gaji crane operator

Crane merupakan alat berat yang sangat penting dalam industri peti kemas atau gudang besar. Alat ini biasanya digunakan untuk membongkar dan memindahkan barang di sebuah situs kerja atau pelabuhan. Pengoperasian alat ini harus dilakukan oleh profesional karena rumit dan berbahaya. Jadi tidak heran gaji operator crane cukup besar.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan mengulas seberapa besar gaji operator crane. Tentunya ini akan menjadi pembahasan yang menarik untuk Sedulur yang tertarik dalam bidang industri kecil atau teknik mesin. Kira-kira seperti apa ulasan lengkapnya? Simak berikut ini!

BACA JUGA: 10 Cara Mengatur Gaji 2 Juta, Lengkap dan Efektif

Tugas dan Tanggung Jawab Operator Crane

gaji operator crane
Offshore Drilling

Sebelum membahas gaji operator crane, Sedulur harus tahu terlebih dahulu tugas dan tanggung jawabnya. Profesi ini termasuk sebagai pekerjaan yang membutuhkan kemampuan teknis tingkat tinggi sehingga memiliki tanggung jawab yang besar.

Salah satu tugas dari operator crane adalah melakukan proses angkut pindah barang berat di sebuah site atau tempat. Berikut ini beberapa tanggung jawab operator crane sesuai dengan jabatannya.

1. Bertanggung jawab pada alat

Crane memiliki berbagai jenis dengan klasifikasi dan pengoperasian yang berbeda-beda, seperti tower crane, truck crane dan lain-lain. Maka pengoprasian crane harus sesuai dengan Surat Izin Operator (SIO) yang dimiliki, karena perbedaan jenis dan klasifikasi crane maka berbeda juga cara pengoperasiannya.

Walaupun teknik dasarnya hampir serupa tetapi ada teknik-teknik tertentu yang diperlukan dalam pengoperasian crane dengan jenis tertentu. Hal ini menjadi tanggung jawab operator crane karena dia harus bekerja sesuai dengan alat yang sudah dikuasai.

2. Melakukan pemeriksaan alat

Tugas utama operator crane yaitu memeriksa seluruh bagian crane sebelum dioperasikan. Dia bertanggung jawab memastikan bahwa crane dalam kondisi baik dan aman untuk digunakan.

Hasil pemeriksaan tersebut juga harus dicatat pada buku pemeriksaan harian dan buku pengoperasian harian selama crane dioperasikan. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin diaharapkan akan meminimalisir dan bahkan mengeliminasi kecelakaan kerja.

3. Sigap dan siaga

Operator crane dituntut untuk siaga dan sigap saat bekerja, terutama saat terjadi gangguan atau kerusakan pada crane. Operator harus segera menghentikan operasi crane dan melapor kepada pengawas dan atasan.

Operator bertanggung jawab penuh terhadap crane selama dioperasikan, dan dilarang meninggalkan kabin crane selama bekerja. Operator juga berhak melarang pihak yang tidak berwenang menggunakan crane.

4. Berorientasi pada keselamatan kerja

Keselamatan menjadi salah satu tugas utama dari operator crane dalam bekerja. Memperhatikan keselamatan personel yang berada di sekitar pengangkatan dan  personel lainnya yang tidak terlibat secara langsung dari operasi pengangkatan.

Operator crane harus memastikan beban yang diangkat tidak melebih kapasitas, menjaga keseimbangan beban agar tidak menyebabkan crane menjadi tidak stabil.

BACA JUGA: Intip Gaji Pegawai BUMN, Lebih Besar dari Gaji PNS?

Syarat Menjadi Operator Crane

USA HeavyQuip

Salah satu hal penting lainnya yang perlu diketahui selain gaji operatir crane, yaitu mengetahui syarat menjadi operator crane. Terutama bagi Sedulur yang tertarik mencoba pekerjaan ini. Dari tugas dan tanggung jawab kerja di atas, tentu Sedulur tahu bahwa pekerjaan ini sangat berat.

Syarat menjadi operator crane sendiri diantur berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang keselamatan dan kesehatan kerja pesawat angkat dan pesawat angkut. Hal tersebut menjadi dasar menetapkan syarat operator crane yang adalah sebagai berikut:

  • Jenjang pendidikan paling rendah SMP atau sederajat untuk operator crane kelas III dan SMA untuk operator crane kelas operator II dan I.
  • Memiliki pengalaman paling singkat satu tahun membantu pelayanan operator crane.
  • Surat keterangan sehat bekerja.
  • Usia wajib di atas 19 tahun.
  • Memiliki sertifikat kompetensi.
  • Memiliki lisensi K3.

Gaji Operator Crane di Indonesia

Liebherr

Nah kali ini kita masuk ke pembahasan utama terkait gaji crane operator. Besar kecilnya gaji sangat tergantung kepada tanggung jawab pekerjaan. Di Indonesia gaji operator crane bervariasi berdasarkan jabatan, level pendidikan dan masa kerja. Berikut kisaran gaji untuk operator crane di Indonesia:

  • Junior Staff: Rp 7.000.000
  • Staff: Rp 9.000.000
  • Supervisor: Rp 15.000.000

Di sejumlah perusahaan besar, seperti PT Jakarta International Container Terminal memiliki angka yang berbeda. Perusahaan yang melayani bongkar muat peti kemas untuk kegiatan ekspor maupun impor di Tanjung Priok, ini melihat dari tingginya jam kerja di pelabuhan. Berikut rincian gajinya:

  • Staff: Rp 35.900.000
  • Senior Staff: Rp 68.200.000
  • Supervisor: Rp 60.200.000
  • Senior Supervisor: Rp 87.000.000
  • Manager: Rp 113.000.000
  • Senior Manager: Rp 115.000.000

Demikian tadi daftar gaji operator crane di Indonesia. Dengan melihat jumlah gaji di atas, tentu Sedulur tertarik untuk menjalankan pekerjaan ini. Namun, alangkah lebih bijak untuk tidak mempertimbangkan gaji terlebih dahulu ketika memilih kerja, namun pertimbangkan keamanan dan kemampuan dalam menjalankan pekerjaan tersebut.