motivation letter magang

Motivation letter merupakan bagian penting dalam dunia kerja, dari motivation letter dapat dilihat motivasi kerja dan komitmen kerja seseorang. Begitu pula bagi mahasiswa atau siswa yang akan magang. Motivation letter menjadi bagian penting dalam persyaratan.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas panduan lengkap membuat motivation letter magang beserta contoh yang dapat dijadikan pegangan bagi siswa atau mahasiswa yang membutuhkannya. Lantas seperti apa? Yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini:

BACA JUGA: 18 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Benar!

Apa itu Motivation Letter?

apa itu side hustle
Startup Nation

Sebelum masuk ke contoh motivation letter magang, ada baiknya membahas pengertian motivation letter terlebih dahulu. Apakah Sedulur sudah tahu apa itu motivation letter? Jangan-jangan, Sedulur belum tahu dan menyamakannya dengan dengan cover letter?

Motivation letter adalah dokumen berisi rincian kemampuan profesional dan yang paling penting alasan melamar pekerjaan. Bisa juga dibutuhkan untuk melamar beasiswa. Berbeda dengan cover letter yang hanya untuk pekerjaan saja, motivation letter lebih sering digunakan untuk keperluan di bidang akademis.

Mayoritas orang yang daftar magang memang belum memiliki pengalaman profesional yang banyak. Hanya kemampuan dasar dan pengalaman organisasi saja yang bisa dipamerkan. Maka dari itu, perusahaan biasanya meminta motivation letter untuk mencari kandidat magang yang paling berpotensi dan terlihat punya ambisi.

Surat ini adalah kesempatan Sedulur untuk menunjukkan kesungguhanmu ingin mengikuti program magang, dengan memberikan sederetan alasan kenapa Sedulur harus dipilih untuk program ini.  Untuk benar-benar menunjukkan bakat dan potensi Sedulur.

Panduan Membuat Motivation Letter Magang

perbedaan kpi dan okr
Pexels

Setelah mengetahui apa itu motivation letter dan kegunaannya untuk daftar magang, Mari kita bersama-sama mempelajari lebih dalam lagi terkait bagaimana membuat motivation letter itu sendiri. Dalam kesempatan ini, akan dijelaskan panduan membuat serta struktur di dalamnya.

Berikut ini ini adalah panduan membuat motivation letter yang perlu Sedulur ketahui, yaitu:

1. Buat outline yang jelas

Selain melihat contoh motivation letter untuk magang, Sedulur juga perlu membuat outline sebagai acuan dalam menulisnya. Outline ini berfungsi untuk ‘mendata’ apa saja poin yang perlu Sedulur sampaikan.

Tiga poin umum yang harus ada di dalam outline biasanya adalah:

  • Kenapa Sedulur ingin mengikuti program magang ini
  • Kemampuan yang dimiliki (akademis dan nonakademis)
  • Tujuan yang ingin dicapai setelah magang di sana

Jika Sedulur merasa ada poin lain yang harus disampaikan, coba tuliskan terlebih dulu dalam outline. Pada dasarnya, tuliskan semua kebutuhan program magang dan kemampuan yang dimiliki, lalu atur apa saja yang wajib disampaikan dalam motivation letter milik Sedulur.

2. Mulai dengan pembuka yang menarik

Setelah membuat outline, saatnya membuka motivation letter dengan menarik. Saran ini disebutkan misalnya oleh Supri. Perkenalkan diri, lalu sebutkan nama penerima surat tersebut (jika informasinya ada). Dengan menyebutkan nama penerima, surat Sedulur akan tetap profesional tapi dengan sedikit sentuhan personal.  Di bagian pembuka, langsung ceritakan tentang dirimu dan pencapaianmu agar penerima tertarik untuk membaca sampai habis.

3. Kembangkan isi sesuai outline

Di bagian isi, kembangkan poin-poin yang sudah dibuat di outline awal.  Untuk setiap poin yang berbeda, usahakan untuk membuat paragraf baru agar tersampaikan dengan baik. Ingat untuk membuat poin penting dari dirimu terlihat semenarik mungkin, karena memang itulah fungsi motivation letter.

4. Tutup dengan kesimpulan

Ketika menulis bagian penutup, buat kesimpulan berisikan tujuan dan harapan Sedulur. Intinya, impresi yang baik di akhir tidak kalah penting dengan di awal. Tuliskan bahwa Sedulur berterima kasih sudah dipertimbangkan, dan beri tahu pihak perusahaan kalau Sedulur bisa dihubungi jika ada pertanyaan seputar suratmu.

5. Proofread tulisan

Setelah selesai menulis struktur secara keseluruhan, proofread tulisan. Cari kesalahan penulisan yang mungkin saja ada, buat alur kalimat jadi enak dibaca, dan pastikan tulisanmu menggunakan bahasa baku. Baku bukan berarti kaku, ya Sedulur.

Contoh Motivation Letter untuk Magang

Freepik

Setelah mengetahui panduan membuat motivation letter untuk magang dan juga mengetahui pengertian dari motivation letter di atas, sehingga Sedulur bisa membuatnya sendiri. Namun untuk mempermudah dan tidak menyulitkan Sedulur, tentu harus tahu seperti apa contoh dari motivation letter itu sendiri.

Nah berikut ini contoh motivation letter yang bisa jadi pilihan Sedulur, yaitu:

1. Motivation letter untuk magang

Berikut contoh motivation letter internship dalam bahasa Indonesia yang bisa jadi rujukan Sedulur.

