part time adalah

Kerja part time adalah salah satu solusi untuk mendapatkan penghasilan tambahan, atau juga bagi Sedulur yang masih terikat dengan pekerjaan utama atau terikat dengan status pelajar atau mahasiswa. Di negara eropa, kerja part time adalah pekerjaan yang cukup diminati karena memiliki gaji yang cukup besar walaupun jam kerjanya tidak begitu banyak.

Karena kerja part time adalah salah satu jenis pekerjaan yang tersedia, tentu Sedulur harus mengetahui pengertiannya, seperti apa jenis dan bagaimana tips dan cara menjalani kerja part time. Untuk memulai pembahasan, yuk kita mulai dengan membahas pengertiannya.

BACA JUGA: Devops Engineer: Pengertian, Tanggung Jawab & Prospek Karir

Pengertian part time adalah

Kompas

Part time adalah istilah yang sering kita dengar di dunia kerja dimana istilah ini merujuk kepada pekerja dengan waktu kerja tidak penuh. Pada kenyataannya ada banyak perusahaan maupun usaha yang menyediakan lowongan kerja part time meskipun sudah mempunyai pekerja full time.

Part time adalah pekerjaan paruh waktu yang bertujuan untuk membantu tugas-tugas karyawan tetap yang overwork dengan tugasnya. Pekerjaan ini dijadikan sebagai media untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau sampingan bagi para karyawan atau pekerja.

Sementara itu, bagi perusahaan, part time adalah sistem kerja yang akan memberikan efisiensi kerja dibandingkan harus merekrut pegawai baru yang membutuhkan biaya atau waktu ya glebih lama lagi.

Waktu kerja part time

part time adalah
Pexels

Waktu kerja part time biasanya di atur tidak melebih waktu kerja yang sama dengan waktu kerja para karyawan. Biasanya, karyawan bekerja sekitar 7-8 jam dalam seharinya, sementara waktu untuk kerja part time adalah 3-4 jam.

Bila melebihi dari separuh waktu normal, seharusnya bisa dihitung sebagai lembur bagi pekerja paruh waktu. Pekerja jenis ini juga umumnya tidak terikat dengan perusahaan atau tidak mempunyai kontrak kerja layaknya karyawan kontrak.

Selain itu, pekerja ini juga bisa tidak terikat harus berada di kantor untuk melaksanakan pekerjaannya. Dalam hal gaji atau upah, pekerja paruh waktu dihitung dari berapa hari ia bekerja atau gaji hariannya dan akan diakumulasikan serta diberikan dalam mingguan atau bulanan.

Perbedaan freelance and part time adalah

Okezone

Part time adalah pekerjaan paruh waktu dengan batas kerja yang diatur sesuai dengan kebijakan perusahaan. Sementara itu freelance atau magang merupakan status kerja yang terdaftar secara resmi di dalam perusahaan. Berikut ini perbedaan freelance dan part time yang lebih jelas lagi, yaitu:

1. Feksibilitas waktu

Pekerja part time diharuskan bekerja antara 3-4 jam sehari, sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan dalam waktu tertentu. Sementara itu, freelance lebih bebas lagi waktu karena memiki patokan terhadap deadline kerja yang disepakati.

2. Penghasilan atau upah

Dari segi penghasilan atau upah, pekerja paruh waktu mempunyai upah yang tetap sesuai dengan kontrak awal dengan pemberi kerja. Sementara itu, freelance mendapatkan upah sesuai dengan proyek yang telah dikerjakan.

3. Status kerja

Perbedaan lainnya bisa kita lihat dari statusnya dalam perusahaan dimana pekerja paruh waktu berstatus pekerja kontrak selama periode waktu tertentu. Sedangkan pada freelancer statusnya berdasarkan proyek tertentu saja dimana bila proyek tersebut selesai maka kerja sama dengan klien juga selesai.

4. Keahlian atau skill

Perbedaan selanjutnya yaitu terkait keahlian atau skill. Perbedaannya pada pekerja freelance kemampuan yang harus dimiliki adalah keahlian dalam sebuah proyek. Untuk pekerja paruh waktu harus mempunyai keterampilan teknisnya saja dan pekerja magang lebih kepada bidang keilmuannya.

