cara mengatasi flat shoes kekecilan

Sedulur baru membeli flat shoes secara online, tapi ternyata kekecilan? Tidak usah khawatir, ada beberapa cara mengatasi flat shoes kekecilan yang bisa dilakukan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini banyak hal yang bisa dilakukan dengan lebih mudah, salah satunya membeli sepatu. Saat membeli online, memang kita disarankan untuk mengukur panjang telapak kaki terlebih dahulu.

Sepatu yang terlalu besar atau kecil, tentu saja tidak akan terasa nyaman saat dipakai. Terlebih untuk sepatu yang kekecilan, bahkan dapat membuat kaki terasa sakit dan lecet. Jika Sedulur mengalami masalah ini, tidak perlu bingung.

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi sepatu kekecilan yang terbilang ampuh. Dengan begitu, sepatu tersebut tetap bisa dipakai dengan aman dan nyaman. Langsung saja, ikuti beberapa cara mengatasi flat shoes kekecilan yang ada di bawah ini!

-->

BACA JUGA: 10 Pilihan Warna Sepatu Ini Cocok untuk Semua Warna Baju

1. Gunakan kaos kaki tipis

cara mengatasi flat shoes kekecilan
Pexels/Samson Katt

Cara mengatasi flat shoes kekecilan yang pertama adalah menggunakan kaos kaki tipis. Pilihlah kaos kaki yang tidak terlalu tebal, agar tidak menambah terlalu banyak volume di dalam sepatu. Kenakan kaos kaki tipis tersebut dengan baik, pastikan tidak ada lipatan atau kaos kaki yang berkerut di dalam sepatu.

Sedulur bisa mengenakan flat shoes yang terlalu kecil setelah memasang kaos kaki tipis. Pastikan Sedulur merasakan adanya sedikit kelonggaran dan kenyamanan ekstra karena adanya kaos kaki di antara kaki dan juga sepatu.

2. Gunakan alat peregangan sepatu

Berikutnya adalah memilih alat peregangan sepatu yang sesuai dengan ukuran dan bentuk sepatu yang dimiliki. Tidak perlu khawatir, Sedulur bisa mendapatkan alat ini dengan mudah di toko sepatu atau toko perlengkapan rumah tangga. Biasanya harganya juga tidak terlalu mahal, kok.

Jika sudah mendapatkannya, pasang alat peregangan sepatu ini ke dalam sepatu yang terlalu kecil sesuai dengan petunjuk yang disertakan dengan alat tersebut. Biarkan alat peregangan ini bekerja selama beberapa jam atau paling tidak semalam, untuk memberikan tekanan dan meregangkan bahan sepatu.

3. Peregangan manual

Jika tidak ingin menggunakan alat peregang, Sedulur dapat melakukan peregangan secara manual. Caranya, ambil selembar kaos kaki atau kain yang cukup lebar. Basahi kain tersebut dengan air, namun pastikan tidak terlalu basah agar nantinya tidak merusak sepatu.

Masukkan kain basah ke dalam flat shoes, pastikan kain menutupi seluruh bagian dalam sepatu yang ingin Anda lebarkan. Biarkan sepatu tersebut dalam keadaan terkompresi selama beberapa waktu, supaya bahan sepatu bisa meregang dan memberikan ruang ekstra.

Sedulur dapat meninggalkannya semalam atau beberapa jam tergantung seberapa ukuran sepatu yang dimiliki, dan serta seberapa besar Sedulur ingin meregangkannya.

4. Gunakan es

Alternatif lain yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan es. Caranya juga cukup mudah, yakni mulai dengan mengisi kantong plastik dengan air, pastikan tidak terlalu penuh untuk memberikan ruang ekspansi saat air membeku. Setelah itu, masukkan kantong air ke dalam sepatu yang terlalu kecil.

Tempatkan sepatu beserta kantong air di dalam freezer. Biarkan air membeku selama beberapa jam. Saat air membeku, nantinya secara otomatis akan memperluas ruang di dalam sepatu dan membantu meregangkan bahan sepatu secara perlahan.

