cara mengatur gaji 2 juta

Pemasukan setiap orang tentu saja berbeda-beda, begitu juga dengan kebutuhan harian dan bulanannya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatur gaji dan keuangan. Terutama bagi Sedulur yang baru mulai bekerja dengan gaji yang belum begitu besar dengan rata-rata pendapatan sekitar 2 juta, maka perlu pengelolaan uang yang tepat. Ada beberapa tips cara mengatur gaji 2 juta yang bisa dilakukan.

Dengan ukuran gaji 2 juta, biasanya seseorang tetap ingin membagi antara kebutuhan sehari-hari dengan tabungan. Untuk itu, diperlukan pemilihan pos keuangan yang tepat agar uang 2 juta bisa memenuhi semuanya. Kira-kira bagaimana cara mengatur gaji 2 juta agar bisa maksimal? Simak ulasan dan tipsnya berikut ini!

BACA JUGA: 25 Cara Menghasilkan Uang dari Internet, Cuan Terus di 2023!

Proyeksi Gaji 2 Juta untuk Kebutuhan Utama

Depositphotos

Dengan segala keterbatasan yang ada dan yang Sedulur miliki, tentu cara mengatur keuangan pribadi perlu dilakukan dengan sangat ketat dan disiplin. Agar Sedulur memiliki gambaran tentang tips mengatur keuangan yang benar, maka kami akan memberikan proyeksi bagaimana cara mengatur gaji 2 juta dengan tepat dan akurat. Mulai dengan membuat perencanaan matang tentang keuangan bulanan Sedulur.

Perencanaan ini tak hanya sekedar perhitungan kasar saja, tapi Sedulur juga harus mempertimbangkan banyak elemen dan faktor yang menunjang kinerja Sedulur. Semisal, bagi Sedulur yang saat ini merantau di Jakarta, tempat tinggal menjadi hal penting yang perlu Sedulur pertimbangkan. Maka Sedulur wajib mencaril kos-kosan atau kontrakan yang murah.

Sedulur bisa mencari kontrakan atau kos-kosan dengan budget 300-400 ribu per bulan. Jika kosan Sedulur dekat dengan tempat kerja, tentu akan lebih menghemat biaya transportasi. Sehingga Sedulur tidak perlu memikirkan biaya untuk pengeluaran.

Setelah mencari tempat tinggal, Sedulur juga perlu menyisihkan uang untuk makan. Jika tempat Sedulur bekerja menyediakan makan siang, tentu Sedulur bisa berhemat sekali makan. Namun jika tidak, Sedulur bisa mencoba untuk mencari hidangan dengan budget 10-15 ribu sekali makan. Dengan begitu, Sedulur bisa lebih berhemat dan bisa menyisihkan keuangan sedikit demi sedikit untuk keperluan lainnya.

Selalu Pertimbangan Kebutuhan Transportasi dan Kesehatan

gaji baby sitter
CNBC

Selanjutnya, Sedulur perlu menyediakan biaya untuk bepergian, Misalkan Sedulur perlu biaya transport ke tempat kerja setiap hari. Maka Sedulur bisa menggunakan angkutan umum yang sederhana dengan budget 10 ribu per hari pulang pergi.  Di era teknologi saat ini, pulsa tentu menjadi kebutuhan wajib Sedulur juga. Carilah operator internet yang hemat sehingga bisa memenuhi kebutuhan komunikasi Sedulur.

Budget pulsa per bulan Sedulur bisa diasumsikan sekitar 50 ribu per bulan. Selain itu, Sedulur juga perlu memikirkan biaya BPJS. Karena pemasukan Sedulur kecil, jangan sampai Sedulur harus mengorbankan tabungan Sedulur saat Sedulur sakit dan perlu dirawat di rumah sakit.

Sisihkan sedikit uang Sedulur untuk membayar BPJS kelas 3 sebesar 35 ribu per bulan. Setelah semua biaya tersebut terpenuhi, Sedulur bisa menginvestasikan sedikit sisanya. Menginvestasikan di sini tidak harus ke instrumen keuangan, namun bisa dengan membeli buku untuk menambah ilmu Sedulur. Tentu dengan menambah ilmu dan keahlian, pemasukan Sedulur akan semakin meningkat. Sisihkan 50-80 ribu untuk membeli buku yang bermanfaat untuk menambah keterampilan Sedulur.

Maksimalkan Kemampuan Memasak

masak sahur
Motherhood

Untuk lebih menghemat pengeluaran, terutama pengeluaran harian, Sedulur bisa memasak untuk kebutuhan makan di rumah. Memasak sesuai porsi dari setiap orang rumah. Jangan terlalu berlebihan dalam memasak. Karena hal ini penting sebagai tips menghemat uang belanja dapur, agar Sedulur tidak boros dan keteteran.