Jenis pekerjaan part time

part time adalah
Rencanamu

Terdapat beberapa jenis pekerjaan part time yang dibutuhkan. Umumnya part time berkaitan dengan waktu luang yang sesuai. Ketimbang waktu yang dibuang percuma, lebih baik dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Berikut ini beberapa jenis pekerjaan part time yang tersedia, yaitu:

1. Pemandu wisata

Jika Sedulur seorang yang suka bepergian atau travelling, terlebih lagi bila ditambah menguasai bahasa asing maka rekomendasi pekerjaan ini sangat cocok untuk Sedulur. Selain itu, di daerah Sedulur terdapat banyak tempat wisata menjadi pemandu wisata lokal juga layak dicoba.

2. Desain grafis

Bagi Sedulur yang memiliki kemampuan desain dan berjiwa kreatif, menjadi desain grafis bisa Sedulur manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari kerja part time. Pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah maupun kantor sesuai dengan perjanjian, biasanya menjelang momen-momen tertentu banyak percetakan yang kewalahan menangani pesanan.

3. Barista/waiters

Bisnis kedai kopi dalam beberapa tahun ini memang tengah tren dan mempunyai banyak peminat. Kedai kopi tidak hanya dinikmati kopinya saja, banyak kalangan muda yang menggunakan kedai sebagai tempat nongkrong, menyelesaikan pekerjaan hingga tugas kuliah maupun sekolahnya.

4. Guru les

Pekerjaan yang satu ini cocok untuk Sedulur yang mempunyai kemampuan lebih di bidang akademik. Banyak lembaga bimbel yang memang membutuhkan pembimbing atau guru les paruh waktu dan memang mencari mahasiswa yang masih aktif.

5. Penerjemah

Selain menjadi tour guide atau tour leader, kemampuan Sedulur dalam berbahasa asing juga bisa digunakan untuk menjadi penerjemah atau translator. Pendapatan atau upah yang ditawarkan juga terbilang cukup menjanjikan sebagai penghasilan tambahan.

BACA JUGA: Account Executive: Pengertian, Tugas, Gaji & Jenjang Karirnya

Keuntungan kerja part time

Suaramu

Dari penjelasan di atas, Sedulur telah mengetahui bahwa banyak hal positif yang didapatkan dalam menjalankan part time. Lantas seperti apa keuntungan yang bisa didapatkan dalam menjalankan kerja part time? Berikut ini daftar keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjalankan kerja part time, yaitu:

1. Mendapatkan penghasilan sampingan

Hal pertama yang akan Sedulur dapatkan tentunya akan menjadi sumber penghasilan sampingan untuk memenuhi kebutuhan. Dibandingkan waktu luang terbuang sia-sia, dengan bekerja paruh waktu tentunya akan lebih bermanfaat.

Upah yang didapatkan dalam periode waktu yang telah disepakati bisa Sedulur gunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari maupun membeli barang yang diinginkan.

2. Mempelajari skill baru

Keuntungan selanjutnya yang akan Sedulur dapatkan adalah kesempatan untuk mempelajari hal baru, ini mungkin akan menjadi skill yang berguna suatu hari nanti. Hal terpenting disini adalah Sedulur harus mempunyai kemauan untuk terus belajar dan jangan ragu mengambil beraneka ragam pekerjaan.

3. Mengasah skill sebelum memasuki dunia kerja

Dari pekerjaan paruh waktu bisa menjadi ajang kita mengasah skill yang telah dimiliki atau melatih skill baru. Hal ini merupakan bekal penting sebelum memasuki dunia kerja, sebab tidak hanya nilai atau IPK saja yang diperhatikan oleh perusahaan.

Orang yang mempunyai skill khusus tentunya lebih diminati di dunia kerja dibandingkan mereka yang belum mempunyainya.

4. Belajar manajemen waktu

Memanajemen waktu merupakan hal penting yang kurang disadari dan tidak bisa dilakukan oleh kebanyakan orang. Dengan menjadi pekerja paruh waktu Sedulur akan sangat menghargai waktu sehingga akan meningkatkan kemampuan dalam memanajemen waktu.

