gaji kerja di kapal pesiar

Selain mengunjungi luar negeri sebagai wisatawan, banyak orang yang memilih untuk bekerja di kapal pesiar karena imbalan finansial yang besar. Namun pernahkah Sedulur mencari tahu berapa sebenarnya gaji kerja di kapal pesiar?

Saat ini, terdapat berbagai kesempatan pekerjaan di luar negeri yang dapat dikejar. Salah satu yang paling diminati adalah pekerjaan sebagai karyawan di kapal pesiar. Pekerjaan di kapal pesiar menarik perhatian banyak calon pekerja karena tingginya besaran gaji yang ditawarkan. Tak hanya itu, mereka yang bekerja di kapal pesiar juga memiliki kesempatan untuk menjelajahi dunia. Kapal-kapal tersebut akan mengelilingi berbagai kota dan negara sesuai dengan rute yang ditentukan, serta kembali ke pelabuhan asal keberangkatan.

Kapal pesiar umumnya digunakan sebagai tempat rekreasi bagi penumpang, sehingga waktu mereka dihabiskan di atas kapal. Karena alasan ini, banyak orang yang mencari peluang pekerjaan di kapal pesiar. Namun, apakah Sedulur tahu berapa besaran gaji kerja di kapal pesiar? Yuk, simak rincian lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Desainer Grafis: Pengertian, Jenis, Tugas dan Prospek Karir

Gaji pekerjaan di kapal pesiar secara umum

gaji kerja di kapal pesiar
iStock

Bidang pelayaran menjadi incaran banyak orang, salah satunya karena tingginya gaji yang ditawarkan di sektor ini. 

Jika Sedulur bekerja di bidang pelayaran, terutama di kapal pesiar, Sedulur akan mendapatkan gaji dalam mata uang dolar Amerika, mengingat pekerjaan ini melibatkan perjalanan di berbagai negara.

Jika dihitung, gaji kerja di kapal pesiar dimulai dari 500 dolar Amerika atau sekitar Rp7 juta untuk pegawai pemula.Besaran gaji ini dapat meningkat hingga 1.500 dolar (sekitar Rp21 juta) atau bahkan 3.000 dolar (sekitar Rp42 juta) bagi mereka yang memiliki pengalaman lebih. Tenaga pelaut asal Indonesia juga diakui kualitasnya di tingkat internasional.

Saat ini, Indonesia menjadi anggota International Maritime Organization (IMO) guna memenuhi kebutuhan tenaga pelaut di seluruh dunia. Selain Indonesia, anggota lain dari organisasi ini adalah Tiongkok dan Filipina.

Pendidikan untuk bekerja di kapal pesiar

gaji kerja di kapal pesiar
iStock

Untuk memulai karir di industri pelayaran, sebaiknya Sedulur mempersiapkannya sejak dini dengan masuk ke sekolah kejuruan setara SMK. Di beberapa daerah, sekolah-sekolah ini juga dikenal sebagai Sekolah Umum Perikanan Menengah (SUPM). Selain itu, profesi pelayaran juga dapat ditempuh melalui sekolah khusus pelayaran setelah menyelesaikan SMA.

Beberapa sekolah yang direkomendasikan untuk pendidikan di bidang pelayaran antara lain Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan, serta Balai Besar Pendidikan Penyegaran & Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta.

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang bahkan masuk dalam Daftar Putih (White List) International Maritime Organization dan diakui secara signifikan dalam melahirkan tenaga ahli maritim dan kepelabuhan.

Skill yang harus dipelajari

iStock

Ketika mengikuti pendidikan di sekolah-sekolah pelayaran, terdapat beberapa keterampilan yang dapat dipelajari. Meskipun ada jurusan yang lebih spesifik, terdapat keterampilan umum yang harus dikuasai, seperti pengetahuan geografi, keselamatan dan keamanan publik, pelayanan pelanggan, serta hukum dan tata pemerintahan.

Di bidang pelayaran, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing juga diperlukan karena akan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai negara.

Selain kemampuan teknis, penting juga untuk memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik. Seorang pelaut harus memiliki kondisi fisik yang prima, mengingat mereka akan berada di atas kapal selama berbulan-bulan bahkan jika perjalanan mencapai luar negeri, waktu tempuhnya bisa mencapai hampir satu tahun.

Selanjutnya, pelaut juga harus siap menghadapi segala kondisi alam. Meskipun demikian, tidak perlu khawatir karena pelaut tidak akan bekerja secara terus-menerus sepanjang hari. Mereka tetap memiliki waktu istirahat seperti umumnya jam kerja.

Rincian gaji kerja di kapal pesiar

iStock

Gaji kerja di kapal pesiar bisa mencapai belasan juta rupiah. Namun, gaji tersebut tergantung pada posisi pekerjaan. Di kapal pesiar, terdapat beberapa posisi yang menjadi incaran pencari kerja Indonesia.

Posisi-posisi tersebut antara lain housekeeping, waiter dan waitress, cook, laundry man, serta department food and beverage.

Meskipun mendapatkan gaji yang besar, bekerja di kapal pesiar umumnya menggunakan sistem kontrak daripada status pegawai tetap. Biasanya, kontrak tersebut berlangsung selama delapan hingga sepuluh bulan.

Berikut ini adalah perkiraan rata-rata gaji di kapal pesiar:

  • Nautika kapal pesiar: US$12.000 – US$50.000 per bulan
  • Oiler kapal pesiar: US$12.000 – US$15.000 per bulan
  • Pelayaran kapal pesiar: US$12.000 – US$15.000 per bulan
  • Pastry chef kapal pesiar: US$15.000 – US$25.000 per bulan
  • Staf laundry: US$1.000 – US$1.600 per bulan
  • Teknisi: US$20.000 – US$30.000 per bulan
  • Room boy: US$10.000 – US$15.000 per bulan
  • Kapten kapal pesiar: US$100.000 – US$200.000 per bulan
  • Kru kapal: US$10.000 – US$20.000 per bulan

BACA JUGA: Langkah Tepat Memulai Karir Sebagai Freelancer Profesional

Syarat kerja di kapal pesiar

gaji kerja di kapal pesiar
Hapag Lloyd Cruise

Meskipun kesempatan kerja di kapal pesiar menarik, namun pekerjaan di sana juga mengharuskan memiliki keterampilan dan memenuhi persyaratan yang ketat. Beberapa persyaratan tersebut meliputi kemampuan berbahasa Inggris yang baik, pengalaman bekerja di industri perhotelan, usia antara 21 hingga 35 tahun, kesehatan fisik dan mental yang baik, serta memiliki sertifikat dan dokumen yang lengkap.

Selain itu, bekerja di kapal pesiar juga menekankan pentingnya etika dan sopan santun. Untungnya, bagi orang Indonesia, kelebihannya adalah reputasi keramahan yang telah dikenal secara luas.

Itu tadi informasi mengenai gaji kerja di kapal pesiar.  Bagaimana? Apakah Sedulur tertarik untuk bekerja di kapal pesiar? Jangan lupa untuk menyiapkan segala yang dibutuhkan agar Sedulur bisa bekerja di kapal pesiar dengan segera dan berjalan lancar.