Park Min Young adalah salah satu idol  Korea paling populer saat ini. Apalagi setelah ia didapuk membintangi serial What’s Wrong with Secretary Kim dan Her Private Life, namanya makin dicari di mesin pencarian. Karirnya melonjak di tahun 2010 setelah ia berhasil mencuri perhatian di sebuah drama kolosal berjudul Sungkyunkwan Scandal.

Sejak itu, ia makin sering tampil di layar kaca untuk dan dapat banyak tawaran iklan. Wajahnya memang menawan, dengan kemampuan akting yang mumpuni. Walaupun sering ditimpa isu Park Min Young oplas, namun apapun proyek yang ia bintangi sering dapat rating tinggi di Korea. 

BACA JUGA: Ini 7 Fakta Menarik Hospital Playlist 2 Sebagai Drakor Rating Tertinggi

Penasaran dengan sosok Park Min Young. Berikut beberapa fakta menarik tentangnya. 

-->
  • Park Min Young dulu lahir di Seoul, 4 Maret 1986. Ia sudah mulai masuk ke industri hiburan di tahun 2005 sebagai bintang iklan, dilanjut peran cameo di sebuah sitkom berjudul High Kick! setahun setelahnya. Setelah itu, ia dapat beberapa peran kecil di serial-serial televisi dari berbagai genre. Hingga akhirnya period drama Sungkyunkwan Scandal mengantarkannya menaiki tangga karir sebagai salah satu aktris papan atas Korea. 
  • Wajah jelita Park Min Young diakuinya sebagai hasil operasi plastik. Beberapa waktu lalu beredar foto yang dipercaya sebagai potret Min Young dulu di masa remaja dan tampak perbedaan yang jelas dengan potretnya yang sekarang seperti yang bisa kita lihat di Park Min Young IG @rachel_mypark.  Terkonfirmasi bahwa foto tersebut bukanlah Min Young, melainkan Miss Korea Kim Yu Mi. Tak sampai di situ, masih ada foto-foto lain yang menunjukan perbedaan wajah Min Young yang dulu dengan sekarang. Seakan hendak menghentikan segala spekulasi tentangnya, Min Young akhirnya mengakui bahwa ia pernah melakukan operasi plastik. Di usia 15 tahun, ia melakukannya atas izin sang ibu agar memiliki kelopak mata. Dilanjut beberapa prosedur untuk memperbaiki bentuk hidungnya beberapa tahun kemudian. Keputusan Park Min Young oplas bukanlah hal yang perlu diperdebatkan, mengingat sudah banyak idol lain yang mengambil langkah sama. Industri hiburan Korea sendiri sangat kompetitif dan masih memegang teguh standar kecantikan tertentu. Tak heran, masih sangat wajar melihat public figure yang memilih mengubah penampilan mereka demi keberlangsungan karir masing-masing. 
  • Park Min Young sering dipasangkan dengan lawan mainnya di serial yang ia bintangi. Mulai dari Lee Min Ho hingga Ji Chang Wook. Namun, sejauh ini jalinan asmara yang benar-benar terkonfirmasi resmi adalah Lee Min Ho. Keduanya berkencan selama beberapa bulan pada tahun 2011, sebelum akhirnya memutuskan untuk berpisah. Padahal, banyak penggemar yang mendukung hubungan mereka dan berharap mereka bisa langgeng hingga jenjang yang lebih serius. Setelah Lee Min Ho, Min Young juga pernah dipercaya menjalin hubungan spesial dengan lawan mainnya di serial What’s Wrong with Secretary Kim, Park Seo Joon. Keduanya pernah terlihat liburan bareng, tetapi keduanya tidak pernah mengonfirmasi kabar tersebut. Bahkan agensi mereka kompak menampik kabar tersebut. Hingga kini belum ada kabar atau tanda-tanda bahwa Park Min Young menikah. 
  • Park Min Young merupakan lulusan Dongguk University, sebuah universitas swasta di Seoul dan mengambil jurusan Teater. Ia lulus di tahun 2013 setelah berjibaku dengan jadwal syutingnya yang tentu padat. 
  • Sudah tahu beberapa fakta menarik tentang Park Min Young, kini saatnya melihat daftar drama Park Min Young terbaik yang pernah ia bintangi. 

1. Sungkyunkwan Scandal (2010)

park min young
instagram.com/rachel_mypark

Drama kolosal ini mendapuk Park Min Young sebagai seorang gadis belia bernama Kim Yoon Hee yang harus menyamar anak laki-laki demi membantu ekonomi keluarga. Mengingat di masa itu, perempuan belum dibolehkan untuk bersekolah atau bekerja. Yoon Hee akhirnya mendapat pekerjaan di sebuah toko buku yang membuatnya belajar banyak hal. Melihat kecerdasannya, seseorang menawari Yoon hee pekerjaan sebagai joki ujian untuk seleksi masuk sebuah sekolah bergengsi di Korea saat itu. Menginspirasi dan penuh pesan emansipasi, serial ini langsung jadi favorit pemirsa saat itu. 

