aplikasi cari kerja

Di era digital saat ini, perkembangan teknologi informasi sangat maju dan pesat. Hampir setiap informasi bisa didapatkan hanya melalui aplikasi di smartphone. Termasuk informasi dalam mencari pekerjaan. Melalui aplikasi cari kerja, Sedulur bisa mendapatkan lowongan kerja di dalam atau luar negeri.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama beberapa rekomendasi aplikasi cari kerja terbaik yang bisa Sedulur gunakan untuk mencari beberapa lowongan kerja potensial yang cocok dengan Sedulur. Apa saja aplikasi cari kerja yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Cara Daftar & Bikin SIM Secara Online Pakai Aplikasi

1. LinkedIn

slow living
iStock

Rekomendasi aplikasi cari kerja yang paling terkenal adalah LinkedInd, selain sebagai aplikasi cari kerja, LinkedIn juga merupakan media sosial yang berfungsi dalam memberikan berbagai informasi seputar karir dan pekerjaan.

Tidak hanya sebagai aplikasi sosial media saja, LinkedIn juga berperan sebagai aplikasi lowongan kerja yang ramai digunakan. Ribuan bahkan jutaan para profesional memiliki akun LinkedIn dan tak jarang juga para perusahaan atau tempat kerja lainnya mencari pekerja melalui LinkedIn.

Dalam fiturnya, LinkedIn juga memberikan notifikasi pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan Sedulur karena sebelumnya Sedulur harus mengisi data diri Sedulur mengenai skill Sedulur.

Pengguna LinkedIn pun dapat menulis artikel yang kemudian akan dibagikan dan juga dibaca oleh para pengguna LinkedIn lainnya bahkan mungkin dibaca oleh perusahaan yang membutuhkan skill Sedulur.

2. JobStreet

Rekomendasi aplikasi cari kerja kedua adalah JobStreet yang merupakan salah satu aplikasi pencari kerja yang terkenal dan banyak memberikan pekerjaan bagi masyarakat di Indonesia. JobStreet merupakan salah satu aplikasi lowongan kerja terbaik di Indonesia.

Lebih dari 230 ribu pekerjaan bisa Sedulur lamar melalui aplikasi satu ini. Untuk Sedulur yang menginginkan kerja di luar negeri, Sedulur juga bisa mencarinya di JobStreet. Pasalnya, JobStreet tidak hanya menyediakan lowongan dari Indonesia saja, namun juga Negara lainnya seperti Singapura, Malaysia, Vietnam juga Filipina.

Fitur yang tersemat pada aplikasi lowongan kerja JobStreet ini pun memudahkan para job seeker dengan hadirnya mobile notification. LiNa JobStreet akan memberikan notifikasi pekerjaan terbaru setiap harinya melalui email dan Sedulur bisa langsung melamar pekerjaan tersebut hanya melalui ponsel Android. Mudah dan simple bukan?

3. Indeed Job Search

Rekomendasi aplikasi lowongan kerja yang menyediakan pekerjaan baru di berbagai Negara selanjutnya adalah Indeed Job Search. Aplikasi ini menyiapkan berbagai macam fitur untuk memudahkan para pencari kerja dengan lebih dari 200 juta pekerjaan baru.

Selain itu, lebih dari 60 Negara dan 28 bahasa berbeda terdapat pada pencarian kerja Indeed ini. Untuk Sedulur yang tidak ingin mendapatkan pekerjaan yang terlalu jauh, Sedulur bisa mencari pekerjaan di daerah dekat dengan rumah Sedulur dengan menggunakan fitur GPS yang ada pada smartphone.

Tidak hanya pekerjaan tetap saja, bahkan pekerjaan untuk mahasiswa magang pun ada di dalam daftar pencarian kerja Indeed. Tertarik mencari pekerjaan lewat Indeed? Unduh Indeed di Google PlayStore.

4. Pintarnya

Pintarnya adalah satu aplikasi lowongan kerja yang bisa Sedulur gunakan. Saat pertama memakai aplikasi ini, Sedulur harus registrasi dulu. Masukkan data diri sesuai dengan KTP yang Sedulur punya. Setelah itu, pilih sekitar 8 pekerjaan menarik yang ingin ditekuni.

Jangan lupa juga lengkapi profil Sedulur di CV Pintar yang disediakan aplikasi ini. Nah, jika sudah, aplikasi Pintarnya akan mencarikan lowongan pekerjaan yang cocok. Tentu, sesuai dengan bidang yang dipilih, juga domisili Sedulur saat mendaftar.

