Sistem AC pesawat Super Jet mati

Mendapat teguran dari Kementerian Perhubungan

ac pesawat air jet mati
Detik

Kementerian Perhubungan meneggur Super Air Jet atas insiden AC pesawat Super Air Jet mati pada Selasa, 21 maret 2023 yang lalu.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub M. Kristi Endah Murni mengatakan, pihaknya segera lakukan inpeksi lebih lanjut terhadap pesawat Super Air Jet yang bermasalah itu. Ditjen Perhubungan Udara telah menginstruksikan direktorat terkait agar memberikan teguran.

Tentu saja teguran tersebut ditujukan kepada maskapai Super Air Jet atas terjadinya permasalahan tersebut dan Ditjen Hubud melakukan inspeksi lebih lanjut untuk memastikan bahwa pesawat tersebut aman untuk digunakan kembali, serta memiliki kelayakan sesuai prosedur.

Akibat viralnya kabar AC pesawat Super Air Jet mati, Kementrian Perhubungan meminta Super Air Jet untuk melakukan investigasi internal atas permasalahan AC yang tidak berfungsi, serta diminta untuk melakukan tindakan perbaikan yang dibutuhkan untuk pesawat.

Bahkan Super Air Jet juga diminta untuk melakukan pembinaan kepada personil pernebangan jika ditemukan melaksanakan tugas di luar prosedur operasi standar atau standard operating procedur. Berdasarkan laporan dari kejadian, peristiwa terjadi di pesawat dengan kode penerbangan UI-737.

Dalam laporan tersebut informasi yang masuk yaitu persawat yang mengalami ganggunan pada sisitem pengatur tekanan udaha di dalam kabin sehingga membuat suhu udara di pesawat tinggi dan membuat penumpang tidak nyaman karena kepanasan di dalam pesawat.