kerja online tanpa modal

Kerja online tanpa modal bukanlah sesuatu yang tidak mungkin di masa sekarang. Pasalnya selain mudah pekerjaan ini juga tidak memakan banyak waktu dan bisa dilakukan dimana saja. Oleh karena itu, kerja online tanpa modal menjadi pilihan banyak orang. Bahkan, beberapa karyawan yang sudah bekerja kantoran pun melakukan pekerjaan ini sebagai pekerjaan sampingan. 

Bagi Sedulur yang saat ini butuh penghasilan tambahan atau sekedar mengisi waktu juga bisa dijadikan peluang. Namun yang harus diingat pekerjaan tetaplah pekerjaan jadi sudah seharusnya dilakukan secara serius dan bersungguh-sungguh.

BACA JUGA: 15 Pekerjaan Sampingan Online untuk Mahasiswa dan Karyawan

Kelebihan dan manfaat kerja online

job desk ckerja online tanpa modalreative director
Unsplash

Pasalnya melakukan kerja online bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja, selama memiliki koneksi internet. Selain itu, ada beberapa kelebihan dan manfaat lainnya dari kerja online yang bisa kita rasakan. Berikut ini adalah diantaranya:

  1. Hemat biaya ongkos untuk pergi ke tempat kerja
  2. Bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa melihat latar belakang
  3. Lebih fleksibel dari sisi waktu
  4. Bisa dikerjakan dimana saja selama ada koneksi internet
  5. Lebih mudah dan praktis
  6. Tidak terikat oleh kontrak
  7. Bisa menentukan hari libur sendiri
  8. Pendapatan yang didapatkan bisa lebih besar daripada bekerja sebagai karyawan di perusahaan

Tentunya kelebihan dan manfaat dari kerja online di atas bisa jadi salah satu motivasi untuk Sedulur ketika ingin memulai karir. Sedulur juga tidak perlu khawatir karena kerja online tanpa modal bisa jadi solusi ketika keterbatasan dana menghadang karirmu.

BACA JUGA: 25+ Rekomendasi Kerja Online Bayaran Per Hari, Wajib Coba!

Lalu kerja tanpa modal, bisakah?

cara kerja di Singapura
Freepik

Selama ini, kerja online identik dengan marketplace, bisnis di WA Grup, atau transaksi jual beli melalui platform media sosial lainnya. Padahal jika mau cari tahu, ada banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa Sedulur lakukan tanpa perlu mengeluarkan modal. Seperti menjual jasa dan mengandalkan keterampilan Sedulur.

Sebagai referensi, berikut akan kita ulasan beberapa rekomendasi kerja sampingan online yang bisa Sedulur lakukan tanpa mengeluarkan uang, Yuk intip deretan pekerjaan ini!

1. Program affiliate

kerja online tanpa modal yang pertama adalah mengikuti program Affiliate. Saat ini ada banyak sekali produk yang menawarkan program afiliasi atau affiliate. Affiliate adalah salah satu strategi digital marketing di mana seseorang mendapatkan komisi ketika terjadi pembelian pada link produk yang diiklankan. Strategi semacam ini belakangan banyak digunakan oleh marketplace seperti Shopee untuk meningkatkan penjualan.

Untuk terlibat dalam program affiliate, Sedulur hanya perlu mencari tahu informasi produk yang akan dijual lalu join program ini dengan atau tanpa modal. Selanjutnya, Sedulur hanya perlu memasarkan link produk yang dijual, dan memastikan ada orang yang tertarik untuk mengklik dan melakukan pembelian.

2. Dropship online shop

kerja online tanpa modal selanjutnya adalah menggunakan sistem dropship, Sedulur bisa menjual aneka barang di internet tanpa harus mengeluarkan uang atau memiliki stok barang. Karena biasanya sistem jual beli dropship hanya meminta penjual untuk menjual foto dan deskripsi barang. Jika ada yang tertarik, penjual hanya perlu melakukan pemesanan ke distributor dan barang pun siap dikemas lalu dikirim langsung ke pembeli.