2. City Hunter (2011)

park min young
instagram.com/rachel_mypark

Drama City Hunter dibintangi sang aktris dengan aktor favorit sejuta umat, Lee Min Ho. Serial ini diangkat dari sebuah manga berjudul sama dan tayang perdana di SBS pada Mei hingga Juli 2011. Bergenre action, drama tersebut terinspirasi dari insiden Rangoon Bombing yang dilakukan Korea Utara pada 1983 dan berhasil membunuh beberapa petinggi militer Korea Selatan. Diceritakan beberapa anggota militer Korsel yang hendak melakukan operasi pembalasan terbunuh di tengah aksi dan meninggalkan luka bagi beberapa anggota yang selamat. Salah satunya ayah Lee Yoon Sung yang diperankan Lee Min Ho. 

Yoon Sung akhirnya bertekad untuk membalaskan dendam sang ayah dengan menginfiltrasi sebuah perusahaan IT terbesar milik negara. Park Min Young akhirnya hadir menjadi lakon utama perempuan yang bekerja bersama Yoon Sung untuk melakukan misi pembalasan dendam tersebut. Serial ini tak hanya menuai sukses di Korea, tetapi berhasil pula menembus pasar Eropa. 

3. Glory Jane (2011)

park min young
instagram.com/rachel_mypark

Mengantongi rating lumayan dari penonton, Glory Jane boleh jadi pilihan tontonanmu di akhir pekan. Park Min Young didapuk menjadi seorang perawat cantik yang mencuri hati dua atlet baseball yang cedera di waktu yang sama. Ringan dan penuh humor, kamu akan dibuat penasaran dengan pilihan sang perawat. 

4. Dr. Jin (2012) 

park min young
instagram.com/rachel_mypark

Serial ini berlatarkan masa modern dan masa lalu sekaligus. Ceritanya berkutat pada seorang dokter ambisius yang mendapati dirinya bisa berkelana menjelajah waktu. Park Min Young berperan sebagai love interest si dokter baik di era modern dan masa lalu. Walau tak bisa disebut hits atau sukses, serial ini berhasil tayang menghibur penonton selama 22 episode pada tahun 2012 lalu. Apakah Sedulur salah satu yang menikmati drama korea ini?

5. A New Leaf (2014)

park min young
instagram.com/rachel_mypark

Tayang sepanjang 16 episode, A New Leaf adalah drama tentang seorang pengacara sukses yang dikenal licik. Setelah mengalami kecelakaan dan menderita amnesia, ia seakan melihat segalanya dari perspektif yang berbeda. Park Min Young memerankan rekan kerja sang pengacara yang menaiki tangga karirnya perlahan dari bawah dengan cara jujur. Awalnya, ia dan sang lakon tak akur, tetapi seiring berjalannya waktu dan perubahan sikap sang pengacara sukses, mereka jadi kawan baik di kantor. 

6. Healer (2014-2015)

park min young
instagram.com/rachel_mypark

Healer memasangkan Park Min Young dengan Ji Chang Wook dan Yoo Ji Tae dalam sebuah misi mengungkap kasus pembunuhan yang mengorbankan aktivis demokrasi di tahun 1992. Ketiganya memiliki keahlian masing-masing, Ji Chang Wook memerankan sosok Healer, orang dengan keterampilan hacking yang mumpuni. Min Young dan Jie Tae sebagai reporter surat kabar yang berintegritas. Serial ini tak fokus di urusan asmara, jadi cocok buat kamu yang ingin menjajal drama Korea yang ceritanya beda. 

7. Remember (2015-2016)

park min young
instagram.com/rachel_mypark

Drakor lainnya yang tak kalah seru adalah Remember. Serial ini bahkan menyabet beberapa nominasi bergengsi karena jalan cerita dan performa para aktornya. Ceritanya sendiri dimulai dengan Seo Jin Woo yang mengidap kondisi medis bernama hyperthymesia. Kondisi yang memungkinkan seseorang mengingat dengan detail tiap kejadian yang ia pernah alami. Dengan kemampuan ini, ia berjibaku dengan waktu untuk membantu ayahnya yang mengidap demensia lepas dari sebuah tuduhan pembunuhan. Park Min Young berperan sebagai Lee In Ah, satu-satunya pengacara yang bersedia membantu Jin Woo dan ayahnya. 