Misalkan, di rumah Sedulur Super terdapat 5 orang anggota keluarga, dan untuk kebutuhan makan, Sedulur memasak untuk 10 porsi. Jika kebiasaan memasak ini terus dilakukan, akhirnya kebutuhan dapur Sedulur Super akan membengkak.

Bukannya melakukan tips menghemat uang belanja dapur, Sedulur malah melakukan hal sebaliknya. Masak sesuai porsi yang dibutuhkan oleh anggota keluarga, gunakan juga bahan yang mudah layu dan basi terlebih dahulu. Seperti sayur, daging dan buah-buahan. Lakukan proses memasak saat hendak mendekati waktu makan, jangan memasak secara berlebihan dan jauh dari waktu makan. Karena masakan akan ada kemungkinan untuk tidak dimakan.

Tips menghemat lainnya adalah dengan bekal makan setiap keluar rumah. Jika biasanya Sedulur mengeluarkan uang untuk makan saat beraktivitas, dengan membekal makanan Sedulur Super bisa menghemat pengeluaran.

Pengeluaran yang berhasil dipotong dapat Sedulur tabung untuk kepentingan masa depan. Selain itu, kebutuhan dapur juga akan dapat diolah dengan lebih baik, dengan memasak untuk bekal makan. Hal ini juga baik untuk sirkulasi kebutuhan dapur. Bahasan selanjutnya akan memberikan rincian tentang apa saja yang perlu lakukan untuk mengatur gaji 2 juta.

BACA JUGA: 25 Ide Bisnis Jasa yang Menjanjikan dan Paling Diminati

1. Buat daftar skala prioritas

cara mengatur gaji 2 juta
Unsplash

Untuk tips dan cara mengatur gaji 2 juta yang pertama, Sedulur bisa perlu membuat prioritas ketika ingin membeli barang. Dalam membuat prioritas, saat Sedulur hendak membeli sesuatu, tanyakan 2 pertanyaan penting di bawah ini dalam benak Sedulur:

  • Apakah saya membutuhkannya?
  • Apakah saya perlu mendesak?

Jika Sedulur membutuhkannya dan mendesak, Sedulur boleh membelinya. Kalau Sedulur membutuhkannya namun tidak mendesak, rencanakan pembeliannya. Jika Sedulur merasa kebutuhannya mendesak namun tidak dibutuhkan, tunda pembeliannya.

Jika tidak butuh dan tidak mendesak, lupakan kebutuhan tersebut. Abaikan terlebih dahulu, karena ketika butuh dan mendesak, hal tersebut pasti akan diprioritaskan dan didahulukan oleh Sedulur.

2. Ketahui mana kebutuhan dan keinginan

 Melanjutkan tips dan cara mengatur gaji 2 juta di atas, Sedulur bisa memilah mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan Sedulur. Karena pemasukan yang terbatas, keinginan perlu Sedulur tunda atau rencanakan jika memang mengganggu pemikiran Sedulur.

Utamakan kebutuhan Sedulur khususnya untuk bertahan hidup dan meningkatkan pemasukan Sedulur di masa depan. Terutama jika Sedulur sudah dibebankan dengan kebutuhan orang lain selain diri sendiri, seperti istri, orangtua dan adik-adik.

3. Buatlah anggaran untuk mengembangkan diri

 Cara mengatur gaji 2 juta selanjutnya adalah menyisihkan uang untuk bisa mengembangkan keterampilan. Dengan pemasukan yang minim, fokus utama Sedulur bukanlah mencari instrumen investasi yang baik, namun meningkatkan pemasukan.

Pilihlah keterampilan yang Sedulur sukai dan coba untuk belajar dari media online ataupun membeli buku untuk ilmu yang baru. Dengan meningkatkan keterampilan, tentunya nilai diri Sedulur akan meningkat dan seiring jalan, pemasukan juga akan bertambah.

4. Buat perencanaan keuangan dan catat pengeluaran

 Cara mengatur keuangan pribadi selanjutnya yang tidak kalah penting adalah dengan membuat perencanaan keuangan dan catat semua pengeluaran Sedulur.  Dengan melakukan hal ini, Sedulur mengetahui kemana uang pergi dan memiliki pedoman atas transaksi sehari-hari. Disiplinlah mencatat sehingga Sedulur tidak kejebolan dalam pengeluarannya. Dengan mencatatat pengeluuaran bisa jadi landasan untuk Sedulur menentukan perencanaan ke depannya.

 5. Hindari berutang dan bayar tagihan tepat waktu

CNBC

Dengan gaji 2 juta, Sedulur setidaknya harus menghindari berutang untuk pengeluaran yang tidak perlu. Jika Sedulur punya utang, utamakan untuk melunasi utang tersebut sesuai kemampuan Sedulur. Usahakan jumlah minimal utang untuk Sedulur yang bergaji 2 juta adalah 10% dari penghasilan.

