Public relation person merupakan salah satu pekerjaan yang dibutuhkan di era digital seperti saat ini. Alasannya karena pekerjaan ini merupakan profesi ini sangat dibutuhkan untuk menyampaikan segala hal yang dibutuhkan oleh perusahaan, startup dan institusi lainnya.

Karena pekerjaan public relation berhubungan dengan masyarakat untuk menyampaikan setiap hal yang penting yang berkaitan dengan perusahaan, startup atau institusi itu sendiri. Bagi Sedulur yang tertarik bekerja di bidang ini. Yuk, kita simak tipsnya di bawah ini!

BACA JUGA: Bidang Pekerjaan Paling Diminati Perusahaan Startup. Fresh Graduate Wajib Tahu!

1. Komunikasi yang baik

public relation person
Startup Guys

Public relation person membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik, ini merupakan hal dasar yang dibutuhkan. Baik kemampuan komunikasi secara lisan atau tulisan. Karena tugasnya berkaitan untuk menyampaikan pesan kepada seluruh pihak, baik internal atau eksternal yang berkaitan dengan perusahaan.

-->

Kemampuan komunikasi ini juga dapat mendukung kemampuan tambahan lainnya, seperti negosiasi, persuasi, presentasi dan menjalin relasi dengan pihak yang berkaitan.

2. Kepemimpinan

Klik Pajak

Seorang public relation person yang handal juga butuh kemampuan memimpin yang baik, karena selalu akan ada masalah yang selalu muncul. Dengan kemampuan ini, permasalahan dapat diatasi dengan menyusun kegiatan dan perencanaan untuk mengatasi setiap masalah.

Ditambah lagi perencanaan perlu dilakukan pengawasan dan evaluasi. Ditambah lagi, kemampuan public relation diharapkan untuk mengorganisir setiap kegiatan yang terjadi dan mampu untuk mengambil keputusan yang tepat secara objektif.

3. Manajemen krisis

rready

Public relation person juga wajib untuk mengendalikan kondisi. Perusahaan atau startup salalu mengharapkan kondisi yang stabil, baik secara internal atau eksternal. Namun, di satu sisi kondisi krisis tidak bisa dihindari. Maka dari itu, seorang yang bekerja dalam posisi ini harus menguasai manajemen krisis sehingga bisa mendapatkan solusi untuk setiap masalah.

BACA JUGA: 5 Skill Perusahaan yang Wajib Dimiliki di Perusahaan Startup

Public Relation Person di Era Digital

Word Templates Online

Di era digital saat ini, terdapat beberapa penyesuaian atas kerja seorang public relation person. Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh seorang public person di era digital saat ini adalah sebagai berikut:

  1. Mampu merancang strategi ditial, termasuk memiliki kemampuan story telling yang baik. Hal ini penting untuk perkembangan perusahaan itu sendiri.
  2. Dapat berkolaborasi dan eksplorasi digital, hal ini penting untuk mengendalikan perhatian publik melalui media sosial dan platform digital lainnya.
  3. Memahami alur kegiatan secara virtual, bertujuan untuk efektifitas kerja perusahaan atau startup itu sendiri.

Nah itulah tadi beberapa tips jadi public relation person yang handal yang dibutuhkan oleh perusahaan. Apakah Sedulur berminat menjadi public relation person?