Setelah cukup lama, keluarkan sepatu dari freezer dan biarkan kantong air mencair. Kemudian coba kenakan sepatu untuk melihat apakah sudah lebih nyaman.

5. Gunakan penghangat rambut

Sedulur dapat memanfaatkan penghangat rambut untuk mengatasi flat shoes yang kekecilan. Pasang kaos kaki atau kaos kaki tipis di kaki Sedulur, hal ini akan membantu memberikan ruang tambahan di dalam sepatu. Kemudian panaskan sepatu yang terlalu kecil menggunakan penghangat rambut.

Pastikan untuk tidak memanaskan sepatu terlalu lama atau terlalu dekat dengan sumber panas, agar tidak merusak sepatu. Setelah sepatu hangat, kenakan sepatu tersebut selama beberapa menit sambil berjalan di sekitar rumah. Panas akan membantu meregangkan bahan sepatu dan memberikan ruang tambahan.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Sepatu Putih Polos Terbaik untuk Segala Acara

6. Basahi kain

cara mengatasi flat shoes kekecilan
Pexels/Taryn Elliott

Cara mengatasi flat shoes kekecilan yang berikutnya ini juga tidak kalah mudah, yakni basahi selembar kain dengan air, tetapi pastikan tidak terlalu basah agar tidak merusak sepatu. Masukkan kain basah ke dalam flat shoes, pastikan kain menutupi seluruh bagian dalam sepatu yang ingin Sedulur lebarkan.

Biarkan sepatu tersebut dalam keadaan terkompresi selama beberapa waktu, agar bahan sepatu bisa meregang dan memberikan ruang ekstra. Sedulur bisa meninggalkannya semalam atau beberapa jam tergantung seberapa besar ingin meregangkan sepatu tersebut.

7. Gunakan gel peregangan sepatu

Selanjutnya adalah menggunakan gel khusus untuk meregangkan sepatu. Sedulur bisa mendapatkan gel peregangan sepatu ini di toko sepatu atau toko perlengkapan kaki. Tidak perlu khawatir, karena harganya juga terbilang cukup terjangkau.

Nah, oleskan gel peregangan sepatu ke bagian dalam sepatu yang terlalu kecil, khususnya di bagian-bagian yang terasa sempit atau menciptakan titik tekanan pada kaki. Kenakan sepatu setelah mengoleskan gel peregangan, dan biarkan gel bekerja untuk meregangkan bahan sepatu.

Kendati demikian, jangan lupa untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan yang disertakan dengan produk tersebut.

8. Hapus bagian penyangga kaki

Cobalah untuk memeriksa bagian dalam sepatu, untuk melihat apakah ada bagian penyangga kaki atau tidak. Jika memang ada, pertimbangkan untuk menghapusnya secara hati-hati. Sedulur dapat menggunakan pisau kecil atau alat khusus untuk memotong atau membuka bagian tersebut.

Akan tetapi, pastikan untuk selalu berhati-hati pada saat menghapus bagian penyangga kaki. Pastikan tindakan tersebut tidak merusak struktur atau bentuk sepatu secara keseluruhan. Walaupun tidak terlalu signifikan, namun cara ini cukup efektif dalam mengatasi flat shoes yang terlalu kecil.

9. Pergantian sol

Cara mengatasi flat shoes kekecilan yang selanjutnya adalah dengan mengganti bagian sol. Sedulur dapat mempertimbangkan penggantian sol. Jika Sedulur bisa melakukannya sendiri tidak masalah. Namun jika tidak, disarankan untuk membawa sepatu ke tukang reparasi atau toko sepatu.

Ya, tukang reparasi sepatu akan mengganti sol yang ada dengan sol yang lebih besar atau yang lebih nyaman untuk kaki Sedulur. Pastikan untuk berbicara dengan tukang reparasi sepatu tentang masalah kekecilan sepatu secara jelas, sehingga mereka dapat memberikan solusi yang sesuai.

