ciri-ciri surat lamaran pekerjaan

Sedulur yang sedang mencari pekerjaan ataupun sudah bekerja tentu tidak asing dengan surat lamaran. Sesuai namanya, dokumen satu ini dibuat dengan maksud untuk menyampaikan lamaran atas pekerjaan di suatu perusahaan.

Untuk itu penyusunan surat lamaran juga tidak boleh sembarangan. Sedulur perlu memahami ciri-ciri surat lamaran pekerjaan agar surat yang dibuat dapat diterima dengan baik oleh perusahaan yang dilamar.

Lantas, bagaimana ciri-ciri surat lamaran pekerjaan yang benar? Berikut sudah dirangkum informasi selengkapnya. Yuk, langsung disimak!

BACA JUGA: 6 Jawaban Pertanyaan ‘Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?’

Apa itu Surat Lamaran Pekerjaan?

ciri-ciri surat lamaran pekerjaan
Unsplash

Sebelum mencari tahu ciri-cirinya, Sedulur perlu memahami pengertian surat lamaran terlebih dahulu. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, surat lamaran merupakan dokumen penting dalam urusan melamar pekerjaan.

Dokumen berupa surat tersebut ditulis dengan tujuan untuk menyampaikan lamaran terhadap sebuah pekerjaan di perusahaan tertentu. Adapun biasanya seseorang menulis surat lamaran dengan ditujukan kepada pimpinan perusahaan, misalnya bagian personalia atau sumber daya manusia (SDM).

Fungsi Surat Lamaran

Dari pengertian di atas, bisa diuraikan beberapa fungsi surat lamaran sebagai berikut.

  • Sebagai tanda tertulis dan resmi untuk mengajukan lamaran pekerjaan.
  • Sebagai media komunikasi antara pelamar dengan perusahaan yang dilamar.
  • Sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam memilih calon kandidat untuk mengisi posisi yang dibutuhkan.

BACA JUGA: 15 Cara Membuat CV Perusahaan Terupdate Tahun 2023

Ciri-ciri Surat Lamaran Pekerjaan

ciri-ciri surat lamaran pekerjaan
Better Up

Dihimpun dari berbagai sumber, surat lamaran pekerjaan termasuk dokumen resmi sehingga tidak boleh dibuat secara sembarangan. Apalagi dokumen tersebut dibuat dalam rangka menyampikan minat untuk mengisi suatu posisi di sebuah perusahaan. 

Nah, agar Sedulur tidak makin bingung, berikut beberapa ciri-ciri surat lamaran pekerjaan yang perlu untuk diperhatikan.

1. Ada keterangan kota dan tanggal pembuatan

Informasi terkait kota dan tanggal penulisan surat lamaran biasanya ditulis di pojok kanan atas. Adapun informasi tersebut dapat memberikan pengetahuan bagi perusahaan mengenai kota asal dari pencari kerja atau pelamar.

Selain itu, perusahaan juga dapat mengetahui bahwa segala informasi yang dimuat dalam surat ditulis berdasarkan kondisi terkini pelamar sesuatu waktu penulisan surat.

2. Terdapat alamat perusahaan yang dituju

Ciri-ciri surat lamaran yang baik berikutnya adalah terdapat informasi mengenai penerima yang dituju, yakni perusahaan yang dilamar. Setidaknya Sedulur perlu menuliskan pihak penerima surat yang dituju, misalnya manajer SDM atau pimpinan perusahaan, nama perusahaan, dan alamatnya secara singkat.

Sebagai catatan, untuk bagian ini Sedulur disarankan tidak menuliskan alamat lebih dari 3 baris dan tidak menyebutkan sapaan berdasar jenis kelamin, seperti bapak atau ibu.

3. Gunakan salam pembuka

Selanjutnya, surat lamaran juga harus diberi salam pembuka. Pada bagian ini, Sedulur dapat menuliskan “Dengan hormat,” dengan diikuti paragraf pembuka berisi pernyataan umum mengenai Sedulur sebagai pelamar. Bagian paragraf pembuka juga dilengkapi dengan tujuan Sedulur menulis surat.

4. Tujuan yang jelas

Melanjutkan bagian salam pembuka, Sedulur perlu menyampaikan secara jelas tujuan menulis surat lamaran serta alasan melamar pekerjaan terkait. Dalam menyampaikan informasi tersebut, Sedulur bisa menguraikan identitas diri serta hal-hal terkait latar belakang Sedulur yang berhubungan dengan posisi atau pekerjaan yang dilamar.

5. Diberi penutup

Tidak hanya diberi salam pembuka, surat lamaran juga perlu diakhiri dengan penutup yang sopan. Pada bagian penutup ini Sedulur bisa menuliskan ucapan terima kasih atas perhatian yang diberikan pihak penerima surat.

Selain itu, tunjukkan juga ketertarikan untuk mengikuti rekrutmen dan bergabung menjadi bagian perusahaan dengan mengisi posisi terkait.

6. Menggunakan bahasa yang baik dan benar

Sama halnya dengan dokumen resmi lainnya, surat lamaran juga ditulis menggunakan bahasa yang baik dan benar. Oleh karenanya, Sedulur memperhatikan ejaan ataupun tata bahasa saat menyusun surat lamaran sesuai dengan bahasa yang digunakan.

Di sisi lain, surat lamaran sebaiknya juga ditulis dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Dengan begitu, perusahaan sebagai pihak penerima surat dapat memahami maksud atau tujuan Sedulur mengirimkan surat tersebut.

Itu dia beberapa ciri-ciri surat lamaran pekerjaan yang penting untuk Sedulur perhatikan. Perlu digaris bawahi bahwa inti dari penulisan surat lamaran adalah menyampaikan ketertarikan serta keinginan untuk bergabung dengan perusahaan dengan mengisi posisi yang dibuka.

Oleh karena itu, pastikan surat yang Sedulur tulis dapat menyampaikan pesan tersebut dengan baik kepada perusahaan yang dilamar, ya!