Seperti kebanyakan aplikasi lowongan kerja lainnya, ada deskripsi yang cukup lengkap mengenai setiap pekerjaan. Hebatnya, Sedulur bisa langsung melamar pekerjaan dari aplikasi Pintarnya.

5. Kormo Jobs

Kormo Jobs adalah aplikasi pencarian kerja terpercaya yang dimiliki oleh Google. Sejauh ini Kormo Jobs sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store dan bisa menjadi cara mudah untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Ada jutaan pekerjaan yang telah diposting di Kormo Jobs. Kormo Jobs mengkhususkan diri dalam industri ritel, logistik, layanan IT & admin, dan perhotelan dan menawarkan pekerjaan seperti rekanan penjualan ritel, pengiriman dan operasi gudang, dan perwakilan layanan pelanggan.

BACA JUGA: 15 Aplikasi Pembukuan Transaksi Terbaik 2023 untuk Usahamu!

6. Kalibrr Job Search

Manajerial kantor
AIR Internship

Aplikasi pencarian kerja Kalibrr Job Search merekomendasikan pekerjaan kepada Sedulur berdasarkan keahlian, pengalaman, dan minat Sedulur. Sedulur bisa menemukan peluang untuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar lewat aplikasi ini.

Selain menjadi tempat untuk mencari pekerjaan, Kalibrr Job Search juga menawarkan serangkaian fitur untuk mempermudah Sedulur membuat resume yang bagus dalam hitungan menit. Dengan demikian, Sedulur tidak perlu repot-repot membuat resume dengan susah payah.

7. TopKarir

TopKarir adalah situs dan aplikasi pencarian lowongan kerja yang cukup populer. Di Play Store, lebih dari 100 ribu orang telah mengunduh aplikasi ini ke perangkat mereka. TopKarir memiliki sejumlah fitur. Selain pencarian kerja dari berbagai perusahaan mulai dari start up sampai perusahaan besar untuk fresh graduate maupun berpengalaman, Sedulur juga bisa menemukan lowongan magang.

Lowongan informasi magang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa yang membutuhkannya agar bisa mendapatkan pengalaman sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja. Selain itu, Sedulur juga bisa mencari pekerjaan paruh waktu di TopKarir. Bahkan ada fitur yang memungkinkan Sedulur untuk melakukan tes minat dan bakat serta fitur yang berisi informasi beasiswa terbaru.

8. Jora

Jora juga bisa Sedulur  manfaatkan untuk mencari pekerjaan. Saat pertama masuk ke aplikasi, Sedulur akan diminta untuk memilih lokasi tempat di mana Sedulur ingin bekerja. Setelahnya, akan tampil beberapa lowongan pekerjaan.

Jika ingin mencari loker yang lebih spesifik, Sedulur dapat memanfaatkan search bar yang ada di bagian tengah atas layar. Aplikasi ini sangat praktis. Sedulur dapat langsung melamar pekerjaan dari aplikasi, dan akan diarahkan ke web resmi perusahaan.

9. KitaLulus

KitaLulus memiliki fitur yang cukup lengkap. Bahkan, ketika Sedulur masuk ke dalam aplikasi, Sedulur dapat langsung melihat daftar pekerjaan yang beragam, bahkan dipisah ke dalam beberapa kategori yang berbeda.

Sedulur bahkan dapat langsung melamar pekerjaan dari dalam aplikasinya. Sebelum melamar, pastikan dulu Sedulur sudah masuk atau mendaftar ke dalam aplikasi.  Tak hanya bisa melamar kerja, di dalam aplikasi ini Sedulur dapat menambah ilmu dengan mengerjakan latihan-latihan soal, juga bergabung dengan komunitas yang ada di dalam aplikasi.

10. Freelancer

Jika sebelumnya aplikasi lowongan kerja yang lebih banyak dikhususkan untuk para pekerja tetap, berbeda dengan aplikasi Freelancer ini. Sesuai dengan namanya, aplikasi Freelancer merupakan sebuah aplikasi pencari kerja untuk Sedulur yang mencari lowongan kerja paruh waktu.

Sedulur hanya perlu untuk mendaftarkan data diri Sedulur untuk melakukan Sign Up. Sedulur juga bisa mengajukan proposal untuk lebih dipercaya oleh para perusahaan meskipun Sedulur hanya seorang freelance. Sedulur bisa tunjukan profesionalisme Sedulur di sini. Siap? Unduh Freelancer di Google PlayStore.

BACA JUGA: 15 Aplikasi Pembukuan Transaksi Terbaik 2023 untuk Usahamu!

