 1999, ketika Jeremy Camp melanjutkan kuliah di Calvary Chapel College, California.

Pada suatu malam, ia datang ke konser musik dan bertemu Melissa Hening. Singkat cerita, mereka saling jatuh hati dan mulai berkencan. Namun tiba-tiba Melissa didiagnosis menderita kanker stadium tiga.

Jeremy yang begitu mencintai Melissa lantas melamar wanita pujaan hatinya itu. Seiring berjalannya waktu, Melissa kemudian dinyatakan sembuh oleh dokter. Keduanya pun menikah dan menjalani hidup layaknya pasangan suami istri lainnya. Hingga kemudian, kondisi Melissa kembali memburuk.

2. Life In A Year (2020)

Film ini menceritakan tentang kisah asmara mengharukan dari sepasang remaja, Daryn (Jaden Smith) dan Isabelle (Cara Delevingne). Kisah mereka dimulai ketika Daryn bertemu Isabelle yang bekerja di toko es krim. Daryn yang terpesona dengan sosok Isabelle pun mencoba mendekatinya.

Berbeda dengan Daryn yang berasal dari keluarga kaya, Isabelle ternyata menjalani hidup yang tidak mudah. Ia berasal dari keluarga miskin dan tinggal di apartemen kumuh. Tak hanya itu, Isabelle juga menderita kanker stadium akhir dan hanya memiliki waktu satu tahun untuk hidup. Daryn yang telah lama jatuh hati padanya pun bertekad untuk membahagiakan Isabelle di sisa akhir hidupnya.

3. Five Feet Apart (2019)

Berikutnya ada Five Feet Apart, film romantis yang dibintangi oleh Haley Lu Richardson dan Cole Sprouse. Ceritanya berpusat pada dua pasien penyakit langka yang harus menjaga jarak sejauh 5 langkah. Mereka adalah Stella dan Will, dua pasien yang sama-sama mengidap Cystic Fibrosis.

Meski menderita penyakit langka, Stella selalu tampil sebagai gadis yang bersemangat. Sebaliknya Will yang cenderung melankolis kerap merasa pesimis dengan pengobatan dan terapi yang dijalaninya. Namun Will mulai berubah setelah bertemu Stella. Apalagi Stella selalu memberikan dukungan kepada Will dalam menjalani pengobatan. Sayangnya, kondisi mereka yang menderita Cystic Fibrosis menyebabkan Will dan Stella tidak bisa berdekatan karena rentan terhadap infeksi.

4. Midnight Sun (2018)

Midnight Sun merupakan film drama romantis Amerika Serikat yang diadaptasi dari film Jepang berjudul Taiyou no Uta (2006). Film ini mengisahkan tentang Katie Price (Bella Thorne), seorang gadis yang selalu berada di rumahnya pada siang hari karena menderita penyakit langka. Kondisi tersebut menyebabkannya tidak bisa terkena sinar matahari sehingga ia hanya akan keluar rumah saat matahari telah tenggelam.

Suatu ketika ia bertemu dengan pemuda bernama Charlie (Patrick Schwarzenegger). Pertemuan Katie dengan Charlie lambat laun mulai mengubah hidupnya. Namun hubungan mereka harus menghadapi berbagai ujian, terlebih dengan penyakit langka yang diderita Katie.

5. Irreplaceable You (2018)

Selanjutnya ada Irreplaceable You, film romansa yang dibintangi oleh Gugu Mbatha-Raw dan Michiel Huisman. Film ini menceritakan tentang sepasang sahabat karib yang kemudian menjadi pasangan kekasih dan memutuskan untuk bertunangan.

Kehidupan Abbie (Gugu Mbatha-Raw) dan Sam (Michiel Huisman) semula berjalan dengan penuh kebahagiaan. Terlebih mereka akan segera menikah. Namun tiba-tiba Abbie didiagnosa menderita kanker stadium akhir. Abbie yang menyadari hidupnya tak akan lama lagi akhirnya memutuskan untuk mencari cinta baru bagi Sam.

