Job desk creative director

Dalam dunia kreatif, peran seorang creative director memang tidak bisa dianggap remeh. Meskipun bekerja di belakang layar, mereka memegang kunci bagaimana sebuah iklan bisa menjadi menarik dan sukses ketika dilempar ke masyarakat. Dengan mengetahui job desk creative director, Sedulur akan mengetahui sepenting apa tugas mereka dalam membuat suatu karya.

Mengetahui tugas creative director juga bisa membantu Sedulur ketika ingin berkarir sebagai seorang creative director. Khususnya, Sedulur yang menyukai hal-hal berbau kreativitas. Untuk itu, informasi seputar tanggung jawab, skill, dan kualifikasi apa saja yang dibutuhkan harus Sedulur pahami dari awal dengan baik. Berikut adalah informasi penting mengenai job desk creative director beserta skill dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk menduduki posisi ini.

BACA JUGA: Desainer Grafis: Pengertian, Jenis, Tugas dan Prospek Karir

Apa itu creative director?

job desk creative director
iStock

Apakah Sedulur masih merasa asing dengan pekerjaan creative director? Padahal, mereka adalah orang-orang penting dibalik suksesnya iklan suatu perusahaan. Seorang creative director merupakan pemimpin tim kreatif, yang biasanya terdiri dari copywriter, videografer, dan desainer. 

-->

Secara umum, perusahaan akan memiliki tim kreatif untuk mendongkrak perjualan produk atau jasa yang ditawarkan melalui iklan yang menarik. Disinilah seorang creative director akan memimpin tim kreatif dalam hal merencanakan, membuat, dan memberikan visi strategis kepada anak buahnya. 

Seorang creative director merupakan pemegang peran yang sangat vital dalam tim kreatif. Mereka diharuskan terlibat dalam perencanaan brand atau iklan, serta harus bisa mengawasi seluruh proses kreatif yang dilakukan oleh tim. Selain itu, creative director tidak hanya bertugas untuk menyelaraskan ketiga peran di bawahnya, namun juga harus bisa menciptakan konsep yang bisa menonjolkan poin utama suatu brand kepada publik.

BACA JUGA: Script Writer: Pengertian, Tugas, Skill, dan Jenjang Karirnya

Job desk creative director

iStock

Membahas mengenai creative director, belum lengkap jika tidak paham tentang tugas atau job desk yang mereka lakukan. Dari penjelasan sebelumnya, Sedulur bisa membaca tugas dan tanggung jawab seorang creative director pada ulasan berikut ini dengan lebih lengkap.

1. Membuat Konsep Kreatif

Sesuai dengan namanya, seorang creative director memiliki tugas utama dalam membuat konsep kreatif. Proses membuat konsep kreatif tersebut dimulai saat mereka mengadakan pertemuan dengan klien, baik klien yang berasal dari luar maupun dalam perusahaan. 

Di dalam pertemuan tersebut, tim kreatif dan klien akan merundingkan mengenai seperti apa konsep yang ingin diwujudkan. Selain itu, mereka juga akan menegaskan mengenai kontribusi tim kreatif dalam proses produksi yang dilakukan. Konsep kreatif yang dimaksud bisa terwujud dalam bentuk berbagai hal, seperti gambar, sebuah copy yang menarik, dan video.

2. Mengawasi Kinerja Tim

Tak hanya membuat konsep kreatif, seorang creative director juga akan mengawasi kinerja tim yang dipimpinnya. Hal ini karena dalam praktiknya di lapangan, pertemuan yang dilakukan antara tim kreatif dengan klien biasanya dilakukan dalam waktu yang sangat singkat, sehingga ada banyak kemungkinan perubahan yang kerap terjadi di kemudian hari.

Sebagai contoh, perubahan yang biasanya terjadi adalah perubahan ide dan pengaturan jadwal ulang. Oleh karena itu, creative director selalu dituntut untuk mampu mengawasi kinerja tim yang sedang dipimpin agar semua permintaan klien dapat diselesaikan dengan tepat, baik dari segi waktu maupun permintaan. 

3. Membuat Laporan Kinerja

Selain dua hal di atas, seorang creative director juga harus membuat laporan kinerja. Hal ini karena setiap pekerjaan yang telah dilakukan oleh tim kreatif akan masuk ke dalam catatan creative director. Selanjutnya, catatan tersebut akan dikumpulkan menjadi sebuah laporan dan akan dipresentasikan kepada klien dan atasan. 

Pembuatan laporan kinerja ini sangat penting karena bisa dijadikan sebagai bahan penilaian dalam sebuah proses produksi. Laporan kinerja juga memiliki hubungan yang erat dengan pendanaan sebuah konsep yang akan dijalankan.

