menulis dibayar

Di era digital saat ini, bagi Sedulur yang hobi menulis, ada beberapa platform yang bisa Sedulur manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Betul sekali, ada beberapa platform yang bisa membuat Sedulur melakukan pekerjaan menulis dibayar.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa platform menulis dibayar yang bisa jadi referensi dan rujukan Sedulur. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari langsung kita simak daftar platform menulis dan dibayar dalam penjelasan lengkap di bawah ini.

BACA JUGA: Tips Sukses dan Strategi Siap Berkarir yang Cemerlang

1. Geotimes.co.id

apa itu side hustle
Forbes

Rekomendasi platform menulis dibayar pertama yaitu Geotimes. Geotimes Indonesia adalah portal kolom populer dan terkini tentang tokoh dan kebijakan publik. Situs ini memberi ruang bagi para pembaca dengan perspektif tajam dari para pakar dan publik seputar agama, ekonomi, politik, sosial, dan media.

Situs yang sering disebut Geotimes Indonesia berisi tulisan dari penulis beragam latar belakang, dengan perspektif dan sudut pandang yang tidak biasa. Jika ingin mengirim tulisan ke situs ini, Sedulur harus memperhatikan syarat dan ketentuan agar tulisan yang Sedulur kirim layak muat.

Misalnya, dari unsur fakta, relevansi dan teori-teori pendukung lain. Sebagian besar konten di situs ini berbentuk Opini dan Esai. Selain itu, ada beberapa syarat-syarat yang harus diperhatikan jika Sedulur ingin mengirim naskah di situs ini, seperti:

  • Tulisan terdiri dari 750-1000 kata
  • Biodata pengirim harus jelas dan sesuai dengan identitas yang dimiliki
  • Responsif terhadap isu-isu aktual
  • Artikel harus argumentatif
  • Tidak mengandung SARA
  • Tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis

Dari syarat di atas, sangat jelas jika tulisan di Geotimes sangat serius. Karenanya tulisan yang Sedulur kirim selain berisi tema serius, juga perlu mengikuti trend yang ada.

Berapa Geotimes membayar penulis? Konon, untuk satu tulisan yang dimuat, seorang penulis akan mendapatkan Rp350 ribu. Untuk melihat syarat dan pedoman penulisan artikel di Geotimes, silahkan rujuk halaman ini.

2. Mojok.co

Rekomendasi situs atau platform selanjutnya yaitu Mojok.co. Dengan motto yang sangat lucu sekaligus menyentil, “sedikit nakal banyak akal” itu. Situs ini berisi konten satir dan memberikan media bagi para penulis dengan honor yang cukup layak.

Tentu Sedulur bertanya berapa honor yang didapat dengan menulis Mojok? Menurut informasi di situs Mojok, besaran honornya berkisar Rp250.000-350.000 untuk satu tulisan, dan honor tersebut dikirim setiap hari Senin. Menurut pengelola Mojok, honor tersebut cukup untuk menaktir pacar di sebuah restoran terkenal.

Belum lama ini, Mojok juga membuka kanal “terminal” yang mirip laman Kompasiana atau Vivalog, di mana siapa pun bisa berkontribusi di sana. Kanal terminal dimaksudkan sebagai blog auto-generated-content atau AGC yang menerima tulisan dari jalur non-reguler, karena penulis bisa memposting sendiri tulisannya asal sudah memiliki akun.

Pihak Mojok yang nantinya memutuskan menayangkan tulisan atau tidak. Tapi, selama tulisan Sedulur menarik dan fresh. Jika tulisan kita dimuat maka kita berhak menerima 1 poin. Satu tulisan berarti 1 poin. Dan setiap berhasil mengumpulkan 10 poin, kita akan mendapatkan uang Rp250.000,-. Setiap penulis hanya dibolehkan mengumpulkan 20 poin atau Rp500.000,- per bulan.

3. Remotivi.or.id

Remotivi termasuk website serius dan sebagian besar kontennya berbentuk opini dan esai. Remotivi sangat fokus pada tulisan-tulisan yang berkaitan dengan isu jurnalisme. Jika membaca situs ini, Sedulur akan melihat banyak artikel yang berkaitan dengan media seperti koran, TV, majalah, wartawan, kontributor media dan lain sebagainya.

Jika Sedulur memiliki kemampuan menganalisis framing berita dan cara kerja media, tidak ada salahnya mengirim ke situs ini. Karena jerih payah Sedulur akan dibayar mahal. Lalu, berapa honor yang didapat saat mengirim tulisan ke situs ini? Dari informasi, honor tulisannya adalah Rp350.000 per tulisan.

