Teknik fotografi

Dalam dunia fotografi terdapat beberapa teknik yang perlu dipelajari. Teknik fotografi tersebut biasanya menjadi dasar bagi para pemula untuk melangkah lebih maju, hingga akhirnya mereka mencapai posisi sebagai fotografer profesional.

Teknik fotografi juga bisa menambah sensitifitas seorang juru kamera agar memiliki sudut pandang yang unik dan tajam. Sedulur tidak mau ‘kan, foto hasil bidikanmu terlihat biasa saja dan membosankan?

Untuk itu, berikut ini 16 teknik fotografi dasar untuk para pemula yang wajib dikuasai agar hasil jepretan makin ciamik. Langsung simak ulasannya ya!

BACA JUGA: 15 Aplikasi Edit Foto Terbaik Ala Selebgram di Android & iOS

Long exposure

teknik fotografi dasar
Photography Course

Teknik fotografi dan contohnya yang pertama adalah long exposure. Teknik ini akan menciptakan hasil foto yang dramatis pada sebuah objek dengan sentuhan artsy.

Long exposure dilakukan dengan membiarkan shutter terbuka lama sehingga banyak cahaya yang masuk. Pergerakan cahaya yang lebih cepat dari pada kecepatan shutter akan membuat banyak garis pada objek foto.

Teknik ini sendiri biasanya banyak digunakan dalam keadaan gelap dengan banyak cahaya yang bergerak seperti lampu mobil atau motor. Tetapi teknik ini juga bisa diterapkan saat siang atau pagi untuk menciptakan suasana dramatis pada sebuah tempat.

Dengan fitur kamera digital modern sekarang ini, teknik long exposure akan sangat mudah dilakukan. Namun, jangan lupa menggunakan tripod agar hasil foto lebih maksimal.

Teknik foto ini pun sangat direkomendasikan bagi para fotografer landscape, still, dan juga arsitektur.

Panning

Teknik fotografi panning
Daily Photography Tips

Selanjutnya ada teknik fotografi panning. Panning merupakan cara menggambil momen pada sebuah objek yang bergerak dengan cepat sembari kamera mengikuti arah tujuan objek foto.

Foto teknik ini menonjolkan kesan artistic pada sebuah objek karena pada bagian belakangnya akan tercipta background yang blur. Panning memang cukup sulit dilakukan bagi beberapa pemula tetapi bila berhasil maka akan membuat fotografer puas dengan hasilnya.

Dalam teknik panning, para fotografer juga tidak akan bisa 100 persen mendapatkan hasil yang sempurna pada foto pertama. Diperlukan belasan sampai puluhan kali percobaan sampai mendapatkan hasil dengan objek yang tajam dan komposisi yang pas. Tidak heran jika teknik satu ini akan melatih kesabaran dari para fotografer pemula.

Untuk bisa melakukan foto panning, shutter speed harus diatur dengan tepat begitu juga dengan mode fokusnya. Sebaiknya gunakan shutter speed lambat dengan mode fokus mengikuti gerak objek atau biasa dikenal dengan istilah AI Servo.

Blurring

Teknik fotografi
Kantar

Teknik ketiga adalah teknik foto blurring. Teknik ini wajib dimiliki dan dikuasai seorang fotografer pemula karena bisa menambah kemampuan dalam mengolah sudut pandang pada suatu objek.

Teknik ini juga akan melatih Sedulur untuk mengolah aperture dan shutter speed kamera. Semakin sering melatih dua hal ini, maka akan semakin jago dan cepat pula dalam mengoperasikan sebuah kamera. Sehingga momen-momen penting tidak akan mudah terlewat dan hasil foto akan tetap ciamik.

Blurring sendiri dapat diciptakan dengan melakukan shutter speed lambat dengan bukaan aperture yang sempit. Hal ini supaya efek blur didapat tetapi ketajaman objek terjaga.

Motion blur

Motion blur
PremiumBeat

Motion blur merupakan teknik yang cukup mirip dengan long exposure. Dimana teknik ini memaksa fotografer untuk menggunakan shutter lambat tetapi dengan menjaga kestabilan saat pengambilan gambar.

Teknik ini juga mengharuskan juru foto untuk selalu mengikuti arah gerak objek yang ingin ditangkap. Biasanya hasil foto akan membuat gerakan objek menjadi fokus dalam foto.

