Gaji pegawai starbucks

Starbucks adalah salah satu kedai kopi yang sangat terkenal di Indonesia. Banyak lulusan baru, terutama mereka yang baru lulus SMA, yang ingin bekerja sebagai barista di Starbucks. Ini disebabkan karena gaji barista di Starbucks dianggap cukup kompetitif dan menggiurkan.

Menarik ke belakang tentang sejarah toko minum kopi ini. Starbucks Corporation merupakan perusahaan kopi yang berkantor pusat di Seattle, Washington. Menurut situs resminya, Starbucks memiliki lebih dari 20.336 gerai yang tersebar di 61 negara, termasuk Indonesia. Tidak mengherankan banyak orang yang ingin bekerja di sana. Upah di Starbucks mengikuti standar Upah Minimum Regional atau UMR yang berlaku pada setiap kota di Indonesia, dengan rentang antara Rp 2.500.000 hingga Rp 4.000.000 per bulan. 

Apakah Sedulur termasuk salah satu yang tertarik menjadi bagian di Starbucks? Berikut ini informasi tentang gaji pegawai Starbucks dan persyaratan pendaftarannya.

BACA JUGA: Desainer Grafis: Pengertian, Jenis, Tugas dan Prospek Karir

-->

Gaji pegawai Starbucks semua posisi

gaji pegawai strabucks
iStock

Pembahasan pertama, kita akan bahas langsung terkait daftar gaji pegawai di Starbucks. Pegawai di Starbucks terdiri dari beberapa divisi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai gaji pegawai starbucks Indonesia terbaru, silakan baca artikel ini sampai selesai!

1. Assistant manager

Assistant Manager berperan sebagai penghubung antara karyawan dan atasan. Posisi ini diberikan kepada mereka yang telah bekerja cukup lama di perusahaan. Gaji untuk posisi ini berkisar sekitar Rp4.200.000 atau bahkan lebih. Tugas Assistant Manager:

  • Memastikan operasional perusahaan berjalan dengan baik
  • Menjadi perantara antara atasan dan karyawan untuk mencegah terjadi kesalahpahaman
  • Menyusun rencana dan strategi perusahaan bersama manajer
  • Memberikan bantuan dan dukungan dalam tugas-tugas manajerial
  • Membantu menyelesaikan masalah internal

2. District manager

District manager sebagai penanggung jawab seluruh kegiatan perusahaan yang merupakan anggota sekaligus pemimpin tim di kantor wilayah. Rata-rata gaji untuk district manager berkisar Rp8.000.000 – Rp9.000.000 per bulan. Tugas District Manager:

  • Mengembangkan tim manajemen toko wilayah
  • Memastikan sistem, prosedur, dan program yang efisien dan tepat waktu
  • Mengembangkan dan memelihara hubungan positif dengan mitra di distrik
  • Mengelola tim manajemen toko wilayah
  • Memahami, menangani, memberikan motivasi, dan kebutuhan kepada seluruh tim

3. Store manager

Store manager adalah seorang yang bertanggung jawab penuh atas kondisi seluruh toko dan para staff yang berada di dalamnya. Menurut hierarki, store manager dibawahi oleh general manager. Rata-rata gaji untuk store manager adalah Rp3.500.000 – Rp4.000.000. Adapun, tugas Store Manager:

  • Mencapai target penjualan
  • Menjaga keadaan toko agar tetap kondusif
  • Memperhatikan keamanan dan kenyamanan toko dan pelanggan
  • Mengelola laporan keuangan harian, mingguan, dan periode
  • Memastikan semua kebijakan perusahaan, standar, dan prosedur toko dikomunikasikan secara efektif

4. Barista

Seorang barista di Starbucks memiliki peran yang lebih dari sekadar menyeduh kopi, karena keberhasilan sebuah kedai kopi bergantung pada barista.

Posisi barista di Starbucks terbagi menjadi dua, yaitu Barista Full Time dan Barista Part Time. Gaji barista Starbucks full time mengikuti Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) dengan kisaran sekitar Rp4.000.000 – Rp4.500.000 per bulan, belum termasuk insentif.

