freelance adalah

Bagi Sedulur yang masing beranggapan freelance adalah pengangguran, agaknya Sedulur harus upgrade pemahaman Sedulur terkait salah satu pilihan profesi ini. Pasalnya, di era digital saat ini, menjadi seorang pekerja lepas merupakan sebuah pilihan yang menjanjikan.

Freelance adalah seseorang yang bekerja secara lepas, biasanya mereka mengerjakan project berdasarkan kesepakatan dan tidak terikat. Untuk mengetahui lebih lengkap terkait pekerjaan satu ini, mari kita langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: HRD: Pengertian, Fungsi, Tugas, & Kualifikasi untuk Karirnya

Apa itu freelance?

freelance adalah
CheddarDen

Freelance adalah pekerjaan lepas yang dijalanan secara mandiri, serta bukan untuk pekerjaan jangka panjang. Istilah yang tepat itu freelance atau freelancer? Keduanya merupakan istilah yang tepat, freelance merupakan jenis pekerjaan, sementara freelancer sendiri merupakan seseorang yang menjalankan pekerjaan tersebut.

-->

Seorang pekerja lepas tidak terikat dengan peraturan di sebuah perusahaan, mereka hanya taat pada kontrak yang disepakati. Dalam pengertian lain, freelance adalah part time atau pekerjaan sampingan yang dilakukan dalam jangka pendek berdasarkan waktu kerja yang disepakati.

Salah satu contoh pekerjaan freelance yang umum adalah menjadi penulis atau jurnalis independen, yang membuat karya tulisan untuk kepentingan tertentu berdasarkan kesepakatan.

Konsep dan cara kerja freelance

Pikiran Rakyat

Karena freelancer adalah profesi yang berkaitan dengan sebuah pekerjaan dan menghasilkan uang, Maka terdapat sebuah konsep yang menjadi landasan kerja dari freelance itu sendiri. Secara sederhana, ini merupakan sebuah ‘peraturan tidak tertulis’ bagi setiap pekerja lepas.

Freelance adalah pekerja lepas, bukan karyawan, hal ini merupakan konsep dasarnya. Oleh karena itu setiap freelancer memiliki kebebasan untuk menyelesaikan pekerjaannya, bebeda dengan karyawan yang dituntut untuk menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu. Cara kerja freelance berbeda dengan karywan.

Cara kerjanya lebih bebas, berdasarkan pada kesepakatan kerja antara freelancer dengan klien. Freelancer wajib menuntaskan pekerjaannya berdasarkan keterampilan, pendidikan dan pengalaman yang dimilikinya, sementara itu klien wajib memberikan hak yang wajib diterima oleh freelancer ketika pekerjaan selesai.

Seorang freelancer bebas untuk bekerja di mana pun, baik itu bekerja di rumah, di luar rumah seperti di creative space atau di cafe, hal yang paling penting yaitu setiap freelance dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan sesuai dengan waktu yang disepakati dalam kontrak.

Oleh karena itu, profesi ini sangat cocok sebagai pekerjaan sambingan di luar pekerjaan utama. Sangat berpotensi memberikan penghasilan tambahan setiap bulannya. Bagi pelajar dan mahasiswa juga terbukan lebar untuk menjadi seorang freelancer. Karena banyak jenis pekerjaan freelance untuk pelajar dan mahasiswa yang bisa dilakukan.

Tentu berbagai jenis pekerjaan tersebut tersedia di setiap bidang pekerjaan. Lantas apa saja bidang pekerjaan bagi para pekerja lepas ini? Yuk, kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Bidang pekerjaan freelance

freelance adalah
Divine Styler

Pada dasarnya, contoh kerja freelance dapat Sedulur lihat hampir di setiap bidang pekerjaan. Namun umumnya, pekerjaan freelancer seputar sektor kreatif yang menjual jasanya. Bidang-bidang yang membutuhkan jasa freelancer adalah sebagai berikut:

  • Dunia film
  • Bidang kesenian
  • Jasa desain dan editing
  • Jasa marketing, copywriting, proofreading dan media
  • Bidang musik, akting dan televisi
  • Bidang produksi video, ilustrasi,
  • BIdang pariwisata dan jasa konsultasi
  • Bidang programming dan komputer
  • Bidang event organizer
  • Bidang penerjemahan,
  • Konsultasi dan bimbingan belajar, hingga
  • Banyak bidang lainnya.