3. Jasa konsultan

Selain menjual barang, Sedulur juga bisa memilih ide kerja online tanpa modal dengan cara menawarkan jasa konsultasi. Bidang yang dikonsultasikan pun beragam, tergantung keahlian dan latar belakang pendidikan Sedulur. Beberapa jasa konsultan yang biasanya bisa dilakukan secara online adalah konsultan kesehatan, keuangan, atau psikologi.

4. Jasa penerjemah

Jika memiliki keahlian berbahasa asing mumpuni, ide kerja online tanpa modal selanjutnya adalah menjadi penerjemah, manfaatkan skill tersebut untuk membuka jasa penerjemahan online. Meskipun sudah ada mesin penerjemah bahasa seperti Google Translate, tapi masih banyak orang yang membutuhkan jasa penerjemahan manual oleh para tenaga profesional.

5. Content writer

Selain menjadi penerjemah, profesi online lain yang tidak perlu memiliki modal dan mengandalkan keterampilan berbahasa (dalam hal ini menulis) adalah penulis konten, content writer, atau freelance writer (penulis lepas). Untuk pekerjaan ini, Sedulur hanya perlu menulis artikel atau konten sesuai kebutuhan klien. Jika beruntung bukan tidak mungkin Sedulur mendapat job dari klien asing dan menghasilkan uang dalam bentuk dolar.

6. Social media evaluator

kerja online tanpa modal
Pexels

Job desc profesi ini hanyalah menjawab pertanyaan untuk mengevaluasi suatu promosi dan dikirimkan ke media sosialmu. Setiap selesai, Sedulur akan mendapatkan uang sekitar USD1 – USD5. Salah satu penyedia jasa social media evaluator yang cukup menjanjikan adalah Appen. Meskipun kelihatannya mudah, tidak semua orang bisa menjadi social media evaluator. Sedulur harus mengikuti rangkaian prosedur dan lolos kualifikasi untuk bisa menjalani pekerjaan ini. 

7. Menjadi blogger 

Sebelum internet populer, blogger termasuk salah satu peluang pekerjaan sampingan online menjanjikan. Penghasilan yang diperoleh biasanya berasal dari Google Ads, endorsement produk, atau pay per click, yang dipasang di website Sedulur. Jadi semakin banyak pengunjung blog, semakin besar pula penghasilan yang didapatkan.

8. Menjadi podcaster 

Peluang sukses lain di internet adalah menjadi podcaster. Podcast merupakan platform talkshow ala radio online yang belakangan cukup populer di kalangan anak muda. Untuk menjadi podcaster, Sedulur perlu memiliki akun di platform seperti spotify lalu membuat konten podcast menarik untuk mendapat donasi atau endorsement.

9. Menjadi youtuber

Profesi yang beberapa tahun belakangan jadi idaman para anak muda ini tidak hanya membuka peluang kesuksesan tetapi juga membuat para pelakunya terkenal. Untuk menjadi Youtuber pemula, Sedulur bisa memanfaatkan smartphone ketika membuat konten menarik agar banyak yang menonton dan mendapatkan penghasilan.

10. Menjadi gamer online

Siapa sangka hanya dengan bermain game online kita bisa memperoleh penghasilan? Apalagi belakangan, banyak sekali ajang e-sport digelar dan menawarkan hadiah yang cukup menggiurkan. Jadi jika Sedulur merasa cukup jago saat bermain game online, manfaatkan keahlian tersebut untuk jadi gamer profesional.

BACA JUGA: 15+ Rekomendasi Pekerjaan untuk Anak SMA, Dijamin Cuan!

11. Influencer

cara menjadi influencer
Unsplash

Istilah influencer mulai dikenal ketika media sosial Instagram muncul. Dengan modal lewat HP, penghasilan profesi ini biasanya berasal dari endorsement atau iklan yang dipromosikan melalui akun Instagram mereka. Beberapa contoh influencer sukses adalah Kylie Jenner, Gigi Hadid, Rachel Vennya, dan Awkarin.

12. Admin media sosial

Bagi yang merasa keahliannya hanya soal mengorganisasi atau mengetik, jangan khawatir. Sedulur bisa menjadi admin media sosial suatu fandom (kumpulan fans suatu boyband atau girlband Korea), atau komunitas tertentu. Seperti influencer, penghasilan profesi ini berasal dari endorsement yang dipromosikan di akun media sosial tempat Sedulur menjadi admin.