Sementara itu, gaji barista part time dihitung berdasarkan jam kerja, baik 4 jam kerja atau 8 jam kerja, belum termasuk insentif. Namun, insentif untuk barista part time lebih rendah dibandingkan dengan barista full time. Gaji part time di Starbucks berkisar antara Rp2.000.000 – Rp3.000.000. Tugas-tugas seorang barista di Starbucks antara lain:

  • Menyiapkan dan menyajikan kopi
  • Merawat dan membersihkan mesin espresso
  • Menjaga kebersihan kedai kopi
  • Menerima dan melayani pesanan
  • Menjelaskan dan memberikan rekomendasi menu

5. Sales

Sales bertanggung jawab dalam menawarkan produk atau jasa perusahaan kepada konsumen. Rata-rata gaji sales di Starbucks sekitar Rp3.000.000 – Rp3.500.000. Tugas seorang sales di Starbucks meliputi:

  • Menawarkan dan memberikan saran mengenai produk dan jasa kepada konsumen
  • Memenuhi kebutuhan pelanggan dengan produk yang ditawarkan
  • Menjelaskan spesifikasi produk
  • Berkomunikasi dengan pelanggan
  • Memberikan konsultasi mengenai barang dan jasa kepada pelanggan

6. Customer service

Starbucks juga menyediakan kesempatan magang atau internship bagi mereka yang tertarik. Starbucks menawarkan gaji sekitar Rp1.800.000 – Rp2.700.000 per bulan untuk para magang. Tugas Customer Service:

  • Memberikan informasi lengkap kepada pelanggan
  • Melayani pertanyaan yang diajukan pelanggan
  • Menangani keluhan dari pelanggan
  • Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan
  • Memahami produk atau layanan yang ditawarkan

7. Business development

Bagian Business Development / Consultant di Starbucks biasanya menerima gaji sekitar Rp2.200.000 – Rp2.700.000. Tugas seorang Business Development atau Consultant meliputi:

  • Melakukan riset pasar
  • Mencari peluang pelanggan atau konsumen baru
  • Menentukan strategi untuk memenuhi kebutuhan pasar atau konsumen
  • Menyusun rencana pengembangan bisnis perusahaan
  • Memahami pesaing-pesaing dalam industri tersebut

Perlu diingat bahwa jumlah gaji pegawai Starbucks Indonesia tersebut hanyalah perkiraan semata sebab setiap daerah, kabupaten, atau kota memiliki minimum upah yang berbeda.

Keuntungan bekerja di Starbucks

gaji pegawai strabucks
iStock

Dari penjelasan di atas, tentu setiap bagian di Starbucks memiliki penghasilan yang tinggi dan lumayan. Wajar jika banyak yang tertarik bekerja di Starbucks. Sedulur yang tertarik bekerja di Starbucks pun akan mendapatkan beberapa keuntungan bila berhasil bergabung kerja di sini. Berikut ini beberapa keuntungan bagi Sedulur yang bekerja di Starbucks:

1. Gaji yang kompetitif dan bonus

Starbucks, yang merupakan salah satu jaringan kedai kopi terbesar di dunia dan hadir di Indonesia, menawarkan gaji yang menguntungkan bagi para pegawainya.

Gaji ini disesuaikan dengan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK/UMR) di setiap daerah, sehingga memastikan bahwa karyawan menerima kompensasi yang layak. Selain itu, Starbucks juga memberikan tambahan penghasilan bulanan kepada para pegawainya, sehingga memberikan kesempatan untuk meraih pendapatan lebih.

2. Mendapatkan bonus

Selain gaji pokok dan tunjangan, para pegawai Starbucks berhak menerima bonus dan insentif tambahan sebagai penghargaan atas kerja keras mereka. Bonus ini dirancang untuk menjaga kesejahteraan dan kesehatan pegawai, serta memberikan dorongan motivasi tambahan.

Contohnya, Starbucks memberikan Tunjangan Hari Raya dan Tunjangan BPJS kepada karyawannya, yang memberikan manfaat tambahan yang penting.

3. Lingkungan kerja yang nyaman

Salah satu nilai yang dijunjung tinggi oleh Starbucks adalah menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi para pegawainya. Perusahaan ini menjamin bahwa para karyawan dapat bekerja dengan suasana yang santai namun tetap produktif. 

Tidak ada konsep senioritas yang membatasi interaksi di tempat kerja, melainkan dipromosikan kerjasama dan saling bantu-membantu antar tim untuk mencapai tujuan perusahaan secara bersama-sama. Hal ini menciptakan suasana kerja yang harmonis dan memungkinkan perkembangan profesional yang positif.

4. Belajar kemampuan baru

Selain pelatihan profesional yang diberikan kepada para barista dan karyawan dalam posisi lainnya, Starbucks juga memberikan kesempatan bagi para pegawainya untuk mengembangkan keterampilan dalam bidang bisnis.

Perusahaan ini memberikan pelatihan yang komprehensif agar karyawan dapat memperoleh pengetahuan tentang aspek-aspek bisnis yang penting.