Macro

Teknik fotografi macro
Pixabay

Macro photography juga merupakan salah satu teknik yang harus dipahami seorang fotografer pemula. Hal ini tak lepas dari foto macro yang bisa membantu dalam membuat proyek foto produk maupun portrait.

Teknik macro juga cukup mudah untuk dipelajari tetapi memerlukan beberapa alat khusus terutama pada bagian lensa.

Sedulur cukup menyorot secara dekat dengan lensa khusus macro dan lakukan fokus pada detail yang ingin ditonjolkan. Permainan komposisi jadi salah satu kunci foto macro akan terlihat biasa saja atau ciamik, jadi pastikan kamu menggunakan sudut pandang yang tak biasa.

Siluet

Silhouette photo
LinkedIn

Teknik foto siluet merupakan cara pengambilan foto dengan memanfaatkan zona gelap terang yang sangat kontras. Sedulur akan dipaksa untuk menemukan komposisi yang tepat agar foto bisa terlihat ‘hidup’.

Siluet juga sering digunakan untuk menonjolkan tekstur atau kontur sebuah bangunan atau objek tertentu.

Supaya kamu bisa menguasai teknik satu ini, maka harus memperhatikan arah datangnya cahaya dan penggunaan shutter speed serta pemilihan exposure yang tepat.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Lensa Kamera Terbaik + Harga Terbaru 2021

Black and white

Teknik fotografi black and white
500px

Teknik foto dasar selanjutnya adalah black and white atau hitam putih. Teknik ini merupakan favorit banyak fotografer dunia karena hasil yang didapatkan tak hanya soal permainan warna tapi juga komposisi.

Foto hitam putih juga banyak digunakan untuk memberikan kesan timeless atau keabadian pada objek yang dijepret. Tidak heran jika teknik ini banyak digunakan untuk merekam momen-momen penting seperti pernikahan.

Teknik hitam putih juga akan membuat sudut pandang seorang fotografer pemula menjadi lebih luas. Mereka tak hanya terpaku pada objek, tapi juga dipaksa memaksimalkan background dan foreground agar menciptkan komposisi yang seimbang.

Beberapa kamera digital zaman sekarang biasanya sudah memberikan fasilitas mode hitam putih secara langsung. Jadi kamu tidak perlu melakukan banyak edit dan bisa fokus menciptakan komposisi yang apik.

Minimalist

Teknik fotografi minimalist
Medium

Teknik fotografi selanjutnya untuk para pemula adalah minimalist. Ini merupakan dasar fotografi dimana frame dalam foto terlihat simple tapi tetap memiliki cerita yang menarik.

Foto minimalist sampai sekarang juga masih menjadi tren dan jadi salah satu teknik favorit untuk fotografer content creator seperti di platform Instagram.

Teknik satu ini menonjolkan ruang negatif dalam sebuah foto sehingga fokus pada objek menjadi lebih kuat. Foto ini pun bisa diterapkan dalam banyak situasi.

Selain itu tidak ada patokan khusus, karena mengaplikasikan teknik foto ini bisa menggunakan lensa wide maupun tele.

High dynamic range

Contoh foto HDR
ViewSonic

High dynamic range atau HDR merupakan salah satu teknik fotografi yang banyak dipelajari oleh seluruh fotografer di dunia.

Teknik HDR juga metode pemotretan yang paling populer lantaran bisa membuat objek, background dan foreground terlihat tajam dan epic.

Selain itu, foto HDR banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk dijadikan sebagai media dalam baliho atau iklan.

Metode HDR sendiri merupakan teknik penggabungan beberapa foto yang memiliki perbedaan tone cahaya. Foto-foto tersebut nantinya digabungkan sehingga setiap objek bisa tetap terlihat jelas dan tidak gelap.

Freezing

Teknik fotografi freezing
World Athletics

Selanjutnya ada teknik foto freezing. Teknik ini adalah metode yang digunakan oleh fotografer untuk mengabil sebuah momen agar telihat jelas.

Teknik ini biasanya digunakan oleh para fotografer jurnalistik, konser, dan olahraga. Hal ini tak lepas dari tujuan freezing yang ingin mengabadikan momen dengan cepat dan tidak terlewat.