8. Queen for Seven Days (2017)

park min young
instagram.com/rachel_mypark

Aktris berzodiak Pisces ini juga tercatat sebagai cast di serial sejarah Queen for Seven Days. Ia memerankan Ratu Dang Yeong, istri dari putra mahkota kerajaan yang diasingkan oleh lawan politiknya setelah tujuh hari menjadi Ratu. Kisahnya diangkat dari kejadian nyata di tahun 1500an. Serial ini tayang di KBS2 pada 2017 dan kini sudah bisa disaksikan kapan saja di mana saja lewat beberapa platform streaming

9. What’s Wrong With Secretary Kim (2018)

park min young
instagram.com/rachel_mypark

Setelah performanya yang apik di Queen for Seven Days, Park Min Young kembali menuai pujian lewat serial What’s Wrong With Secretary Kim. Drama laris ini diangkat dari sebuah novel berjudul sama yang juga sudah dijadikan webtoon. Tayang sepanjang 16 episode, pemirsa akan dimanjakan oleh dinamika hubungan seorang petinggi perusahaan bernama Lee Young Joon dan sekretarisnya, Kim Mi So. Mi So sebenarnya sudah berencana mengundurkan diri setelah mengabdi selama 9 tahun. Namun, keputusannya coba digagalkan oleh sang bos yang rela melakukan berbagai cara untuk mempertahankan Mi So di kantornya. Keduanya justru membangun hubungan pertemanan yang lebih rekat dan saling mengobati trauma masa lalu mereka. Akting jempolan mereka membuat banyak penonton baper dan menjodohkan dua bintang ini. 

10. Busted! (2018-2021)

park min young
instagram.com/rachel_mypark

Selain langganan drama televisi, aktris idola ini juga pernah tampil di beberapa reality show. Penampilan apik Park Min Young di Running Man, membuat produser tertarik merekrutnya untuk acara TV baru berjudul Busted! yang tayang di Netflix. Acara ini merupakan perpaduan antara adegan yang sudah diatur dengan improvisasi para pemainnya. Busted! tayang selama tiga musim dari tahun 2018 hingga awal 2021 lalu. Konsepnya cukup unik, di setiap episodenya para cast member diminta untuk menyelesaikan sebuah teka-teki pembunuhan fiktif.  

11. Her Private Life (2019)

park min young
instagram.com/rachel_mypark

Penampilan moncer lainnya dari Park Min Young terjadi di serial romcom Her Private Life. Kali ini ia dipasangkan dengan aktor Kim Jae Wook. Cerita bermula dari seorang perempuan muda bernama Deok Mi yang bekerja sebagai kurator di sebuah museum seni di Seoul. Tak cuma seorang kurator, ia juga seorang penggemar fanatik seorang member boy group yang berusaha mendedikasikan waktu dan pikirannya untuk idolanya itu. Namun, semua berubah saat seorang direktur baru di museum seni tempatnya bekerja tahu rahasia Deok Mi. Drama ini diminati karena terasa sangat relatable dengan kehidupan para penonton yang kebanyakan juga penggemar K-pop. 

12. When the Weather is Fine (2020)

park min young
instagram.com/rachel_mypark

Diangkat dari sebuah novel laris karangan Lee Do Wo, When the Weather is Fine tayang di JTBC selama dua bulan. Min Young berperan sebagai seorang musisi yang memutuskan mundur dari pekerjaannya dan kembali ke kampung halamannya di pedesaan di provinsi Gangwon. Di sana, ia bertemu dengan Im Seun Seob, kawan lamanya di SMA yang kini punya sebuah toko buku. Seakan sudah tertebak pertemuan mereka membawa kenangan masa lalu yang indah dan menenangkan, dan pada akhirnya membuat mereka merasakan kembali magisnya jatuh cinta. 

13. Meteorological Administration People (2022)

park min young
instagram.com/rachel_mypark

Ini adalah drama Park Min Young terbaru yang rencananya rilis tahun 2022 mendatang. Ceritanya berkutat pada kehidupan orang-orang yang bekerja di sebuah instansi pemerintah yang mengurusi masalah cuaca dan iklim di Korea. Min Young akan memerankan protagonis perempuan dan beradu akting dengan aktor muda Korea yang sedang naik daun, Song Kang. Chemistry mereka di serial ini pasti dinanti para penggemar. Apalagi latarnya juga menarik, sebelumnya kebanyakan drama Korea yang mengangkat kisah cinta di tempat kerja sering mengambil rumah sakit, korporasi besar. atau stasiun televisi. 

Daftar Park Min-young acara TV dan dramanya sudah kamu kantongi. Kalau ngaku penggemar boleh maraton serial-serial di atas. Dijamin bisa jadi hiburan yang melegakan di kala penat. Mau yang genre sejarah atau romcom terserah, kok. Sambil menemanimu nonton drama-drama terbaik di atas, jangan lupa isi stok kulkasmu dengan belanja lewat Aplikasi Super.