user acquisition officer

user acquisition officer adalah salah satu jenis pekerjaan yang bertujuan untuk mendapatkan pengguna baru yang biasanya diterapkan oleh sebuah aplikasi, platform atau layanan lainnya. Biasanya jenis pekerjaan ini digunakan oleh para pelaku startup yang memiliki aplikasi.

Penerapan user acquisition officer adalah tindakan yang tepat untuk membuat sebuah iklan dan penawaran yang menarik untuk meningkatkan jumlah pengguna aplikasi itu sendiri. Untuk mengetahui lebih jelas tentang pekerjaan ini, yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Contoh Strategi Promosi Bisnis yang Efektif & Pasti Berhasil

Apa itu user acquisition?

user acquisition officer adalah
iStock

Customer atau user acquisition merupakan sebuah konsep marketing yang paling sering digunakan dalam bisnis stratup, terutama bisnis ecommerce. Karena setiap bisnis membutuhkan customer untuk mengembangkan bisnisnya.

Sebelumnya, user atau customer acquisition seringkali dikaitkan dengan anggaran yang mahal, terutama untuk biaya iklan dan pemberian diskon. Namun, sebenarnya customer acquisition lebih dari itu, dan bisa Sedulur lakukan dengan pilihan strategi yang tepat.

Jika berhasil, maka customer akan menjadi pelanggan Sedulur setelah pembelian pertama mereka. Secara sederhana, user acquisition adalah proses untuk mendatangkan customer atau klien baru ke bisnis Sedulur, dengan tujuan untuk menciptakan strategi acquisition yang sistematis dan berkelanjutan serta dapat beradaptasi mengikuti tren dan perubahan.

Kenapa user acquisition officer penting?

user acquisition officer adalah
iStock

Peran user acquisition officer adalah peran yang penting, kenapa? Karena tanpa menggunakan user acquisition officer, penerapan strategi bisnis tidak akan optimal. Karena tanpa peran dari posisi ini, akan sulit untuk mendapatkan dan mengonversi pengguna baru.

Jadi penerapan user acquisition pada sebuah bisnis startup merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemajuan bisnis startup Sedulur.  Dengan mendapatkan banyak pelanggan atau konsumen baru itu akan menandakan bahwa bisnis Sedulur berjalan dengan lancar.

Hal tersebut membuat para investor mulai melirik Sedulur dan memperbesar peluang Sedulur untuk mendapatkan kepercayaan dari investor itu sendiri. Maka dari itu peran ini berkaitan erat dengan sebuah strategi bisnis itu sendiri.

Secara umum, user acquisition merupakan sebuah strategi promosi. Strategi promosi sendiri memiliki berbagai manfaat untuk bisnis itu sendiri. Berikut ini beberapa manfaatnya:

  • Meningkatkan brand awareness sehingga konsumen mengetahui tentang produk serta keunggulan-keunggulannya.
  • Dapat memberikan identifikasi segmen konsumen yang berbeda-beda, sehingga bisa menerapkan langkah yang tepat.
  • Dapat meningkatkan loyalitas pelanggan atau konsumen.
  • Dapat meningkatkan reputasi positif produk dibandingkan dengan reputasi produk dari kompetitor.
  • Menjaga perputaran dan distribusi persediaan barang.
  • Strategi promosi yang tepat dapat menarik pelanggan baru.
  • Menciptakan komunikasi yang baik dengan pelanggan setia.

Strategi use acquisition untuk bisnis yang optimal

user acquisition officer adalah
iStock

Kendati pun user acquisition officer adalah sebuah jabatan pekerjaan, namun kehadirannya bertujuan untuk mengoptimalkan sebuah bisnis. Maka dari itu, posisi pekerjaan ini berkaitan dengan sebuah strategi bisnis, utamanya terkait dengan strategi digital marketing itu sendiri.

Adapun beberapa strategi dari user acquisition officer adalah sebagai berikut:

1. Sosial media marketing

Strategi pertama yang dapat Sedulur terapkan pada bisnis adalah dengan menggunakan sosial media marketing. Sosial media marketing merupakan strategi user acquisition yang cukup efektif. Di mana jika Sedulur benar-benar mengetahui dan mengenal pengguna atau konsumen yang akan disasar.

Sedulur juga dapat mengiklankan postingan di sosial media Sedulur agar dapat dilihat lebih banyak orang. Budget untuk beriklan di media sosial seperti instagram ataupun Facebook dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Content marketing

Strategi user acquisition selanjutnya adalah content marketing. Untuk membuat content marketing adalah membuat artikel website atau blog, katalog online, content video dan lain-lain.  Sebelum membuat content marketing sebaiknya kenali dahulu target pasar yang akan dituju.

