gaji business development manager

Setiap perusahaan sangat membutuhkan sosok pemimpin, terutama untuk meningkat daya saing di pasar. Sosok tersebut merupakan sosok yang berperan sebagai business development manager. Karena perannya yang penting, tentu penasaran dengan berapa gaji business development manager.

Nah, dalam kesempatan kali, kita akan bahas berapa gaji business development manager dengan tugas dan perannya yang penting. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Mengulik Gaji Housekeeping Hotel Berbintang, Capai Jutaan Perbulan!

Gaji business development manager

gaji business development manager
iStock

Bagi Sedulur yang sudah mantap untuk menjadi seorang business development, perlu Sedulur tahu bahwa ada jenjang karier yang harus dilalui dulu sebelum mencapai puncak tertinggi, yaitu menjadi business development manager.

Gaji business development manager terbilang fantastis, sekitar Rp25 juta hingga Rp40 juta per bulan. Salah satu gaji yang terbilang tinggi dan sangat fantasitis. Tentu saja kemampuan tersebut sangat dibutuhkan dan dibayar dengan sangat layak.

Informasi lain juga menyampaikan bahwa gaji business development manager berkisar di antara Rp78juta per tahun atau setara dengan Rp40 ribu per jam.

Apabila dihitung per bulan, Sedulur dapat memperoleh sekitar Rp6,5 juta. Untuk angka ini, posisimu masih dihitung sebagai business development pemula. Namun ada juga perusahaan yang memasang gaji sedikit di bawah rata-rata untuk posisi business development pemula.

Sementara, rata-rata gaji business development yang telah memiliki jam terbang tinggi berkisar Rp132 juta per tahun atau sekitar Rp11 juta per bulan. Untuk besaran ini, tentu Sedulur bisa juga melakukan negosiasi ulang dengan perusahaan terkait agar memperoleh gaji yang Sedulur inginkan.

Dengan catatan, Sedulur bisa membuktikan bahwa Sedulur layak dengan jumlah gaji yang Sedulur tawarkan. Bukti ini bisa berupa jam terbang, lama bekerja, kinerja, dan keberhasilan Sedulur mengeksekusi strategi di perusahaan sebelumnya.

Sekali lagi, besaran gaji business development ini juga merupakan rata-rata ya. Semua tergantung pada perusahaan yang menjadi pilihanmu bekerja dan berapa lama pengalamanmu.

Semakin besar perusahaan tempatmu bekerja, semakin besar pula rentang penghasilan yang bisa Sedulur dapatkan. Begitu pun semakin lama Sedulur bekerja, semakin besar penghasilan yang bisa Sedulur dapatkan.

BACA JUGA: Jadi Pekerjaan Idaman, Intip Berapa Gaji Pegawai Bank Berikut!

Jenjang karir business development

Pexels

Bagi Sedulur yang sudah mantap untuk menjadi seorang business development, perlu Sedulur tahu bahwa ada jenjang karier yang harus dilalui dulu sebelum mencapai puncak tertinggi, yaitu menjadi business development manager. Posisi ini gajinya terbilang fantastis, sekitar Rp25 juta hingga Rp40 juta per bulan. Namun, sebelum mencapai ke sana Sedulur harus melewati beberapa fase menjadi:

1. Business development representative

Ini merupakan posisi entry level yang cakupannya menganalisis terkait cara mengembangkan perusahaan melalui riset pasar dan pelanggan.

2. Business development senior/coordinator

Posisi ini mulai bertanggung jawab untuk memimpin tim business development, memenuhi syarat penjualan, dan mengawasi semua aspek yang berhubungan dengan saluran penjualan.

3. Head Of business development/manager

Nah, untuk jabatan ini fokusnya ada pada pengambilan keputusan strategis sekaligus melacak tujuan perusahaan di tingkat yang lebih tinggi.

