management trainee

Management trainee atau MT menjadi salah satu pilihan karier yang banyak diincar para fresh graduate. Selain pengembangan kariernya relatif cepat, gaji yang ditawarkan pun dinilai cukup besar. Mengikuti program ini juga memungkinkan seseorang mendapatkan pelatihan untuk menjadi pemimpin masa depan di suatu perusahaan.

Pada umumnya, banyak perusahaan besar multinasional membuka program ini. Penyebutan management trainee di setiap perusahaan bisa berbeda-beda. Ada yang menyebutnya Graduate Trainee Program, Management Development Program, Future Leader Program, dan sebagainya. Bagi Sedulur yang penasaran dan mau tahu lebih lanjut tentang management trainee program, langsung simak pembahasan berikut ini.

BACA JUGA: Apa itu Stakeholder? Pengertian, Contoh, Jenis, & Perannya

Pengertian management trainee

management trainee
Freepik

Management trainee adalah salah satu program perekrutan karyawan baru. Melalui program ini, kandidat yang lolos akan mendapatkan pelatihan dan pengetahuan tentang unit bisnis serta profil perusahaan. Tujuan dari program ini yaitu mempersiapkan karyawan baru yang punya kualitas untuk menempati posisi manajerial. Durasi management trainee tergantung pada kebijakan setiap perusahaan, bisa 1 sampai 2 tahun.

Biasanya, program MT diperuntukkan bagi para fresh graduate. Mengapa demikian? Hal ini karena fresh graduate rata-rata belum memiliki pengalaman kerja sehingga bisa secara maksimal “dibentuk” menjadi calon pemimpin yang memang sesuai dengan nilai-nilai perusahaan. Para fresh graduate yang lolos program MT akan mendapatkan pelatihan dan mengemban nilai-nilai perusahaan dengan baik, tanpa terkontaminasi oleh aspek kepentingan lain, yang mungkin membuatnya tidak mau bertumbuh di perusahaan.

Singkatnya, perusahaan menyelenggarakan program MT ini karena posisi manajer tidak bisa dipegang oleh sembarang orang. Selama program berlangsung, peserta management trainee akan mendapatkan pengetahuan tentang semua proses operasional perusahaan. Setiap anggotanya akan dirotasi ke berbagai pilihan divisi untuk mengamati proses bisnis yang sedang berlangsung. Dari situlah, keahlian makin terasah dan lebih profesional sesuai divisi yang dipelajari.

Selain mempelajari proses operasional perusahaan, peserta management trainee juga belajar tentang pengendalian bisnis, keterampilan perencanaan, manajemen risiko, perencanaan dan manajerial, baik secara teori maupun praktik. Selama program berlangsung, akan diawasi dan dievaluasi oleh supervisor atau manajer.

Tugas management trainee

management trainee
Freepik

Dalam kesehariannya, peserta MT akan bekerja erat dengan manajer. Hal ini karena manajer yang akan memberikan penilaian. Adapun peran dan tugas management trainee secara umum adalah sebagai berikut.

  • Memahami bagaimana sebuah perusahaan beroperasi.
  • Mendukung manajer dalam melaksanakan tugas, misalnya membuat kebijakan baru.
  • Memahami proses kerja dan pencapaian tujuan setiap departemen atau divisi.
  • Memberi dukungan administratif, misalnya menginput data.
  • Berpartisipasi dalam proses perencanaan strategi perusahaan.
  • Membantu manajer mengevaluasi pekerjaan, misalnya membuat laporan atau menganalisis data.
  • Membuat dan melakukan presentasi.
  • Menemukan strategi untuk meningkatkan profit perusahaan dan menurunkan risiko.

Keuntungan mengikuti management trainee

management trainee
Freepik

Peran dan tugas management trainee memang banyak, namun sebanding dengan keuntungan yang diperoleh. Selain bisa belajar sekaligus mendapatkan gaji, ada beberapa keuntungan program MT lainnya. Berikut penjelasannya.

