habit

Habit adalah kebiasaan dari manusia yang dilakukan setiap harinya. Kebiasaan tersebut merupakan sebuah upaya dari masing-masing pribadi manusia dengan tujuan untuk mencapai sesuatu. Misalnya untuk mencapai kesuksesan. Namun, tidak mudah untuk menciptakan sebuah kebiasaan yang baik.

Banyak dari kita pernah menjalani kebiasaa yang tidak baik dan kurang sehat. Alih-alih mengantarkan pada kesuksesan, hal tersebut justru mengantarkan kita kepada keterpurukan dan membuat kita menjalani hari yang sangat sulit. Kendati pun Sedulur telah mengetahui bahwa bad habit adalah hal yang buruk, kamu mungkin juga kesulitan keluar dari lingkaran tersebut.

Berikut ini adalah penjelasan tentang hal yang berkaitan dengan habit yang mungkin dapat membantu Sedulur keluar dari keterpurukan dan mencapai sesuatu yang baru. Mari mulai pembahasan dengan mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

BACA JUGA: Penghasilan Masih Kurang Mencukupi, Guru SD Ini Sukses Kerja Sambilan Jadi Super Agen Hingga Raih Dua Award Sekaligus!

-->

Pengertian habit

habit adalah kebiasaan
Tuts+

Habbit or habit? Dalam Bahas Inggris, ditulis dengan habbit, kemudian diserap oleh Bahasa Indonesia dengan penulisan sederhana; habit yang merupakan kebiasaan atau rutinitas yang dilakukan secara reguler dan biasanya dilakukan dengan otomatis.

Hal tersebut bisa terjadi karena dilakukan berulang-ulang dalam waktu yang cukup lama. Habit synonym yaitu kebiasaan.

Kebiasaan adalah rutinitas yang bisa saja terdiri dari dua hal, kebiasaan baik dan kebiasaan buruk. Biasanya setiap orang selalu merasa kurang dalam rutinitasnya. Baik yang telah menjalani good habit atau sekalipun yang terpuruk pada bad habit.

Perilaku baik kunci menuju kesuksesan

habbit or habit
Medium

Salah satu kunci menuju kesuksesan adalah menjalankan kebiasaan berperilaku baik. Sebenarnya kita bisa mengukur seberapa baik kebiasaan kita dengan membuat pola perhitungan habit tracker sendiri. Pada dasarnya, kita bisa berperilaku yang berkaitan dengan sopan santu dalam lingkungan sosial dan pekerjaan.

Jika punya bisnis sendiri, memiliki perilaku baik adalah hal yang harus diutamakan dalam menjalin hubungan dengan pihak lain. Jika tidak, bagaimana sedulur berkomunikasi dengan nyaman dan tenang sedangkan perilaku kamu sendiri tidak menyenangkan orang lain. Bagaimana bisnis Sedulur bisa berkembang jika tidak berperilaku baik kepada pelanggan.

Hal tersebut juga berlaku untuk setiap aspek kehidupan yang sedang kita jalani. Memiliki habit baru dengan berperilaku baik bisa mengantarkan kita mencapai kesuksesan.

Habit kecil yang berdampak besar

good habit
Pinterest

Sedulur bisa membuat habit book sendiri untuk mencatat setiap kebiasaan baru. Tidak perlu memulai segala sesuai langsung secara signifikan. Kamu bisa memulai dari kebiasaan kecil yang berdampak besar. Kebiasaan buruk setiap hari bisa dihindari dengan menganti kebiasaan buruk tersebut dengan kebiasaan yang lebih baik.

Contohnya adalah dengan mulai membiasakan kebiasaan mandi pagi, berolahraga dan mengurangi aktivitas yang merugikan kesehatan seperti merokok, begadang, dan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan kebiasaan kecil yang bisa memberikan dampak besar terhadap diri sendiri.

Dengan meyakinkan diri bahwa kebiasaan kecil yang terkesan remeh dapat memberikan dampak besar, bisa memberikan sugesti kepada Sedulur bahwa segala sesuatu bisa diubah. Dengan memberikan diri sendiri sugesti seperti ini bisa memudahkan kamu untuk membentuk habit baru. Setelah itu, kamu hanya tinggal mengembangkannya dan mempertahankannya.

Jika sedari awal sudah memulai kebiasaan baru dengan suatu hal yang besar, ini hanya akan membebani dan membuat usaha sia-sia. Karena pada akhirnya, di tengah proses perubahan yang dilakukan, kamu akan mengalami jenuh dan kembali kepada habbit lama yang tidak baik bagi.

Oleh karena itu, mungkin kamu penasaran seperti apa tips dan saran agar dapat mengubah kebiasaan buruk menjadi dengan kebiasaan baik. Seperti apa habbit yang jelek dan mulai melakukan habbit baru agar bisa semakin dekat dengan kesuksesan. 