Selain itu, pegawai juga diajarkan untuk memiliki kepercayaan diri yang tinggi, bersikap ramah, dan mudah bergaul agar dapat terhubung dengan pelanggan dengan baik serta memberikan pelayanan dan kenyamanan yang optimal.

BACA JUGA: 13 Cara Mengembangkan Potensi Diri Untuk Karirmu!

Syarat bekerja di Starbucks

iStock

Untuk menjadi bagian dari keluarga Starbucks, tidaklah mudah. Starbucks menerima ribuan calon karyawan yang ingin mendaftar. Selain karena penghasilannya yang cukup bersaing dengan jenis pekerjaan dan karir lain, jenjang karir juga terbuka lebar bekerja di Starbuks.

Oleh karena itu, bagi Sedulur yang tertarik bekerja di Starbucks, sebelum mendaftar, Sedulur perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Kemampuan bekerja dalam tim

Kemampuan untuk bekerja dalam tim merupakan kualitas yang sangat dihargai oleh Starbucks. Menjadi bagian dari tim yang dapat bekerja secara harmonis dan efektif adalah impian banyak karyawan, dan Starbucks memahami betapa pentingnya kolaborasi yang baik untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan produktif.

Dalam konteks Starbucks, bekerja dalam tim berarti mampu bekerja bersama rekan kerja lainnya dengan kerjasama, keterbukaan, dan fokus yang tinggi. Kolaborasi yang baik memungkinkan tim untuk mencapai tujuan bersama dan memberikan hasil yang optimal.

2. Fleksibel dalam jam kerja

Starbucks mengadopsi sistem jadwal kerja shift bagi para pegawainya, terutama untuk barista. Perusahaan ini memberikan fleksibilitas dalam memilih jam kerja yang sesuai dengan preferensi individu, baik itu shift pagi, shift sore, shift akhir pekan, maupun shift saat liburan.

Dengan adanya jadwal kerja yang fleksibel, para karyawan dapat menyesuaikan pekerjaan mereka dengan kebutuhan pribadi dan komitmen lainnya, sehingga menciptakan keseimbangan yang baik antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.

3. Memiliki semangat yang tinggi

Salah satu kriteria penting untuk menjadi bagian dari tim Starbucks adalah menunjukkan semangat dan energi yang tinggi. Perusahaan ini mencari calon karyawan yang memiliki motivasi yang kuat dan antusiasme yang tulus terhadap pekerjaan yang akan mereka lakukan.

Kemampuan untuk mempertahankan semangat yang tinggi dalam menghadapi tantangan sehari-hari di kedai kopi menjadi faktor penentu dalam keberhasilan di Starbucks. Mereka mencari individu yang siap menghadapi berbagai situasi dengan kegigihan dan semangat yang tak tergoyahkan.

4. Memiliki kepribadian yang ramah

Dalam industri makanan dan minuman, memiliki kepribadian yang ramah dan keterampilan interpersonal yang kuat adalah kunci keberhasilan. Starbucks sangat mengutamakan pelayanan pelanggan yang optimal, dan untuk itu mereka mencari karyawan yang memiliki sikap ramah, sopan, dan berkomunikasi dengan baik.

Karyawan diharapkan mampu membina hubungan baik dengan pelanggan dan menciptakan pengalaman yang menyenangkan saat pelanggan mengunjungi kedai kopi. Selain itu, keterampilan interpersonal yang unggul juga memungkinkan kolaborasi yang efektif antar tim, menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif.

5. Kemampuan berbahasa Inggris

Kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu persyaratan khusus yang diperlukan oleh Starbucks dalam merekrut karyawan-karyawan mereka. Perusahaan ini mengharapkan calon karyawan memiliki setidaknya kemampuan dasar dalam berbahasa Inggris.

Dalam proses wawancara kerja, para calon kandidat akan diuji untuk mengukur kemampuan mereka dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Dalam lingkungan kerja global saat ini, kemampuan berbahasa Inggris menjadi aset yang berharga dan memberikan keuntungan dalam berbagai situasi. Dalam industri makanan dan minuman seperti Starbucks, komunikasi yang efektif dengan pelanggan yang berasal dari berbagai latar belakang dan budaya merupakan hal yang sangat penting.

Itu tadi adalah semua informasi mengenai gaji pegawai starbucks. Penting untuk diingat bahwa perkiraan gaji yang disebutkan hanya bersifat umum, karena standar upah minimum dapat bervariasi di setiap daerah, kabupaten, atau kota. Apakah Sedulur memiliki minat untuk menjadi bagian dari komunitas Starbucks?