gaji staff warehouse

Dari sekian banyak daftar posisi dan pekerjaan dalam dunia karir, salah satu yang banyak diincar oleh pelamar laki-laki yaitu sebagai staff warehouse atau staff gudang. Selain karena gaji staff warehouse yang cenderung besar, pekerjaan ini sendiri lebih banyak mengerahkan kekuatan fisik dan kemampuan lapangan.

Umumnya pekerjaan ini berkaitan dengan penyimpanan barang produksi atau hasil produksi sebuah perusahaan. Tak jarang, staff warehouse juga bertanggung jawab pada distribusi barang ke perusahaan cabang atau konsumen. Dengan kebutuhan kemampuan fisik yang tinggi, tentu pekerjaan ini memberikan tantangan tersendiri bagi para pelamar kerja.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bukan hanya sekedar gaji staff warehouse saja. Sedulur juga akan diberi penjelasan tentang tugas, tanggung jawab serta keterampilan yang dibutuhkan dalam bidang ini. Yuk, mari langsung saja kita simak penjelasannya di bawah!

BACA JUGA: 12 Tugas Administrasi Proyek, Gaji, Tugas dan Kualifikasinya

-->

Gaji staff warehouse

gaji staff warehouse
iStock

Pembahasan pertama kita langsung masuk ke pembahasan terkait gaji staff warehouse, yang mana informasi ini merupakan informasi yang banyak dicari tahu. Selain sebagai gambaran juga sebagai dorongan agar dapat berkerja menjadi staff warehouse atau gudang.

Kisaran gaji staff gudang di Indonesia sangat beragam. Tergantung daerah dan besar kecilnya perusahaan. Biasanya gaji yang diberikan berpatok pada upah minimum kota atau UMK. Saat ini rata-rata gaji warehouse staff di Indonesia sebesar Rp3,8 juta per bulan.

Sebagai gambaran Sedulur, berikut ini beragam gaji staff warehouse berdasarkan wilayang termpat bekerjanya:

  • Bandung : Rp5.359.967
  • Karawang: Rp5.066.314
  • Bekasi: Rp4.974.009
  • Jakarta: Rp4.187.440
  • Tangerang: Rp3.789.808
  • Bogor: Rp3.573.357
  • Surabaya: Rp3.486.078
  • Makassar: Rp3.219.642

Besaran gaji di atas sebagai acuan nilai tertinggi saja, bukan patokan dasar untuk penggajian rata-rata di kota tersebut. Tentu setiap kota-kota besar lain di Indonesia memiliki kebijakan berbeda terkait gaji begitu juga kebijakan perusahaan

Jabatan bagian warehouse

gaji staff warehouse
iStock

Setelah mengetahui tentang gaji staff warehouse, tentu Sedulur juga harus tahu jabatan atau bagian yang ada dalam bagian warehouse atau pergudangan. Berikut ini beberapa jabatannya yang juga bisa jadi sebagai jenjang karir dari pekerjaan di warehouse atau bagian gudang itu sendiri, yaitu:

1. Supervisor warehouse atau gudang

Jabatan ini mengawasi semua pekerjaan atau aktivitas dalam gudang pekerjaan tim gudang agar sesuai standar perusahaan. Selain itu supervisor gudang juga bertugas membuat perencanaan pengadaan dan distribusi bahan atau hasil produksi.

Juga membuat perencanaan, pengawasan pelaporan pergudangan dan memastikan ketersediaan barang sesuai dengan kebutuhan. Tugas dan tanggung jawabnya sangat tinggi sehingga jabatan ini menduduki posisi puncak.

2. Staff warehouse atau gudang

Sedangkan untuk staff gudang, ruang lingkup pekerjaannya memindahkan barang yang masuk, baik dari atau ke kendaraan.  Staff gudang juga bertugas memindahkan barang ke lokasi yang sudah ditentukan. Packing atau mengemas barang produksi juga menjadi tugas lainnya.

Makanya, tidak heran kalau untuk posisi warehouse staff dibutuhkan seseorang dengan fisik dan stamina yang sehat. Ini merupakan jabatan atau posisi yang menjadi topik utama pembahasan terkait gaji dalam pembahasan artikel satu ini.

3. Operator warehouse atau gudang

Pekerjaan utama dari operator gudang adalah memastikan alur keluar masuk barang, menata barang dalam gudang.  Mengecek ketersediaan sebelum pengiriman. Karenanya untuk posisi ini dibutuhkan ketelitian agar tidak terjadi kesalahan perhitungan stok.

4. Admin warehouse atau gudang

Biasanya berurusan dengan administrasi pergudangan. Menginput, mengidentifikasi barang, mengecek dan memeriksa keberadaan barang, menjadi tugas dan tanggung jawab dari admin gudang. Ini merupakan jabatan paling awal bagi setiap pelamar yang ingin mencicipi pekerjaan di bagian gudang. Sebelum berlanjut ke jabatan atau jenjang pekerjaan di bagian gudang lainnya.

BACA JUGA: Bahas Tuntas Tugas Staff Produksi, Tanggung Jawab, dan Gaji

Tugas dan tanggung jawab staff gudang

iStock

Selanjutnya pembahasan penting bukan hanya terkait gaji staff warehouse dan posisi atau jabatan yang tersedia, juga tugas dan tanggung jawab dari staff gudang itu sendiri. Tugas seorang staff pergudangan sudah pasti berkutat di lingkungan gudang atau penyimpanan.