10. Pakai pelumas sepatu

Mungkin sebelumnya Sedulur belum pernah mendengar tentang pelumas sepatu yang dirancang khusus untuk digunakan pada sepatu. Berbeda dengan gel, sejatinya pelumas sepatu memiliki fungsi utama untuk membuat pemasangan sepatu lebih mudah.

Dapatkan pelumas ini di toko sepatu, oleskan pelumas tersebut ke bagian dalam sepatu yang terlalu kecil, terutama di bagian-bagian yang terasa sempit atau menciptakan titik tekanan pada kaki. Kenakan sepatu usai mengoles pelumas, dan biarkan pelumas bekerja untuk meningkatkan kenyamanan.

BACA JUGA: Kenali 5 Jenis Bahan Outsole Sepatu yang Umum di Pasaran

11. Gunakan penyangga sepatu

cara mengatasi flat shoes kekecilan
Pexels/Taryn Elliott

Alat yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi flat shoes kekecilan yang selanjutnya adalah penyangga sepatu. Sedulur bisa mendapatkan penyangga sepatu ini di toko sepatu maupun toko perlengkapan kaki yang lainnya. Namun, pastikan untuk memilih ukuran yang sesuai dengan sepatu.

Jika Sedulur telah mendapatkan penyangga sepatu, maka pasanglah penyangga sepatu tersebut ke dalam flat shoes yang terlalu kecil. Setelah itu, biarkan penyangga sepatu bekerja selama beberapa waktu untuk meregangkan bahan sepatu secara perlahan.

Namun pastikan Sedulur selalu mengikuti petunjuk penggunaan yang disertakan dengan produk yang dipilih. Dengan begitu, maka cara yang satu ini tetap bisa dilakukan dengan aman.

12. Bawa ke tukang reparasi

Jika Sedulur sudah mencoba beberapa cara mengatasi flat shoes kekecilan di atas namun tidak juga berhasil, jangan menyerah terlebih dahulu. Bagi yang gagal dengan metode perbaikan sendiri, coba bawa sepatu yang terlalu kecil tersebut ke tukang reparasi sepatu profesional.

Tukang reparasi sepatu dapat memberikan solusi yang lebih tepat sesuai dengan kondisi sepatu Sedulur. Mereka mungkin merekomendasikan berbagai opsi seperti penggantian sol, pemotongan bagian dalam sepatu, atau penggunaan alat peregangan sepatu yang lebih canggih.

Akan tetapi, pastikan untuk memilih tukang reparasi profesional yang memiliki reputasi baik. Jangan sampai salah memilih tukang reparasi, yang hanya akan membuat sepatu malah menjadi rusak.

13. Jual atau donasikan

Jika semua upaya untuk memperbaiki atau menyesuaikan sepatu yang telah dilakukan mengalami kegagalan, tidak ada cara lain selain menjual atau mendonasikan sepatu tersebut. Menjual sepatu yang terlalu kecil dapat menjadi cara untuk mendapatkan kembali sebagian dari uang yang telah dikeluarkan.

Dengan uang tersebut, Sedulur membeli sepasang sepatu baru yang sesuai dengan ukuran kaki. Sementara jika memilih untuk mendonasikan sepatu, Sedulur dapat memberikannya kepada orang yang membutuhkan atau mengirimkannya ke lembaga amal atau yayasan yang menerima sumbangan sepatu.

Demikian tadi beberapa cara mengatasi flat shoes kekecilan yang bisa dilakukan. Dengan mengikuti cara-cara di atas, Sedulur bisa mengatasi flat shoes yang terlalu kecil dengan baik. Namun, pastikan untuk memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sepatu yang dimiliki.

Jika Sedulur benar-benar merasa kesulitan atau tidak yakin, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan tukang reparasi sepatu profesional untuk saran lebih lanjut.