anime tinju

Mungkin Sedulur sudah familiar dengan anime bertemakan olahraga seperti sepakbola, balap sepeda, basket, dan lain sebagainya. Namun apakah pernah menonton anime tinju? Ya, salah satu olahraga bela diri yang melibatkan pukulan ke arah lawan.

Pertandingan tinju sendiri memang sangat menarik untuk ditonton. Selain mengandalkan kekuatan fisik, si pemain harus bisa menjatuhkan lawan di atas ring dalam pertandingan 1 lawan 1. Lantas bagaimana jika olahraga tersebut diadaptasi ke dalam anime?

Sudah pasti akan sangat menarik, terlebih adanya bumbu-bumbu drama dari para pemain. Untuk itu, langsung saja, berikut ini beberapa rekomendasi anime tinju yang wajib untuk disaksikan.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Anime Overpower Paling Seru & Menarilk

1. Hajime no Ippo

anime tinju
Netflix/Hajime no Ippo

Anime tinju ini menceritakan sosok Makunouchi Ippo, seorang siswa SMA yang sering diintimidasi oleh teman-temannya. Kehidupan sehari-harinya berubah drastis ketika dia secara tidak sengaja bertemu dengan Mamoru Takamura, seorang petinju profesional.

Melihat potensi Ippo, Takamura membawanya ke tempat pelatihan tinju untuk melatihnya. Dengan dorongan Takamura, Ippo pun memutuskan untuk menjadi petinju dan memulai perjalanannya.

2. Megalo Box

Megalo Box membawa penonton ke dunia di mana pertarungan tinju menjadi lebih intens dan spektakuler dengan menggunakan exoskeleton yang disebut Gear. Di tengah-tengah kota yang keras, seorang petinju bernama Junk Dog (JD) bertarung di pertarungan bawah tanah tanpa menggunakan Gear.

Ketika dia bertemu Yuri, petinju Megalo Box profesional, JD mendapat tantangan untuk berpartisipasi dalam turnamen Megalonia.

3. Ashita no Joe

Joe Yabuki adalah seorang anak jalanan yang kehidupannya penuh dengan kekerasan dan kesulitan. Suatu hari, setelah terlibat dalam kecelakaan dan menyebabkan kerusakan pada kendaraan seorang pria tua bernama Danpei Tange.

Joe pun dipaksa untuk membayar ganti rugi dengan cara menjadi murid Danpei yang merupakan mantan petinju. Seiring berjalannya waktu, Joe mulai menemukan gairah dan bakatnya dalam tinju.

4. Grappler Baki (Baki the Grappler)

Seorang remaja bernama Baki Hanma memiliki impian untuk melampaui kehebatan ayahnya, Yujiro Hanma, yang dijuluki sebagai Orang Terkuat di Bumi. Baki memulai perjalanannya dengan bergabung dalam turnamen underground yang diadakan oleh pemerintah Jepang.

Dalam turnamen ini, Baki harus menghadapi berbagai petarung kuat dan berbahaya dari seluruh dunia yang juga memiliki tekad untuk menjadi yang terkuat.

5. Kengan Ashura

Tokita Ohma adalah seorang petarung yang ulung dan memiliki keterampilan bela diri yang luar biasa. Dia terlibat dalam pertarungan bawah tanah dan menarik perhatian seorang pengusaha kaya bernama Nogi Hideki.

Nogi sendiri adalah pemilik perusahaan Kengan Association, yang menyelesaikan konflik bisnis melalui pertarungan satu lawan satu antara petarung yang dipekerjakan oleh perusahaan-perusahaan mereka.

BACA JUGA: 45+ Anime Bercerita tentang Bertahan Hidup, Bikin Ikut Tegang!

6. Ring ni Kakero (Put It All in the Ring)

BilibiliRing Ni Kakero

Seorang petinju muda berbakat bernama Takane Ryuji, bermimpi menjadi juara dunia tinju demi menghormati ayahnya yang meninggal di atas ring. Dia ditemani oleh teman sejawatnya, Kawai Jun Kenzou yang juga memiliki impian yang sama.

Mereka berdua bergabung dengan Kamogawa Gym, tempat pelatihan tinju dan menjalani pelatihan yang intens untuk mencapai impian mereka.

7. Rokudenashi Blues

Anime tinju berikutnya menceritakan tentang Makoto “Makki” Shimazu, seorang siswa SMA yang bermasalah dan sering terlibat dalam kekacauan. Dia memiliki sifat yang nakal dan sering terlibat dalam tindakan pemberontakan di sekolahnya.

Makki sendiri memiliki satu keinginan besar, yakni menjadi petarung terkuat di Tokyo. Oleh sebab itu, dia juga harus terus berlatih dan mengalahkan lawan-lawannya.

8. Ganbare Genki

Genki Shiozaki merupakan seorang anak berusia 9 tahun yang penuh semangat dan selalu penuh energi. Dia tinggal bersama keluarganya di sebuah kota kecil. Suatu hari, Genki memutuskan untuk berpartisipasi dalam kompetisi olahraga tinju yang diselenggarakan di kotanya.

Meskipun Genki tidak memiliki keahlian khusus dalam olahraga, dukungan dari teman-temannya, keluarganya, dan pelatihnya berhasil memberinya semangat untuk memenangkan kompetisi.

9. Rikudou

Seorang siswa SMA bernama Riku Azami hidup dalam kehidupan yang keras dan tanpa harapan, hingga dia menemukan pelarian dalam tinju. Meskipun dia sering menjadi korban kekerasan di sekolah dan terlibat dalam kejahatan jalanan, Riku menemukan kekuatan dan keberanian melalui olahraga tinju.

Riku bertekad untuk menjadi petinju terkuat dan memutuskan untuk bergabung dengan klub tinju sekolahnya.

10. One Pound Gospel

Kosaku Hatanaka adalah seorang petinju amatir yang memiliki bakat besar di dunia tinju, namun dia juga memiliki kecenderungan untuk makan berlebihan dan sering kali melanggar peraturan dietnya.

Saat dia bertemu dengan seorang suster bernama Sister Angela, yang sedang berusaha menyelamatkan rohnya, hidup Kosaku berubah. Sister Angela mendorong Kosaku untuk menjalani kehidupan yang lebih sehat dan fokus pada kariernya sebagai petinju.

11. Champion Joe (Rocky Joe)

anime tinju
Prime Video/Rocky Joe

Rekomendasi anime tinju yang terakhir ini berkisah tantang Joe Yabuki, seorang pemuda liar dan pemberontak yang tinggal di jalanan. Suatu hari, Joe bertemu dengan seorang pria tua bernama Danpei Tange, yang merasakan bakat luar biasa dalam pukulan Joe.

Tange yang merupakan seorang pelatih tinju, memutuskan untuk melibatkan Joe dalam dunia tinju dan membimbingnya menjadi petinju profesional.

Nah, itu dia beberapa anime tinju yang direkomendasikan pada kesempatan kali ini. Silahkan tonton semua judul anime yang ada di atas, kemudian rasakan sensasi yang berbeda dari menonton anime-anime lain yang belum dirasakan sebelumnya.

Semua anime yang ada di atas memang menawarkan perspektif yang unik tentang dunia tinju. Dengan cerita yang melibatkan pertarungan yang intens, perkembangan karakter, dan juga tema-tema emosional, dijamin akan membuat para penonton terbawa suasana.