public speaking

Salah satu kemampuan yang banyak dibutuhkan dalam dunia kerja adalah public speaking. Kemampuan berbicara di depan umum ini dapat membantu seseorang saat melakukan presentasi. Dengan kemampuan public speaking yang baik, orang lain akan tertarik dengan topik yang sedang dibicarakan.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan istimewa ini. Banyak yang merasa malu dan tidak fokus jika harus berbicara di hadapan khalayak ramai. Bahkan, sebagian orang juga ada yang sampai berkeringat dingin, merasakan mual, hingga gangguan kecemasan lain saat dipaksa berbicara di depan umum.

Nah, apabila Sedulur merasa kurang dalam kemampuan public speaking dan ingin meningkatkan kemampuan satu ini. Sedulur bisa menyimak informasi mengenai manfaat, tujuan, dan tentunya cara meningkatkan kemampuan public speaking secara praktif, efektif dan efisien seperti berikut!

BACA JUGA: 13 Cara Mengembangkan Potensi Diri Untuk Karirmu!

Pengertian dan metode public speaking

public speaking
iStock

Secara umum, public speaking diartikan sebagai suatu seni berbicara di depan umum yang digunakan untuk menarik minat audiens sehingga mereka ikut terlibat dalam presentasi. Kemampuan berbicara ini menjadi salah satu kemampuan wajib yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha untuk bisa membangun relasi bisnis yang baik.

Public speaking juga dapat diartikan sebagai sebuah seni berpidato yang membuat pembicara berkomunikasi dengan audiens melalui presentasi lisan. Seni berbicara di depan umum ini juga dianggap sebagai kemampuan yang penting untuk membangun relasi dengan audiens yang hadir, baik dengan orang-orang yang sudah dikenal atau belum sama sekali.

Dengan kemampuan ini, Sedulur pasti bisa berbicara dengan lancar di hadapan banyak orang. Rasa percaya diri juga akan meningkat seiring dengan pemahaman terkait kemampuan berbicara di depan umum ini. Selain itu, Sedulur juga akan terlihat lebih menonjol dan berani saat memasuki dunia profesional. 

Sebelum melanjutkan pembahasan berikutnya, ada baiknya jika Sedulur mengetahui beberapa metode yang biasa digunakan dalam praktik public speaking. Berikut adalah ulasannya.

  1. Metode Membaca Naskah

Metode membaca naskah atau metode manuscript merupakan teknik yang dilakukan dengan cara membaca naskah saat sedang berpidato atau berbicara di depan umum. Sesuai dengan definisinya, Sedulur harus mempersiapkan naskah sebelum membacakannya di hadapan banyak orang. 

Meskipun banyak orang menganggap metode ini mudah, namun metode manuscript ini tetap memiliki tantangan tersendiri. Hal ini karena pembicara akan lebih fokus pada naskah yang dibawa saja, tanpa melakukan improvisasi lainnya.  

Secara umum, metode membaca naskah ini dilakukan oleh para pejabat negara yang akan memberikan sebuah sambutan di suatu acara. Mereka biasanya hanya bertugas membaca saja, sedangkan naskahnya sudah disiapkan oleh pihak yang dikenal sebagai protokoler.

  1. Metode Impromptu

Metode berikutnya adalah impromptu, yakni metode yang dilakukan secara insidental atau dibuat secara langsung di tempat. Metode ini biasanya digunakan oleh orang-orang profesional yang sudah berpengalaman dalam berbicara di depan umum.

Mereka biasanya langsung membuat bahan tanpa melakukan persiapan apapun termasuk latihan. Meski begitu, apa yang mereka sampaikan tentunya tetap jelas dan lancar karena sudah terbiasa dan jam terbangnya sudah tinggi.  

  1. Metode Hafalan

Metode hafalan juga diterapkan dalam praktik public speaking. Sesuai dengan namanya, metode ini dilakukan dengan menghafalkan naskah yang sebelumnya telah disiapkan. Meskipun terkesan mudah, namun ternyata praktiknya tidak semudah itu. Perlu ingatan yang baik untuk benar-benar menguasai semua materi yang sudah dibaca sebelumnya. Metode ini biasanya dilakukan oleh para mahasiswa saat melakukan sidang skripsi.

  1. Metode Using Note atau Extempore

Metode yang terakhir adalah Using Note atau Extempore. Bisa dikatakan bahwa metode ini merupakan gabungan dari beberapa metode di atas, sebab metode ini membutuhkan kemampuan membaca naskah, menghafal, dan improvisasi.  

