usaha jasa profesi

Banyak bisnis yang muncul akibat kondisi yang tengah terjadi. Misalkan, saat Pandemi Covid-19 yang lalu, banyak usaha jasa profesi yang muncul dan berkembang bahkan bertahan hingga saat ini.  Karena jika bisnis yang dijalankan berbasis pada kebutuhan, membuat bisnis tersebut bisa bertahan.

Nah, bagi Sedulur yang memiliki ide untuk menjalankan usaha jasa profesi, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama apa saja rekomendasi usaha jasa profesi yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 160+ Rekomendasi Nama Perusahaan yang Bagus dan Menarik

1. Usaha jasa titip

usaha jasa profesi
Biaya Info

Rekomendasi usaha jasa profesi yang pertama yaitu usaha jasa titip. Salah satu usaha atau bisnis jasa yang sangat populer seiring dengan berkembangnya teknologi digital dan media sosial. Kunci keberhasilan dari bisnis ini yaitu kepercayaan pada pelanggan.

Jika Sedulur bisa menjaga kepercayaan dari pelanggan dan calon pelanggan, maka usaha jasa titip yang Sedulur jalankan akan lancar. Bermula dari menawarkan kepada teman, lalu kepada kerabat hingga kemudian kepada tetangga dan orang lain yang lebih luas lagi.

Bisnis jasa titip ini memungkinkan Sedulur untuk membelikan barang di suatu toko atau penjual dan mendapatkan upah dari konsumen tersebut. Contoh usaha jasa profesi ini, membelikan baju atau tas di toko branded, misalnya.

Sedulur cukup datang ke toko branded di mall atau negara tertentu, kemudian membelikan barang yang dipesan pelanggan. Bisnis jasa titip memang membutuhkan kepercayaan tinggi saat transaksi. Karena, konsumen harus mentransfer uang sejumlah harga barang terlebih dulu, baru Sedulur akan membelikan barang yang di pesan.

Bisnis ini juga umum terjadi jika Sedulur kebetulan berada di luar negeri dan ada beberapa kerabat yang meminta untuk membelikan beberapa produk di luar negeri tersebut.

2. Usaha jasa foto dan video

usaha jasa profesi
iStock

Usaha jasa profesi yang melejit di tengah dunia digital dan industri kreatif ini bisa menjadi referensi dan rekomendasi Sedulur. Menjalankan usaha foto dan video di tengah peluang digital yang tinggi sangat menarik untuk dijalankan.

Membuka usaha ini akan sangat menguntungkan di tengah menggeliatnya usaha online shop. Online shop mengharuskan setiap perusahaan memiliki foto produk yang sangat bagus dan memadai, hal tersebut bisa dilihat sebagai peluang dengan membuka tempat usaha jasa foto dan video.

Walaupun memang modal yang dikeluarkan cukup besar, namun pemasukannya pun tidak kalah luar biasa. Terutama jika usaha jasa foto dan video yang Sedulur jalankan mendapatkan kepercayaan dari klien, dijamin klien banyak yang ngantri.

3. Usaha jasa cuci motor

usaha jasa profesi
iStock

Rekomendasi usaha jasa selanjutnya yaitu usaha jasa cuci motor. Usaha jasa ini sangat menjanjikan, terutama jika di daerah Sedulur belum ada yang menjalankan bisnis ini. Terutama jika Sedulur membuka usaha cuci motor di desa.

Karena, masyarakat di desa masih mencuci motor sendiri, berbeda dengan masyarakat di perkotaan. Usaha cuci motor akan sangat laku ketika memasuki musim hujan. Bisa mengantarkan keuntungan yang melimpah. Salah satu model bisnis jasa yang menarik untuk dijalankan. Terlebih lagi, usaha jasa ini bisa sangat mudah untuk dikembangkan. Terutama bagi Sedulur yang ingin mengembangkannya menjadi usaha yang lebih besar.

4. Usaha laundry

usaha jasa profesi
iStock

Usaha jasa profesi lainnya yang bisa Sedulur jalankan adalah membuka jasa cuci baju atau laundry. Seperti yang Sedulur ketahui mencuci baju merupakan hal yang sangat berat untuk dilakukan. Namun kita semua wajib mencuci baju.

Menjalankan peluang usaha ini sangat cocok, terutama bagi Sedulur yang memiliki rumah di kawasan pendidikan atau perkantoran. Target utama adalah mahasiswa dan para pekerja. Mereka semua dijamin malam mencuci baju karena kegiatan kampus dan tanggung jawab pekerjaan.

Sedulu juga bisa menawarkan jasa untuk setrika baju atau mencuci baju yang cepat kering. Dijamin bisnis jasa ini sangat menguntungkan untuk dijalankan.

5. Usaha jasa cuci sepatu

iStock

Pada dasarnya, usaha jasa profesi ini merupakan turunan dari usaha laundry atau cuci baju. Beberapa tahun ini, usaha jasa cuci sepatu sangat menjamur menunjukkan banyak peminatnya. Usaha ini juga membutuhkan peralatan yang sederhana.