BACA JUGA: Telemarketing: Definisi, Tugas, Karir dan Skill Wajibnya

Skill dan kualifikasi yang dibutuhkan

job desk creative director
iStock

Setelah memahami tugas dan tanggung jawab atau job desk creative director, Sedulur yang tertarik bekerja dalam bidang ini juga harus mengetahui apa saja skill dan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. 

Skill dan kualifikasi sangat penting untuk dimiliki karena posisi ini merupakan ujung tombak sebuah perusahaan dalam hal kreativitas. Dengan begitu, Sedulur harus memiliki beberapa skill berikut untuk bisa lolos kualifikasi menjadi seorang creative director. 

1. Desain grafis

Skill yang harus dimiliki oleh seorang creative director tentu saja desain grafis. Skill ini wajib Sedulur kuasai karena profesi desain grafis merupakan langkah awal untuk berkarier di posisi ini. Oleh karena itu, kemampuan desain grafis dan seluruh pengalamannya dalam bidang tersebut adalah syarat mutlak yang harus dikuasai seseorang untuk menjadi creative director. 

Selain skill, biasanya sejumlah perusahaan juga mewajibkan para kandidat mereka untuk memiliki latar belakang pendidikan seperti desain grafis ataupun jurusan yang sejenis. Sementara untuk pengalaman, beberapa perusahaan umumnya memberikan syarat pengalaman minimal enam tahun di bidang yang melibatkan desain grafis.

2. Memahami tren

Skill lain yang harus Sedulur kuasai adalah memahami tren yang sedang hangat dengan baik, sebab kreativitas dan tren memiliki hubungan yang sangat erat. Dengan alasan tersebut, siapapun yang ingin memiliki pekerjaan sebagai creative director tentu harus memiliki pemahaman yang baik terhadap tren terbaru yang ada.

Walaupun kebutuhan mengenai skill atau kemampuan memahami tren ini tidak sewajib desain grafis, namun dengan pemahaman tren yang baik, merek atau iklan yang telah dibuat akan menghasilkan pemasaran yang lebih besar. Selain itu, pemahaman akan tren terbaru juga akan membuat anggaran yang dibutuhkan untuk pengerjaan iklan tidak akan terlalu besar.

3. Kepemimpinan dan berbicara di depan umum

Creative director juga dikenal sebagai direktur kreatif merupakan seorang pemimpin tim kreatif, oleh karena itu, mereka dituntut untuk memiliki jiwa kepemimpinan dan kemampuan berbicara di depan umum yang baik. Jika dua hal tersebut bisa dilakukan dengan baik, maka posisi creative director yang dijalankan akan semakin mudah.

Tanpa dua kemampuan ini, seseorang yang secara teknis cocok untuk menduduki posisi ini  bisa kalah dengan kandidat lainnya. Oleh karena itu, kemampuan untuk memimpin dan berkomunikasi secara efektif sangat dibutuhkan. 

Sifat kepemimpinan sangat dibutuhkan karena skill ini memiliki kaitan dengan tugas sehari-hari yang harus dijalankan seorang pemimpin tim. Sedangkan untuk bisa menjadi seorang pemimpin yang baik, Sedulur tentu harus berani berbicara di depan umum dengan percaya diri. 

BACA JUGA: Apa Itu Developer? Ini Pengertian, Skill dan Peluang Karirnya

Jenjang Karier Creative Director

iStock

Apabila Sedulur benar-benar tertarik dengan pekerjaan ini, Sedulur bisa memulainya dari level terbawah. Berikut adalah jenjang karier untuk dapat menduduki posisi creative director.

1. Staf

Pertama adalah posisi staf desain grafis. Posisi ini biasanya sangat dibutuhkan oleh perusahaan iklan atau start up, Sehingga Sedulur bisa meniti karier dari perusahaan tersebut dan menjadikan pengalaman disana sebagai batu loncatan ke jenjang berikutnya. 

2. Senior desain grafis

Setelah menjadi staf desain grafis selama setidaknya 3 tahun, Sedulur bisa mengembangkan karier sebagai senior desain grafis. Baik di perusahaan yang sama atau memulai di perusahaan baru.

3. Art director

Jenjang berikutnya adalah art director. Sebenarnya, posisi ini tidak terlalu berbeda dengan creative director. Akan tetapi, posisi art director masih seringkali dilibatkan dalam kegiatan pengawasan, penganggaran, dan agenda rapat bersama klien.

4. Creative director

Setelah berkarir setidaknya 6 tahun, Sedulur akan mencapai level tertinggi, yaitu menjadi seorang creative director. Pada posisi ini, Sedulur akan bertanggung jawab langsung kepada pimpinan perusahaan atau CEO.

Itu dia informasi seputar job desk creative director beserta skill, kualifikasi, dan jenjang kariernya. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur sekalian yang sedang mencari pekerjaan terbaik di masa yang akan datang. Selamat mencoba dan semoga berhasil!