  • Lebih leluasa memilih pekerjaan yang disukai. Beberapa perusahaan menawarkan kepada peserta MT untuk bisa bekerja di departemen atau divisi yang diyakini dapat unggul di dalamnya. Contoh, jika Sedulur merasa unggul di bagian pemasaran, maka Sedulur bisa memilih bekerja di area itu.
  • Mudah mendapat promosi. Setelah program selesai dan berjalan dengan baik, peserta biasanya akan lebih mudah dipromosikan untuk posisi strategis dalam perusahaan yang sesuai dengan kompetensinya.
  • Meningkatkan hard skill dan soft skill. Selama program berlangsung, peserta akan belajar cara berkomunikasi dengan rekan kerja, manajemen waktu, berpikir kritis dan kreatif, negosiasi, serta presentasi. Selain itu, pemahaman tentang technical skill pada software atau tools tertentu juga dapat dipelajari lewat program ini. Misalnya, belajar Microsoft Office, SEO/SEM, bahasa asing, copywriting, dan lain-lain.

BACA JUGA: Apa itu Copywriter? Pengertian, Tugas, Syarat, serta Potensinya

Mekanisme programnya

management trainee
Freepik

Meski banyak diminati, ternyata mekanisme seleksi management trainee sangatlah panjang. Total waktu proses rekrutmen secara keseluruhan bisa sekitar 2—7 bulan. Tahapan seleksinya pun tidak hanya 1 atau 2 kali saja, melainkan hingga 7 kali. Setelah lolos, peserta MT akan dilatih menjadi future leader dari suatu perusahaan. Maka dari itu, setiap peserta harus mampu menjaga performanya di atas rata-rata.

Perlu Sedulur ketahui, status kepegawaian peserta MT belum terbilang aman. Statusnya memang tidak sama dengan pegawai magang, namun juga belum bisa dibilang sebagai pegawai tetap. Peserta MT masih bisa dikeluarkan sewaktu-waktu saat evaluasi buruk. Selain itu, jika Sedulur bergabung dalam program MT, maka harus siap ditempatkan di mana saja.

Keahlian yang harus dimiliki

Freepik

Ada beberapa pengetahuan dan keahlian yang harus dimiliki peserta MT. Biasanya keahlian tersebut menjadi persyaratan umum agar bisa bergabung dalam program ini. Berikut beberapa daftarnya.

  • Cakap dalam berkomunikasi yang baik.
  • Memiliki kemampuan bahasa asing.
  • Fleksibel dan mudah beradaptasi.
  • Kemampuan mengendalikan emosi.
  • Kematangan bersikap.
  • Kemampuan problem solving.
  • Memiliki kemampuan matematika dan komputer.
  • Kemampuan Microsoft Office yang kuat.
  • Kemampuan memimpin.

Gaji management trainee

Freepik

Banyak fresh graduate yang mengincar management trainee karena gajinya relatif besar. Lantas, berapakah besaran gaji seorang management trainee? Melansir dari survei gaji HRD Bacot tahun 2021, rata-rata gaji management trainee adalah Rp9.369.444 dengan gaji minimum Rp6.300.000 dan maksimum Rp11.625.000.

Angka tersebut bisa jadi berbeda dalam penerapannya karena tergantung kebijakan setiap perusahaan dan UMP atau UMK masing-masing daerah. Bagi fresh graduate, angka tersebut tentunya lumayan besar dibandingkan posisi pekerjaan lainnya yang mematok gaji UMP atau UMK untuk lulusan baru. Namun perlu diingat, tugas dan tanggung jawab yang diemban pun lumayan berat.

Jenjang kariernya

Freepik

Selain gaji, hal yang membuat management trainee menjadi primadona bagi fresh graduate maupun jobseeker adalah jenjang kariernya. Management trainee memiliki jenjang karier yang jelas. Setelah berhasil menyelesaikan program ini, Sedulur bisa dipromosikan untuk mengisi posisi penting di perusahaan.

Beberapa posisi yang bisa ditempati seperti Branch Manager dan Business Development Manager. Branch Manager bertanggung jawab pada seluruh kegiatan operasional bisnis di cabang perusahaan. Sementara Business Development Manager bertanggung jawab melakukan berbagai inovasi yang berorientasi pada pengembangan bisnis.

BACA JUGA: Apa Itu Developer? Pengertian, Tugas, & Skill yang Diperlukan

Contoh lowongan management trainee Indonesia

Freepik

Sebenarnya, management trainee lowongannya sangat mudah ditemukan di internet. Jika Sedulur mencari di Google “management trainee lowongan 2021”, maka akan muncul banyak pilihan lowongan yang tersedia, baik di platform pencari kerja maupun langsung dari situs resmi perusahaan.

