SEO Specialist

Apa yang terlintas di pikiran Sedulur ketika mendengar kata SEO? Apakah itu istilah yang penting dipelajari? Nah, istilah SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang penting dipelajari bila Sedulur ingin terjun di bidang digital marketing. Nantinya, seorang ahli SEO akan dikenal sebagai SEO Specialist.

SEO Specialist merupakan seseorang yang mampu menganalisa dan memahami struktur sebuah situs, serta berbagai kata kunci atau keywords yang terkait. Ia juga melakukan optimasi dengan teknik-teknik khusus, sehingga situs dapat memperoleh posisi terbaik pada mesin pencari seperti Google, untuk kata pencarian yang diinginkan. Penasaran bagaimana tanggung jawab, gaji, dan jenjang karir dari seorang SEO Specialist? Simak informasinya pada artikel berikut, yuk!

BACA JUGA: Pengertian Profesi Akuntansi Beserta Profesi Menjanjikan

Pengertian SEO Specialist

seo specialist
iStock

Search Engine Optimization (SEO) Specialist merupakan profesi yang menggunakan skill analitik dan marketing untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada website dan meningkatkan ranking website perusahaan di SERP (Search Engine Results Page). Tak jauh berbeda dengan pekerjaan digital marketing lainnya, SEO Specialist juga bertugas untuk meningkatkan jumlah sales pada perusahaan mereka. 

-->

Sesuai dengan namanya, SEO Specialist akan berkaitan dengan dunia optimasi mesin pencarian atau search engine. Mereka juga bisa dikatakan sebagai seorang pakar SEO yang memiliki pengalaman dan skill khusus pada dunia internet marketing. Secara umum, pakar atau ahli SEO semacam ini sangat dicari oleh para pemilik bisnis startup, karena mereka ingin meningkatkan penjualan dari website dan mesin pencarian.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa seorang SEO Specialist tidak hanya paham akan cara menulis dengan keywords, namun juga harus paham mengenai tampilan image maupun cara memaksimalkan website agar menarik audiens. Ahli SEO juga harus rutin memonitor performa website sehingga bisa diketahui bagian mana saja yang perlu dioptimasi lagi.  

Dengan melakukan keyword research menggunakan tools SEO, seperti Google Analytics dan Ahrefs, ahli SEO dapat meningkatkan visibilitas sebuah website di mesin pencari Google. Tak hanya bekerja sendiri, mereka juga harus bekerja sama dengan anggota tim lain dalam divisi marketing, guna meningkatkan traffic dan meningkatkan user engagement.

BACA JUGA: 7 Tips untuk Persiapan Ketika Memutuskan Career Switch

Tanggung jawab SEO Specialist

seo specialist
iStock

Bila ingin menjadi seorang ahli SEO, ada beberapa tanggung jawab yang harus kamu penuhi. Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab sebagai seorang SEO Specialist.

  1. Membuat tujuan yang terukur guna memonitor performa dan perkembangan inisiatif marketing.
  2. Membuat strategi SEO yang tepat agar dapat meningkatkan ranking website di Search Engine Results Page (SERP).
  3. Berkomunikasi dan berkolaborasi dengan tim marketing yang lain agar bisa menyatukan tujuan dan mengatur strategi SEO.
  4. Melakukan keyword research secara mendalam untuk digunakan pada website perusahaan maupun berbagai material marketing.
  5. Memproduksi dan menulis konten website dengan kualitas yang baik, seperti artikel blog post dan deskripsi halaman yang disesuaikan dengan target audience.
  6. Mendistribusikan konten secara menyeluruh untuk mendapatkan lebih banyak situs eksternal sebagai backlink untuk meningkatkan otoritas.
  7. Mengupdate konten dan link website secara rutin untuk optimasi yang maksimal, sehingga mampu meningkatkan ranking di SERP.
  8. Membuat rekomendasi teknis seputar SEO kepada developer.
  9. Secara konstan melakukan monitoring search terms, ranking, serta analytics untuk mengetahui bagaimana performa website dan apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan performa. 
  10. Memonitor algoritma search engine agar bisa terus mengikuti update yang ada, terhadap algoritma yang ada dan mengoptimasi konten SEO.