Sedulur hanya membutuhkan sikat sepatu, cairan pembersih dan peralatan lainnya yang tidak sulit didapatkan. Saat menjalankan usaha ini Sedulur juga perlu mempertimbangkan situasi dan kondisi di lingkungan.

Apabila lokasi rumah Sedulur berada di pusat kampus atau perkantoran, jenis usaha ini sangat cocok dikembangkan. Hanya dengan jumlah modal yang tidak besar, usaha cuci sepatu menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menguntungkan.

BACA JUGA: 22 Ide Usaha Modal Kecil, Banyak Cuan untuk Pemula

6. Bisnis jasa desain interior dan arsitektur

iStock

Rekomendasi usaha jasa profesi selanjutnya yaitu berkaitan dengan desain interior dan arsitektur. Pekerjaan ini dibutuhkan masyarakat menengah ke atas perkotaan untuk menciptakan hunian yang elegan, mewah, dan mengesankan.

Layanan bisnis jasa desain interior dan arsitektur membutuhkan teknik dan kreativitas tinggi. Maka itu, upah atau komisi dalam satu project juga lumayan besar. Agar konsumen lebih tertarik dengan bisnis jasa yang Sedulur tawarkan, buatlah portofolio contoh hasil yang pernah dikerjakan.

Selain itu, berikan penawaran harga spesial yang bersaing dibandingkan kompetitor. Dengan begitu, akan lebih mudah memasarkan bisnis jasa desain interior dan arsitektur milik Sedulur.

7. Jasa konsultan bisnis

iStock

Jika Sedulur memiliki pengalaman bertahun-tahun di suatu bidang profesi, Sedulur bisa membuka ide usaha jasa sebagai konsultan. Di bidang konsultan, contoh usaha jasa adalah konsultan bisnis. Mungkin Sedulur penasaran, apa saja tugas dan tanggung jawabnya?

Rekomendasi usaha jasa profesi sebagai konsultan bisnis ini, memberikan nasihat atau saran kepada pelaku usaha. Misalnya, bagaimana untuk memperoleh surat izin legalitas usahanya, memasarkan produk/ jasanya, hingga memberi rekomendasi tentang investasi usaha yang prospektif. Semakin banyak klien yang pernah menggunakan bisnis jasa konsultan Anda, akan semakin mudah memasarkan diri.

BACA JUGA: Kunci Sukses Cara Mulai Usaha Parfum dengan Brand Sendiri!

8. Jasa pengetikan

iStock

Rekomendasi bisnis jasa profesi selanjutnya yaitu jasa pengetikan. Membuka jasa pengetikan merupakan bisnis yang bisa Sedulur lakukan tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Terutama jika Sedulur membukanya di sekitar kampus, targetnya tentu saja mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas atau skripsi. Ide ini cocok dijadikan usaha sampingan karena cukup dengan mengetik.

Sedulur bisa mendatangkan uang dengan membuka bisnis satu ini. Tarif yang biasanya digunakan untuk jasa ini biasanya berdasarkan per halaman atau per kata. Usaha ini tentunya tidak memakan biaya yang besar sebagai modal dasar. Sedulur hanya membutuhkan perangkat seperti laptop, printer dan kertas.

9. Jasa penerjemah

iStock

Jasa profesi yang sangat dibutuhkan dan dihargai adalah jasa penerjemah. Terutama bagi Sedulur yang memiliki keahlian dalam bahasa asing, jangan ragu untuk memanfaatkan kemampuan sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan.

Selain itu, peluang yang Sedulur ambil juga bisa Sedulur jadikan sebagai latihan untuk mengasah kemampuan penerjemahan Sedulur. Pekerjaan ini juga bisa dilakukan secara online dan Sedulur kerjakan di rumah.

Maka dari itu, usaha jasa satu ini wajib Sedulur coba karena bukan hanya memberikan Sedulur penghasilan namun juga membantu Sedulur mengasah dan meningkatkan kemampuan berbahasa.

10. Guru privat atau tutor online

iStock

Rekomendasi usaha jasa profesi terakhir yaitu enjadi guru privat atau tutor online. Permintaan akan guru dan tutor online semakin meningkat belakangan ini. Peluang ini dapat Sedulur manfaatkan untuk kerja online dari rumah.

Jam kerja sebagai guru privat atau tutor online bersifat fleksibel dan dapat kerja online dari rumah. Sedulur dapat menerima murid sesuai dengan bidang keahlian Sedulur, seperti matematika, fisika, IPS, Sejarah, Biologi dan lain sebagainya.

Demikian tadi rekomendasi usaha jasa profesi yang bisa jadi rekomendasi Sedulur untuk dilaksanakan. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur dan memberikan motivasi untuk menemukan pekerjaan terbaik. Selamat mencoba dan semangat terus untuk setiap bisnis yang dijalankan ya!