13. Freelancer desain grafis 

Selain penerjemah dan penulis konten, Sedulur juga bisa menawarkan keahlian sebagai desainer grafis di beberapa platform online. Jadi tanpa keluar rumah, Sedulur masih punya peluang memperoleh penghasilan memanfaatkan keahlian yang dimiliki.

14. Pengisi survei online

Salah satu kerja sampingan online tanpa modal untuk pelajar adalah mengisis survei online. Untuk profesi ini, yang perlu dilakukan hanyalah mengisi survei online secara berkala. Penghasilannya diperoleh dari seberapa banyak survei yang diisi dan diselesaikan. Tapi hati-hati, pastikan platform yang dipilih benar-benar membayar Sedulur ya! Karena saat ini ada banyak sekali platform survei abal-abal.

15. Data entry

Tugas utama pekerjaan ini hanyalah memasukkan data ke dalam aplikasi atau sebuah situs. Penghasilan tambahan yang akan Sedulur dapat biasanya dihitung dari seberapa banyak data yang di-entry-kan setiap harinya. 

16. Usaha barang bekas

Preloved artinya
News Groove

Daripada barang-barang bekas yang Sedulur miliki tidak terpakai dan berantakan dirumah. Sedulur dapat menjual barang-barang bekas tersebut seperti pakaian, buku, alat elektronik, dan lainnya secara online atau yang biasa disebut preloved.  Sedulur hanya perlu mengunggah foto barang-barang tersebut di media sosial atau platform e-commerce. Namun sebelum barang bekas tersebut diiklankan, pastikan barang-barangnya telah Sedulur bersihkan dan rapihkan agar lebih menarik bagi calon konsumen.

17. Tutor online

Kerja sampingan online yang pertama adalah Sedulur bisa coba menjadi tutor online. pekerjaan ini sedang banyak di cari. mengapa demikian? Dikarenakan keterbatasan jarak dan biaya yang cukup mahal untuk kelas tutor, saat ini banyak orang yang lebih memilih kelas tutor online melalui zoom atau google meet. Tutor online dipilih karena praktis dan biaya nya jauh lebih murah dibanding biaya tutor biasa. Sedulur hanya cukup menyiapkan materi, laptop dan internet Sedulur bisa membuka kelas tutor online Sedulur sendiri.

18. Fotografi

Kerja sampingan online ini cocok untuk Sedulur yang kreatif dan sudah terbiasa dengan aplikasi-aplikasi editing foto. Sedulur bisa memasarkan jasa Sedulur dan memasang portofolio Sedulur secara online. Sekarang ini juga banyak website terpercaya untuk transaksi foto-foto keren secara online. Misalnya shutterstock atau adobe stock. Jika skill Sedulur memadai akan banyak klien yang tertarik dengan jasa Sedulur dan bisa jadi sumber pemasukan baru. 

Namun terlepas dari pekerjaan-pekerjaan di atas  mungkin membutuhkan skill mumpuni dan gadget yang mendukung. Bagi Sedulur yang tidak mempunyai skill mencolok atau gadget yang mendukung ada juga lo kerja online gratis yang bisa di lakukan lewat HP saja.

19. Membuka jastip

Jastip atau jasa titip adalah salah satu kerja online yang sangat mudah di lakukan, bahkan tanpa modal. bagaimana bisa? Karena sistem kerjanya Sedulur open PO terlebih dahulu. lalu para konsumen akan meminta apa saja yang mereka inginkan dan langsung transfer uang. setelahnya Sedulur bisa langsung belanjakan apa saja yang mereka titip dan kirimkan langsung pada konsumen. mudah bukan?

20. Asisten virtual

Pernahkah Sedulur terbayang menjadi seorang asisten virtual. pekerjaan sampingan online ini adalah pekerjaan dimana seseorang membantu dari jarak jauh untuk mengatur manajemen bisnis Sedulur. Namun biasanya menjadi Asisten Virtual itu mengatur dalam pembuatan jadwal, membuat perjanjian, membalas chat dari para customer dan lain-lainnya.