BACA JUGA: Telemarketing: Pengertian, Tugas, Karir & Skill yang Dibutuhkan

Bagi Sedulur yang tertarik untuk menjadi seorang freelancer, terdapat beberapa tips dan kiat sukses yang bisa Sedulur pelajari untuk menjalankannya. Kita akan pelajari bersama tips dan kiat suksesnya di bawah ini:

1. Cari platform yang tepat

Firdaus Artikel

Untuk menjadi freelancer, hal pertama yang perlu Sedulur perhatikan sebagai yaitu dengan mencari platform yang tepat. Biasanya, para freelancer memanfaatkan platform media sosial untuk mencari klien dan mencari pekerjaan. Media sosial juga biasanya akan sangat mudah untuk menghubungkan.

Ada banyak platform media sosial yang digunakan, seperti LinkedIn, Instagram hingga Twitter yang bisa memberikan jaringan hingga mengantarkan Sedulur mendapatkan klien dan pekerjaan sebagai pekerja lepas.

2. Bangun profil yang kuat

freelance adalah
Ladiestory

Freelance adalah sebuah profesi yang mempertimbangkan kualitas pekerja itu sendiri. Oleh karena itu, penting bagi Sedulur untuk membangun profil yang kuat sebagai seorang freelancer. Profil yang kuat bisa Sedulur mulai dengan membangun CV yang baik dengan memberikan setiap informasi terkait kemampuan yang Sedulur miliki dan pekerjaan apa saja yang telah Sedulur selesaikan.

Ini sebagai pertimbangan para klien untuk mempekerjakan Sedulur dan menggunakan jasa Sedulur sebagai pekerja lepas. Oleh karena itu, profil yang kuat merupakan hal penting untuk dijalankan.

3. Buat portofolio yang mendukung

Beauti Lifestyle

Seelanjutnya, Sedulur bisa membangun portofolio yang mendukung CV. Sedulur bisa menyantumkan setiap pekerjaan dan karya yang pernah Sedulur buat. Terutama untuk setiap project freelance yang Sedulur kerjakan. Seperti misal, jika Sedulur seorang freelance content writer. Sedulur bisa mencantumkan setiap tulisan Sedulur di dalam CV.

Lebih banyak tulisan lebih baik, akan lebih baik lagi setiap tulisan yang tersebar di berbagai media. Ini akan menunjukan sejauh mana pengalaman Sedulur sebagai seorang pekerja lepas, dan dapat menilai langsung kualitas pekerjaan Sedulur melalui portofolio yang Sedulur miliki.

4. Cari bidang yang cocok

Freelance adalah
Fimela

Di atas telah dijelaskan bidang-bidang yang menggunakan jasa pekerja lepas. Sedulur tinggal memilih bidang yang cocok dengan kemampuan Sedulur dan ketertarikan Sedulur. Setelah Sedulur menentukan bidang yang cocok, Sedulur bisa mulai mencari peluang untuk menjadi freelancer di bidang tersebut.

Contohnya di bidang copywriting, Sedulur bisa mencari perusahaan dan startup yang tengah membutuhkan jasa penulisan copy untuk kepentingan marketing. Tawarkan jasa dan kemampuan Sedulur, kemudian jalin kerjasama dan mulai menulis copy. Pastikan Sedulur mengerjakannya dengan baik sehingga bisa memberikan hasil yang memuaskan.

BACA JUGA: Devops Engineer: Pengertian, Tanggung Jawab & Prospek Karir

5. Jalin hubungan yang baik dengan klien

freeCodeCamp

Terakhir, Sedulur bisa menjalin hubungan yang baik dengan setiap klien yang menggunakan jasa freelance Sedulur. Dengan hubungan baik yang terjalin, bisa menjadi pintu untuk kesempatan project dan pekerjaan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Sedulur untuk memperhatikan kualitas pekerjaan yang dilakukan.

Selain itu, dengan setiap pekerjaan yang dilalui, Sedulur dapat membangun portofolio yang sempurna untuk dijadikan sebagai modal, entah untuk mencari klien yang lain atau sebagai modal Sedulur untuk mencari pekerjaan tetap.

Kini Sedulur telah tahu bahwa freelance adalah pekerja lepas yang bisa mendapatkan bayaran untuk setiap pekerjaan yang diselesaikan. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur memahami apa itu freelance dan mendorong Sedulur untuk menjadi freelancer agar bisa memberi penghasilan tambahan.  Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.