5. Mendapatkan relasi dan jaringan yang luas

Meskipun hanya berstatus sebagai pekerja part time, namun pastinya kita akan mempunyai kenalan di tempat kerja tersebut. Sedulur akan mengenal orang-orang hebat yang ahli dibidangnya, dan jangan lewatkan kesempatan ini untuk menjalin relasi dengan mereka. Mempunyai relasi yang luas tentu akan menjadi investasi tersendiri bagi kita untuk masa depan.

Kerugian menjalankan kerja part time

part time adalah
Kompas

Selain keuntungan yang bisa didapatkan di atas, terdapat beberapa kerugian yang perlu jadi pertimbangan Sedulur. Berikut ini terdapat beberapa kerugiannya, yaitu:

  • Tidak mempunyai jaminan perlindungan seperti halnya karyawan kontrak atau pekerja full time. Karenanya Sedulur harus jeli dalam mencari lowongan kerja part time yang terpercaya.
  • Terkadang upah atau gaji yang diberikan tidak sesuai dengan harapan.
  • Karena kurang berkontribusi atau tidak memberikan kontribusi secara penuh, sering dianggap sebagai pekerja yang kurang profesional.

Cara mencari kerja part time yang sesuai

Maucash

Setelah mengetahui penjelasan di atas terkait part time di atas, tentu Sedulur harus mengetahui cara mencari kerja part time yang sesuai dengan Sedulur. Di tambah dengan perkembangan dunia teknologi, hal ini membuat mencari part time menjadi semakin mudah. Berikut beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan untuk mendapatkan kerja part time yang sesuai, yaitu:

  • Manfaatkan internet: Sedulur bisa memanfaatkan internet dan mencari pekerjaan melalui Google atau media sosial lainnya. Selain itu, saat ini banyak aplikasi yang bisa menyediakan pekerjaan part time dan menyalurkan para pekerja part time.
  • Cari pekerjaan yang sesuai di berbagai situs resmi terkait part time. Setelah menemukan pekerjaan yang cocok, cari tahu lebih lanjut tentang perusahaan atau tempat usaha tersebut. Perhatikan pula kredibilitas perusahaan atau tempat usaha apakah terpercaya atau tidak.
  • Sedulur juga bisa mendatangi langsung tempat kerja atau perusahaan yang membuka lowongan part time. Biasanya restoran atau kafe yang membutuhkan pekerja part time yang banyak.
  • Siapkan portofolio yang dibutuhkan terkait pekerjaan yang dibutukan sesuai dengan part time. Di saat ini portofolio dibutuhkan untuk menunjukan pengalaman dan kualitas diri.
  • Paling mudah, Sedulur bisa menjalankan sendiri dengan menawarkan jasa kepada teman atau kolega bisnis. Karenanya bila kita mempunyai relasi yang baik dan luas jaga hal tersebut sebaik mungkin.

BACA JUGA: Admin Sales: Pengertian, Skill, Jenjang Karir & Tugasnya

Tips mengatur waktu saat part time

part time adalah
Smartlegal

Part time adalah pekerjaan paruh waktu yang dilakukan bersamaan dengan waktu pekerjaa utama. Maka dari itulah, dibutuhkan kemampuan untuk mengatur waktu yang tepat. Berikut ini adalah tips yang bisa Sedulur lakukan agar dapat mengatur waktu yang tepat.

Berikut ini adalah tips yang dibutuhkan agar Sedulur bisa mengatur waktu menjalankan kerja part time untuk mendapatkan penghasilan yang tepat, yaitu:

  • Manfaatkan waktu sebaik mungkin dan semaksimal mungkin. Kurangi kegiatan yang dirasa tidak perlu dan maksimalkan untuk menghasilkan uang.
  • Buat jadwal kegiatan haruan dan disiplin terdapat jadwal kerja yang dibuat.
  • Kurangi bermain gadget dan maksimalkan untuk melakukan pekerjaan yang baik.
  • Jika Sedulur masih kuliah, tetap prioritaskan kuliah dan lakukan pekerjaan part time selepas tanggung jawab selesai kuliah.
  • Ketahui batas diri yang Sedulur miliki, dan lewati batas untuk menguatkan potensi diri.
  • Manfaatkan hari libur untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan part time.

Pekerjaan part time adalah salah satu media yang bisa Sedulur kerjakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur untuk mendapatkan pekerjaan part time yang sesuai.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.