Penulis bahkan bisa mendapatkan bayaran lebih tinggi, mencapai Rp. 1.500.000 per tulisan, jika tulisan tersebut dianggap segar, menarik dan relevan.

4. Basabasi.co

Sedulur senang berbasa-basi dan sering menulis tulisan-tulisan pendek sekadar basi-basi? Jangan lewatkan kesempatan untuk menulis dan mengirim tulisan ke situs Basabasi.co.

Dari namanya saja, kita bisa tahu jika Basabasi lebih fokus pada artikel-artikel ringan mulai dari opini, cerpen dan resensi buku. Mereka juga membuat beberapa kategori tulisan, dan setiap naskah yang dikirim punya harga yang berbeda-beda.

Jika Sedulur mengirimkan tulisan ringan ke situs ini dalam bentuk opini dan esai, misalnya, Sedulur akan mendapatkan honor Rp100.000 per tulisan. Namun ada beberapa penulis yang dibayar sampai Rp300.000 untuk kategori opini atau esai.

Sementara untuk puisi dan resensi buku, Sedulur akan mendapatkan honor Rp250 ribu dan Rp200.000. Jumlah honor tersebut tentu saja lebih tinggi dari honor yang mampu dibayarkan media lokal. Namun, tulisan yang Sedulur kirim tidak serta merta langsung dimuat. Tulisan yang dikirim akan disunting terlebih dahulu, itu pun jika lolos seleksi tim editor di situs Basabasi.co.

5. VoxPop.id

Situs Voxpop sebenarnya tidak jauh beda dengan Mojok. Sebagian besar konten yang dimuat di situs ini berupa opini dan juga pandangan terkait dengan kehidupan masyarakat. Juga ditulis dengan gaya ngepop.

Jika gaya menulis Sedulur tidak terlalu satire alias masih cenderung serius, tidak ada salahnya mengirim ke VoxPop ini. Lantas, berapa honor yang didapat jika artikel berhasil tayang di Voxpop? Menurut penuturan beberapa teman penulis, mereka mendapatkan honorarium Rp250 ribu per naskah.

6. Buruan.co

apa itu side hustle
Startup Nation

Buruan.co adalah situs yang fokus pada kajian dan apresiasi dengan visi utama untuk mengakomodasi minat baca tulis secara daring. Sebagai media kajian dan apresiasi, Buruan lebih mengarah ke sastra yang disesuaikan sama minat dan kemampuan penulis.

Hasil amatan penulis, ada dua jenis rubrik yang diterima yakni cerpen [cerita pendek] dan puisi. Nah, jika Sedulur sedang mencari platform menulis puisi dibayar atau ingin kirim cerpen dan mendapatkan honor bisa manfaatkan situs Buruan ini.

Menariknya, situs ini tidak hanya menerima tulisan dan puisi berbahasa Indonesia tapi juga berbahasa Sunda. Ini persis seperti Mojok yang juga mengakomodasi tulisan berbahasa Jawa. Untuk dua jenis karya tulis di atas Sedulur akan menerima honor sebesar Rp200.000.

7. Alif.id

Jika Sedulur sedang mencari situs Menulis Artikel yang Dibayar, tidak ada salahnya melirik Alif.id. Situs ini dihadirkan sebagai ikhtiar kecil untuk membuka suasana keberagamaan kita yang lebih beragam dan selaras dengan ruh ajaran Islam.

Dengan visi di atas, Alif.ID bersungguh-sungguh menghadirkan, suasana, warna, gagasan beragam dalam keberislaman kita. Harapannya, alid.id dapat membuka jalan baru kemaslahatan.

Alif.id menerima tulisan seputar budaya Islam, isu keberagaman dan tulisan pencerahan lainnya. Konon, untuk setiap tulisan yang berhasil dimuat, penulis akan mendapatkan honor Rp250.000.

8. IDN Times

Menurut informasi di laman IDN Times, per Februari 2017, media online tersebut merilis kanal IDN Times Community, sebuah kanal yang dimaksudkan sebagai medium/platform menulis bagi generasi milenial, terutama untuk mereka yang punya hobi menulis dan tertarik pada passion tertentu.

Lalu, bagaimana para penulisnya dibayar? IDN Times mencari para penulis populer yang tulisannya banyak dilihat dan dibaca orang, terutama topik yang masih fresh dan jadi trending. Semakin populer sebuah tulisan, maka semakin besar peluang sang penulisnya mendapatkan bayaran tinggi.

