tugas penjaga toko

Dalam sebuah toko, terdapat beberapa pekerja yang memiliki tugasnya masing-masing. Salah satunya adalah penjaga toko. Dalam bahasa Inggris penjaga toko adalah shopkeeper, dengan rincian beberapa tugas khusus yang menjadi tanggung jawabnya.

Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas tuntas tugas penjaga toko beserta dengan kualifikasi lengkap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penjaga toko. Untuk memulai pembahasan, yuk mari kita kenalan terlebih dahulu dengan pekerjaan penjaga toko itu sendiri.

BACA JUGA: Cara Menolak Interview Kerja Dalam Bahasa Inggris

Apa itu penjaga toko?

tugas penjaga toko
iStock

Sebelum mempelajari terkait tugas penjaga toko, Sedulur tentu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu penjaga toko. Shopkeeper atau penjaga toko merupakan seseorang yang bertanggung jawab menjaga sebuah toko.

-->

Tanggung jawab seputar pelayanan, pemasaran hingga menjaga keamanan toko tersebut. Bukan hanya itu, penjaga toko juga bertugas untuk menjaga produk dan barang di dalam toko tidak hilang atau tidak dipegang oleh sembarang orang.

Secara rinci, tugas penjaga toko sendiri terdiri dari beberapa hal, yaitu sebagai berikut:

1. Menyambut pelanggan

iStock

Tugas penjaga toko yang pertama yaitu menyambut pelanggan yang datang ke toko. Penjaga toko wajib ramah dan memasang ekspresi senyum agar pelanggan merasa nyaman jika masuk ke dalam toko. Ini merupakan tugas dan tanggung jawab paling penting.

Sebagai penjaga toko, wajib memberikan senyuman dan obrolan yang sopan sehingga toko kamu memiliki kesan yang baik sejak pertama kali pelanggan masuk.

2. Memberikan pelayanan terbaik

iStock

Tugas penjaga toko selanjutnya yaitu dengan memberikan pelayanan terbaik. Ini berlandaskan kepada pepatah bahwa pembeli adalah seorang raja. Dalam hal ini, pembeli harus wajib diberikan pelayanan terbaik agar merasa nyaman dan terlebih merasa dihargai.

Nah, dalam memberikan pelayanan, seorang penjaga toko wajib memiliki komunikasi yang baik sehingga bisa melayani berbagai macam jenis pembeli. Selain itu, shopkeeper juga harus paham semua informasi yang berkaitan dengan toko, termasuk soal stok barang maupun promo.

3. Menjawab pertanyaan pelanggan

iStock

Tugas penjaga toko selanjutnya yaitu mejawab pertanyaan pelanggan. Biasanya ada banyak pelanggan yang bertanya terkait produk yang tersedia. Seorang penjaga toko harus menanggapi pertanyaan ini dengan cepat kilat. Termasuk menjawab pertanyaan langsung.

Bukan hanya pertanyaan langsung, tidak sedikit banyak pelanggan yang banyak menanyakan produknya melalui media sosial. Tentu hal ini harus diperhatikan. Karena menjawab pertanyaan langsung merupakan bagian dari pelayanan kepada toko.

4. Menjaga kebersihan dan keamaan toko

iStock

Tugas dan tanggung jawab selanjutnya  dari penjaga adalah menjaga kebersihan dan keamanan toko. Seorang penjaga toko bertanggung jawab menata kembali barang yang telah dilihat pembeli, menjaga kebersihannya, serta keamanannya.

Toko atau kedai yang bersih dan aman tentu menjadi poin positif bagi pembeli, hal ini juga akan menjadi penilain dari atas bahwa seorang penjaga toko dapat menjalankan pekerjaannya dengan baik.

5. Menyampaikan informasi promo

iStock

Tugas penjaga toko selanjutnya yaitu menyampaikan informasi promo, karena informasi promo atau diskon merupakan sesuatu yang sangat disukai oleh pembeli. Untuk lebih menarik banyak pelanggan mendatangi toko Sedulur, penting untuk melakukan promo melalui media sosial terlebih dahulu.

6. Menerima informasi dengan baik

tugas penjaga toko
iStock

Terkadang, akan ada informasi seperti dokumen maupun surat yang dikirimkan untuk pemilik toko. Nah, penjaga toko wajib memahami hal itu dan harus bisa menyampaikannya dengan baik kepada pemilik toko atau pihak lain yang terlibat dalam keberlangsungan toko.

7. Memantau ketersediaan stok produk

tugas penjaga toko
iStock

Tugas tugas penjaga toko yang terakhir yaitu memantau ketersediaan stok produk. Penjaga toko harus memahami betul mana barang yang habis dan barang yang mendekati kadaluwarsa hingga barang yang rusak atau tidak layak jual. Hal ini mencegah konsumen mendapatkan barang yang tidak pantas.

BACA JUGA: Dapat Tawaran Kerja Tapi Ingin Menolak Dengan Baik? Begini Caranya!

Kemampuan yang dibutuhkan

tugas penjaga toko
iStock

Karena penjaga toko merupakan sosok yang sangat penting dan mempengaruhi penjualan. Maka dari itu, sangat penting untuk merekrut penjaga toko dengan kemampuan yang dibutuhkan. Nah, berikut ini terdapat beberapa kemampuan yang wajib dimiliki seorang penjaga toko, yaitu:

1. Kemampuan komunikasi

Kemampuan wajib yang pertama yaitu kemampuan komunikasi yang baik. Kemampuan komunikasi begitu dibutuhkan untuk menyambut pelanggan, menjawab pertanyaan pelanggan seputar produk dan layanan, hingga memberikan informasi seputar promo dan toko.

2. Paham teknologi

Seorang penjaga toko juga wajib memahami komputer dan teknologi. Karena biasanya dalam sebuah toko selalu dilengkapi dengan beberapa teknologi yang berkaitan dengan palayanan dan keamanan toko. Maka dari itu, penting untuk seorang penjaga toko mampu memiliki pemahaman tersebut.

3. Kemampuan marketing

Kemampuan marketing erat kaitannya dengan cara penjaga toko memasarkan produk di toko. Penjaga toko harus mahir memasarkan produk di toko, terutama saat sedang ada promo atau diskon. Dengan skill marketing yang oke, shopkeeper dapat memengaruhi pelanggan untuk membeli produk di tokomu.

4. Jago berhitung dan teliti

Seorang penjaga toko juga harus pandai berhitung. Skill ini juga biasanya dibutuhkan saat penjaga toko harus menghitung jumlah stok barang untuk memastikan enggak ada yang terlewat. Telilti juga merupakan kewajiban yang harus dimiliki seorang penjaga toko.

Agar tidak ada barang atau produk yang terlewat. Menjadi teliti juga sangat penting bagi shopkeeper karena dampaknya bisa besar jika dilewatkan. Misalnya, memeriksa kedaluwarsa produk atau memastikan enggak ada produk yang cacat sebelum di-display di toko.

Demikian penjelasan tentang segala hal terkait tugas penjaga toko dan tanggung jawabnya. Jika Sedulur merasa tertantang untuk menjadi seorang penjaga toko setelah membaca artikel di atas, Sedulur bisa segera mempersiapkan diri!