Umumnya, perusahaan besar berskala multinasional akan mencantumkan program MT di laman resminya. Bila Sedulur ingin mendaftar, sebaiknya langsung ke situs resminya guna menghindari terjadinya penipuan. Nah, sebagai referensi, berikut adalah beberapa lowongan management trainee yang banyak diincar jobseeker dan fresh graduate.

1. Unilever Future Leader Programme

FT UGM

Unilever menjadi salah satu perusahaan FMCG di Indonesia yang membuka program MT. Penamaan programnya adalah Unilever Future Leader Programme atau biasa disingkat UFLP. Program ini berdurasi sekitar 2—4 tahun. Namun, UFLP akan dibuka setiap tahunnya, biasanya di bulan Mei. Adapun proses seleksinya terdiri dari 4 tahapan, antara lain online application, profile assessment, digital interview, dan virtual discovery centre.

Melalui UFLP, Sedulur bisa mendapatkan kesempatan belajar di berbagai divisi. Bahkan, memperoleh pelatihan profesional serta rotasi internasional. Sebagai tambahan informasi, gaji yang ditawarkan perusahaan ini sekitar Rp8,2 juta.

2. Sampoerna Graduate Trainee Program

Lokernas

Ini adalah salah satu lowongan management trainee Surabaya yang bisa Sedulur coba. Sampoerna adalah perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang telah mengolah tembakau sejak tahun 1923. Kantor pusatnya berada di Surabaya, Jawa Timur. Maka dari itu, program ini termasuk lowongan kerja yang ada di Surabaya.

Perusahaan ini membuka program management trainee bernama Sampoerna Graduate Trainee. Program tersebut menyasar lulusan sarjana dan master dengan pengalaman kerja maksimal 2 tahun. Peserta juga harus fluent dalam bahasa Inggris, baik secara verbal maupun tulisan. Meski berkantor pusat di Surabaya, peserta yang lolos management trainee harus siap ditempatkan di mana saja. Gaji yang ditawarkan Sampoerna Graduate Trainee cukup menggiurkan yaitu sekitar Rp9,1 juta.

3. Nestle Management Trainee Program

RRI

Nestle adalah sebuah perusahaan produsen makanan dan minuman di dunia dengan lebih dari 2000 merek. Perusahaan ini akan merekrut kandidat terbaik setiap tahunnya melalui Nestle Management Trainee Program. Adapun kriteria yang dicari program MT Nestle adalah lulusan sarjana dengan maksimal pengalaman kerja 2 tahun, memiliki pengalaman memimpin sebuah organisasi, serta menguasai bahasa Inggris.

Beberapa bagian yang dibuka dalam program MT ini yaitu supply chain, human resource, finance, marketing, corporate affairs, technical, sales, dan IT. Tentunya setiap bagian memiliki kriteria tambahan untuk para pendaftar. Gaji yang ditawarkan dalam program MT Nestle yaitu sekitar Rp6—7 juta.

4. Telkom Great People Trainee Program

Kabar24 – Bisnis

Salah satu BUMN yang membuka program management trainee setiap tahunnya adalah Telkom. Melalui Great People Trainee Program, Telkom mengajak talenta-talenta terbaik bangsa untuk bergabung memenuhi tuntutan global dalam bidang teknologi. Program ini bisa diikuti oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan masa studi S1 maupun S2 dengan nilai IPK minimal 3.00 (S1) dan 3.50 (S2).

Peserta yang lolos Great People Trainee Program harus bersedia menjalani masa ikatan dinas. Selain itu, bersedia juga ditempatkan di seluruh wilayah Telkom. Gaji yang ditawarkan dari program ini sekitar Rp6,7 juta rupiah. Angka tersebut di luar uang kemahalan (setiap lokasi berbeda nominalnya) dan bantuan transportasi.

Demikian pembahasan lengkap mengenai program management trainee. Mulai dari pengertian, tugas, jenjang karier, hingga lowongannya. Semoga bisa menambah wawasan Sedulur tentang dunia kerja serta membantu Sedulur menentukan karier yang tepat ke depannya

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.