6. More than Blue (2018)

Cultura

More than Blue merupakan film Taiwan yang diadaptasi dari film Korea berjudul sama. Film ini dibintangi oleh Jasper Liu sebagai Chang Chei Kai atau K dan Ivy Chen sebagai Song Yuan-yuan atau Cream.

Diceritakan, K dan Cream merupakan sepasang sahabat yang tinggal bersama layaknya keluarga. K bekerja di perusahaan rekaman, sedangkan Cream menjadi penulis lirik. Namun keduanya tetap hidup bersama dan tidak menjadi pasangan.

Suatu ketika, K didiagnosis menderita leukemia. K yang tidak ingin Cream bersedih pun berusaha menutupi penyakitnya itu. Di sisi lain, Cream berkencan dengan pria lain dan bahkan berencana untuk menikah dalam waktu dekat.

7. Everything, Everything (2017)

Film ini menceritakan tentang Maddy (Amanda Stenberg), gadis remaja yang menderita suatu penyakit langka. Kondisi itu menyebabkan Maddy tidak bisa meninggalkan rumah karena memiliki imun yang sangat lemah.

Suatu ketika, Maddy yang hanya bisa melihat dunia luar melalui jendela melihat Olly (Nick Robinson), seorang pemuda sekaligus tetangga barunya. Mereka kemudian berkenalan melalui email dan menjalin pertemanan meski tidak pernah bertemu secara langsung. Tanpa disangka, Maddy mulai menaruh hati kepada Olly.

8. Me Before You (2016)

Me Before You adalah salah satu film cinta tentang penyakit terpopuler. Film ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Louisa (Emilia Clark) yang bekerja sebagai perawat untuk Will Traynor (Sam Claflin), pemuda dengan disabilitas akibat kecelakaan lalu lintas.

Will yang semula merupakan bankir sukses dilanda depresi hingga sempat ingin mengakhiri hidupnya karena kondisinya tersebut. Namun kedatangan Louisa lambat laun mulai mengubah pandangan Will tentang hidup.

9. The Fault in Our Stars (2014)

Film adaptasi dari novel terlaris karya John Green ini menceritakan tentang Hazel Grace Lancaster (Shailene Woodley, seorang gadis penderita kanker tiroid. Hal itu membuatnya harus membawa tabung oksigen kemanapun ia pergi.

Suatu ketika, ia bertemu dengan Augustus “Gus” Waters (Ansel Elgort), pemuda yang kehilangan satu kakinya akibat kanker tulang. Semenjak itu mereka menjalin hubungan dekat lantaran merasa memiliki banyak kesamaan. Termasuk soal kecintaan mereka terhadap buku.

Hingga suatu hari, Gus mendapatkan undangan untuk bertemu Peter Van Houten, penulis novel An Imperial Affliction. Hazel dan Gus yang sama-sama menyukai novel tersebut pun memulai petualangan mereka untuk bertemu dengan sang penulis.

10. The Theory of Everything (2014)

Berikutnya ada The Theory of Everything, film biografi yang menceritakan tentang ilmuwan jenius asal Inggris, Stephen Hawking. Film ini terutama mengikuti kehidupan asmara Stephen Hawking dengan mahasiswi sastra, Jane Wilde yang kemudian menjadi istrinya.

Adapun kisah filmnya dimulai ketika Stephen Hawking (Eddie Redmayne) bertemu Jane Wilde (Felicity Jones) di Cambridge. Suatu ketika, Stephen Hawking mendadak mengalami motor neuron disease. Hal itu membuat semua otot dalam tubuhnya tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kendati didiagnosis menderita penyakit langka, Stephen Hawking tak lantas menyerah begitu saja dengan hidupnya. Apalagi dokter menyebut otaknya masih dapat berfungsi dengan baik sehingga ia bisa melanjutkan penelitiannya. Di sisi lain, Jane Wilde juga menyatakan kesetiaannya untuk terus mendampingi Stephen Hawking.