Cara menggunakan metode ini, yaitu dengan mencatat kerangka materi yang akan disampaikan kepada audiens. Selanjutnya, catatan tersebut digunakan sebagai gambaran alur atau garis besar pembicaraan yang akan dibicarakan.  

BACA JUGA: Tugas Creative Design dan Bedanya dengan Graphic Design

Dasar public speaking

public speaking
iStock

Saat berbicara di depan umum, ada beberapa dasar yang perlu Sedulur pahami dengan baik. Berikut adalah uraiannya.

  1. Percaya Diri

Hal mendasar yang harus ditanamkan pada diri seseorang untuk bisa menguasai public speaking adalah rasa percaya diri. Hal ini karena kepercayaan terhadap diri sendiri akan membuat informasi tersampaikan dengan baik kepada audiens.

Selain itu, dengan rasa percaya diri, Sedulur akan lebih mudah dalam menjalin komunikasi dua arah dengan para audiens. Lebih dari itu, rasa percaya diri juga akan membuat aura yang Sedulur miliki lebih terpancar dengan baik. 

  1. Postur dan Bahasa Tubuh

Berikutnya adalah postur dan bahasa tubuh. Keduanya menjadi dasar public speaking karena postur tubuh akan memperkuat citra diri seseorang. Sebisa mungkin, Sedulur harus menggunakan postur tubuh yang tegak dan mengarah ke audiens saat berbicara. 

Caranya, Sedulur bisa membuka kaki sejajar dengan bahu jika berada dalam posisi berdiri. Usahakan untuk memberi jarak yang pas, yakni tidak terlalu lebar atau tidak terlalu kecil. Sebab, jarak bukaan kaki yang tidak pas akan membuat tubuh merasa lelah dan tegang.

Selain berdiri, Sedulur juga bisa berbicara sambil berjalan perlahan-lahan. Jangan lupa juga untuk menggunakan bahasa tubuh yang baik, sehingga Sedulur tidak akan terlihat kaku saat menyampaikan informasi dan terhindar dari rasa grogi. 

  1. Kenali Pendengar 

Selain dua hal di atas, Sedulur juga harus mengenali terlebih dahulu siapa pendengar yang akan dihadapi. Dengan dasar ini, Sedulur akan lebih mudah dalam menentukan seperti apa pembawaan presentasi yang akan dilakukan. 

Misalnya, jika Sedulur akan melakukan presentasi di hadapan orang-orang penting yang jauh lebih tua, maka bawakan presentasi dengan formal. Sementara jika menyampaikan materi untuk orang-orang yang lebih muda, Sedulur bisa membawakannya dengan sikap lebih kasual.  

  1. Kontak Mata

Dasar public speaking lainnya adalah kontak mata dengan para pendengar. Kontak mata ini dinilai sangat penting karena Sedulur bisa terlihat lebih hidup dan benar-benar berbicara dengan orang-orang yang ada di depan Sedulur. 

Kontak mata juga akan membuat pembawaan Sedulur lebih berwibawa dan semakin percaya diri. Selain itu, dengan melakukan kontak mata, Sedulur secara tidak langsung telah membuat para pendengar lebih fokus dan mereka akan antusias untuk terlibat dalam pembicaraan. 

Tujuan public speaking

iStock

Ditinjau dari tujuannya, public speaking memiliki beberapa tujuan, diantaranya: 

1. Menyampaikan informasi

Tujuan utama kemampuan berbicara di depan umum adalah memberikan informasi. Tujuan dasar ini dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menyampaikan suatu informasi kepada orang lain, baik yang dikenal sebelumnya atau yang baru bertemu pertama kali.  

Jenis informasi yang disampaikan juga sangat beragam. Antara lain ilmu pengetahuan, kampanye, gerakan sosial, pengumuman, hingga berita terkini. Jika pendengar mampu memahami, mempertahankan, dan menerapkan informasi yang sudah disampaikan, maka pembicara bisa dikatakan berhasil melakukan praktik public speaking

2. Memberikan motivasi

Selaras dengan tujuan sebelumnya, berbicara di depan umum juga bisa dimanfaatkan dalam memberikan motivasi. Tujuan ini biasanya digunakan oleh para motivator, guru, hingga atasan yang ingin melihat bawahannya berkembang lebih baik. Dengan teknik penyampaian yang tepat, pola pikir seseorang akan terpengaruhi menjadi lebih bersemangat.