Jadi, pastinya berbeda dengan tugas staf kantor, yang lebih banyak menghabiskan waktu dalam kantor. Berikut beberapa tugas warehouse staff yang bisa Sedulur ketahui:

1. Bongkar muat barang

Tugas pertama staff warehouse adalah bongkar muat barang karena berkaitan dengan pendistribusian barang. Kegiatan distribusi ini erat kaitannya dengan bongkar muat barang. Warehouse staff bertanggung jawab untuk mengawasi dan mencatat setiap barang yang dimuat (keluar) atau bongkar (masuk).

Pencatatan bongkar muat meliputi jumlah barang, nama, jenis, pengirim atau penerima, hingga waktu barang berangkat atau tiba di tujuan. Pekerjaan atau tugas ini yang membuat gaji staff warehouse merupakan salah satu gaji tertinggi dalam bidang karir pekerjaan.

2. Menandatangani surat penerimaan barang

Tugas kedua yaitu menandatangani surat penerimaan barang. Segala kegiatan dan aktivitas gudang diawasi langsung oleh warehouse staff. Mulai dari bongkar muat, kondisi barang hingga pengiriman barang.

Karena bertugas untuk mengawasi aktivitas itu semua, maka warehouse staff juga bertanggung jawab untuk menandatangani surat penerimaan barang dari produsen, eksportir dan sebagainya. Ini bagian dari tanggung jawabnya dan menunjukan miliki peran tinggi sehingga wajib menerima gaji staff warehouse yang layak.

3. Cek barang di gudang

Pengecekan barang dalam gudang, harus rutin dilakukan oleh warehouse staff. Pengontrolan ini dilakukan untuk mengecek kualitas dan kuantitas barang yang ada di ruangan penyimpanan, atau saat pembongkaran. Staff pergudangan harus memastikan barang sesuai dengan data yang dimiliki.

Jika kondisi dan jumlah barang sudah pas, maka selanjutnya dilakukan laporan secara berkala. Semua barang atau produk wajib dicek dan jangan sampai ada yang terlewat. Ini merupakan bagian dari tugas pengawasan itu sendiri.

4. Menyiapkan pengiriman dan penyimpanan barang

Jika terdapat pemesanan barang dari pelanggan, , maka warehouse staff yang akan menyiapkan pengiriman dan penyimpanan barang.  Sebelum sampai di tujuan, karyawan pergudangan harus memastikan jumlah barang yang dipesan sudah pas, kelengkapan administrasi, packing sampai pengangkutan atau pengiriman barang.

5. Membuat laporan aktivitas barang

Keluar masuknya barang dalam gudang, otomatis mempengaruhi jumlah atau kondisi barang produksi. Untuk meminimalisir kesalahan, diperlukan pencatatan detil naik turunnya barang di ruang penyimpanan.

Jasa staff gudanglah yang mengurus laporan inventaris barang ini. Inventarisir ini dicatat secara terperinci dan berkala. Seperti keluar masuknya barang, kerusakan, retur hingga stok barang yang tersedia. Termasuk pelabelan nama atau sejenisnya.

6. Koordinasi dengan divisi lain dan klien

Koordinasi menjadi bagian dari tugas penting lain seorang warehouse staff. Melihat tugasnya yang banyak dan cukup kompleks, karena berkaitan dengan banyak pihak, maka dibutuhkan komunikasi yang intens antara warehouse staff dan pihak terkait.

Posisi pekerjaan di gudang pun harus berkomunikasi dengan baik. Seperti dengan klien untuk memastikan jumlah barang orderan, kondisi barang yang akan dikirim, hingga memberi layanan saat ada retur atau pengembalian.

BACA JUGA: Tugas Manajer Operasional, Gaji, dan Kualifikasi Lengkapnya!

Keterampilan yang dibutuhkan

iStock

Dari tugas dan tanggung jawab di atas, tentu menjadi seorang staff gudang membutuhkan pengetahuan dan keahlian. Ada banyak tugas yang membutuhkan kerja sama tim, maka dari itu kemampuan kerja sama tim merupakan kemampuan wajib yang harus dimiliki.

Kemampuan kerja sama tim juga akan sangat bagus jika ditunjang dengan keterampilan komunikasi. Seorang staff warehouse juga membutuhkan pemahaman operasi komputer, administrasi gudang, pemahaman matematika dasar dan berorientasi pada detail.

Ketarampilan dan pengetahuan yang dijelaskan di atas jelas merupakan kebutuhan agar staff gudang dapat mengerjakan setiap tugas dan tanggung jawabnya. Ada pun, secara spesifik kriteria dan keterampilan khusus yang dibutuhkan oleh staff gudang atau warehouse adalah sebagai berikut:

  • Diploma menjadi syarat minimal pendidikan yang harus dimiliki calon staff gudang. Meski begitu, ada juga perusahaan yang memberi patokan pendidikan lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK).
  • Memiliki kemampuan dasar mengatur stok barang.
  • Memiliki kepribadian yang ulet, berintegritas dan bertanggung jawab.
  • Komunikatif
  • Memiliki fisik dan kesehatan yang baik
  • Mampu menghitung atau matematika dasar yang baik.

Jika Sedulur merasa memiliki kriteria dan keterampilan yang disebutkan di atas dan tertarik untuk bekerja sebagai staff gudang, maka Sedulur bisa langsung memasukkan lamaran ke perusahaan yang membutuhkan pekerjaan di bagian gudang.

Paling penting adalah mamahami bahwa bekerja harus bertanggungjawab dan dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Agar bisa memberikan dampak yang positif bagi setiap bagian yang ada di dalam perusahaan.