BACA JUGA: 33+ Contoh Lowongan Kerja yang Baik dan Cara Membuatnya!

21. Thrifting

kerja online tanpa modal
Grazia

Kegiatan thrifting sempat marah sejak awal pandemi tempo lalu. alasannya bisnis ini mudah di lakukan. Sedulur hanya perlu membeli baju bekas lalu di jual kembali dengan harga yang lebih mahal.

Meski bekas, nyatanya pakaian nya masih sangat layak di gunakan, bahkan kualitasnya pun hampir sama seperti kita berbelanja baru di mall atau toko baju. apalgi terkadang sering kali kita temukan baju-baju bermerek yang nyasar dalam thrifting kita. tak heran, menemukan produk branded layaknya menemukan harta karun.

22. Customer service online

Pekerjaan ini juga tidak lepas dengan HP Sedulur. Dalam pekerjaan ini Sedulur harus memberikan informasi mengenai suatu produk serta pemesanan nya. Selain itu juga Sedulur harus melayani keinginan dan keluhan konsumen mengenai produk Sedulur. Pekerjaan ini bisa di lakukan dimana saja tanpa harus berinteraksi langsung dengan customer Sedulur. Pekerjaan ini cocok untuk Sedulur yang ingin kerja online tanpa modal serta mempunyai skill melayani yang tinggi.

23. Jasa pembuatan CV

Seiring berjalannya waktu, mencari pekerjaan tergolong sulit. oleh karena itu banyak jobseeker membuat CV semenarik mungkin agar rekruiter tertarik. Hanya saja tidak semua mampu membuat CV yang keren. baik dari desain serta pemilihan kata.

Maka kesempatan bagi Sedulur untuk memulai usaha sampingan online lewat hp menjadi pembuat CV. Cara buatnya tentu mudah bisa lewat hp. Sedulur hanya perlu download aplikasi Canva dan bisa langsung eksekusi membuatnya.

24. Volunteer survey online

Menjadi mahasiswa harus pandai-pandai mengatur waktu antara pekerjaan dan tugas-tugas kuliah. Hanya saja perlu di pastikan juga bahwa semua pekerjaan tersebut tidak menggangu kegiatan kuliah. Salah satu kerja online tanpa modal yang bisa di lakukan oleh mahasiswa adalah menjadi pengisi survey. Tidak perlu banyak berpikir, Sedulur hanya perlu isi survey online sebanyak-banyaknya.  semakin banyak survey online yang di isi maka makin besar juga bayaran yang di dapat.

25. Penulis lepas

Di era digital melakukan promosi tidak bisa dilakukan dengan cara direct selling saja. banyak orang yang sedikit jengah melihatnya. Maka sekarang media promosi kini dikemas dalam bentuk konten-konten yang bermanfaat dan tidak terasa seperti promosi.

Tentunya kebutuhan akan penulis lepas  juga semakin meningkat dengan sistem promosi online ini. Sedulur bisa menulis banyak konten bermanfaat di banyak website Sedulur sendiri maupun perusahaan lain. Bayarannya pun cukup fantastis untuk satu konten.

26. Voice over

Unsplash

Sedulur punya suara yang unik? kini media periklanan juga membutuhkan talent untuk mengisi suara suatu iklan di media sosial. Bagi Sedulur yang merasa punya suara yang khas, peluang menjadi voice over juga terbilang besar lo. Sedulur hanya perlu buat CV Sedulur dan upload di beberapa situs kerja online freelance. Jangan lupa sertakan juga portofolio yang menarik.

27. Live online shop 

Jika Sedulur punya bakat untuk merangkai kata-kata atau melakukan review produk, mungkin Sedulur bisa mengerjakan kerja dari rumah tanpa modal dengan menjadi streamer. Streamer yang dimaksud disini cara kerja online nya yaitu mempromosikan produk milik toko online orang lain. Dengan memasarkan produk tersebut, Sedulur bisa mendapatkan banyak keuntungan dan relasi untuk diajak bekerja sama berikutnya.