KPI seorang SEO Specialist

seo specialist
iStock

Lalu, seperti apa KPI atau Key Performance Indicator dari seorang ahli SEO? Sederhananya, seorang ahli SEO Specialist akan bertugas untuk membuat website perusahaan bisa mendapatkan ranking teratas di mesin pencari Google. Nah, mereka akan menggunakan berbagai pendekatan untuk proses optimasi search engine dan bekerja secara langsung dengan berbagai pihak, seperti web developer, content creator, maupun tim marketing lainnya, untuk membuat konten dan memastikan bahwa konten tersebut bisa tampil dengan baik.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa KPI seorang ahli SEO adalah organic traffic. Organic traffic merupakan lalu lintas dari pengunjung website yang dihasilkan dari hasil pencarian secara organik di search engine atau mesin pencari seperti Google, Mozilla Firefox, Bing, dan lain-lain.

BACA JUGA: Performance Appraisal: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Contohnya

Jenjang karir SEO Specialist

seo specialist
iStock

Profesi ini juga memiliki jenjang karir yang menggiurkan. Sehingga, Sedulur yang tertarik untuk menggeluti bidang ini bisa semakin yakin untuk memulai karir sesegera mungkin.

1. Junior SEO Specialist

Pada tahun pertama, Sedulur akan memulai karir sebagai Junior SEO Specialist. Sedulur akan mulai bekerja dengan menguji, menganalisis, dan mengubah website agar dapat lebih ramah dengan mesin pencari. Pada beberapa kasus, posisi ini akan berkaitan erat dengan tim pengembangan web atau web developer untuk memastikan bahwa praktik SEO yang digunakan dapat dilakukan untuk semua komponen halaman website.

Jadi, seorang ahli SEO junior akan memiliki tanggung jawab yang mencakup keyword research, on page dan off page optimization, link building, SEO reporting, dan pengoptimalan konten artikel bersama copywriter, dengan fokus utama pada trafik organik pada website.

2. SEO Executive

Di tahun berikutnya, Sedulur dapat meningkatkan jenjang menjadi seorang SEO Executive. Setelah mendapatkan pengalaman substansial dalam praktik dan analitik terbaik SEO, Sedulur akan lebih fokus dalam melakukan analisis on-site dan off-site dari website kompetitor perusahaan.

Dalam masa ini, beberapa tools yang penting untuk dipahami antara lain Google Analytics, AHREFS, SEMRush, dan SEO Tools lain yang berfungsi untuk membuat Website Performance Report. Tools tersebut akan membantu tim konten agar dapat membuat konten artikel yang SEO friendly, informatif dan tentunya  berkualitas tinggi. Selain trafik organik pada website, fokus utama yang lain adalah menganalisa website kompetitor sebagai acuan improvement.

3. SEO Manager

Bila Sedulur sudah bekerja selama dua sampai tiga tahun sebagai SEO Executive, Sedulur bisa mengisi jenjang karir sebagai SEO Manager. Dalam posisi ini, tanggung jawab yang dipegang adalah merencanakan, menerapkan, dan mengelola strategi SEO perusahaan secara keseluruhan. 

Beberapa tugas yang dilakukan antara lain web marketing, content strategy planning, web analysis, link building, dan keyword strategy. Pada tahap ini, Sedulur biasanya akan dibantu oleh anggota tim, baik Content Writer, Graphic Designer, dan Junior SEO Specialist dalam satu divisi.

4. Head of Digital

Jika masih ingin bertumbuh dan menaikkan jenjang karir, Sedulur dapat meningkatkan posisi menjadi seorang Head of Digital. Dalam posisi ini, tanggung jawab Sedulur akan semakin kompleks dan lebih besar dari posisi sebelumnya. 

Sebagai Head of Digital, Sedulur akan bertanggung jawab untuk memastikan praktik dan proses terbaik di seluruh tim digital untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Mulai dari mengelola, memonitor, dan melakukan approval dari segala aktivitas tim digital. 

Selain itu, Sedulur juga harus mencari solusi dan membuatkan suatu rekomendasi untuk perbaikan sistem dan infrastruktur digital perusahaan. Pada posisi ini, Sedulur akan menerima report organik maupun paid dari SEO Specialist dan Digital Marketing Specialist. Selanjutnya, Sedulur harus bisa menentukan dan menyarankan langkah yang harus dilakukan selanjutnya.  

