Belakangan sosok Anna Delvey kembali jadi sorotan setelah serial tentangnya dirilis Netflix dengan judul Inventing Anna. Diperankan aktris Julia Garner, sosoknya yang kontroversial pun makin bikin sebal penonton. Delvey sendiri adalah seorang perempuan muda yang berhasil menipu banyak orang-orang kelas atas di New York selama bertahun-tahun. 

Bagaimana caranya dan apa trik yang ia pakai untuk melakukan penipuan? Sedulur wajib nih baca profil lengkap Anna Delvey di sini. Sayang kalau ketinggalan. 

BACA JUGA: Biodata & Profil Gong Yoo Beserta Fakta-fakta menariknya

1. Siapa Anna Delvey? 

anna delvey
Instagram @theannadelvey

Namanya muncul ke permukaan setelah New York Times merilis artikel berjudul “Maybe She Had So Much Money She Just Lost Track of Itdi tahun 2018. Penulis artikel tentang Anna Delvey itu bernama Jessica Pressler. Artikel tersebut berisi bagaimana Anna menjalankan modus penipuannya dengan mengaku sebagai seorang keturunan bangsawan Jerman.

-->

Ia kemudian berhasil masuk ke lingkup orang-orang kelas atas New York dan menjebak mereka untuk membayar segala macam pengeluarannya, mulai dari pesta, makan malam mewah, hingga biaya liburan ke berbagai tempat di dunia. Setelah menjalankan praktik penipuannya selama bertahun-tahun, Anna akhirnya tertangkap aparat di tahun 2017 dan rahasianya mulai terbongkar. 

Melansir artikel New York Times, Delvey tertangkap saat gagal membayar tagihan hotel di Manhattan. Dari situ, segala kejahatannya pun terbongkar dan di tahun 2019 ia terbukti bersalah atas 8 penipuan dan pencurian serta terancam penjara 4-12 tahun. Namun, ia hanya berakhir di correctional facilities dan sempat bebas selama 6 bulan sebelum akhirnya kembali tertangkap atasi visa yang kadaluarsa.

2. Bernama asli Anna Sorokin

NBC News

Nama asli Delvey adalah Anna Sorokin dan sebenarnya tidak berkebangsaan Jerman. Melansir Tatler, orangtua Anna Delvey adalah imigran Rusia yang pindah ke Jerman saat sang putri masih remaja. Ia sempat diterima kuliah di sebuah kampus bergengsi di London bernama Central Saint Martins. Namun, memilih untuk keluar dari program studinya dan magang di sebuah majalah fesyen di Paris bernama Purple.

Namun, bayarannya tak cukup untuk hidup di kota besar dengan biaya hidup mahal macam Paris dan ia pun harus disokong dari dana kiriman orangtuanya. Di tahun 2010-an, Anna kemudian pindah ke New York dengan ambisi menjalani kehidupan layaknya kalangan kelas atas yang bergelimang harta dan barang bermerek. 

BACA JUGA: Sinopsis Don’t Look Up, Kisah Mahasiswa Menemukan Meteor

3. Serial Inventing Anna yang mendulang sukses 

anna delvey
Netflix

Hidupnya yang kontroversial, membuat film tentang Anna Delvey pun jadi prospek yang menguntungkan buat produser film bahkan untuk Anna sendiri. Ia dikabarkan mendapatkan kontrak ratusan ribu dollar Amerika Serikat dari Netflix untuk pembuatan serial Inventing Anna. Sutradara yang didapuk pun tak main-main, Shonda Rhimes yang sukses dengan Grey’s Anatomy. Sosok Anna pun diperankan aktris brilian Julia Garner yang tampil gemilang di serial Ozark, juga rilisan Netflix. 

Tentunya ada perbedaan dan dramatisasi di sana-sini saat bicara film. Misalnya saja hubungan Anna dengan jurnalis fiktif yang menemukannya di series, Vivian Kent. Hubungan mereka sebenarnya bertujuan saling menguntungkan, Anna dapat publikasi dan Vivian mendapatkan komisi atas liputannya. Namun, di serial Vivian seakan memiliki kontrol untuk mempengaruhi keputusan Anna saat berhadapan dengan hukum. Dalam jurnalisme, hal itu bisa dianggap melanggar kode etik seperti yang disoroti New York Times dalam salah satu artikelnya. 

Aksen dan cara bicara Garner juga sebenarnya cukup berbeda dengan cara bicara Anna di kehidupan nyata. Di series, Anna digambarkan memiliki aksen yang sangat kental dengan suara melengking. Di kehidupan asli seperti kita bisa lihat di berbagai wawancara, Anna berbicara dengan gaya yang lebih halus dan suaranya jauh lebih lembut. Namun, Anna mengaku bahwa Garner sudah berkonsultasi dengannya dan mendapatkan persetujuan dari sang empu cerita. Ini karena latar serial tersebut adalah tahun 2016-2019 di mana ia masih memiliki aksen kental dan tak sefasih sekarang. 

4. Seperti di series, Anna juga suka berdandan saat akan menghadiri persidangan 

anna delvey
Netflix Junkie

Buat Sedulur yang sudah menonton series-nya, pasti tahu bahwa Anna seringkali menggunakan pakaian-pakaian tertentu untuk menghadiri persidangan seakan ia selebriti. Nyatanya, hal ini memang benar. Selama persidangan, Anna menyewa jasa stylist pribadi bernama Anastasia Walker untuk membantunya tampil kece dan prima saat menghadiri sidang atas kasusnya. 

BACA JUGA: Sinopsis Move to Heaven, Kisah Jasa Penghapus Trauma

5. Aktif di media sosial 

Instagram @theannadelvey

Seakan tak peduli pada masalah yang menimpanya, Anna cukup aktif di Instagram. Bahkan saat perilisan serialnya, ia seakan turut bangga dan mempromosikan karya tersebut melalui media sosial pribadinya. Kalau dilihat, ia juga sesekali mengutip tangkapan layar tentang artikel yang meliput atau mewawancarainya. Meski begitu dalam wawancaranya dengan New York Times Februari 2022 lalu, ia mengaku bahwa media sosialnya lebih banyak berisi satir dan ia hanya ingin membagikan pengalamannya selama menjadi napi. 

Hal yang sama juga dilakukan oleh con artist lain bernama Simon Leviev atau Shimon Halyut yang berhasil menipu banyak orang lewat aplikasi pencarian jodoh, Tinder. Saat serial tentangnya rilis di Netflix dan trending selama beberapa waktu, Leviev justru mendapat banyak pengikut baru. Anna Delvey Instagram saat ini sudah memiliki 1 juta pengikut. 

6. Nasibnya sekarang 

anna delvey
ABC News

Anna Delvey sekarang sudah bebas setelah menjalani hukumannya. Ia tercatat bebas sejak Februari 2021 lalu atas dasar kelakuan baik. Ia mengaku sedang fokus menulis buku, menggarap podcast, dan ada satu proyek dokumenter dengan sebuah rumah produksi. Menurutnya, ini untuk menjelaskan berbagai hal yang belum sempat ia ceritakan dan tidak tercantum dalam serial Inventing Anna

Pada Maret 2022 lalu, mengutip Marie Claire, Anna sempat berususan lagi dengan pihak imigrasi Amerika yang ingin memulangkannya ke Jerman. Namun, ia berusaha untuk mengajukan banding agar tetap bisa tinggal di New York. 

Itu hal menarik tentang Anna Delvey alias Anna Sorokin yang membuatnya jadi sosok kontroversial. Tentunya terkenal karena hal buruk bukanlah cita-cita yang patut dikejar. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!