Dari informasi yang didapatkan, bahwa setiap 100 views dari artikel yang Sedulur tulis dan tayang di IDN Times, Sedulur akan mendapatkan 1 poin. Semakin banyak tulisan yang Sedulur tulis dan mendapatkan views yang melimpah, poinmu akan terus bertambah.

Poin itu bisa ditukar dengan uang atau barang yang disediakan. Minimal poin yang dapat ditukarkan adalah 500 poin dan kelipatannya. Sebagai ilustrasi, jika artikel yang Sedulur tulis menghasilkan 150.790 pageviews.Maka Sedulur akan mendapatkan 1500 poin.

Poin tersebut bisa Sedulur tukarkan (redeem) dengan uang tunai senilai 150.000 atau hadiah tertentu. Sisanya tidak akan hilang, melainkan menjadi saldo poin Sedulur.

9. Medium

Unsplash

Medium adalah platform penerbitan dari Amerika yang saat ini sudah memiliki jutaan penulis. Medium didirikan Evan Williams, salah satu pendiri Twitter dan Blogger pada 2012. Untuk mendapatkan penghasilan dari Medium, pengguna harus bergabung dalam Medium Partner Program.

Penghasilan yang bisa diperoleh dari menulis di Medium diketahui sebesar $100 hingga $300 (Rp1,5 juta sampai Rp4,5 juta) per bulan.

10. Wattpad

Wattpad adalah platform untuk para penulis cerita fiksi. Meski begitu, sebenarnya tak ada batasan jenis tulisan yang bisa diterbitkan di Wattpad. Salah satu cara untuk mendapatkan uang dari Wattpad, yaitu bergabung dengan Wattpad Stars Program.

Banyak penulis yang menjadi terkenal setelah menuliskan ceritanya di Wattpad. Tidak sedikit juga para produsen film, terutama di Hollywood yang mengambil cerita dasarnya dari tulisan-tulisan yang ada di Wattpad.

11. WordPress

WordPress bisa dijadikan opsi selanjutnya untuk platform menulis yang dibayar. Mirip dengan Blogger, penulis bisa menerbitkan artikel bertema apa pun. Untuk mendapatkan penghasilan di WordPress ada berbagai cara, salah satu yang paling populer adalah melalui Google AdSense.

12. Vocal Media

Rekomendasi platform media yang memberikan ruang menulis dibayar yaitu Vocal Media. Bisa jadi rekomendasi bagi Sedulur untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Vocal Media akan menerbitkan artikel dan blog dari penggunanya. Namun sebelumnya tulisan akan ditinjau terlebih dahulu apakah memenuhi standar minimal atau tidak.

Selain itu, ada beberapa tantangan reguler dari platform ini dan penulis bisa berpartisipasi untuk menulis sesuai topik yang ditentukan. Nantinya, penulis akan mendapatkan tambahan hadiah.

Dengan menulis lewat platform yang didirikan Jeremy Frommer pada 2016 ini, penulis bisa mendapatkan $3.80 (Rp57 ribu) per 1.000 pembaca.

BACA JUGA: Yuk, Intip Berapa Besaran Gaji Fresh Graduate S1 di Sini!

Rekomendasi Web atau Situs Freelance Terbaik

isi paket smartfren
Verywell Mind

Selain mengetahui daftar platform menulis dibayar di atas, Sedulur juga harus tahu daftar situs atau web freelance Indonesia terbaik yang bisa memberikan Sedulur tambahan penghasilan. Bukan hanya menulis tapi dengan keahlian lainnya. Apa saja daftarnya? Yuk mari langsung kita cek!

1. Freelancer Indonesia

Rekomendasi web freelance Indonesia yang pertama yaitu Freelancer Indonesia. Website freelance online untuk mencari uang tambahan ini menjadi pasar crowdsourcing terbesar dengan 32 juta user terdaftar. Banyaknya jumlah user tersebut menjadikan platform ini sebagai penyedia ribuan pekerjaan yang bisa Sedulur pilih sebagai seorang freelancer.

  • Jenis pekerjaan: Hampir semua jenis pekerjaan.
  • Kelebihan: Banyak pekerjaan yang diposting karena merupakan salah satu situs freelance terbesar

2. ServiceScape

Rekomendasi kedua yaitu ServiceScape. Web freelance Indonesia dikhususkan untuk penulisan lepas, editorial, dan pekerjaan terjemahan. Platform ini membantu pekerja lepas membangun profil dan mempromosikannya ke basis data klien yang berkembang.

