besaran gaji fresh graduate s1

Sedulur baru saja menyelesaikan pendidikan dan bersiap untuk memasuki dunia kerja? Agar bisa mempersiapkan dengan matang dan bisa bersaing, tentu perlu mengetahui bagaimana kultur dan besaran gaji fresh graduate S1 dong.

Hal tersebut penting karena Sedulur bisa mengetahui batas minimal dan berapa nilai jual yang bisa diberikan kepada perusahaan disesuaikan dengan kemampuan Sedulur. Nah, agar Sedulur tidak bingung dan bisa mengetahui secara pasti berapa besaran gaji fresh graduate S1. Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: 20+ Rekomendasi Kerja Online Dibayar Dollar, Terbukti Untung!

Apa itu Fresh Graduate?

fresh graduate kerja pegawai kantor
Student UK

Sebelum kita membahas tentang gaji dan upah, tentu Sedulur harus memahami dahulu tentang posisi sebagai fresh graduate. Dimana Fresh graduate mengacu pada sekelompok mahasiswa yang baru saja melewati masa perkuliahan.

-->

Mereka sudah memenuhi semua kualifikasi untuk dinyatakan lulus dari kampus masing-masing. Dengan itu, mereka tidak lagi berafiliasi dengan pihak kampus dan harus mulai mencari kerja secara individu yang mandiri.

Meskipun demikian, kerap kali sulit bersaing karena minimnya pengalaman dalam dunia kerja. Alhasil, para fresh graduate akan ditempatkan pada posisi entry level, apprenticeship, dan internship saat memasuki dunia profesional.

Tak hanya itu, kebanyakan lulusan baru juga belum mengetahui jenjang karier dan bidang industri yang akan diambil. Meskipun terlihat sepele, lulusan baru kampus ini juga hadir dengan beberapa kelebihan.

Ambisi dan kreativitas yang dibawa dari masa-masa perkuliahan membuat mereka cukup berharga di mata perusahaan. Hasilnya, tak sedikit dari mereka yang diambil perusahaan dan dibentuk sebagai pegawai yang berkualitas.

Faktor Penentu Gaji Fresh Graduate

Perlu diingat bahwa tidak ada standar khusus yang pasti untuk mengukur besaran gaji seorang fresh graduate. Ada banyak faktor yang mempengaruhi jumlah pendapatan, seperti:

  • Upah Minimum Provinsi (UMP) setiap daerah.
  • Posisi atau jabatan yang dilamar, bidang usaha serta skala perusahaan.
  • Kebijakan atau standar gaji masing-masing perusahaan.
  • Pengalaman dan keterampilan yang dimiliki setiap individu.
  • Tingkat pendidikan, dan walau jarang, ada perusahaan yang menjadikan universitas atau sekolah asalmu sebagai bahan pertimbangan. Nilai plus kalau kamu lulusan luar negeri.  
  • Skill negosiasi para pelamar saat interview.

BACA JUGA: 10 Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja ke Sekolah

Besaran Gaji Fresh Graduate S1 Sesuai Bidang

Aviva

Umumnya, perusahaan-perusahaan besar memberikan gaji setara UMP wilayah mereka untuk para fresh graduate. Namun sebagai gambaran yang lebih jelas, berikut adalah perkiraan rata-rata gaji fresh graduate sebagai entry level di tahun 2023, sesuai bidang yang ditekuni:

1. Bidang tambang dan perminyakan

Rata-rata gaji fresh graduate bidang pertambangan dan perminyakan berkisar Rp8 juta hingga Rp 15 juta. Jika Sedulur bekerja di perusahaan pertambangan dan perminyakan internasional, potensi gaji yang bisa didapatkan hingga Rp20 juta.

Ini juga menjadikan bidang pertambangan sebagai salah satu posisi dengan gaji fresh graduate tertinggi di Indonesia. Apalagi Indonesia merupakan negara dengan sumber daya tambang melimpah. Kondisi demikian membuka peluang berbagai pekerjaan di bidang pertambangan dan perminyakan yang cukup besar.

2. Bidang pendidikan

Saat mendengar pekerjaan bidang pendidikan tentu yang muncul dalam pikiran adalah profesi guru dan dosen. Apabila Sedulur berasal dari jurusan pendidikan dan tertarik menjadi tenaga pendidik, tidak perlu khawatir akan kecilnya gaji. Sebab rata-rata gaji fresh graduate tenaga pendidik status ASN (Angkatan Sipil Negara) sebesar Rp 4 juta hingga Rp 8 juta. Tergantung level golongan status PNS Sedulur.

