strategi siap berkarir

Satu tahapan dari kehidupan, yaitu lulus kuliah telah dilewati. Step yang akan dihadapi berikutnya adalah memasuki dunia kerja. Dunia kerja sendiri akan terasa sangat berbeda dari dunia perkuliahan, maka perlu mempersiapkan strategi siap berkarir dengan baik.

Baik itu dari sisi rutinitas, kebiasaan, ataupun budayanya, benar-benar berbeda. Sedulur tidak bisa terus melakukan hal-hal yang dulunya selalu dilakukan saat kuliah. Ada banyak hal baru yang harus disiapkan, agar nantinya siap menjalani karir yang diimpikan.

Nah, bagi Sedulur yang sedang berada pada masa ini, coba cermati beberapa hal berikut sebelum memasuki dunia kerja!

BACA JUGA: 15+ Aplikasi Cari Kerja Terpercaya dan Sering Dipakai HRD

1. Belajar Mengatur Waktu

Unsplash

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan belajar mengatur waktu. Pengaturan waktu yang baik akan membantu Sedulur ketika meniti karir. Coba belajarlah dari yang paling sederhana, seperti bangun di pagi hari dan memulai aktivitas pukul 7 pagi.

Ya, biasanya kantor memiliki jam kerja dari pukul 8 pagi sampai 5 sore. Selain itu, Sedulur juga harus belajar membagi waktu untuk bekerja, menjalani aktivitas sosial, serta waktu untuk diri sendiri.

2. Membiasakan Diri dengan Rutinitas

Jika sudah bekerja, maka Sedulur akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk pekerjaan. Bahkan tidak jarang harus duduk di depan komputer hampir seharian, dan akan melakukan hal yang sama setiap harinya.

Namun ada juga beberapa jenis pekerjaan akan menuntut fisik untuk selalu bugar. Untuk itu, tetap jaga kesehatan dan sesuaikan diri dengan jenis pekerjaan yang digeluti.

3. Belajar Mengelola Keuangan

Kini saatnya bagi Sedulur untuk belajar mengelola keuangan dengan lebih terencana. Jika sudah memiliki gaji sendiri, para pekerja muda biasanya cenderung ingin membeli apa saja yang sebelumnya tidak dapat dibeli, bukan?

Nah, penting buat Sedulur untuk mulai mengatur keuangan. Caranya bisa dengan membuat perencanaan dan alokasi yang jelas. Mulai dari, makan sehari-hari, biaya transportasi, dan tentu saja tabungan.

4. Berkomunikasi dengan Berbagai Generasi

Berbeda dari lingkungan kampus, dalam dunia kerja Sedulur akan menemui rekan kerja dari berbagai latar belakang dan usia. Umumnya senioritas menjadi hal yang dominan di lingkungan kerja. Oleh karena itu, pandai-pandailah membawa diri dan terus berusaha berkomunikasi dengan cara yang tepat.

Jangan lupa untuk menghormati dan menghargai rekan kerja yang lebih senior, walaupun secara struktural mereka setingkat atau bahkan berada di bawah Sedulur.

5. Menjadi Team Player

Bisa dibilang jika bisnis adalah sebuah kerja tim yang lingkupnya besar. Walau dalam praktiknya bekerja sendiri di dalam suatu divisi, Sedulur tetap menjadi bagian dari satu tim besar yakni perusahaan. Nah, dalam tim, setiap orang harus memiliki kontribusi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Hal itu dilakukan sesuai dengan peranan masing-masing. Jadi berlatihlah untuk menjadi lebih fleksibel dan tahu kapan harus bicara serta kapan harus mendengarkan.

BACA JUGA: Ciri-Ciri Surat Lamaran Pekerjaan yang Sopan, Menarik & Benar

6. Belajar untuk Bertanggung Jawab

NetDocument

Dalam dunia kerja, Sedulur akan diserahi tanggung jawab untuk memegang sebuah garapan atau project tertentu. Nah, kesuksesan atau kegagalan dalam melaksanakan tugas tersebut berada di tangan Sedulur secara penuh.

Untuk itu, Sedulur harus mulai melatih rasa tanggung jawab. Hal ini bisa dimulai dari yang sederhana, misalnya saja seperti merapikan kamar setiap hari atau mengurus dengan baik kendaraan yang dimiliki.

7. Membangun Networking

Perlu untuk diketahui, bahwa semakin besar dan luas jejaring sosial yang Sedulur memiliki, maka akan semakin besar pula kemungkinan mendapatkan kesempatan dalam berkarir. Jadi jangan ragu untuk mulai membangun networking mulai sekarang juga.

Terbiasalah berbicara dengan banyak orang, sehingga bisa mengasah kemampuan berkomunikasi, bernegosiasi, hingga memperluas wawasan mengenai banyak hal yang ada di dunia ini.

8. Siap dengan Kemungkinan Terburuk

Ketika sudah masuk dunia kerja, Sedulur mungkin tidak akan mendapatkan bantuan seperti pada saat masih berada di bangku kuliah. Dunia bekerja akan memperlihatkan persaingan yang sebenarnya, di mana Sedulur tidak selalu akan menjadi pemenang.

Maka dari itu, siapkan mental untuk menerima segala kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi. Misalnya seperti gagal wawancara kerja, gagal dapat promosi pekerjaan, dan lain sebagainya.

9. Tampil Secara Profesional

Penampilan benar-benar sangat menunjang keberhasilan, terutama di dalam dunia kerja. Jadi buatlah diri Sedulur agar terlihat sebagai seorang yang profesional. Sedulur dapat memulai dengan mengenakan pakaian yang lebih formal.

Bagi para perempuan, bisa coba belajar menggunakan make-up sehari-hari. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga apa yang diposting di media sosial.

10. Punya Banyak Ide dan Berani Berpendapat

Unsplash

Strategi siap berkarir yang terakhir adalah dengan menyiapkan banyak ide, sekaligus berani menyampaikan pendapat tersebut. Ya, tidak jarang perusahaan sangat mengutamakan sikap inovatif dan kreatif dari para pekerjanya.

Hal ini mereka lakukan agar dapat memberikan solusi dan juga strategi terbaik, demi mencapai keberhasilan dan keuntungan bersama.

Demikian beberapa tips dan strategi siap berkarir yang dapat Sedulur praktikkan mulai dari sekarang. Ya, hambatan di dalam perjalanan karir itu tetap ada, dan datangnya bisa kapa saja.

Kendati demikian, jika selalu percaya dan yakin dengan kemampuan yang dimiliki, maka kesuksesan dalam berkarir akan tetap bisa Sedulur raih!