  • Jenis pekerjaan: penulisan akademik, penerjemahan dokumen, penyuntingan naskah
  • Kelebihan: struktur harga khusus, opsi penjadwalan yang fleksibel, komunikasi yang efektif
  • Kontra: persentase komisi tinggi dan bidang keahlian terbatas

3. LinkedIn

LinkedIn mulai populer sebagai situs pencari kerja di Indonesia sejak mewabahnya COVID-19, yang mengharuskan banyak orang mencari pekerjaan, baik akibat terkena imbas wabah ini maupun untuk mencari tambahan. Sedulur bisa menfaatkan web freelance Indonesia ini untuk berbagai kebutuhan.

  • Jenis pekerjaan: Umumnya penulis dan penerjemah
  • Kelebihan: Kredibel karena merupakan website dengan reputasi yang bagus

4. Writer Access

Jika Sedulur ingin menjadi seorang penulis lepas (freelance writer), Writer Access bisa menjadi platform yang tepat. Situs ini memiliki berbagai macam pekerjaan terkait menulis termasuk artikel online, studi kasus, laporan ilmiah dan lainnya.

  • Jenis pekerjaan: penerjemahan, penulisan, content strategist
  • Kelebihan: memiliki tool untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan
  • Kekurangan: jenis pekerjaan terbatas

5. Sribulancer

Kemudian ada Sribulancer. Di web freelance Indonesia ini, Sedulur bisa menemukan berbagai jenis pekerjaan. Seperti Freelancer Indonesia, Sribulancer juga merupakan salah satu yang terbesar dalam daftar situs freelance Indonesia.

  • Jenis pekerjaan: Hampir semua, lebih sesuai pasar Indonesia
  • Kelebihan: Menyediakan pembayaran via transfer bank

6. Sribu

Sribu masih berada di bawah naungan Sribulancer. Bedanya, situs freelancer Indonesia ini lebih eksklusif untuk pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan desain. Jika Sedulur memang sudah punya keahlian di bidang desain, baik itu desain logo, kemasan produk, maupun desain grafis secara umum, web freelance Indonesia ini bisa jadi pilihan yang tepat.

  • Jenis pekerjaan: Khusus di bidang desain
  • Kelebihan: Lebih disesuaikan untuk pasar Indonesia

7. Indeed

Selain untuk mencari pekerjaan full-time, Indeed juga menyediakan wadah bagi perusahaan atau pemberi kerja untuk memposting pekerjaan yang membutuhkan tenaga kerja lepas. Sedulur bisa mencari kerja online sebagai freelancer di situs ini, yang umumnya diposting oleh perusahaan-perusahaan yang sudah kredibel.

  • Jenis pekerjaan: Pekerjaan umum yang ditawarkan perusahaan
  • Kelebihan: Lowongan dialihkan ke website pemberi kerja sehingga cukup tepercaya

8. OLX

Sedulur mungkin mengenal OLX sebagai situs jual beli barang-barang second atau tempat untuk jual beli properti dan kendaraan. Jangan salah, ternyata mereka juga menyediakan tempat untuk menawarkan pekerjaan.

  • Jenis pekerjaan: Hampir semua bidang
  • Kelebihan: Sudah banyak dikenal user umum, pengoperasian mudah

9. Fiverr

Freelancer di website ini bisa menunjukkan proyek yang telah diselesaikannya agar calon pemberi kerja bisa memilih dengan mudah siapa pun yang menarik perhatiannya. Dengan fitur ini, calon pengguna jasa pun tidak perlu mengontak freelancer satu per satu.

  • Jenis pekerjaan: digital marketing, pengembangan web, media sosial
  • Kelebihan: kategori beragam, pendaftaran gratis, kursus online
  • Kekurangan: biaya komisi tinggi, proses pembayaran lama

10. Upwork

Upwork memberikan berbagai tool untuk mendukung perjalanan karier freelance Sedulur, seperti ruang kolaboratif, pembuat invoice bawaan, dan proses rekrutmen yang transparan. Sedulur juga bisa bekerja untuk berbagai klien terkenal seperti Microsoft, Airbnb, Dropbox, dan lainnya.

Bagi siapa pun yang mendambakan fleksibilitas dalam pekerjaannya tentu patut mencoba website freelance yang satu ini.

  • Jenis pekerjaan: pemasaran merek, pemrograman, desain website
  • Kelebihan: perlindungan pembayaran, klien yang kredibel, proyek berbasis anggaran
  • Kekurangan: proses seleksi yang lama, biaya layanan yang tinggi

Nah itulah daftar platform menulis dibayar, terutama bagi Sedulur yang pemula yang ingin mencobanya. Dilengkapi juga dengan situs freelance berbayar yang bisa jadi referensi Sedulur. Semoga penjelasan di atas membantu dan bisa jadi solusi bagi Sedulur untuk mendapatkan penghasilan, ya!