3. Mengendalikan situasi

Kemampuan berbicara di depan umum juga menjadi salah satu cara jitu untuk mengendalikan situasi. Cara ini bisa diterapkan dalam banyak hal, misalnya pada saat acara yang mulai ricuh, seseorang yang tampil di depan akan mampu menghentikan kericuhan yang ada dengan kalimat-kalimat sakti yang diucapkan. 

4. Memengaruhi audiens

Berbicara di depan umum juga bertujuan untuk memengaruhi audiens. Hal ini karena audiens merupakan tujuan yang mendasar, sehingga informasi dalam sebuah pidaro akan dinyatakan berhasil bisa dapat tersampaikan dengan baik dan efektif. Tujuan ini biasanya dilakukan oleh para sales untuk memengaruhi konsumen agar membeli produk yang ditawarkan. 

5. Menghibur

Tujuan terakhir dari berbicara di depan umum adalah menghibur audiens. Tujuan ini bisa Sedulur amati dalam acara stand up comedy, dimana para komedian akan berbicara di depan umum dan para penonton akan mulai tertawa dengan materi yang disampaikan. Para komedian juga tidak hanya memanfaatkan cerita lucu, namun juga menggunakan gestur tubuh dan mimik muka yang bisa menimbulkan gelak tawa di kursi penonton. 

BACA JUGA: Desainer Grafis: Pengertian, Jenis, Tugas dan Prospek Karir

Manfaat public speaking

public speaking
iStock

Mengapa mempelajari public speaking itu penting? Sebab ada banyak manfaat yang bisa Sedulur dapatkan dalam menunjang karir. Berikut adalah ulasannya.

1. Meningkatkan kepercayaan diri

Manfaat public speaking yang pertama adalah membantu Sedulur dalam meningkatkan rasa percaya diri. Hal ini tentu saja akan sangat berguna dalam perkembangan jenjang karier di masa yang akan datang. Jika Sedulur percaya diri saat berada di depan banyak orang, maka orang lain akan semakin merasa segan. 

2. Menyampaikan ide dengan lancar

Berbicara di depan umum juga akan membuat Sedulur lebih yakin saat menyampaikan ide atau pendapat. Dengan begitu, keraguan akan berganti dengan keberanian, dan apapun yang Sedulur sampaikan akan terasa lancar. Jika Sedulur bisa menyampaikan ide atau pendapat dengan baik, maka orang lain akan menganggap Sedulur sebagai orang yang berkompeten. 

3. Menumbuhkan leadership

Manfaat lain dari kemampuan berbicara di depan umum adalah menumbuhkan jiwa kepemimpinan atau leadership. Manfaat ini sangat berguna jika Sedulur memiliki cita-cita menjadi seorang pemimpin di suatu organisasi. 

Saat menjadi pemimpin, tugas utama yang biasa dilakukan adalah berbicara dengan bawahan. Baik saat presentasi proyek, meeting, ataupun pada kegiatan lainnya. Dengan kemampuan berbicara di depan umum yang baik, materi atau informasi akan tersampaikan kepada bawahan dengan jelas dan lancar. Hal ini tentu akan meningkatkan rasa percaya bawahan terhadap Sedulur.  

4. Meningkatkan skill berpikir kritis

Lebih lanjut, ternyata berbicara di depan umum juga sangat jitu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Hal ini bisa terjadi karena pada saat menulis naskah yang akan disampaikan kepada pendengar, dibutuhkan pemikiran yang cermat dalam riset audiens maupun menyusun setiap kalimat yang ada.  

5. Meningkatkan jenjang karier

Telah dikatakan sebelumnya bahwa public speaking memiliki pengaruh yang besar terhadap jenjang karier. Hal ini karena secara tidak langsung, kemampuan berbicara di depan umum bisa menumbuhkan relasi profesional yang berakibat pada besarnya peluang untuk mengembangkan karier.  

Selain itu, keterampilan berbicara di depan umum ini juga akan membantu Sedulur untuk terlihat menonjol di tempat kerja. Sedulur akan lebih mudah menyampaikan pendapat saat rapat, mempromosikan ide-ide secara jelas, serta menampilkan diri sebagai sosok yang profesional dan bisa diandalkan.   

6. Menjadi lebih persuasif

Manfaat lain yang bisa Sedulur dapatkan adalah menjadi sosok yang lebih persuasif. Sedulur bisa menyatukan orang-orang di bawah tujuan yang sama dengan public speaking yang baik. Sedulur juga bisa lebih memotivasi orang lain untuk melakukan atau mengambil suatu tindakan tertentu. 