Dengan begitu Sedulur dapat membuat content marketing yang tepat untuk menarik perhatian mereka, mereka dalam hal ini adalah calon konsumen yang akan diakuisisi.

3. Search marketing

Strategi search marketing merupakan strategi yang berfokus pada mesin pencari seperti Google dan lainnya. Search marketing dibagi menjadi dua yaitu search engine optimization (SEO) dan paid search marketing atau pay per click (PPC).

Strategi user acquisition satu ini memang dikhususkan untuk mengoptimalkan content dari blog atau website agar tampil di halaman pertama pada search engine results page (SERP). SEO lebih mudah dan efisien budget oleh karena itu strategi ini lebih populer digunakan oleh pelaku bisnis di bidang apapun.

4. Email marketing

Setelah Sedulur menerapkan strategi user acquisition di atas dan mendapatkan informasi seputar pengguna atau konsumen. Strategi selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan user acquisition jangka panjang yaitu email marketing.

Sedulur perlu membuat daftar email pelanggan yang harus dihubungi untuk menerapkannya. Strategi ini dapat menghubungkan konsumen dengan bisnis Sedulur. Sedulur dapat mengirim email berisi informasi seputar promosi, produk baru dan lainnya.

Strategi lanjutan user acquisition

iStock

User acquisition officer adalah tahapan pertama untuk mendapatkan pengguna atau konsumen. Untuk lebih pasti lagi, Sedulur perlu melakukan langkah selanjutnya untuk mempertahankan dan menambahkan pelanggan agar menjadi lebih banyak lagi.

Sebaik apapun Sedulur dalam membangun citra atau brand awareness dalam proses user experience kepada pelanggan , penting untuk menerapkan strategi lanjutan. Sedulur masih perlu melakukan marketing untuk memperluas cakupan pelanggan atau konsumen Sedulur.

Tidak dapat dipungkiri dalam menjalankan bisnis agar terus bertumbuh dan semakin maju Sedulur terus menerus membutuhkan pelanggan. Untuk tetap menjaga kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Sedulur kuncinya dengan mengikuti perilaku pelanggan dan tren yang ada.

Sekeras dan sebanyak apapun Sedulur mengeluarkan budget marketing jika Sedulur salah target pasar akan terasa sia-sia. Tiap tren yang berkembang umumnya memiliki segmen kalangan yang berbeda-beda. Jadi sebelum Sedulur mengikuti tren tersebut pastikan untuk siapa produk baru yang Sedulur buat dan seperti apakah perilaku mereka. Dengan begitu strategi yang Sedulur terapkan dapat tepat sasaran.

BACA JUGA: 8 Tools Gratis untuk Market Research Agar Bisnis Tepat Sasaran

Jenis-jenis strategi bisnis

iStock

Selain user acqusition, terdapat beberapa strategi bisnis lain, terutama yang berkaitan dengan strategi promosi untuk tujuan mengembangkan bisnis. Berikut ini beberapa jenis-jenis dari strategi promosi, yaitu:

1. Advertising

Periklanan merupakan sebuah bentuk komunikasi non personal yang harus diberikan imbalan/pembayaran kepada sebuah organisasi atau dengan menggunakan media massa. Adapun media yang biasa digunakan adalah televisi, surat kabar, majalah, internet, dan lain lain. Hingga saat ini strategi ini masih menjadi primadona dan dianggap salah satu yang efektif.

Hanya medianya saja yang berubah jenis dan bentuknya masih sama sebagaimana yang diterapkan sejak dulu. Oleh karena itu, advertising merupakan salah

2. Promosi penjualan

Promosi penjualan merupakan insentif jangka pendek untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa. Harapannya konsumen bisa melakukan pembelian saat itu juga. Adapun wujud nyata kegiatan promosi penjualan misalnya obral, pemberian kupon, dan pemberian contoh produk.

3. Personal selling

Personal selling atau penjualan tatap muka adalah sebuah proses di mana para pelanggan diberi informasi dan mereka dipersuasi untuk membeli produk-produk melalui komunikasi secara personal dalam suatu situasi perekrutan.

4. Hubungan masyarakat

Hubungan masyarakat atau humas merupakan jenis strategi promosi non personal yang memberikan informasi terkait produk yang ditransmisi melalui perantara media massa. Dalam istilah lain, hubungan masyarakat atau humas juga dikenal dengan istilah publisitas.

Dari penjelasan di atas, peran user acquisition officer adalah peran penting. Terutama untuk startup yang menjalankan sebuah aplikasi. Dari penjelasan di atas, apakah Sedulur tertarik untuk menjadi seorang user acquition?