Salam hormat,

Saya menulis surat lamaran ini sebagai bentuk ketertarikan saya untuk bergabung dengan perusahaan Apilkasi Super sebagai salah satu pegawai magang. Saat ini saya sedang menyelesaikan tugas akhir saya di Universitas Negeri Nusantara jurusan Akuntansi.

Saya tertarik untuk bisa berkarir di bidang perencanaan keuangan dan konsultasi bisnis setelah lulus. Untuk itu, saya melihat potensi berkembang dengan bergabung bersama perusahaan Aplikasi Super. Saya memang tidak memiliki banyak pengalaman profesional, tetapi saya banyak belajar bisnis dari praktisi langsung yang tak lain adalah ibu saya sendiri.

Ia bekerja sebagai pebisnis makanan kecil-kecilan sambil membantu ayah saya yang bekerja di pabrik. Ia membesarkan saya dan kakak-kakak saya sambil membangun bisnis dan membiayai pendidikan kami. Dengan kesibukan yang begitu padat, saya tak melihat banyak perkembangan dari bisnis ibu. Saya ingin belajar lebih banyak tentang consulting dan perencanaan keuangan dengan tujuan bisa membantu pebisnis kecil memiliki peluang mengembangkan bisnisnya.

Saya berterima kasih atas waktu yang Anda luangkan untuk membaca dan mempertimbangkan lamaran saya. Bila ada pertanyaan lanjutan, saya terbuka untuk diskusi lebih jauh melalui kontak yang sudah saya cantumkan di kop surat ini.

Salam,

Supri

2. Contoh motivation letter internship

Berikut ini contoh motivation letter magang lainnya yang bisa jadi rujukan:

Yth. Tim Perekrutan PT. Aplikasi Super

Surat motivasi ini saya tulis dengan tujuan mengekspresikan minat yang saya miliki untuk melamar sebagai staf magang di PT. Aplikasi Super Setelah melihat visi dan misi PT. Aplikasi Super, saya yakin untuk bergabung dengan tim PT. Aplikasi Super sebagai langkah awal memulai karir.

Ketertarikan ini didasari dari latar belakang pendidikan saya yaitu Psikologi selama 3 tahun belakangan. Saat ini, saya berkuliah disalah satu universitas di Jakarta Selatan.

Berdasarkan pengetahuan dan keterampilan yang saya miliki, saya merasa bahwa PT. Aplikasi Super merupakan tempat yang tepat untuk saya dalam memberikan kontribusi, mengembangkan diri, serta mencapai tujuan bersama PT. Aplikasi Super.

Saya adalah seseorang yang ingin terus belajar dan berkembang. Saya dapat beradaptasi dengan baik, pekerja keras, dan memiliki keinginan untuk belajar. Harapannya, saya bisa belajar lebih banyak lagi jika saya diberikan kesempatan untuk bergabung sebagai staf magang di PT. Aplikasi Super.

Demikian surat motivasi saya, semoga berkenan dan terima kasih ada perhatiannya.

BACA JUGA: 6 Contoh Motivation Letter Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

Tips Membuat Motivation Letter

The Balance

Setelah melihat panduan membuat dan contoh motivation letter untuk magang, apakah Sedulur sudah punya gambaran yang lebih jelas? Sebelum membuatnya, ada beberapa tips yang bisa Sedulur ikuti, nih!

1. Ikuti peraturan yang ada

Perusahaan memberikan peraturan pembuatan motivation letter untuk magang? Mungkin dari format penulisan, bahasa yang digunakan, atau bahkan poin yang harus ada? Untuk meningkatkan kesempatanmu diterima magang di sana, ikuti peraturan yang sudah ditentukan.

2. Fokus pada kelebihan Sedulur

Kalau berfokus pada kelebihan yang dimiliki, pembaca surat tersebut jadi dapat mengetahui value yang bisa Sedulur tambahkan ke perusahaan. Hindari membicarakan kesulitan atau permasalahan yang dihadapi, karena Sedulur butuh tone di motivation letter untuk tetap positif.

Sedulur bisa ubah kalimat mengenai kekurangan menjadi, “Dalam program magang ini, saya berharap bisa belajar lebih dalam mengenai Adobe Photoshop. Jadi, alih-alih bilang kalau tidak terlalu jago menggunakan Photoshop, Sedulur menunjukkan keinginan untuk terus belajar.

3. Jangan terlalu bertele-tele

Tips terakhir adalah jangan terlalu bertele-tele dalam menyampaikan poin Sedulur. Memang, Sedulur harus menjelaskan banyak poin. Akan tetapi, lebih baik lagi kalau Sedulur menyampaikannya secara singkat, padat, dan jelas.

Dari contoh motivation letter untuk magang yang ada di atas, dapat terlihat bahwa penulis menyampaikan banyak poin tanpa terlalu bertele-tele. Meskipun begitu, jangan terlalu singkat juga, ya Sedulur. Usahakan untuk memasukkan semua poin penting, tetapi sampaikan secara singkat, padat, dan jelas. Agar mudah dipahami oleh rekruter saat membaca motivation letter Sedulur.

Nah itulah penjelasan terkait panduan lengkap membuat motivation letter magang beserta dengan contoh dan tips yang perlu diperhatikan. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur yang membutuhkannya, ya!