Jika Sedulur adalah seorang sales, maka kemampuan ini sangat wajib dipelajari dan dimiliki. Dengan begitu, target pasar akan merasa yakin untuk membeli produk yang sedang Sedulur tawarkan kepada mereka. Pada akhirnya, Sedulur akan banyak mendapat bonus karena berhasil memenuhi target penjualan yang ditetapkan perusahaan. 

BACA JUGA: Apa itu Management Trainee? Ini Pengertian, Tugas dan Gajinya

Cara meningkatkan public speaking

public speaking
iStock

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Sedulur bisa membaca beberapa caranya pada ulasan di bawah ini.

1. Latihan dengan tekun

Kunci utama dalam meningkatkan public speaking adalah berlatih dengan tekun. Latihan ini akan membuat Sedulur terbiasa dengan olah suara dan olah tubuh yang baik dan benar. Tanpa latihan, Sedulur tentunya tidak akan pernah tahu bagaimana cara berbicara dengan baik di hadapan orang lain. 

Meskipun pada awalnya Sedulur merasa gugup, namun dengan latihan yang tekun, rasa itu perlahan-lahan akan hilang. Dengan banyak berlatih dan mempersiapkan diri dengan baik, apa yang Sedulur sampaikan kepada orang lain akan semakin jelas dan runtut. 

Sedulur bisa berlatih dengan membuat catatan dan membaca atau menghafalnya. Lalu berlatih di depan kaca sebagai permulaannya. Setelah itu, Sedulur bisa mulai merekam video sendiri untuk melihat bagaimana perkembangannya. Selanjutnya, Sedulur bisa menonton kembali video yang telah dibuat dan melihat apa saja yang perlu dievaluasi. 

Jika sudah cukup berani, Sedulur bisa mencoba lagi dengan berlatih bersama teman-teman. Selain meminta teman menjadi pendengar, Sedulur juga bisa mempersilakan mereka untuk memberikan kritik ataupun saran terhadap pidato yang Sedulur lakukan. 

2. Pahami audiens

Langkah berikutnya adalah berlatih memahami audiens. Hal ini cukup penting dipelajari karena di dunia ini ada banyak sekali manusia dengan karakter yang berbeda-beda. Dengan demikian, Sedulur harus memiliki cara khusus untuk membedakan pidato yang akan disampaikan.

Pemahaman akan audiens ini akan membuat Sedulur lebih tepat dalam menyampaikan pesan kepada mereka. Misalnya, audiens yang akan datang memiliki usia antara 15-20 tahun, maka Sedulur bisa menyampaikan pesan dengan lebih santai dan sesekali menyelipkan humor yang sesuai dengan usia mereka. 

3. Latih gaya tubuh

Gaya tubuh juga perlu dilatih dengan baik saat meningkatkan kemampuan public speaking. Hal ini karena komunikasi nonverbal juga diperlukan selain komunikasi verbal. Kombinasi antara gerakan tangan, ekspresi wajah, dan gerakan tubuh akan diperhatikan oleh para audiens. Sehingga Sedulur harus bisa melatih gaya tubuh tersebut dengan baik. 

Posisi tubuh yang tegak dan pandangan mata juga sebisa mungkin tertuju ke arah audiens. Jangan sampai, Sedulur hanya berdiri di satu tempat dan tidak melakukan komunikasi dua arah dengan audiens yang ada. Audiens akan menganggap Sedulur sebagai orang yang kaku. 

4. Pelajari teknik para pemberi presentasi ternama

Cara lain untuk meningkatkan kemampuan public speaking adalah mempelajari teknik presentasi dari para presenter ternama. Sedulur bisa memperkaya kemampuan berbicara di depan umum dengan mempelajari teknik berbicara orang-orang yang sudah berpengalaman. 

Hal yang harus Sedulur pelajari, antara lain bahasa tubuh, cara mengatur kecepatan bicara, hingga cara menggunakan jeda untuk membuat audiens tetap terlibat dan tidak  merasa bosan. Jika memungkinkan, pelajari juga bagaimana mereka menyelipkan humor pada setiap presentasi yang mereka lakukan 

Itu dia informasi terkait public speaking yang penting untuk Sedulur ketahui. Sekali lagi, mempelajari public speaking ini sangatlah penting dalam menunjang karier, sehingga Sedulur bisa mulai meningkatkan kemampuan ini mulai dari sekarang. Selamat belajar dan mencoba!