Biasanya teknik ini mengharuskan seorang fotografer mengatur shutter speed dalam posisi yang cepat. Selain itu, ISO juga disesuaikan agar kecepatan shutter bisa didapatkan dan gerakan objek bisa didapat dengan maksimal.

High and low angle

High angle shoot
Beverly Boy Production

Teknik foto angle merupakan metode yang juga harus dipahami seorang fotografer pemula. BIasanya foto ini digunakan untuk melakukan fotografi pada arsitektur ataupun portrait.

Teknik ini membuat seorang fotografer peka pada sudut pandang yang ingin diambil agar menciptakan sebuah perspektif foto yang menarik. Beberapa angle yang biasanya digunakan adalah high dan low angle.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Kamera Vlog Terbaik & Murah

Flash photo

Pinterest

Cahaya memang jadi kunci dalam kesuksesan mendapatkan foto yang bagus. Namun, dalam beberapa kondisi kamu akan berada di posisi memerlukan bantuah lampu tambahan atau flash.

Lampu tambahan ini bisa menciptakan suasana foto menjadi lebih dramatis. Tidak heran teknik ini sering digunakan saat melakukan foto session dalam studio.

Objek yang difoto menggunakan teknik ini juga bisa menambilkan banyak perspektif menarik karena kamu bisa memainkan arah datangnya cahaya sesuka hati.

Infrared

Negative shoot
Pinterest

Untuk menambah referensi seorang fotografer pemula, maka teknik seperti infrared juga perlu dipahami. Metode ini seperti menggunakan kamera zaman dahulu yang menciptakan negatif fotografi yang bukan menunjukkan warna asli sebuah foto.

Teknik infrared sendiri akan menggunakan thermal imaging dalam kamera agar hasil yang didapatkan itu memiliki warna yang didominasi pink dan tosca. Teknik ini sangat bisa dikreasikan dan juga bisa membuatmu memiliki foto yang unik.

Tilt shift

Tilt shoot
The DJI Store

Tilt shift adalah metode dasar fotografi yang sering membuka jalan para fotografer pemula masuk dalam dunia profesional.

Teknik ini biasanya menggunakan kamera format full frame dengan bantuan lensa lhusus yang bisa digerakkan saat memotret.

Hasil foto dari teknik ini akan membuat objek terlihat lebih jauh dari posisi aslinya. Bagian background dan foreground juga akan telihat blur sehingga objek lebih mendapatkan sorotan. Tidak jarang foto-foto ini digunakan untuk membuat sebuah objek menjadi seperti miniatur mainan.

High Speed

High Speed Shoot
Adorama

Fotografi high speed jadi teknik dasar selanjutnya yang perlu diketahui oleh para pemula. Biasanya teknik ini digunakan untuk fotografi olahraga dana lam bebas.

Teknik ini memerlukan kamera yang bisa melakukan shutter speed hingga 1/20.000 detik supaya objek yang diambil benar-benar tajam dan kuat.

Bukaan pada lensa harus diatur sekecil mungkin agar tidak ada miss fokus saat pemotretan dilakukan.

Panorama

teknik foto panorama
Unsplash

Terakhir ada teknik foto panorama. Ini adalah teknik fotografi dengan hp yang bisa dilakukan oleh siapa saja walaupun belum memiliki kamera profesional.

Fotografer pemula bisa mulai melatih diri dengan menggunakan kamera ponsel yang biasanya sudah memiliki fitur panorama.

Teknik panorama sendiri adalah metode fotografi yang melakukan pengambilan foto secara melebar dan dilakukan dalam beberapa kali tahapan. Foto yang diambil nantinya digabung sehingga menciptakan satu foto baru dengan latar yang sangat luas.

Dahulu teknik ini sering digunakan para fotografer untuk menciptakan hasil foto pemandangan yang megah dan cantik. Tidak heran sampai sekarang teknik masih terus banyak digunakan oleh para fotografer pemula untuk meningkatkan kemampuannya.

Demikian 16 teknik fotografi beserta gambarnya yang bisa menjadi referensi dan inpirasi bagi Sedulur. Teknik-teknik di atas akan meningkatkan kemampuan fotografi bila sering dilatih. Jadi selama mencoba ya!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.