BACA JUGA: Ternyata Begini Cara Menanyakan Gaji yang Sopan dan Benar

Tugas business development manager

iStock

Berikut ini akan kita bahas apa saja tugas dan fungsi dari seorang business development. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari langsung kita simak pembahasannya di bawah ini:

1. Mencapai target pendapatan perusahaan

Setiap tahun perusahaan selalu membuat evaluasi tahunan untuk membuat rencana di tahun berikutnya. Rencana tersebut akan bersesuaian dengan target tahunan perusahaan. Oleh karena ini, peran business development manager sangat penting dalam organisasi.

Sebagai seseorang yang menjabat sebagai manajer, Sedulur dan tim harus menemukan strategi untuk mencapai target pertumbuhan perusahaan dari tahun ke tahun. Harapannya, pertumbuhan bisnis akan meningkatkan pendapatan perusahan sesuai rencana.

2. Menjaga hubungan baik dengan klien

Pertumbuhan bisnis suatu perusahaan sangat terpengaruh dengan cara business development manager dan timnya menjalin sekaligus menjaga hubungan baik dengan klien atau pelanggan. Hubungan baik ini juga akan berdampak pada nama baik perusahaan.

Hubungan baik yang bangun oleh seorang manajer pengembangan berpotensi untuk meningkatkan pendapatan perusahaan karena adanya reputasi dan rekomendasi dari klien atau pelanggan yang puas. Kepuasan dapatkan klien atau pelanggan mengakibatkan adanya rekomenasi produk atau jasa perusahaan secara cuma-cuma kepada teman-temannya.

3. Meninjau aktivitas bisnis perusahaan

Bagi Sedulur yang ingin menjadi manajer pengembang, setiap aktivitas bisnis perusahaan harus selalu terpantau dari waktu ke waktu. Peninjauan tersebut adalah untuk mengetahui kondisi pasar dan performa bisnis perusahaan yang sebenarnya.

Seorang manajer harus mampu menemukan permasalahan dan mengurainya untuk ditinjak lanjuti dengan solusi yang tepat. Peninjauan ini tidak terbatas pada aktivitas internal perusahaan, namun Sedulur juga harus meninjau aktivitas bisnis kompetitor di pasar. Aktivitas peninjauan secara berkala akan memberikan banyak data dan informasi bagi manajer untuk menentukan strategi untuk mempercepat pencapaian.

4. Mengembangkan strategi penjualan

Untuk meningkatkan pendapatan perusahaan, business development manager memiliki tugas untuk mengembangkan strategi penjualan yang telah ada. Hal ini sangat berguna agar tim sales mendapatkan solusi untuk mengingkatkan penjualan produk.

Contohnya, business development manager menemukan bahwa penjualan properti rumah mengalami penurunan. Penyebabnya adalah syarat uang muka kepemilikan rumah secara kredit masih tinggi yakni 20% dari nilai rumah dan memberatkan calon pembeli.

Agar penjualan rumah meningkat, manajer akan bekerjasama dengan perbankan. Salah satu strategi tepat adalah menurunkan syarat DP 20% menjadi 5% dan dengan masa angsuran lebih lama. Strategi penjualan ini akan memudahkan calon pembeli untuk mengajukan KPR sehingga penjualan rumah pun meningkat.

5. Mengevaluasi produk perusahaan dan pesaingnya

Tanpa adanya kompetitor akan sulit bagi perusahaan untuk memberikan produk terbaik. Pasalnya, keberadaan kompetitor akan memicu Sedulur untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu produk atau layanan.

Bermula dari sinilah tugas business development manager untuk membandingkan untuk menemukan celah dalam berkompetisi di pasar. Sedulur akan merasa terpanggil untuk terus mengevaluasi produk atau jasa perusahaan.

Di samping itu, Sedulur juga dapat mengadopsi strategi kompetitor untuk menjangkau calon pelanggan baru. Lebih dari itu, proses evaluasi produk Sedulur dan produk kompetitor mampu memberikan informasi yang berguna untuk meningkatkan benefit produk selanjutnya. seperti peningkatan mutu atau kemasan.

Nah itulah penjelasan terkait gaji business development manager, semoga penjelasan di atas bisa memberikan pemahaman bagi Sedulur, terutama agar lebih termotivasi untuk bekerja keras dan bekerja lebih baik agar bisa mencapai posisi yang lebih sejahtera.