1. Tentukan tujuan yang jelas

habit tracker
Kompasiana

Langkah pertama agar bisa memiliki habit yang baik adalah dengan menentukan tujuan yang jelas. Apa sebenarnya tujuan yang ingin dicapai? Jika jawabannya adalah kesuksesan, lantas kesuksesan apa yang ingin diraih? Tujuan tersebut harus diperjelas agar kamu bisa menentukan kebiasaan apa yang harus dilakukan untuk menunjang tujuan tersebut.

Jangan lupa juga untuk menanamkan niat untuk berubah. Dengan niatan yang besar, kamu bisa memiliki motif yang kuat untuk berubah setiap harinya. Dengan begitu, Sedulur bisa terus menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya dan semakin dekat dengan kesuksesan.

2. Buat segala sesuatu menjadi sederhana

kebiasaan kecil
Top Career

Ini adalah bocoran. Yang menjadi salah satu penyebab banyak yang gagal dalam mencapai kesuksesan dan membuat kebiasaan baru yang lebih baik adalah malas. Malas merupakan sifat negatif yang dimiliki oleh setiap orang. Biasanya, malas muncul karena kita menganggap segala hal yang akan dijalani adalah hal yang rumit.

Maka dari itu, agar habbit baru bisa terlaksana dengan baik, Sedulur bisa membuat segala sesuatunya menjadi lebih sederhana. Saat pertama kali memulai suatu kebiasaan, jangan langsung membebani diri dengan berbagai target besar yang harus diselesaikan. Lebih baik diawali dari tindakan kecil terlebih dulu yang sederhana dan memiliki dampak besar.

Jika sedari awal kamu mulai dengan hal-hal yang berat dan memebbani, kecil kemungkinan kamu akan bertahan untuk membangun sebuah habbit baru. Karena, seiring berjalannya waktu kebiasaan-kebiasaan kecil tersebut akan berkembang menjadi sesuatu yang lebih besar dan lebih baik lagi.

3. Buat jadwal yang cocok

membuat jadwal
Unsplash

Langkah selanjutnya agar kebiasaan baru bisa cepat melekat adalah dengan membuat rencana yang matang. Aturlah jadwal sedetail mungkin sehingga kamu tahu dengan pasti kapan dan bagaimana harus melakukannya. Dengan mematuhi jadwal yang telah dirancang, secara tidak langsung kamu juga ikut menanamkan sikap konsisten pada diri sendiri.

Dengan begitu, kebiasaan apapun yang diinginkan dapat lebih mudah terbentuk. Ini juga dapat melatih untuk lebih disiplin terhadap diri sendiri. Kita yang membuat jadwal sendiri dan harus berkomitmen terhadap jadwal yang dibuat. Di sisi lain, kita juga sedang menguji seberapa besar kita menghargai diri kita sendiri.

BACA JUGA: 8 Tips Membuka Bisnis Toserba yang Sukses Bagi Pemula

4. Hargai setiap pencapaian yang didapatkan

self reward
Detik

Agar dapat membuat habbit baru, kamu harus mulai menghargai setiap pencapaian yang didapatkan. Bagian ini merupakan self reward bukti bahwa kita mampu mewujudkan segala sesuatu dengan usaha kita sendiri. Bentuk self reward sendiri ada bermacam-macam. Bisa berupa liburan, menyantap makanan favorit, atau bahkan bermalas-malasan di akhir pekan.

Pemberian hadiah kepada diri sendiri ini bisa membuatmu tambah semangat menyisipkan kebiasaan baru dalam keseharianmu. Bukan hanya itu, Sedulur juga jadi semakin tertantang untuk meningkatkan target berikutnya yang harus Sedulur capai. Dengan begitu Sedulur bisa melakukan perubahan secara bertahan dengan habit baru yang lebih baik lagi.

5. Fokus pada rencana yang sedang dilakukan

rencana
Okezone

Pada suatu saat, kamu akan mengalami suatu hal yang akan mengalihkan dari sebuah usaha yang tengah dilakukan dan dikembangkan. Entah itu kesibukan, perubahan situasi yang mendadak, atau mungkin kemalasan. Melenceng dari rencana yang semula dibuat adalah hal yang wajar. Namun begitu menyadarinya, Sedulur harus segera kembali ke jalur yang benar, agar ritme kebiasaanmu tetap terjaga dan Sedulur tak perlu mengulangnya lagi dari awal.

Jangan lupa untuk pastikan di kemudian hari tak lalai seperti sekarang. Menciptakan kebiasaan baru terlebih yang belum pernah dicoba lakukan tentunya bukan perkara gampang. Namun, dengan kedisiplinan dan komitmen yang tinggi, dijamin Sedulur bakal berhasil mewujudkannya.

Itulah penjelasan tentang habit yang perlu diketahui agar kamu bisa dengan yakin dan selalu positif untuk dapat mencapai kesuksesan. Semoga penjelasan di atas juga bisa mendorong Sedulur untuk senantiasa melakukan sesuatu yang disukai dan bisa mencapai hal yang dicita-citakan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.