11. The Girl with Nine Wigs (2013)

His Masters

The Girl with Nine Wigs merupakan film asal Belanda yang memiliki judul asli Heute bin ich blond atau berarti Today I Am Blond. Film ini menceritakan tentang Sophie, seorang perempuan berusia 21 tahun yang mengidap kanker.

Diceritakan, Sophie yang menjalani kemoterapi mulai kehilangan rambutnya. Ia kemudian memutuskan mencukur habis rambutnya dan membeli sembilah buah wig dengan warna berbeda.

Keputusannya itu ternyata mengubah hidupnya, termasuk memberikan kekuatan baginya untuk bangkit. Sophie pun mulai menata kembali hidupnya dan bahkan jatuh cinta dengan teman kecilnya.

12. Now Is Good (2012)

Film ini menceritakan tentang Tessa Scott (Dakota Fanning), gadis berusia 17 tahun yang didiagnosis menderita penyakit mematikan. Setelah menjalani kemoterapi selama 4 tahun, ia mulai kehilangan semangat hidupnya. Tessa bahkan telah menerima kenyataan bahwa hidupnya tak akan lama lagi.

Menyadari hal itu, ia memutuskan untuk menjalani hidupnya dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan cara membuat daftar berbagai hal yang ingin ia lakukan sebelum meninggal. Tessa kemudian dibantu oleh sahabatnya, Zoey untuk mewujudkan daftar tersebut.

13. 50/50 (2011)

Adam Lerner (Joseph Gordon) yang baru berusia 27 tahun didiagnosis menderita kanker setelah sering merasakan sakit pada tulang belakangnya. Meski sempat dirundung kesedihan karena harus menghadapi kenyataan pahit tersebut di usia yang terbilang masih begitu muda, ia memutuskan untuk mengikuti semua proses pengobatan.

Hingga suatu ketika, Adam mendapatkan kabar bahwa penyakitnya dapat disembuhkan melalui operasi. Namun peluangnya untuk hidup setelah operasi hanya 50:50. Hal itu pun membuat Adam bimbang apakah ia harus menjalani operasi tersebut atau tidak. 

14. Love & Other Drugs (2010)

Berbeda dengan film cinta tentang penyakit lainnya yang menampilkan kisah mengharukan, Love & Other Drugs memberikan bumbu komedi yang menggelitik. Cerita film ini berpusat pada Jamie Randall (Jake Gyllenhaal), seorang sales perusahaan farmasi.

Suatu ketika, ia diajak oleh dokter yang menjadi kliennya untuk mendampinginya saat memeriksa Maggie Murdock (Anne Hathaway) yang merupakan pasien Parkinson. Jamie yang terpesona dengan kecantikan Maggie pun berusaha mendekatinya.

15. A Walk to Remember (2002)

film cinta tentang penyakit
People

Film lawas ini menceritakan tentang lika-liku hubungan antara Landon Carter (Shane West) dan Jamie Sullivan (Mandy Moore). Keduanya merupakan teman satu sekolah namun memiliki kehidupan yang berbeda. Landon adalah seorang siswa populer dan kerap membuat masalah. Sementara Jamie ditampilkan sebagai seorang siswi kutu buku.

Suatu ketika, Landon mendapat hukuman untuk mengikuti teater di sekolah yang membuatnya bertemu dengan Jamie. Meski sempat memandang remeh Jamie, Landon rupanya mulai menyukai perempuan tersebut setelah menjalin hubungan dekat dengannya. Namun kenyataan pahit harus dihadapi Landon ketika mengetahui bahwa selama ini Jamie menderita Leukimia.

Itu dia 15 rekomendasi film cinta tentang penyakit yang bisa menjadi referensi hiburan bagi Sedulur. Tak sekadar menyajikan kisah manis sekaligus mengharukan, film-film di atas juga sarat akan pesan kehidupan, termasuk untuk tidak mudah menyerah.