11. Glints

kognitif adalah
Unsplash

Selanjutnya, ada aplikasi yang memberikan lowongan kerja bernama Glints. Aplikasi Glints menawarkan ragam jenis lowongan pekerjaan dari berbagai bidang yang berbeda. Selain menyediakan lowongan pekerjaan, di Glints Sedulur juga dapat mengakses informasi seputar pekerjaan secara general.

Ada grup yang membagikan informasi seputar lowongan kerja, ada kursus-kursus yang bisa Sedulur ikuti, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, dan informasi seputar lowongan kerja yang ada juga terbilang lengkap. Tertarik untuk menggunakan Glints?

12. Panggilin

Panggilin adalah aplikasi lowongan kerja yang cocok untuk freelancer. Di aplikasi ini, penggunanya dapat membuat penawaran jasa di berbagai bidang dan menentukan tarif yang sesuai. Atau, ada pula yang langsung ingin mengerjakan ‘tugas’ dan pekerjaan tertentu, sesuai dengan bidangnya.

Salah satu bidang pekerjaan populer di Panggilin adalah penulisan dan penerjemahan. Di sini, akan ada job owner yang mencari jasa pengetikan, penulisan artikel, ataupun penerjemahan. Tarifnya beragam, tergantung tingkat kesulitan pekerjaannya.

13. JobsDB

Sama halnya dengan JobStreet, JobsDB merupakan sebuah aplikasi penyedia lowongan pekerjaan yang masih satu induk dengan JobStreet. JobsDB pertama kali didirikan pada tahun 1998, setahun setelah JobStreet berdiri.

Yang membedakan antara JobsDB dengan JobStreet yaitu wilayah operasional JobsDB jauh lebih luas yang melingkupi seluruh Asia. Aplikasi JobsDB telah diunduh dan digunakan oleh 1 juta lebih pengguna di Asia. Terdapat sekitar 120 ribu lowongan pekerjaan yang ditawarkan melalui aplikasi JobsDB.

14. Karir

Rekomendasi aplikasi cari kerja selanjutnya yaitu Karir. Karir adalah aplikasi pencari kerja yang lebih dahulu dikenal melalui situs website bernama karir.com. Portal ini dikembangkan oleh PT Karir Komunika Pratama yang berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Karir.com merupakan portal pencari kerja pertama di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1999. Saat ini, aplikasi Karir telah dipercaya oleh lebih dari 5 juta pencari kerja di Indonesia. Aplikasi Karir memiliki fitur menarik berupa layanan tes pengembangan diri yang dapat diakses secara gratis. Tes tersebut meliputi tes bahasa Inggris, tes minat, serta tes gaya komunikasi.

15. Fiverr

Rekomendasi aplikasi cari kerja lainnya yaitu Fiverr. Kelebihan aplikasi ini yaitu sangat ringan dan mudah dibukan lalu juga dapat digunakan sebagai aplikasi untuk menjual jasa. Namun, aplikasi ini juga memiliki potongan biaya dalam pencairan honor dengan waktu yang cukup lama.

Namun aplikasi ini memberikan berbagai program pekerjaan lepas seperti programming, desain grafis, penulis, dan lain-lain, bisa Sedulur dapatkan di aplikasi ini. Sedulur juga bisa mendapatkan pekerjaan dari luar negeri. Fiverr menyediakan metode pembayaran yang aman dan cepat bagi freelancer dan perusahaan

16. Sampingan

Unsplash

Aplikasi terakhir untuk mencari kerja dan penghasilan yaitu Sampingan. Belum lama ini, Sampingan mengubah namanya menjadi StaffinJobs. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer PT Sampingan Mitra Indonesia.

Di dalam aplikasi ini menawarkan beberapa program pekerjaan lepas, mulai dari pengumpulan data, kerja harian dan juga reseller. Memiliki antar muka yang simple dan praktis, Sedulurbisa menambah pundi-pundi keuangan sebagai penghasilan sampingan lewat aplikasi pekerjaan sampingan ini.

Untuk saat ini aplikasi Sampingan baru tersedia di di Google Play Store untuk pengguna Android.

Nah itulah beberapa rekomendasi aplikasi cari kerja yang bisa Sedulur gunakan untuk mencari beberapa lowongan kerja yang bisa saja berpotensi untuk Sedulur. Di era digital yang sangat maju saat ini, informasi bisa dengan mudah Sedulur dapatkan, termasuk dalam mencari kerja. Semoga daftar aplikasi di atas membantu Sedulur, ya!