Jika Sedulur bekerja pada sekolah atau universitas swasta, gaji lulusan baru pendidikan juga tidak kalah besar. Bahkan ada sekolah non-negeri yang memberikan upah pada tenaga pendidik lebih besar daripada sekolah negeri.

3. Bidang ekonomi dan manajemen

Sedulur lulusan baru bidang ekonomi dan manajemen ingin mendapatkan gaji besar? Pastinya bisa! Pasalnya banyak sekali lapangan pekerjaan dari jurusan tersebut. Standar gaji fresh graduate S1 Ekonomi dan Manajemen bisa mencapai angka dua digit.

Pertama, pekerjaan bergerak di bidang jasa keuangan menawarkan upah dari tingkat UMK hingga Rp 20 juta per bulan. Beberapa perusahaan jasa keuangan seperti perbankan berani membayar lulusan baru dengan gaji tinggi.

4. Bidang pemasaran dan kreatif

Gaji fresh graduate yang ditawarkan pada bidang pemasaran dan kreatif bisa dibilang tidak main-main. Standar gaji fresh graduate S1 bidang pemasaran dan kreatif dalam rentang Rp3 juta hingga 40 juta. Tergantung jenis perusahaan Sedulur bekerja.

Apabila Sedulur bekerja dalam industri kreatif pada perusahaan lokal atau start up kecil, maka rata-rata gaji fresh graduate mengikuti kebijakan UMK masing-masing daerah. Tetapi bila Sedulur diterima pada perusahaan berskala nasional hingga internasional, gaji lulusan baru yang ditawarkan bisa mencapai angka Rp 40 juta per bulan.

5. Bidang kesehatan

Daftar gaji fresh graduate tertinggi berikutnya adalah upah dari pekerjaan bidang kesehatan. Berbagai profesi kesehatan seperti dokter, perawat, apoteker, hingga dokter gigi. Apalagi adanya pandemi memerlukan tenaga kesehatan lebih banyak lagi. Sehingga pemerintah rela membayar tenaga kesehatan lebih tinggi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Meskipun Sedulur adalah lulusan baru dari bidang kesehatan, tetapi standar gaji fresh graduate S1 kesehatan tergolong tinggi. Yuk intip besaran gaji dari masing-masing profesi tenaga kesehatan.

BACA JUGA: 10 Cara Mengatur Gaji 2 Juta, Lengkap dan Efektif

Tips Gaji Besar saat Fresh Graduate

The Independent

Setelah mengetahui rincian gaji fresh graduate dari masing-masing bidang pekerjaan, Sedulur bisa mengikuti beberapa tips agar bisa mendapatkan gaji besar berikut ini.

  • Mulai Bekerja Sebelum Lulus

Sebelum lulus dari kampus, sebaiknya Sedulur mulai memperbanyak pengalaman bekerja sebagai bekal pasca lulus nantinya. Hal ini menjadikan Sedulur memiliki nilai plus, karena pernah merasakan bekerja di dunia profesional saat masih kuliah.

  • Mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi

Tips mendapatkan gaji besar untuk fresh graduate adalah mengikuti pelatihan dan sertifikasi. Dengan mengikuti berbagai pelatihan, skill Sedulur akan terus terasah. Sementara itu, sertifikasi akan menjadi bukti Sedulur memiliki keahlian dalam bidang tertentu, sehingga akan jadi poin plus saat melamar kerja.

  • Punya Keahlian Spesifik

Perusahaan rela membayar lulusan baru dengan gaji besar, jika Sedulur mempunyai keahlian spesifik yang jarang dimiliki orang lain. Karena posisi pekerjaan Sedulur sulit tergantikan dengan sumber daya manusia lainnya, maka perusahaan tidak tanggung-tanggung memberikan upah tinggi kepada Sedulur.

  • Menjalani Proses Magang dengan Serius

Sebelum terjun langsung dalam dunia kerja, sebaiknya Sedulur mengambil program magang yang tersedia di kampus. Saat ini banyak perusahaan membuka kesempatan magang untuk mahasiswa. Sedulur bisa memanfaatkannya untuk belajar bekerja di dunia profesional.

  • Mengikuti Program Percepatan Karir

Fresh graduate bisa mendapatkan gaji besar sekelas pimpinan dengan cara mengikuti program percepatan karir. Saat ini, banyak perusahaan membuka posisi pekerjaan dengan program percepatan karir untuk mendapatkan generasi pemimpin sedini mungkin. Sedulur bisa coba mendaftarnya, seperti posisi Management Trainee.

Demikian tadi deretan informasi lengkap besaran gaji fresh graduate S1 di Indonesia. Semoga dengan ulasan di atas, Sedulur bisa mendapatkan bayangan dan bisa memberikan nilai tawar yang cukup ketika memasuki dunia kerja.