Sistem AC pesawat Super Jet mati

Tanggapan dari pihak Super Air Jet

Super Air Jet

Selain akun TikTon @velypuspa, akun Instagram juga ada yang memberitakan terkait kondisi AC pesawat Super Jet yang mati. Salah satunya diunggah oleh akun Instagram @jakartainformasi yang berdurasi 10 detik. Penumpang maskapai tersebut terlihat sangat kegerahan dan harus mengipas badannya.

Bukan hanya dari pihak Kementerian Perhubungan, pihak Super Air Jet juga mengeluarkan pernyataan minta maafnya. CEO Super Air Jet, Ari Azhari meminta maaf atas kejadian tersebut. Ari mengatakan terdapat indikasi sistem pengatur tekanan udara di kabin tidak berfungsi sebagaimana mestinya saat berada di ketinggian 30 ribu kaki.

Hal tersebut membuat suhu udara di dalam kabin menjadi lebih tinggi dari seharusnya. Namun sebenarnya, permasalahan tersebut terlah terataasi dan pesawat berhasil mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Di dalam pesawat juga terdapat 6 kru dan 179 penumpang.

-->

Ketika kejadian terjadi, kru di dalam pesawat langsung melakukan pemeriksaan menyeluruh . Pasalnya, sebelum berangkat, pemeriksaan menunjukkan pesawat dalam keadaan prima. Super Air Jet selalu melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan analisis mendalam untuk memastikan pesawat dalam keadaan prima dan siap digunakan.

Namun, sekali lagi, mewakili pihak Super Air Jet, Ari meminta maaf kepada penumpang irbus 320-200 berkode registrasi PK-SAW tersebut. Pernyataan lengkap Ari yaitu:

Super Air Jet menyampaikan permohonan maaf yang dialami oleh para tamu super. Pernyataan Super Air Jet ialah tidak dapat memberikan keterangan mengenai penyebab adalah langkah yang umum dilakukan dalam industri penerbangan ketika terjadi insiden atau masalah teknis pada pesawat.”

Sebelumnya, pesawat Super Air Jet juga mengalami gangguan dari suara mesin. Gangguan ini timbul dalam rute Bali-Jakarta. Alhasil, pesawat Super Air Jet rute Bali-Jakarta kembali ke area parkiran pesawat setelah mendengar keluhan suara di mesin pesawat dari salah seorang penumpang.

Kondisi ini membuat pilot memutuskan untuk kembali ke parkiran dan keputusan tersebut adalah keputusan tepat. Berbeda kondisi dengan AC pesawat yang mati.

Nah itulah informasi AC pesawat Super Air Jet mati yang viral. Kondisi tersebut membuat penumpang kepanasan dan kuyup oleh keringat. Semoga kejadian ini tidak terulang lagi oleh maskapai mana pun. Mengingat beberapa hari lagi musim mudik akan segera tiba.