BACA JUGA: 12 Contoh Notulen Rapat Beserta Cara Membuatnya

Gaji SEO Specialist

seo specialist
iStock

Membahas gaji, seorang SEO specialist memiliki gaji yang sangat kompetitif dan bervariasi. Hal tersebut bergantung pada tanggung jawab yang diberikan oleh suatu perusahaan yang mempekerjakan. 

Ada perusahaan yang membutuhkan seorang ahli SEO untuk melakukan praktik SEO yang relatif mudah karena hanya mengoptimalkan website bisnis kecil yang memiliki tingkat persaingan yang rendah. Selain itu, ada juga sebagian perusahaan membutuhkan ahli SEO untuk mengawasi strategi komprehensif SEO serta mengelola tim SEO yang besar.

Berikut adalah beberapa gambaran gaji seorang SEO specialist dari beberapa perusahaan yang ada di Jakarta.

  •  Gaji SEO associate di IDN Media sekitar Rp5.000.000.
  • Gaji SEO content specialist sekitar Rp7.000.000-Rp8.000.000.
  • Gaji SEO executive Traveloka sekitar Rp10.000.000.
  • Gaji SEO specialist di Hashmicro sekitar Rp6.000.000-Rp7.000.000.
  • Gaji SEO specialist Tokopedia sekitar Rp8.000.000-Rp9.000.000.
  • SEO content writer di Bukalapak sekitar Rp8.000.000-Rp9.000.000.
  • SEO content writer di Sinteki Digital Solusi sekitar Rp5.000.000-Rp6.000.000.
  • SEO specialist di Astra Internasional sekitar Rp9.000.000-Rp10.000.000.
  • SEO specialist di iProspect sekitar Rp6.000.000.
  • SEO strategist di Digitel sekitar Rp7.000.000.

Cara menjadi SEO Specialist

seo specialist
iStock

Bila Sedulur tertarik untuk menjadi seorang ahli SEO, ada beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan. Tidak harus berasal dari jurusan di bidang IT untuk bisa berkarir disini, karena bidang ini dapat dipelajari dari dasar atau dari nol pengalaman. Bila bisa memenuhi kriterianya, Sedulur bisa langsung berkarir di bidang ini. 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan. 

  1. Memahami tentang algoritma mesin pencari

Untuk menjadi seorang ahli SEO, Sedulur harus memahami dengan baik algoritma mesin pencari dan update dengan perkembangannya. Mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo memiliki tiga mesin utama berupa Crawling (konten), Indexing (menyimpan dan melacak konten), dan retrieval (konten yang berkaitan dengan yang dicari pengguna) yang harus dipahami dengan baik.

  1. Update dengan trend SEO terbaru

Berikutnya adalah selalu update dengan perkembangan SEO terbaru. Hal ini karena sejak tahun 2002, Google telah membuat perubahan mengenai algoritma utamanya secara eksplisit. Sehingga, sebagai seorang ahli SEO Sedulur harus mampu mengikuti perkembangannya.  

  1. Memahami cara pemeliharaan website

Meski bisa menjadi ahli SEO dari berbagai latar belakang dan tidak harus paham dengan bahasa pemrograman, namun Sedulur perlu mengerti cara kerja penggunaan website. Mulai dari penempatan artikel, attachment, gambar, dan link. 

  1. Menguasai bahasa Digital Marketing

Selain memahami cara pemeliharaan website, Sedulur juga perlu menguasai bahasa digital marketing. Sedulur harus mampu menjadikan konten yang ditampilkan mampu bersaing dengan kompetitor, baik dalam hal penyampaian informasi maupun kemudahan dalam mengakses produk atau layanan yang ingin dibeli.  

  1. Memahami beberapa tools SEO

Terakhir, Sedulur harus memahami beberapa tools SEO untuk menunjang kerja. Diantaranya adalah Google Analytics, Google Webmaster tools, Semrush, Google Adwords, dan Ahrefs. Beberapa software tersebut akan membantu Sedulur untuk memantau, menganalisa, dan memperbaiki hasil kerja.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai SEO Specialist beserta tanggung jawab, gaji, dan jenjang karirnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang ingin menggeluti profesi di bidang digital marketing. Semoga bermanfaat, ya!