Jadi, jika penghasilan Sedulur  Rp2 juta maka jumlah maksimal cicilan per bulan Sedulur adalah Rp200 ribu. Jika lebih dari itu, maka kebutuhan sehari-hari Sedulur akan tidak terpenuhi maka solusi selanjutnya adalah dengan mencari pinjaman. Hal yang seharusnya dihindari terlebih dahulu.

6. Jangan utamakan gengsi

Jangan sekali-kali mengutamakan gengsi. Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji 2 juta selanjutnya yakni jangan menuruti gengsi. Sejatinya, biaya untuk hidup itu sangatlah murah. Namun, yang membuatnya mahal adalah tingkat gengsi.

Jika Sedulur masih bergaji 2 juta jangan mengutamakan gengsi atau mengejar validasi kekayaan dari orang lain. Penting untuk mengamankan kondisi keuangan dulu dengan perbanyak menabung dan meningkatkan skill.

Jika nantinya penghasilan Sedulur sudah di atas UMR barulah sedikit demi sedikit meningkatkan gaya hidup. Penting juga untuk meningkatkan gaya hidup dengan mempertimbangkan kebutuhan ketimbang gengsi.

7. Menentukan persentasi alokasi pengeluaran

Tips dan cara mengatur gaji 2 juta setiap bulannya adalah dengan menentutkan persentasi alokasi pengeluaran. Di tahap ini, Sedulur harus me lakukan setelah mendapatkan gaji adalah menentukan alokasi pengeluaran bulanan.

Sebagai rekomendasi, Sedulur bisa menentukan alokasi dengan presentasi:

  • 50% untuk kebutuhan
  • 30% untuk tabungan dan investasi, dan
  • 20% untuk keinginan.

8. Menghitung pengeluaran bulanan

Untuk selanjutnya, dalam simulasi mengatur pengeluaran bulanan Sedulur harus memprioritaskan pengeluaran yang sifatnya fix cost seperti pembayaran sewa kontrakan, pembayaran listrik dan air, telepon, internet, transportasi, hingga kebutuhan pokok seperti makan dan minum.

Berikut rincian pengeluaran yang bisa Sedulur contoh (bisa disesuaikan dengan kebutuhan):

  • Sewa kontrakan (include air) Rp500 ribu
  • Listrik Rp100 ribu
  • Kuota internet Rp50 ribu
  • Transportasi Rp150 ribu
  • Kebutuhan pokok (masak) Rp500 ribu

 Jadi, Sedulur bisa mengalokasikan untuk pengeluaran kebutuhan sebesar Rp1.300.000.

9. Menghitung pengeluaran untuk tabungan dan investasi

 Jika bergaji 2 juta, Sedulur juga bisa mengalokasikan penghasilan untuk tabungan dan investasi leher ke atas. Tidak perlu terlalu banyak dan bisa disesuaikan dengan kemampuan. Berikut kami rincikan rekomendasi pengeluaran untuk tabungan dan investasi dengan alokasi 30%.

  • Tabungan dana darurat Rp200 ribu
  • Investasi ilmu (kursus, privat, networking) Rp500 ribu.
  • Total pengeluaran untuk tabungan dan investasi ilmu adalah Rp700.000.

10. Menghitung pengelaran untuk keinginan

Meskipun gaji hanya Rp2 juta, jangan lupa untuk menikmatinya dan bersenang-senang. Sedulur boleh mengalokasikan gaji Sedulur untuk memenuhi keinginan. Namun, porsinya jangan sampai lebih dari 20%.  Berikut rekomendasi simulasi yang bisa Sedulur coba:

  • Healing Rp200 ribu
  • Jajan Rp150 ribu
  • Belanja Rp150 ribu

Total pengeluaran untuk keinginan adalah Rp500.000.

BACA JUGA: Peluang Bisnis Bidang TIK Paling Untung di 2023

Melakukan Evaluasi Keuangan

cara mengatur gaji 2 juta
iStock

Alokasi pengeluaran yang Sedulur tentukan bisa saja berbeda setiap bulannya. Sedulur bisa menyesuaikan sesuai evaluasi bulanan. Misalnya, jika alokasi bulan Januari adalah 50,30,20 bisa jadi evaluasi selanjutnya berubah menaji 60,20,20.

Sebagai gambaran lebih detail lagi, berikut ini adalah tabel pengeluaran yang bisa Sedulur terapkan dalam rangka mengatur gaji 2 juta tiap bulannya:

cara mengatur gaji 2 juta
Swara Tunai

Nah itulah tips dan bagaimana cara mengatur gaji 2 juta agar bisa memenuhi setiap kebutuhan harian dan bulanan. Penting untuk mengetahui cara mengatur keuangan, terutama dengan kebutuhan yang setiap hari kian bertambah.