28. Guru les online 

Selain menjadi survey online, menjadi guru les untuk anak kecil juga sering jadi pekerjaan sampingan para mahasiswa. Karena sekarang harga bimbingan belajar kian mahal dan banyak orang tua yang ingin anaknya mendapatkan pelajaran tambahan untuk sekolahnya.

Seringkali dari mereka mencari guru bahasa Inggris dan matematika. Pastinya pelajaran bahasa inggris dan matematika untuk anak kecil sekitaran SD-SMP tidak begitu rumit. Apalagi sekarang sudah berbasis online, maka Sedulur bisa mengajarkan mereka lewat internet saja.

29. Jual followers 

Agar suatu usaha di percaya, terkadang pengikut atau followers selalu jadi tolak ukur. Banyak pemula bisnis atau bisnis kecil membeli followers untuk menarik minat target pasar mereka. Dengan ini Sedulur bisa menjual followers untuk mereka. Keuntungannya lumayan lo!

30. Reseller 

Jika Sedulur ingin mempunyai bisnis online sendiri namun Sedulur tidak memiliki modal produksi yang cukup maka pekerjaan ini cocok untuk Sedulur. Menjadi reseller merupakan ide yang cemerlang untuk kerja online gratis tanpa biaya pendaftaran. Selain tidak membutuhkan modal, pekerjaan ini tidak membutuhkan skill khusus, hemat waktu dan memiliki resiko yang minim kerugian, sehingga banyak dipilih orang. Karena reseller merupakan model kerja online dengan menjual kembali produk dari supplier dengan harga yang sudah di tentukan.

31. Editor foto

Sebagai seorang editor foto, Sedulur membutuhkan kemampuan dalam mengoperasikan berbagai perangkat lunak terkait, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Adobe Lightroom. Pekerjaan online ini umumnya melibatkan kerjasama dengan fotografer. Tugas seorang editor foto adalah mengedit hasil foto dari fotografer agar terlihat lebih baik. Fotografer akan memberikan bayaran kepada editor foto atas hasil kerja online dari rumah.

BACA JUGA: 17 Kerja Online dari Rumah yang Mudah, Aman dan Pasti Cuan!

Bagaimana cara kerja online tanpa modal?

Unsplash

Walaupun Sedulur melakukan pekerjaan online tanpa modal, nyatanya profesi ini juga memerlukan cara serta persiapan yang tepat. Lantas bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Pastikan alat yang digunakan memadai

Kerja sampingan online tidak akan pernah lepas dari yang namanya gadget. Pastikan bahwa Sedulur sudah memiliki gadget yang bisa terhubung dengan internet atau wifi. Akan lebih baik lagi apabila gadget Sedulur memiliki spesifikasi khusus, misalnya seperti memori ROM dan RAM yang besar. 

2. Siapkan resume dan portofolio

Jika Sedulur tertarik melakukan kerja sampingan online khususnya freelancer tanpa modal. Maka Sedulur perlu menyiapkan Resume, Cover Letter dan portofolio kerja semenarik mungkin sebagai personal branding untuk melamar ke suatu perusahaan. 

3. Kenali calon konsumen

Mengenali calon konsumen atau klien merupakan hal penting untuk dilakukan dalam kerja sampingan online. Riset ini dilakukan untuk menghindari adanya kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan di masa yang akan datang. Selain itu, hal ini juga mampu membantu Sedulur untuk lebih memahami langkah kedepannya pada calon konsumen/klien.

Melihat ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk bertahan di era digital seperti sekarang kita butuh skill memadai yang belum tentu diperoleh dari sekolah formal. Jadi sebagai langkah awal, Sedulur bisa memperkaya pengetahuan dan mengasah keterampilan, misalnya dalam bidang teknologi dan software, melalui portal kursus daring.

Selain itu, Kerja sampingan online tidak akan pernah lepas dari yang namanya gadget. Pastikan bahwa Sedulur sudah memiliki gadget yang bisa terhubung dengan internet atau wifi. Akan lebih baik lagi apabila gadget Sedulur memiliki spesifikasi khusus, misalnya seperti memori ROM dan RAM yang besar.Jadi, tunggu apalagi. Selamat mencoba, dan semoga beruntung!